Menikmati Keindahan New Zealand, Jangan Lupa Pulang Membawa 10 Rekomendasi Oleh-oleh ini, Ya!

Menikmati Keindahan New Zealand, Jangan Lupa Pulang Membawa 10 Rekomendasi Oleh-oleh ini, Ya!

Menawarkan keindahan alam yang masih asri, New Zealand menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang terbaru. Kamu berencana liburan ke sana? Yuk, simak rekomendasi BP-Guide mengenai oleh-oleh yang wajib dibawa pulang dari New Zealand.

Keindahan Alam New Zealand Membuat Banyak Orang Rela Jauh-Jauh Berkunjung

Sumber gambar britannica.com

Berada di belahan bumi selatan, New Zealand mendapat julukan The Land of Long White Cloud. Bukan tanpa alasan, negara yang diapit oleh dua samudra dan terletak pada Pacific Ring of Fire tersebut memiliki bentang alam bak lukisan.

New Zealand punya ragam pemandangan dan fenomena alam yang menakjubkan. Mulai dari gletser, fyord, gunung terjal, dataran luas, perbukitan, hutan subtropis, dataran tinggi vulkanik, dan pesisir pantai berpasir indah.

Menjadi setting film The Hobbit, New Zealand ternyata punya berbagai fakta menarik. Selain jumlah populasinya yang sedikit, negara tersebut memiliki luas hampir setara Britania Raya dan Jepang. Cukup kecil bukan? Meskipun kecil, negara ini punya penduduk yang cukup majemuk, dimulai dari Suku Māori, Eropa, Kepulauan Pasifik, hingga Asia. Keberagaman membuat masyarakatnya sangat rukun dan ramah.

Tips Berlibur ke New Zealand

Pergi Bersama Lebih Menyenangkan

Penggemar trilogi film The Lord of The Rings pasti bisa membayangkan keindahan New Zealand di setiap sudutnya. Bentang alam sepanjang perjalanan menggunakan mobil maupun campervan akan membuatmu terus berdecak kagum. Tak ingin pergi sendiri, ajaklah teman atau orang dekatmu!

Dengan travelling bersama, kamu bisa berhemat. Biaya yang dikeluarkan untuk menyewa mobil, perlengkapan camping, penginapan, dan makan bisa ditanggung bersama. Alhasil pengeluaranmu saat jalan-jalan di New Zealand makin murah deh.

Campervan Bisa Menjadi Pilihan

Sumber gambar twowanderingsouls.com

Tidak hanya di Jepang, road trip holiday juga sangat populer di New Zealand. Wisata menggunakan camper car, campervan, dan motorhome wajib kamu coba saat berlibur di negara ini. Kamu cukup menyesuaikan saja dengan kebutuhanmu. Ada camper car yaitu ukuran yang paling kecil, campervan sedikit lebih besar dengan dapur dan toilet, sedangkan motorhome berukuran besar dan memiliki tangki serta sistem daur ulang air.

Meskipun kurang gesit saat dikemudikan di tengah kota, camper van akan membuatmu menghemat pengeluaran untuk hotel dan penginapan serta memberi keleluasaan untuk berhenti sewaktu-waktu untuk menikmati keindahan alam. Sebelum menyewa, pastikan kamu memiliki SIM internasional berbahasa Inggris yang masih aktif serta memahami peraturan lalu lintas yang ada di negara ini ya!

Ketahui Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Sumber gambar resources.stuff.co.nz

Umumnya New Zealand bersuhu udara sejuk, dengan bagian utara yang beriklim subtropis dan selatan yang cenderung lebih panas. Terbagi kedalam empat musim, negara tersebut ramai dikunjungi sepanjang tahun. Di musim panas kamu dapat pergi ke pantai dan berlayar. Hiking dan olahraga kayak bisa dilakukan saat musim gugur. Jika ingin bermain ski, maka bisa dilakukan di musim dingin sedangkan bermain di air terjun bisa dilakukan saat musim semi.

Untuk rentang waktu dan musim yang ada di New Zealand perlu diperhatikan. Bulan Desember sampai Februari, negara ini memasuki musim panas. Cuacanya cenderung hangat yaitu sekitar 21-32⁰ Celcius. Perubahan warna dedaunan bisa dinikmati pada bulan Maret hingga Mei karena sedang berlangsung musim gugur dengan kisaran suhu antara 7-21⁰ Celcius.

Sekitar bulan Juni sampai Agustus, suhu akan menjadi lebih dingin, yaitu sekitar 1,5-15,5⁰ Celcius. Hal ini karena musim dingin dan salju yang menyelimuti pegunungan dan dataran tinggi. Pemandangan tumbuhan dan bunga yang mekar penuh warna bisa kamu nikmati dimusim semi, tepatnya saat bulan September sampai November dengan suhu udara antara 4,5-18 ⁰ Celcius.

Jangan Lupa Membeli Oleh-Oleh

Sumber gambar www.newzealand.com

Setidaknya satu persen dari waktu liburanmu akan dihabiskan untuk wisata belanja. Tak melulu mengeksplorasi keindahan alamnya, kamu wajib datang ke Auckland untuk membeli oleh-oleh dan cenderamata khas New Zealand.

