Ingin Terlihat Lebih Ramping? 10 Rekomendasi Ikat Pinggang Wanita Karet Ini Bisa Jadi Andalan Lho! (2019)

Ingin Terlihat Lebih Ramping? 10 Rekomendasi Ikat Pinggang Wanita Karet Ini Bisa Jadi Andalan Lho! (2019)

Ikat pinggang adalah salah satu elemen fashion yang bisa melengkapi penampilan wanita sehingga terlihat lebih ramping. Jika ingin lebih mudah menggunakan ikat pinggang sekaligus terasa nyaman, ikat pinggat karet bisa jadi solusinya lho!

Ikat Pinggang yang Jadi Item Penting Pelengkap Fashion

Sumber gambar www.bebeautiful.in

Untuk membuat penampilan menjadi rapi dan menarik maksimal, ada berbagai aksesori yang dapat kamu manfaatkan. Sebagian aksesori juga tidak hanya berfungsi sebagai hiasan belaka tetapi memiliki nilai guna yang bisa membuat kamu nyaman berbusana. Misalnya ikat pinggang.

Aksesori satu ini sering ditemukan bersanding dengan pakaian formal dan fungsi utamanya adalah untuk membantu merapikan celana panjang atau membuat busana tidak mudah melorot. Namun, seiring perkembangan di dunia mode, fungsi ikat pinggang pun bisa menjadi pemanis pakaian dan tak melulu harus dikenakan untuk busana formal.

Ikat pinggang juga bisa dikenakan baik untuk busana pria maupun wanita. Apalagi, desain ikat pinggang saat ini juga beragam dan muncul dalam warna-warna menarik. Selain digunakan pada celana sebagai perapi pakaian, ikat pinggang juga bisa dikenakan untuk menambah kesan ramping atau menambah nilai modis busana polos agar semakin menarik.

Serba Serbi Ikat Pinggang yang Wajib Kamu Ketahui

Penunjang Penampilan

Sumber gambar id.pinterest.com

Kamu mungkin sering menggunakan ikat pinggang saat masih mengenakan seragam sekolah. Ya, ikat pinggang biasanya lebih sering digunakan untuk membantu mengencangkan bagian pinggang pada celana atau rok agar tidak mudah melorot. Ikat pinggang juga bisa menambah kesan rapi sehingga sering diserasikan bersama busana kerja.

Namun, ikat pinggang juga bisa dijadikan sebagai aksesori pakaian bahkan tidak melulu dikenakan pada slot pinggang celana atau rok. Misalnya, pemakaian ikat pinggang seperti yang dilakukan salah satu memberi IZ*ONE, Lee Chaeyeon.

Pada saat menjadi bintang tamu di salah satu acara variety show Korea Selatan bertajuk Weekly Idol, gadis yang dikenal karena kemampuan tarinya ini mengenakan kemeja oversized dan celana pendek yang simpel. Sebagai pemanis, sahabat dari Miyawaki Sakura ini menambahkan ikat pinggang di pinggang pada kemeja garis-garis yang memberi siluet ramping pada penampilannya.

Meski tampak sederhana, pemakaian ikat pinggang dalam desain dan warna yang pas dapat menambah sisi modis pada penampilan. Ikat pinggang juga bisa menjadi opsi bagi kamu yang ingin memakai aksesori tapi tak ingin tampil berlebihan dengan ornamen, payet, atau kesan glamor.

Sejarah Ikat Pinggang

Sumber gambar www.target.com

Pemakaian ikat pinggang sebenarnya sudah dimulai sejak lama yakni pada sekitar tahun 1820 ketika seseorang bernama Albert Thurston asal Inggris mulai memproduksi aksesori yang dulunya dikenal sebagai suspender atau brace. Dulunya, suspender diaplikasikan pada pakaian seperti overall atau celana pria yang memiliki desain high-waist.

