9 Rekomendasi Baju Kodok 2019 untuk Tampil dengan Gaya Kekinian

9 Rekomendasi Baju Kodok 2019 untuk Tampil dengan Gaya Kekinian

Baju kodok atau overall adalah salah satu item yang hits di tahun 90-an. Kini fashion item ini menjadi tren kembali. Nah, agar tak terlihat "jadul", kamu bisa memilih baju kodok sesuai rekomendasi BP-Guide berikut ini.

Baju Kodok Sudah Ada Sejak Tahun 90-an

Sumber gambar Shutterstock

Para penggemar dunia mode mungkin sudah sangat akrab dengan perubahan tren fesyen yang beragam dari tahun ke tahun. Peragaan busana dari desainer terkenal di pagelaran atau model-model di majalah, memberi gambaran terbaru soal gaya busana yang sedang tren pada tahun tersebut.

Namun, gaya busana baru tidak melulu benar-benar fresh, loh. Beberapa gaya busana yang kita temukan saat ini merupakan adaptasi atau pengembangan dari model yang sudah ada di masa silam. Misalnya, baju kodok atau yang dikenal juga dengan nama “overall” serta “dungaree”.

Baju ini hadir dalam bentuk terusan celana seperti jumpsuit dengan bahan denim tebal yang kaku dan pada awalnya dikenakan oleh para pekerja.

Banyak pekerja memakai overall alias baju kodok karena umumnya terbuat dari bahan denim tebal yang tidak mudah robek serta awet dipakai, cocok bagi pekerja atau buruh kasar yang tidak selalu memiliki uang untuk membeli pakaian baru.

Meski tidak ada catatan jelas mengenai awal kemunculan baju kodok, data yang ada di Wikipedia menyatakan kalau overall ini ada sejak tahun 1776. Kemudian, dungaree ini dikembangkan dan semakin populer setelah Levi Strauss juga Jacob Davis memproduksinya secara massal.

Lalu, seiring perkembangan zaman, baju kodok ini masuk dalam tren mode busana dan disukai tak hanya oleh pria tapi juga wanita. Bahkan, desainer kelas dunia, Stella McCartney juga merancang baju kodok untuk koleksi busana ready-to-wear.

Ketertarikan ini wajar karena baju kodok memperlihatkan tampilan yang aktif, dinamis, sekaligus manis dengan padu padan tepat sehingga kaum hawa juga menyukainya. Apa kamu termasuk penggemar baju kodok?

Tampil Keren dengan Baju Kodok

Padukan dengan Kaos Putih dan Sandal

Sumber gambar Nichole Ciotti

Identik dengan kesan santai, baju kodok memang paling pas dipadukan bersama kaus putih juga sandal bernuansa kasual. Pilihan gaya ini cocok buat kamu yang ingin hang out di akhir pekan atau bepergian dengan nyaman. Kamu bisa memilih sandal bertali dengan nuansa gladiator atau sandal bermanik-manik.

Gaya satu ini pun tak lekang dimakan zaman dan memberi kesan klasik pada penampilan yang justru saat ini tengah digandrungi. Untuk memaksimalkan gaya retro kamu, padukan bersama kacamata bulat khas John Lennon. Seru!

Padukan dengan Sweater

Sumber gambar Pinterest

Salah satu kelebihan baju kodok umumnya adalah daya tahan bahan dan desainnya yang dinamis sehingga cocok dikenakan tanpa mengenal tren tahunan. Untuk menyiasati agar tampilan kamu terlihat segar, kamu bisa memadukannya bersama berbagai atasan misalnya seperti sweater.

Paduan ini dapat menjadi alternatif busana hangat di musim penghujan. Kamu bisa memilih sweater berbahan nyaman semakin dalaman dan membuat tampilan baju kodok menjadi lebih manis.

Pilihlah sweater polos dan jika ingin kesan yang lebih bold, kamu bisa memilih sweater bercorak atau dengan tekstur mencolok seperti sweater berpola rajutan kabel besar-besar. Maksimalkan dengan menggunakan sneakers kesayangan sebagai sentuhan akhir.

Padukan dengan Blus Putih dan High Heels

Sumber gambar Fashion Gum

Ingin tampil feminin maksimal dengan baju kodok? Siapa bilang tidak bisa? Lewat kombinasi atasan yang pas, penampilan kamu yang playful nan anggun bisa didapatkan dengan memakai baju kodok. Kamu bisa memanfaatkan blus dan sepatu bertumit tinggi untuk dipadukan bersama baju kodok yang memberi kesan akhir anggun nan modis.