Bawalah pulang ornamen dan perhiasan dari pounamu atau giok, kerajinan gelas buatan tangan, produk kayu lokal, rajutan bulu merino dan possum, serta bulu domba sebagai buah tangan. Wajib diketahui, barang dan jasa yang kamu beli di negara ini sudah dikenakan pajak sebesar 15% (GST). Artinya sudah termasuk di dalam harga dan tidak bisa diklaim kembali.

Beberapa Oleh-Oleh New Zealand yang Bisa Kamu Bawa Pulang Ke Indonesia

Cokelat Whittaker

Sumber gambar stuff.co.nz

Sudah diproduksi selama lebih dari 120 tahun, Whittaker’s adalah merek cokelat asli Selandia Baru yang sangat legendaris. Menyandang predikat merek paling dicintai di New Zealand dari Colmar Brunton dan merek yang paling terpercaya di Selandia Baru dari Reader's Digest.

Whittaker’s adalah cokelat yang sangat ikonik. Terbuat dari biji kakao berkualitas dari Ghana, penganan tersebut diproduksi dalam berbagai varian rasa, yaitu cokelat putih, kacang, buah, biskuit, berry, dan dark coklat. Harganya sekitar USD 4.99 atau setara dengan Rp 67 ribuan. Kamu bisa menjumpai cokelat buatan Whittaker’s di berbagai supermarket di New Zealand atau di toko bandara Auckland.

Perhiasan Giok atau Pounamu

Sumber gambar www.nz-tc.com

Di New Zealand, giok memiliki makna khusus bagi Suku Maori. Gioknya memiliki ukiran tersendiri dengan makna yang berbeda-beda. Memiliki kilauan warna yang menarik dan desain elegan, cenderamata dari batu giok dijual dengan harga sekitar NZD 480 atau setara dengan Rp 4,5 jutaan di Whakaue St, Rotorua atau di Maunganui Road di Mount Maunganui.

Tak sempat berkunjung ke dua toko tersebut? Kamu bisa mampir ke Mountain Jade di Hokitika Rotorua di Fenton Street atau di The Jade and Opal Factory di Buckingham Street, Arrowtown.

T Shirt Rugby All Blacks

Sumber gambar adidas.co.nz

Memulai debut sebagai tim putra rugby internasional dari Selandia Baru sejak tahun 1903, The New Zealand National Rugby Union Team atau All Blacks adalah tim rugby yang sangat terkenal. Tim ini sudah berhasil memenangkan Piala Dunia Rugby pada tahun 2011 dan 2015. Bagi kamu penggila olahraga rugby, tak ada salahnya untuk membeli jersey All Blacks di toko olahraga di Selandia Baru.

Setidaknya kamu bisa membelinya seharga NZD 110 atau setara dengan Rp 1 jutaan di Queen St., Auckland, North Island, dan South Island. Di North Island, jersey All Blacks bisa dibeli di toko Champions of the World Sportswear Store di Auckland’s Queen Street dan Official All Blacks Store di Auckland International Airport. Sedangkan di South Island tepatnya di Champions of the World Sportswear Store di Christchurch dan Queenstown.

Wine

Sumber gambar wikipedia.com

Selandia Baru ternyata memiliki perkebunan anggur yang cukup luas dan menjadikannya sebagai salah satu negara penghasil wine nikmat di dunia. Beberapa kawasan perkebunan anggur yang terkenal di negara ini antara lain adalah Northland, Auckland, Wairarapa, Waikato, Gisborne, Hawke's Bay, Nelson, Marlborough, Canterbury, dan Central Otago.

Ada dua jenis wine yang paling terkenal di Selandia Baru. Memiliki rasa dominan fruity, Sauvignon Blanc adalah jenis wine pertama yang wajib dicoba. Untuk red wine, negara ini punya Pinot Noir yang sangat nikmat. Kisaran harga untuk kedua jenis wine tersebut adalah Rp 400 ribuan hingga Rp 1 jutaan per botol. Kamu bisa merasakan kenikmatan wine Selandia Baru bersama keluarga atau kerabat di rumah!

Kain Wol Merino

Sumber gambar www.picclickimg.com

Indonesia punya batik sebagai kain khas dan Selandia Baru punya kain wol istimewa. Dihasilkan dari domba ternak bernama Merino dan Brushtail Possum, kain wol ini terkenal sebagai jenis wol terbaik di seluruh dunia karena ringan dan teksturnya yang sangat lembut dan mudah menyerap keringat. Karena tahan bau, wol tersebut juga digunakan sebagai pelapis kain outdoor serta pakaian dingin.

Kamu bisa mendapatkan kain wol dari Selandia Baru dengan kisaran harga mulai dari NZD 79 atau setara dengan Rp 762 ribuan hingga NZD 149 atau setara dengan Rp 1,4 jutaan. Beberapa toko yang menyediakan kain wol Merino antara lain adalah Sheepskins n Stuff di Putaruru, Nelson Sheepskin Shop di Nelson, Classic Sheepskins Factory Shop di Napier Hawkes Bay. Ada juga di NZ Wild and Woolly Shop dekat Tauranga, The Sheepskin Warehouse di Evans Bay, dan Untouched World di Auckland atau Wllingtong.