Kemudian, di tahun 1920, orang-orang mulai mengenakan ikat pinggang sebagai pengencang celana yang didesain lebih rendah yakni berada pada bagian pinggang. Sebelum tahun 1920 tersebut, ikat pinggang lebih sering digunakan oleh anggota militer dalam membawa barang-barang ketika sedang berperang.

Di masa sekarang, ikat pinggang memiliki banyak desain serta terbuat dari beragam material dengan penggunaan yang disesuaikan kebutuhan. Selain sebagai pengencang bawahan atau aksesori, ikat pinggang juga difungsikan untuk memudahkan pemakainya dalam membawa benda-benda tertentu misalnya seperti ikat pinggang yang dipakai petugas keamanan.

Beda Outfit, Beda Ikat Pinggangnya

Sumber gambar styleclinic.co

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ikat pinggang mengalami perubahan seiring perkembangan zaman dan mode. Oleh sebab itu, kamu bisa menemukan ikat pinggang dalam berbagai model dan terbuat dari beragam material.

Untuk kesan kasual, kamu bisa mengenakan ikat pinggang yang terbuat dari bahan kanvas. Jika ingin tampil profesional, kamu bisa mengenakan ikat pinggang yang terbuat dari kulit asli.

Lain lagi jika ingin mengenakannya sebagai aksesori, kamu bisa beralih pada ikat pinggang dengan sentuhan perhiasan misalnya seperti ikat pinggang dari Gucci yang dihias dengan kristal. Lewat desain dan sentuhan ikat pinggang yang berbeda, maka penampilan kamu pun tak membosankan.

Ikat Pinggang Elastis dengan Karet Banyak Digunakan Wanita Masa KIni

Sumber gambar id.pinterest.com

Umumnya, ikat pinggang terutama yang terbuat dari bahan kulit, memiliki model kaku. Biasanya, ikat pinggang ini tidak bisa melar. Ikat pinggang ini kerap dikenakan bersama busana formal. Namun, ikat pinggang seperti ini bisa jadi tricky ketika tidak bisa ditarik lebih panjang sementara kamu membutuhkan ikat pinggang yang bisa sesuai dengan ukuran perut, panggul, atau pinggang.

Menjawab kebutuhan ini, kamu bisa coba menggunakan ikat pinggang elastis. Ikat pinggang satu ini biasanya terbuat dari bahan yang memiliki karakteristik elastis sehingga bisa kamu tarik dan sesuaikan dengan ukuran tubuh. Kelebihan lain dari ikat pinggang elastis adalah terasa lebih nyaman, tidak sesak, dan juga terasa lebih ringan.

10 Rekomendasi Ikat Pinggang Karet Wanita

SCOPO Kait Besi Premium Ikat Pinggang - Hitam

Sumber gambar Blibli

Salah satu rekomendasi dari BP-Guide adalah SCOPO Kait Besi Premium Ikat Pinggang warna hitam ini.

Desainnya simpel dan anggun, dapat digunakan bersama gaun karena pada bagian buckle terdapat aksesori. Terbuat dari material kain dan karet dengan panjang mencapai 80 sentimeter dan lebar 7 meter, ikat pinggang ini bisa membuat penampilanmu terlihat chic. Bisa dipesan melalui Blibli dengan harga Rp 78.970.

Women Rivet Elastic Belt Fashion Wide Oblique Girdle

Sumber gambar Amazon

Ikat pinggang satu ini cocok bagi kamu penyuka gaya rocker atau rebel. Desainnya tampil berani dengan sentuhan manik-manik di permukaan dan terbuat dari bahan kulit sintetis. Ikat pinggang ini bermodel lebar seperti obi, cocok untuk penampilan stunning nan mencolok.

Didesain elastis dengan panjang 74 sentimeter dan lebar depan 9 sentimeter serta lebar belakang 6,5 sentimeter, ikat pinggang ini bisa dijadikan statement accessory yang dipadukan bersama blus berwarna gelap. Bisa diperoleh melalui Amazon dengan harga $ 13,39 atau sekitar Rp 175.000.