Agar lebih formal, blus putih bisa dijadikan pilihan. Padukan bersama baju kodok dengan potongan longgar dan bawahan rok agar lebih elegan. Pilihlah baju kodok polos dalam balutan warna hitam bila ingin tampil formal maksimal dan serasikan bersama high heels berwarna senada untuk kesan akhir yang feminin.

Padukan dengan Kaos Lengan Panjang

Sumber gambar Bustle

Tidak hanya kaus lengan pendek, paduan serasi untuk baju kodok yang lain adalah kaus lengan panjang. Kombinasi baju kodok dengan kaus lengan panjang bisa menghasilkan tampilan effortless nan chic yang tak ribet.

Gaya kasual ini akan semakin seru jika memadukan kaus lengan panjang bermotif misalnya seperti corak garis-garis. Penampilan kamu akan tampak lebih playful tanpa harus banyak mengenakan tambahan aksesori.

Padukan dengan Outer

Sumber gambar stylecaster

Referensi gaya terakhir yang bisa memaksimalkan baju kodok kamu adalah padukan bersama outerwear seperti jaket atau mantel. Buat kamu penggemar outerwear, dapat memadukan kombinasi overall dengan jaket denim atau jaket bomber. Bahkan, untuk penampilan yang lebih formal, bisa juga mengombinasikannya bersama mantel panjang atau blazer.

Agar paduan ini tampak serasi, pertimbangkan warna dan sesuaikan dengan atasan yang dipakai bersama baju kodok. Jika baju kodok kamu terbuat dari denim dan berwarna biru, maka kamu bisa mengenakan outerwear polos dalam balutan warna netral seperti hitam.

Rekomendasi Baju Kodok Terbaru untuk Tampilan Kasual Kekinian

Love, Bonito - Grecia Foldover Belted Midi Jumpsuit

Sumber gambar Zalora

Pilihan pertama datang dari merek Love, Bonito yakni Grecia Foldover Belted Midi Jumpsuit. Baju kodok satu ini cocok dijadikan busana formal atau office outfit yang memberi kesan anggun tapi tetap terlihat dinamis. Lewat model kerah V yang memberi kesan jenjang pada leher, baju kodok ini tampil dengan desain clean cut dan memberi siluet ramping.

Baju kodok ini terbuat dari bahan poliester dilengkapi ritsleting dengan kait tersembunyi di bagian belakang serta kancing di bagian dada. Ada kantung yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang di sisi baju. Dapatkan di Zalora seharga Rp 417.000.

ONYCHA Calina Striped Jumpsuit Wanita

Sumber gambar Blibli

Motif garis-garis vertikal bisa memberi kesan langsing pada penampilan dan cocok dikenakan bagi mereka yang ingin terlihat lebih ramping. Selain memilih motif, pilih juga baju dalam balutan warna gelap seperti hitam atau navy yang dapat membantu menyembunyikan lipatan tubuh misalnya seperti ONYCHA Calina Striped Jumpsuit Wanita ini.

Baju kodok dengan nuansa girly ini terbuat dari bahan poliester. Tampil beda dengan mengaplikasikan spaghetti strap dan didesain chic lewat motif garis-garis yang memberi siluet ramping pada penampilan. Jumpsuit tanpa lengan ini dilengkapi tali dan karet pinggang, bisa disesuaikan dengan kenyamanan si pemakai. Dapatkan di Blibli seharga Rp 280.000.

Banana Warehouse 534 Jumpsuit Wanita

Sumber gambar Blibli



Untuk menyiasati agar tampilan baju kodok ini tetap memberi nuansa formal, bisa memilih baju yang terbuat dari bahan nondenim dan dibalut dalam warna-warna netral misalnya hitam. Contohnya seperti Banana Warehouse 534 Jumpsuit Wanita warna hitam ini.

Terbuat dari material katun, baju kodok tanpa lengan ini memberi kesan formal lewat kerah U dan detail belt di bagian pinggang. Potongannya longgar dengan pipa celana lurus lebar yang trendi. Dapatkan dengan harga Rp 129.000 di Blibli.

Kodz - Straight Striped Waist Tie Jumpsuit

Sumber gambar Zalora


Salah satu jumpsuit yang bisa menjadi inspirasi formal look adalah Straight Striped Waist Tie Jumpsuit dari Kodz ini. Cocok buat kamu yang suka tampil minimalis dan tidak seksi, jumpsuit ini terbuat dari bahan poliester serta berpotongan longgar dengan pipa celana melebar.

Tetap memberi kesan ramping lewat motif garis-garis vertikal, baju ini dilengkapi dengan ritsleting serta tampil manis lewat aksen pita pada bagian pinggang. Pesan di Zalora dengan harga Rp 599.000.