Suvenir The Lord of The Rings

Sumber gambar www.nomadsafaris.co.nz

Peter Jackson menjadikan New Zealand sebagai setting filmnya, yaitu The Lord of The Rings. Berada di North Island, desa para hobbit atau Hobbiton menjadi sangat terkenal di seluruh dunia. Tak heran kamu bisa dengan mudah menemukan oleh-oleh bernuansa film ini.

Sebagai buah tangan, kamu bisa membeli bir merek Hobbit dan aneka perlengkapan The Lord of The Rings, seperti mug, cangkir tembikar dari Green Dragon Inn, telinga peri, tas, hingga aneka patung ornamen. Kamu bisa membelinya dengan harga mulai dari NZD 7 atau setara dengan Rp 60 ribuan. Salah satu toko suvenir yang wajib kamu datangi adalah Nomad Safaris dan The Lord of The Rings Store yang beralamat di 37 Shotover Street, Queenstown.

Suvenir Maori

Sumber gambar aeongiftware.co.nz

Suku Maori adalah suku asli New Zealand yang menjadikan ukiran kayu sebagai tradisi yang dipegang teguh para penduduknya. Tak heran jika saat berkunjung ke Marae, kamu akan melihat aneka ukuran kayu dan cenderamata unik dan menarik. Tak sedikit seniman dari Selandia Baru yang terinspirasi oleh desain milik Maori dan mewujudkannya ke dalam seni dinding dan cetakan.

Suvenir khas Selandia Baru dengan nuansa Maori bisa ditemukan di beberapa tempat, seperti Waitomo Caves, Rotorua Gondola and Luge, dan Tamaki Maori Village. Tersedia juga di Auckland Motat Museum, Te Papa, The Auckland Museum, dan Lake Taupo Attractions. Mengingat nilai seninya yang tinggi, ukiran kayu dan suvenir khas tersebut bisa dibeli dengan harga mulai dari NZD 60 atau sekitar Rp 552 ribuan.

Karpet Kulit Domba

Sumber gambar aliexpress.com

Setidaknya di Selandia Baru ada sekitar 29 jutaan domba, banyak sekali kan? Karena jumlahnya yang banyak, kamu akan dengan mudah menemukan aneka pernak-pernik dan barang yang menggunakan kulit domba. Di sini kulit domba digunakan sebagai bahan utama, salah satunya adalah karpet.

Dengan karpet kulit domba, kesan bohemian dan klasik akan kamu dapatkan di dalam ruangan. Tersedia dalam berbagai ukuran, warna, dan gaya, karpet ini bisa dibeli di toko aksesori rumah, seperti Briscoes. Untuk harga mulai dari NZD 21 atau Rp 193 ribuan. Toko lain yang menyediakan karpet tersebut adalah The Sheepskin Factory, yang ada di Takapuna, Auckland.

Tea Towel

Sumber gambar thisnzlife.co.nz

Tea towel adalah lap kecil yang pas untuk oleh-oleh. Dikenal sejak abad ke-18, tea towel memiliki ukuran sebesar handuk tangan dan berfungsi untuk melengkapi upacara minum teh serta mengeringkan porselen mahal. Seiring berjalannya waktu, lap ini digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari menjaga kesegaran sayuran hijau dan penutup makanan hangat.

Dengan desain Kiwiana, tea towel yang dijual di toko suvenir dan supermarket di New Zealand cocok untuk buah tangan kerabatmu. Dengan kisaran harga mulai dari NZD 7 atau sekitar Rp 64 ribu, kamu dapat membelinya di Briscoes Homeware yang terletak di Wairau Park, 3-5 Croftfield Lane, Forrest Hill, Auckland. Tersedia juga di Glenfield Mall, 299 Downing Street, Glenfield, Auckland.

Madu Manuka

Sumber gambar airborne.co.nz

Tahukah kamu bahwa madu manuka adalah madu asli Selandia Baru? Ya, madu yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan ini sangat mudah ditemukan di sana, bukan di negara lainnya. Di supermarket, kamu bisa membelinya dengan kisaran harga mulai dari Rp 500 ribu untuk madu manuka dari Airborne.

Merek madu manuka lain yang mungkin bisa kamu beli adalah hasil dari Manuka Health yang sudah berdiri sejak tahun 2006. Karena mudah didapatkan dimana saja, kamu bisa menjadikan madu ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga ataupun kerabatmu.

From our editorial team

Gimana, Semakin Tertarik ke New Zealand Nggak?

Oleh-oleh New Zealand yang direkomendasikan BP-Guide di atas sangat menggoda bukan? Nah, tunggu apa lagi? Buruan deh menabung yang rajin agar kamu bisa segera liburan ke New Zealand dan menikmati keindahan alamnya. Psst, jangan lupa bawa oleh-oleh yang banyak ya!