Ikat Pinggang Rajut / Karet Lombardi Giovanni

Sumber gambar Tokopedia

Punya outerwear lebar dan masih bingung padu padan untuk memakainya? Kamu bisa memanfaatkan ikat pinggang. Outerwear dengan model batwing umumnya memang memberi kesan berisi atau lebar pada tubuh dan jika kamu ingin terlihat ramping dengan luaran bermodel sayap kelelawar ini, kamu tinggal mengenakan ikat pinggang elastis seperti Ikat Pinggang/Sabuk Rajut Elastis—Karet Lombardi Giovanni ini.

Ikat pinggang ini terbuat dari bahan elastis tanpa lubang sehingga lebih mudah dikenakan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Memiliki panjang sekitar 110 sentimeter dan lebar 3,5 sentimeter, sabuk ini cocok disandingkan bersama busana kasual kamu. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 95.000.

Fashiondoor Retro Totem Karet Pinggang Lebar Elastis Gaun Regang Ikat Pinggang Tali Gesper Wanita

Sumber gambar Lazada

Pemakaian ikat pinggang cocok disandingkan bersama busana berukuran besar atau oversized. Saat ini, baju-baju berukuran besar tak lagi diminati hanya oleh mereka yang memiliki ukuran plus tapi juga si ramping.

Penggunaan busana longgar bersama ikat pinggang saat ini juga menjadi favorit anak muda karena memberi kesan sporty kasual yang simpel.

Untuk pilihan ikat pinggang, kamu bisa coba Fashiondoor Retro Totem Karet Pinggang Lebar Elastis Gaun Regang Ikat Pinggang Tali Gesper Wanita ini. Desainnya cocok diserasikan bersama gaun santai atau outerwear dengan nuansa feminin. Terbuat dari bahan nilon, ikat pinggang ini dipermanis dengan aksen kerut dan renda. Bisa dipesan melalui Lazada dengan harga Rp 36.955.

Bigood Wanita Barat Elastis Renda Pita Lebih Tinggi Karet Pinggang Lebar Sabuk Gaun

Sumber gambar Lazada

Ada berbagai macam desain dan ukuran ikat pinggang yang saat ini hadir di pasaran. Jika dahulu ikat pinggang identik dengan ukuran kecil atau medium, saat ini ikat pinggang dalam model obi dan korset pun populer, terlebih setelah banyak selebriti wanita yang mengenakannya seperti Bella Hadid.

Pada salah satu kesempatan, wanita berusia 22 tahun ini tampil stylish dengan setelan berwarna monokrom. Ia memakai celana panjang berpipa lebar, blus lengan panjang, dan korset. Pemakaian aksesori ini membuat Bella Hadid tampak ramping sekaligus modis.

Gaya ini bisa diadaptasi dengan mengenakan Bigood Wanita Barat Elastis Renda Pita Lebih Tinggi Karet Pinggang Lebar Sabuk Gaun. Sabuk ini berbentuk seperti korset dengan aksen pita yang menambah kesan feminin. Terbuat dari bahan elastis, ikat pinggang ini memiliki panjang sekitar 63 sentimeter dengan lebar 9,5 sentimeter. Bisa dipesan melalui Lazada dengan harga Rp 70.808.

Ikat Pinggang Karet Variasi Mutiara

Sumber gambar Shopee

Agar menambah kesan formal, kamu bisa coba mengenakan Ikat Pinggang Karet Variasi Mutiara ini. Ikat pinggangnya dibalut dalam warna gelap sehingga semakin menonjolkan kecantikan dari mutiara yang dipasang sejajar di bagian depan.

Terbuat dari bahan karet dengan aksesori mute mutiara, ikat pinggang ini juga cocok dikenakan bersama gaun atau blus bernuansa feminin. Bisa diperoleh melalui Shopee dengan harga Rp 8.500.

