Kenali Lebih Dekat Tokoh-tokoh Besar di Indonesia Lewat 10 Rekomendasi Buku Biografi Berikut Ini

Kenali Lebih Dekat Tokoh-tokoh Besar di Indonesia Lewat 10 Rekomendasi Buku Biografi Berikut Ini

Gemar membaca buku? Kalau ingin mengenal lebih banyak tentang tokoh dunia atau orang yang berpengaruh, kamu bisa coba baca buku biografi. Tak usah bingung mencari karena BP-Guide sudah sediakan rekomendasinya berikut ini!

Biografi, Buku Kisah Hidup Tokoh Penting yang Layak Dibaca

Sumber gambar bornrealist.com

Dari berbagai macam buku yang ada, kita tentu memiliki kategori favorit sendiri untuk dibaca. Beberapa lebih menyukai karya fiksi, namun ada juga yang lebih menyukai karya non fiksi. Karya yang bersifat imajinatif disebut fiksi. Sementara karya yang bersifat informatif dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya disebut non fiksi.

Contoh dari karya fiksi beragam, mulai dari novel, cerpen, drama dan lain sebagainya. Sementara contoh dari karya non fiksi meliputi laporan ilmiah, buku pelajaran, biografi, dan lainnya. Nah, bicara soal biografi, ini merupakan sebuah karya menarik yang berkisah mengenai kehidupan seseorang yang dianggap penting.

Biografi ditulis oleh orang lain dan bukan oleh diri sendiri. Dalam biografi terdapat lebih dari sekadar daftar tanggal lahir atau mati. Ada juga jalan hidup seseorang dari kecil hingga menua bahkan hingga meninggal dunia.

Kemudian, biografi juga menyertakan perasaan yang terlibat dalam mengalami berbagai kejadian. Selain itu jasa, karya dan lain sebagainya yang dilakukan oleh seorang tokoh dijelaskan juga secara mendetail.

Ciri-ciri Buku Biografi

Berisi Fakta Aktual

Sumber gambar babylonbee.com

Dalam sebuah buku biografi terdapat aneka fakta mengenai tokoh penting yang tertulis. Fakta adalah kenyataan yang sebenarnya terjadi. Fakta bisa diperoleh mulai dari pengamatan hingga meneliti peristiwa tertentu.

Pembuatan buku biografi keseluruhan isinya haruslah berisi kalimat fakta. Artinya, setiap kalimat yang tertuang dalam buku harus bisa dibuktikan kebenarannya. Datanya bersifat kuantitatif dan kualitatif. Selain itu, dalam sebuah buku biografi, datanya harus akurat dan dikumpulkan dari nara sumber yang terpercaya. Buku biografi ditulis dengan objektif tanpa memihak tokoh tertentu.

Berdasarkan Kisah Hidup

Sumber gambar medium.com

Biografi bisa ditulis oleh siapa saja yang ingin menulis mengenai seorang tokoh penting. Biografi adalah cara yang paling efektif untuk menyampaikan cerita tentang kehidupan seseorang lewat media tulisan.

Biografi memang merupakan sebuah karya yang menggambarkan kehidupan seseorang. Maka saat menulisnya, sang penulis harus memiliki informasi lengkap dan akurat mengenai tokoh tersebut. Lalu jangan lupa juga bahwa seorang penulis biografi harus bisa menampilkan informasi dengan objektivitas yang baik.

Latar Belakang Tokoh Besar

Sumber gambar www.cinktank.com

Biografi adalah salah satu jenis karya non fiksi yang menggambarkan kehidupan tokoh atau sosok penting. Biografi ditulis untuk menunjukkan latar belakang kisah dari para tokoh penting tersebut. Selain tokoh penting, biografi juga banyak diterbitkan untuk mengenalkan orang yang memiliki banyak kontribusi terhadap perkembangan zaman dan satu bidang tertentu.

Penulisan biografi secara tak langsung merupakan sebuah bentuk penghargaan untuk tokoh yang tertulis. Dengan adanya biografi, kita jadi bisa lebih mengenal suatu tokoh penting dan berbagai jasanya meski orangnya sudah tiada.