Rimas 045221 Jumpsuit Wanita

Sumber gambar Blibli

Saat memilih baju kodok, pastikan kamu mencermati ukuran yang tepat dan perhatikan apakah bahan yang digunakan bersifat elastis atau tidak. Cermati juga, apakah baju kodok menggunakan ritsleting atau kancing pengait karena komponen ini akan berpengaruh pada kenyamanan kamu saat memakai atau melepas baju.

Pilihlah baju kodok dalam ukuran yang tidak terlalu mengepas di badan terutama jika terbuat dari bahan denim agar kamu bisa bergerak nyaman dan leluasa.

Pilihan baju kodok berikutnya hadir dari Rimas yakni Rimas 045221 Jumpsuit Wanita. Didesain klasik dengan gambar bendera Inggris di bagian depan baju, jumpsuit ini terbuat dari bahan denim dengan kerah berbentuk kotak. Dapat dipadukan bersama kaus lengan panjang, baju kodok ini dilengkapi 2 kantung samping serta tali serut. Dapatkan di Blibli seharga Rp 253.000.

Chic Simple - Bib Neck Jumpsuit

Sumber gambar Zalora

Ingin tampil beda di acara outdoor sore ini? Jumpsuit bercorak bisa jadi pilihan misalnya seperti Bib Neck Printed Jumpsuit dari Chic Simple ini. Tampil unik dengan motif zebra yang playful, jumpsuit tanpa lengan ini cocok dikenakan untuk acara kasual sampai semiformal.

Ditunjang dengan kerah tinggi, baju ini memiliki potongan longgar dengan bentuk celana bagian bawah melebar seperti sehingga lebih nyaman dikenakan.

Baju berbahan poliester ini memiliki 2 kantung di bagian sisi baju dan dilengkapi karet pada bagian pinggang. Dapatkan seharga Rp 545.000 di Zalora.

Tokichoi - Drawstring Waist Cami Jumpsuit

Sumber gambar Zalora

Bagi kamu penggemar drama asal Negeri Ginseng, tentunya tidak asing lagi dengan gaya busana mereka yang minimalis dan model-model feminin. Seringnya, gaya busana Korea Selatan memadukan warna-warna lembut seperti warna hangat atau warna pastel sehingga memberi kesan girly.

Bahkan untuk jumpsuit yang biasanya tampil kasual, bisa memberi kesan girly maksimal misalnya seperti Drawstring Waist Cami Jumpsuit dari Tokichoi ini. Lewat warna lembut yang ditunjang desain minimalis, jumpsuit satu ini dapat memberi kesan kalem nan anggun pada penampilan.

Baju ini terbuat dari bahan poliester, berpotongan regular fit, serta dilengkapi dengan tali serut di bagian pinggang. Bisa dipadukan bersama kamisol atau blus, baju ini memiliki kerah bentuk V serta pipa celana lebar. Pesan seharga Rp 373.900 di Zalora.

DressLw Nisha Jumpsuit Wanita

Sumber gambar Tokopedia

Pilihan berikutnya adalah Jumpsuit Nisha/Jumpsuit Pesta/Jumpsuit Lucu/Jumpsuit Wanita yang hadir dalam warna hitam dengan motif salur. Baju ini ditunjang dengan spaghetti strap dan kerah lebar untuk kenyamanan. Pada bagian pinggang, terdapat detail ikat pinggang untuk memberi kesan tubuh lebih ramping. Baju yang terbuat dari bahan waffle ini juga dilengkapi ritsleting belakang dan dapat dipesan melalui Tokopedia seharga Rp 218.000.

Cotton On - Sian Shirred Jumpsuit

Sumber gambar Zalora

Pilihan terakhir ini cocok dikenakan saat travelling dan memberi kesan kasual maksimal. Sian Shirred Jumpsuit dari Cotton On ini bermotif garis-garis, pas buat mereka yang ingin tampil lebih berisi. Terbuat dari bahan polyblend, baju ini ditunjang dengan tali dan kerah kotak yang nyaman.

Baju ini berpotongan regular fit dengan model celana melebar sehingga memudahkan si pemakai untuk bergerak. Bisa didapatkan di Zalora dengan harga Rp 349.900.

From our editorial team

Baju Kodok yang Tetap Hits dan Keren

Salah satu cara untuk tampil dengan gaya kekinian adalah dengan mengikuti tren yang ada. Tren baju kodok pun muncul lagi. Kamu bisa mengenakan baju ini untuk ke kantor, jalan-jalan, bahkan tampilan lebih formal. Nah, kamu bisa mengaplikasikan rekomendasi di atas untuk tampil sehari-hari.