Buat Suasana Rumah Anda Jadi Lebih Hidup dengan Dekorasi Unik

Buat Suasana Rumah Anda Jadi Lebih Hidup dengan Dekorasi Unik

Dekorasi rumah bisa membuat suasana jadi lebih hidup dan menarik. Namun Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk sekedar membeli hiasan. Beberapa hiasan unik pada dasarnya juga bisa dibuat sendiri menggunakan barang bekas. Berikut beberapa ide yang bisa Anda contoh untuk dekorasi rumah.

Rumah menjadi tempat terindah untuk merajut kenangan bersama keluarga. Tak peduli besar, kecil, luas atau sempit, rumah merupakan istana terbaik yang akan selalu dirindukan. Meskipun kita sudah menata rumah sebaik mungkin, tidak jarang karena berjalannya waktu terkadang suasana di rumah sedikit membuat bosan. Daripada membeli perabotan baru yang membuat Anda harus mengeluarkan uang, kenapa tidak menggunakan barang bekas daur ulang untuk mempercantik penampilan rumah. Atau dekor saja ruangan dengan daerah-daerah tertentu agar tidak terkesan membosankan. Nah, siap mengubah dekorasi rumah menjadi lebih unik dan inspiratif? Yuk, simak ide-ide dekorasi rumah yang unik berikut ya.

1. Hiasan Lampu dari Kancing

Sumber gambar furnerio.com

Hiasan atau kap lampu juga bisa dibuat menjadi lebih semarak dan colorful berbekal kancing pakaian yang sudah tidak terpakai. Warna-warni menarik bak pelangi akan menjadikan lampu hias terlihat lebih menawan dan tak akan pernah bosan dipandang. Caranya cukup mudah, kancing baju yang beraneka ukuran dan warna langsung ditempelkan ke permukaan kap lampu hingga menyerupai motif polka dot. Jika tidak ada kancing baju, Anda juga bisa menggunakan manik-manik atau hiasan payet yang dibeli di toko aksesoris atau toko handycraft dengan harga yang murah. Siap-siap rumah jadi makin atraktif deh!

2. Hiasan Dinding dari Sendok

Sumber gambar povesteacasei.ro

Tak bisa melukis atau bosan dengan pigura yang berisi foto-foto lama? Kini Anda bisa mengubah suasana dinding ruangan yang tampak putih polos dengan kesan yang lebih variatif. Manfaatkan sendok-sendok yang tidak terpakai sebagai hiasan dinding. Caranya ternyata sangat mudah. Beri warna cat minyak pada separuh permukaan ujung sendok dengan warna-warna yang terang atau cerah. Kemudian, tunggu hingga cat mengering. Setelah itu, tempelkan sendok ke kanvas dan pajang di permukaan dinding yang diinginkan. Wah, ruangan yang tadinya polos, kini menjadi lebih hidup dengan warna-warna yang menarik!

3. Meja Bundar dari Kardus dan Tumpukan Buku

Sumber gambar www.homedit.com

Buat yang memiliki ruang sempit di kost-kostan mahasiswa, biasanya ada banyak tumpukan buku yang kerap dibiarkan tergeletak di lantai. Daripada berantakan, kenapa tidak menyusunnya sehingga menjadi sebuah tumpukan melingkar dan di bagian atasnya bisa ditaruh kardus sebagai alas meja. Setidaknya, Anda bisa memanfaatkannya untuk menulis atau mengerjakan tugas dengan laptop. Tapi, hati-hati saat menggunakannya untuk meja makan atau minum agar tidak tumpah ke atas tumpukan buku ya.

4. Vas Bunga dari Botol Bekas

Sumber gambar qlapa.com

Sampah berupa botol-botol kaca ini biasanya bekas botol kecap atau botol sirup yang sudah tidak terpakai. Sayang kan, bila dibiarkan menumpuk begitu saja. Walaupun hendak Anda jual lagi ke tukang loak atau tukang rombeng, harganya tidak ada sama sekali. Daripada hanya menumpuk, lebih baik kita manfaatkan kembali sebagai dekorasi di rumah yang unik. Untuk membuat dekorasi dari botol bekas, sebelumnya semua botol dicuci bersih lalu dikeringkan. Selanjutnya, botol dicat agar menjadi lebih menarik dan indah dengan dekorasi sesuai kreativitas. Tambahkan pasir warna di dalam botol agar terkesan lebih atraktif. Isi dengan bunga-bunga atau daun plastik tiruan agar suasana di rumah menjadi lebih cantik.