Beberapa Buku Biografi Tokoh Besar Indonesia

Buya Hamka : Sebuah Novel Biografi - Haidar Musyafa

Sumber gambar mizanstore.com

Buya Hamka merupakan seorang tokoh dari masa demokrasi terpimpin. Sosok yang satu ini tak jarang memiliki pendapat berbeda dengan Presiden Soekarno dan juga berseberangan dengan cara berpikir kaum komunis. Berbagai karyanya banyak diserang melalui majalah "Lentera". Ia juga bersitegang dengan banyak orang yang tak sepaham dengannya. Buya pun hidup dalam penjara rezim Sukarno selama dua tahun empat bulan lamanya.

Sosok ulama yang satu ini selalu teduh tanpa membuat gaduh. Berbagai pesan dakwahnya selalu berhasil mengundang simpati bukannya memojokkan. Sebagai sosok ulama pembina bukan penghina, ia memilih jalur pena dalam rangka menyampaikan aspirasi dan pesannya kepada pemerintah yang tidak prorakyat dan memihak umat Islam.

Kamu bisa menikmati kisah selengkapnya dari biografi Buya Hamka dalam buku biografi yang ditulis oleh Haidar Musyafa. "Buya Hamka: Sebuah Novel Biografi" ini hadir dengan tebal 837 halaman. Diterbitkan pada tahun 2018, buku ini bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 270.000.

Biografi Gus Dur - Greg Barton

Sumber gambar www.goodreads.com

Abdurrahman Wahid atau lebih dikenal sebagai Gus Dur tentu bukan sosok yang asing bagi kita. Presiden Indonesia keempat ini memang merupakan sosok yang banyak dihormati berbagai kalangan. Pengabdiannya pada masyarakat, berbagai sikapnya yang penuh teka-teki dan kontroversial hingga tindakannya yang kerap disalah pahami banyak kalangan selalu menarik untuk disimak.

Kamu bisa membaca "Biografi Gus Dur" yang ditulis oleh Greg Barton. Ia merupakan seorang dosen senior di Deakin University, Australia yang sangat aktif melakukan studi tentang Islam di Indonesia. Greg mulai mengenal Gus Dur pada akhir dekade 80-an. Dalam buku biografi ini, Greg berhasil menampilkan pemahaman yang utuh dan komprehensif tentang sosok Gus Dur.

Diterbitkan oleh Saufa Hutamedia, buku setebal 516 halaman ini hadir dalam jenis soft cover. Buku yang satu ini bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 150.000.

Indonesia Butuh Jokowi - Update Version - Dedi Mahardi

Sumber gambar www.grobmart.com

"Indonesia Butuh Jokowi" merupakan sebuah buku biografi yang ditulis oleh Dedi Mahardi. Buku yang satu ini menggambarkan sosok Jokowi sebagai sosok pemimpin yang dibutuhkan Indonesia saat ini. Dalam buku akan dikupas mengenai bagaimana sosok Jokowi yang memiliki keinginan luhur untuk mensejahterakan rakyat, bukan mensejahterakan diri sendiri maupun keluarganya.

Selama memimpin Jokowi terbukti tidak memperkaya diri selama menjabat sebagai presiden. Indonesia saat ini tengah membutuhkan pemimpin yang mampu membangun dalam segala bidang dari Sabang hingga Merauke secara merata. Saat ini, negara tengah membutuhkan stabilitas pemerintahan untuk menjamin kesinambungan itu secara efektif. Karenanya, kamu bisa membaca buku yang satu ini dengan membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 89.500.

Pramoedya Ananta Toer Dari Dekat Sekali - Koesalah Soebagyo Toer

Sumber gambar www.goodreads.com

"Pramoedya Ananta Toer: Dari Dekat Sekali" merupakan sebuah buku biografi yang ditulis oleh Koesalah Soebagyo Toer. Penulis merupakan adik kandung Pramoedya Ananta Toer, maka segala yang tertulis dalam buku ini merupakan kehidupan pribadi Pramoedya yang belum diketahui oleh khalayak.

