Work From Home Jadi Lebih Lancar dengan 5 Rekomendasi Modem MiFi Terbaik 2021

Work From Home Jadi Lebih Lancar dengan 5 Rekomendasi Modem MiFi Terbaik 2021

Sumber gambar www.bhinneka.com

Kondisi Covid-19 yang belum pulih sepenuhnya, menuntut banyak orang untuk melakukan Work From Home (WFH). Tentunya hal ini membuat banyak orang membutuhkan mifi agar pekerjaan tetap berjalan dengan baik. Berikut BP-Guide rekomendasikan modem mifi terbaik 2020. Selain itu, ada juga info terkait cara memilih modem mifi. Yuk, simak liputannya di bawah ini.

Di Tengah Pandemi Covid-19 Kebutuhan Internet di Indonesia Semakin Meningkat

Sumber gambar www.entrepreneur.com

Pengguna internet di Indonesia yang berpenduduk kurang lebih 272,1 juta orang mencapai 64% atau setara dengan 174,1 juta orang. Dari jumlah pengguna internet ini, sebagian besar menggunakan telepon seluler dan sebagian menggunakan komputer atau laptop. Setiap hari, penduduk Indonesia juga dapat menghabiskan waktu sekitar empat jam 46 menit untuk menjelajah dunia maya.

Sejak adanya pengumuman untuk bekerja atau belajar di rumah karena pandemi Covid-19 pada pertengahaan Maret 2020 lalu, kebutuhan internet semakin meningkat secara signifikan. Konsumsi internet menjadi tinggi karena sebagian besar orang diwajibkan agar tidak meninggalkan rumah. Oleh karena itu, dibutuhkan akses internet yang stabil untuk belajar dan bekerja di rumah.

Tidak semua rumah dapat tersambung dengan WiFi. Salah satu jalan untuk terkoneksi internet adalah dengan menggunakan modem MiFi yang merupakan singkatan dari mobile WiFi. Modem Mifi praktis karena dapat dibawa ke manapun dan dapat tersambung ke berbagai perangkat.

Tips Memilih Modem MiFi

Sumber gambar www.jakartanotebook.com

Modem MiFi merupakan modem yang dapat memberikan jaringan internet melalui provider seluler. Penggunaannya sama seperti saat menggunakan tethering pada telepon genggam. Ada dua jenis modem MiFi yaitu modem SIM lock dan modem unlock. Modem SIM lock merupakan modem yang memakai satu provider saja antara CDMA atau GSM.

Modem ini hanya menggunakan satu operator. Modem unlock adalah modem yang dapat menggunakan berbagai merek kartu provider. Keuntungan dari penggunaan modem ini adalah kartu provider dapat diganti-ganti.

Sehingga, ketika berada di tempat yang tidak memiliki jaringan untuk suatu provider, maka kartu provider di dalam modem dapat diganti. Namun, dalam penggunaan provider tertentu, terkadang biaya untuk paket internet kartu tersebut mahal. Meski demikian, hal ini bisa diatasi apabila ada promo harga kuota internet.

Berikut adalah tips untuk memilih modem MiFi:

  • Saat akan memilih modem MiFi, perhatikan beberapa perangkat yang akan menggunakan modem tersebut. Modem MiFi terbatas untuk beberapa perangkat atau pengguna mulai dari delapan, 10, 15, hingga 32 pengguna.
  • Modem MiFi menggunakan baterai karena dapat dibawa ke mana-mana. Carilah modem dengan daya baterai yang besar agar dapat tahan lama. Selain itu, terdapat pula modem MiFi yang telah memiliki fitur bypass sehingga tidak memerlukan baterai karena menggunakan daya dari charger. Jika tidak sedang melakukan perjalanan, lebih baik pilih modem yang baterai dapat dilepas. Dengan demikian, baterai akan lebih tahan lama.
  • Ketika memilih modem MiFi, perhatikan merk dan serinya. Meski satu merek, modem MiFi yang berbeda seri memiliki perbedaan. Salah satunya adalah pada frekuensi jaringan. Oleh karena itu, telitilah serinya terlebih dahulu sebelum membeli.
  • Dalam memilih modem MiFi, pastikan modem didukung berbagai sistem operasi mulai dari Windows, Android, Mac OS, hingga Linux.
  • Perhatikan fitur seperti tambahan antena eksternal. Carilah modem untuk penggunaan jangka panjang. Fungsi antena ini adalah untuk menstabilkan jaringan.
  • Perhatikan skema harga kuota internet saat menggunakan Modem MiFi. Manfaatkan pula apabila ada provider yang memberikan promosi.
  • Jangan lupa untuk mempelajari cara penggunaan modem mulai dari mengatur password atau mengaktifkan fitur-fiturnya.
  • Tinjau jaringan internet yang ada di sekitar Anda. Pilihlah modem MiFi yang memiliki kapasitas jaringan tertinggi saat ini. Modem yang sudah menunjang jaringan 4G akan dapat digunakan di jaringan 2G dan 3G. Perhatikan juga frekuensi jaringan pada modem tersebut. Terdapat frekuensi mulai dari 850MHz, 900MHz, 1800MHz, 2300MHz, dan 2300MHz.
  • Cek juga kejelasan mengenai garansi dan pusat servis modem tersebut.
  • Ketahui chipset yang digunakan modem karena setiap modem memiliki chipset yang berbeda. Chipset mempengaruhi kecepatan WiFi yang dipancarkan oleh modem.
  • Ketika memilih modem, sesuaikanlah dengan dana yang dimiliki. Harga dan merek modem MiFi bervariasi dengan spesifikasi yang hampir sama. Akan lebih baik apabila mendapat harga lebih murah dengan spesifikasi serupa.