5. Lampu Gantung dari Parutan Kelapa Bekas

Parutan kelapa yang sudah tidak terpakai karena berkarat atau lapuk masih bisa dimanfaatkan lagi menjadi kap lampu atau penutup lampu gantung. Kesan yang diciptakan dengan memasang lampu gantung ini rumah menjadi lebih artistik dan bernuansa rustic. Untuk membuatnya, pertama parutan dicat dengan kreativitas masing-masing. Kemudian di bagian atas parutan dilubangi agar bisa dipasang fitting lampu dan kabel. Selanjutnya, pasang lampu yang ukurannya bisa muat ke dalam parutan kelapa bekas ini. Nah, setelah itu gantung lampu hiasan yang unik ini di tempat yang diinginkan. Misalnya di teras depan atau halaman belakang rumah.

6. Menambahkan Karpet Bertekstur

Sumber gambar it.aliexpress.com

Jika suasana ruangan memang ingin dipertahankan apa adanya dengan nuansa warna putih atau dekorasi minimalis yang simpel, tidak masalah. Tambahkan saja tekstur agar rumah terlihat lebih artistik tanpa harus mengubah dekorasi secara keseluruhan. Misalnya saja seperti menambahkan meja kaca kecil di sudut ruang dengan tambahan vas bunga segar yang indah atau memasang karpet baru dengan pola stripe atau garis-garis, pola segitiga atau pola bulat melingkar. Karpet dengan motif atau corak tertentu bisa membuat suasana ruangan jadi lebih menarik dan membuat penghuni rumah terasa lebih bersemangat.

7. Meja Panjang dan Tinggi

Sumber gambar www.chinahao.com

Memiliki ruangan yang sempit di rumah minimalis bukan berarti dekorasi rumah dibuat terbatas. Dengan memanfaatkan perabotan yang unik dan multifungsi, setiap ruangan di rumah akan terasa lebih lapang dan serbaguna. Seperti restoran di pusat kota New York yang bergaya industrial, Anda bisa memasang meja makan yang panjang dan setinggi pinggang. Meja ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya untuk mengerjakan tugas dengan laptop, menikmati makan malam, atau menyambut tamu dengan secangkir kopi panas. Menurut pakar desainer interior dengan meja makan yang setinggi pinggang orang dewasa, suasana ruangan akan tampak lebih serasi dan seimbang jika memiliki langit-langit yang tinggi.

8. Pintu Utama Besar Sebagai Dekorasi Fasad Rumah

Sumber gambar lmms.info

Rumah tampak depan akan terlihat lebih megah dan modern dengan kehadiran pintu utama yang sengaja dipilih berukuran besar. Sebagai contoh, memilih pintu yang berukuran 48 inci dengan kombinasi kayu dan metal. Nuansa modern sekaligus klasik bisa dihadirkan dalam waktu bersamaan. Pintu yang bisa dibuka lebar dengan kemiringan 180 derajat ini membuat sirkulasi udara di dalam rumah terasa lebih sejuk dan maksimal. Selain itu, dekorasi jendela kaca bias tampil elegan untuk memberikan pencahayaan alami jika pintu besar ini sedang ditutup.

9. Pagar Metal dan Lantai Kayu

Sumber gambar www.idesignarch.com

Mengusung konsep seperti rumah-rumah di tepi pantai yang agak tinggi atau berlantai panggung. Dekorasi halaman teras depan rumah dengan lantai bertekstur kayu. Suasana adem dan teduh akan memberikan kenyamanan ekstra saat bersantai di teras rumah. Selain itu, pagar sengaja dipilih dari bahan metal dengan konsep hitam untuk memberi kesan tampilan yang elegan dan simpel. Pagar railings bisa menjadi pilihan model yang cocok untuk rumah Anda yang menghadap panorama indah di dekat pantai atau pegunungan.

10. Lukisan Dinding Ukuran Besar Bergambar Panorama

Sumber gambar id.aliexpress.com

Punya rumah tepat di tengah kota yang jauh dari pantai atau gunung? Tak berarti Anda kesulitan menyaksikan panorama indah setiap hari. Dengan dekorasi berupa lukisan dinding bergambar pemandangan alam seperti lautan atau pegunungan, pastinya ruangan di rumah seketika tampak lebih segar dan menentramkan pikiran. Semoga menambah inspirasi Anda.

From our editorial team

Pilih hiasan yang cocok dengan karakter rumah Anda

Itulah beberapa inspirasi dekorasi unik yang bisa diterapkan di rumah Anda. Suasana rumah yang nyaman tentu akan membuat penghuni rumah merasa betah di rumah. Selain itu pastikan Anda tidak mendekor rumah secara berlebihan. Pilih hiasan yang cocok dengan karakter rumah Anda dan padankan dengan pencahayaan lampu yang sesuai.

Tag