SCOPO Karet with Payet dan Kait Besi Ikat Pinggang Wanita - Silver

Sumber gambar Blibli

Pilihan berikutnya adalah SCOPO Karet with Payet dan Kait Besi Ikat Pinggang Wanita—Silver. Ikat pinggang ini memberi kesan mewah dan stylish lewat warna keperakan. Cocok disandingkan bersama busana formal berwarna gelap untuk penampilan yang menawan.

Ikat pinggang dengan model obi ini terbuat dari bahan karet elastis sehingga nyaman dan mudah dikenakan tanpa harus repot memasangkannya di lubang. Bisa diperoleh melalui Blibli dengan harga Rp 45.900.

Ikat Pinggang Korea Model Karet Obi Batu Permata

Sumber gambar Bukalapak

Salah satu kelebihan ikat pinggang adalah mudah disandingkan bersama berbagai macam busana mulai dari kasual hingga formal. Kamu pun bisa mengenakan ikat pinggang bersama setelan kerja seperti blazer dan rok bernuansa resmi.

Agar kesannya lebih stylish, kamu bisa coba memadukan busana dengan ikat pinggang seperti Ikat Pinggang Korea Model Karet Obi Batu Permata ini.

Dibalut dalam warna hitam yang netral dan mudah diserasikan bersama warna-warna lainnya, ikat pinggang ini terbuat dari material karet elastis dengan lebar kurang lebih 7 sentimeter. Hadir menawan dengan sentuhan batu permata imitasi, sabuk ini dapat dipesan melalui Bukalapak dengan harga Rp 49.000.

Redcolourful Mode untuk Wanita Sederhana Ikat Pinggang Elastisitas Warna Solid All-Match Karet Pinggang Lebar

Sumber gambar Lazada

Ikat pinggang yang satu ini cocok dipadukan bersama busana kasual untuk menambah kesan etnik tak berlebihan. Redcolorful Mode untuk Wanita Sederhana Ikat Pinggang Elastis Warna Solid All-Match Karet Pinggang Lebar ini hadir dalam model obi dan bisa disandingkan bersama setelan kemeja, blus, busana kasual, atau gaun santai koleksi kamu.

Didesain klasik dengan bahan PU dan alloy, sabuk ini memiliki panjang sekitar 80 sentimeter dan lebar sekitar 6 sentimeter. Terdapat aksesori berwarna keperakan sehingga terkesan vintage. Ikat pinggang ini dapat kamu peroleh melalui Lazada dengan harga Rp 50.000.

Sabuk Obi Kupu Karet Belt

Sumber gambar Bukalapak

Rekomendasi terakhir adalah Sabuk Obi Kupu Karet Belt Ikat Pinggang Wanita Fashion Gesper Ck Cewek. Ikat pinggang satu ini tampil manis dengan sentuhan aksesori berbentuk kupu-kupu bernuansa feminin. Cocok disandingkan bersama blus, jumpsuit, gaun, atau rok panjang kamu.

Ikat pinggang dalam pilihan warna hitam dan merah ini juga bisa kamu serasikan bersama outerwear seperti blazer atau bahkan mantel untuk menambah kesan modis nan ramping.

Terbuat dari bahan karet yang elastis sehingga nyaman dikenakan dan mudah dipakai. Ikat pinggang ini didesain dalam model obi yang manis dengan ukuran lebar 3,5 cm dan bisa dipesan melalui Bukalapak dengan harga Rp 34.000.

From our editorial team

Sesuaikan Ikat Pinggang dengan Bentuk Tubuh

Mengenakan ikat pinggang bisa membuat tubuh terlihat lebih langsing. Meski demikian kamu tak boleh asal pilih ikat pinggang, lho. Sesuaikan jenis ikat pinggang dengan bentuk tubuh dan pastikan kamu mengenakannya dengan outfit yang tepat. Untuk kamu yang bertubuh ramping bisa menggunakan sabuk atau ikat pinggang dengan ukuran kecil atau medium sementara ikat pinggang dengan ukuran yang lebih lebar seperti obi cocok untuk kamu yang berpostur tubuh besar.