5 Modem MiFi Untuk Work From Home

Berikut ini adalah lima rekomendasi modem MiFi dengan performa yang baik untuk kegiatan bekerja atau sekolah di rumah

Huawei E5573

Modem Huawei E5573 sudah dapat digunakan untuk berbagai kartu GSM atau sudah dalam mode unlock. Modem MiFi ini memiliki kecepatan hingga 150 Mbps dan dapat digunakan untuk 10 perangkat. Huawei E5573 dilengkapi dengan fitur antena tambahan, apabila menginginkan jangkauan yang lebih luas.

Modem ini didukung oleh frekuensi WiFi 2.4GHz/5GHz sehingga sudah lumayan cepat untuk kebutuhan saat ini. Baterai modem MiFi ini memiliki tipe Lithium Polymer 1500mAh. Huawei E5573 dapat menjangkau hingga 10 meter. Modem MiFi ini juga dapat mencapai jaringan 4G dan didukung oleh HiLink app yang dapat dioperasikan oleh iOS dan Android.

Harga Rp. 456.000-1.450.000

Huawei B315

Huawei B315 merupakan modem dengan WiFi yang dapat menjangkau hingga 250 meter. Modem ini juga dapat digunakan untuk 32 perangkat. Huawei B315 memiliki kecepatan hingga 150 Mbps untuk mengunduh dan kecepatan 50 Mbps untuk mengunggah dengan kecepatan nirkabel hingga 300 Mbps.

Modem MiFi ini sangat cocok untuk mereka yang membutuhkan internet di kantor, rumah, atau di cafe. Dengan berat 275 gram dan dimensi 139 x 186 x 46mm, Huawei B315 mendukung jaringan 4G dengan frekuensi FDD 1800/2100 dan frekuensi TDD 2300/2500. Modem MiFi Huawei B315 dapat digunakan untuk berbagai macam operator seluler (unlock).

Selain itu, modem ini juga telah memiliki fitur Auto APN dan fitur USSD, sehingga dapat melakukan pengecekan kuota serta pengisian pulsa langsung melalui modem ini. Garansi yang diberikan untuk modem MiFi ini adalah 1 tahun. Huawei B315 memiliki konektor untuk antena eksternal.

Harga Rp. 1.099.000-1.396.300

D-LINK DWR 932C

Modem MiFi D-Link DWR 932C adalah modem MiFi yang fleksibel karena dapat menggunakan berbagai operator seluler. Selain itu, operator seluler dari luar negeri juga dapat disambungkan pada D-Link DWR 932c ini. Pengguna cukup memastikan apakah operator seluler di negara yang dituju menggunakan jaringan sama yang digunakan oleh modem ini.

Kapasitas baterai modem dengan bahan dasar plastik berukuran 105 x 65 x 16 mm ini mencakup 2000 mAh, sehingga dapat digunakan hingga lima jam tanpa jeda. Baterai dapat diakses dengan membuka bagian bawah modem. Daya baterai dilihat dari lampu indikator yang dapat berubah warna apabila baterai akan habis.

Selain lampu indikator baterai, lampu indikator yang lain adalah indikator untuk mengetahui status sinyal jaringan nirkabel dan sinyal dari jaringan seluler. D-Link DWR 932c masih menggunakan mini-SIM.

Harga Rp. 450.000-3.832.000

TP-LINK M7350

TP-Link M7350 menghadirkan modem MiFi dual band dengan koneksi WiFi 2 GHz dan 5 GHz. Band 5GHz termasuk masih jarang digunakan sehingga dapat menggunakan WiFi tanpa gangguan. Modem MiFi ini memiliki daya tahan baterai hingga 10 jam dan dapat berbagi dengan 15 perangkat.

Baterainya berukuran 2550mAh. Dalam mengisi daya baterai, Modem TP-Link M7350 memerlukan waktu 2-3 jam saja. Kecepatan untuk mengunduh dari modem MiFi ini adalah 150Mbps dan 50 Mbps untuk kecepatan mengunggah.

Jarak jangkauan TP-Link M7350 adalah 10 meter dengan kekuatan sinyal -89dBm. Terdapat fitur tambahan slot MicroSD yang dapat menyimpan hingga 32GB. Namun, fitur ini dijual terpisah.

Harga Rp. 969.000-3.033.750

PROLINK PRT7011L

Modem MiFi Prolink PRT7011L dapat digunakan untuk berbagai provider yang menunjang 4G LTE. Dengan demikian, pengguna dapat memilih jaringan internet yang cepat. Kecepatan modem MiFi ini mencapai 150 Kbps dan dapat menjangkau hingga 11 gawai atau perangkat.

Prolink PRT7011L kompatibel untuk sebagian besar OS mulai dari Windows, Linux, Android (versi 2.2 ke atas), iOS (versi 4.3.3 ke atas), dan Mac. Prolink PRT7011L dilengkapi antena internal.

Kapasitas baterai pada modem MiFi ini 2000mAh yang ditunjang Li-Ion battery dan penggunaannya dapat mencapai 10 jam. Modem MiFi ini juga dilengkapi fitur lampu indikator perangkat untuk melihat sinyal WiFi.

Harga Rp. 590.000-1.275.000
From our editorial team

Modem MiFi Bisa Dibawa Ke Mana Saja

Itulah beberapa modem terbaik yang bisa jadi pilihan Anda saat bekerja dari rumah. Kini saatnya Anda bisa berselancar di dunia maya dengan lancar dan tanpa hambatan. Modem mifi tentunya tak hanya bisa digunakan di rumah tapi juga di tempat lain yang memungkinkan Anda bisa bekerja dengan nyaman. Seperti misalnya di cafe ataupun dalam perjalanan sekalipun menggunakan mobil. Selamat mencoba!