Meski banyak yang mengaku kenal dekat dan punya pengalaman pribadi dengan sosok Pramoedya Ananta Toer, namun tak semua mampu mencatat dengan rapi dan membukukan pengalaman mereka.

Melalui buku biografi yang satu ini, kamu bisa mengenal Pramoedya lebih dekat. Semua kisah tertulis rapi dan disusun secara rinci. Koesalah menulis buku ini sebagai pernyataan tanggungjawab terhadap pembaca berbagai karya Pramoedya. Ia merasa ia harus mengemukakan berbagai hal yang dipandang salah dan lain sebagainya. Dapatkan buku ini di Tokopedia dengan harga Rp 69.000.

Seri TEMPO: Soeharto - Tempo

Sumber gambar www.bukalapak.com

Soeharto merupakan sosok Presiden kedua Indonesia yang banyak dibicarakan. Memimpin negeri ini selama tiga dekade bukan waktu yang singkat. Rezim Orde Baru yang dipimpinnya memang sukses dengan program Pembangunan Nasional.

Kendati demikian, selama kepemimpinan 32 tahun tersebut, Soeharto juga meninggalkan noda yang sukar hilang. Bukan hanya banyak yang mencintainya namun juga banyak yang mencacinya. Dikenal dengan sebutan Jenderal Besar, Soeharto akhirnya lengser setelah gelombang unjuk rasa memuncak pada 1998.

Kamu bisa mengikuti jejak Soeharto dalam buku biografi Seri TEMPO yaitu "Soeharto: Setelah Sang Jenderal Pergi". Buku ini membahas seluk-beluk Soeharto termasuk juga aura kejawen yang melekat pada setiap tindak tanduk sang Presiden. Buku setebal 271 halaman ini bisa dibeli di Shopee dengan harga Rp 60.000.

KH. AHMAD DAHLAN SI PENYANTUN - Imron Mustofa

Sumber gambar www.gramedia.com

"KH Ahmad Dahlan: Si Penyantun" merupakan buku yang ditulis oleh Imron Mustofa. Dengan membaca buku biografi ini maka kita akan makin paham mengenai hidup dan perjuangan K.H. Ahmad Dahlan. Jika menelaahnya maka kita tak akan lagi mempermasalahkan perbedaan jika pun memang ada.

Buku ini mengisahkan masa kecil KH Ahmad Dahlan di kampung Kauman dan perjalanannya dalam menimba ilmu hingga ke Timur Tengah. Selanjutnya juga dituliskan perjuangannya dalam mendirikan Persyarikatan Muhammadiyah. Buku setebal 248 halaman ini bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 60.000.

Chairil Anwar Pelopor Angkatan 45 (2018) - H.B. Jassin

Sumber gambar www.bukukita.com

"Chairil Anwar Pelopor Angkatan '45" merupakan buku biografi apik yang ditulis oleh HB Jassin. Dalam buku setebal 240 halaman ini dijabarkan apa dan bagaimana yang membuat Chairil Anwar bisa menjadi seorang pelopor perpuisian di era yang waktu itu sangat represif. Kamu bisa memakai buku ini sebagai salah satu referensi paling penting untuk mengenal Chairil Anwar.

Meski tak banyak menuliskan kisah hidup Chairil Anwar, namun dalam buku ini kamu bisa menemui hampir semua sajak yang pernah dibuat Chairil. HB Jassin sendiri merupakan seorang kritikus sastra kenamaan Indonesia. Ia menggambarkan bagaimana Chairil Anwar mengubah keindahan romantis dari angkatan Belanda tahun 1880 menjadi wacana puisi internasional. Dapatkan buku ini di Shopee dengan harga Rp 51.800.

Kata-Kata Sukarno - Aristo Farela

Sumber gambar solusibuku.com

"Kata-Kata Sukarno: Untuk Indoenesia" merupakan buku biografi yang ditulis oleh Aristo Farela. Dalam buku ini menceritakan tentang tokoh Soekarno sebagai orator ulung. Soekarno dikenal sebagai sosok yang kerap mengobarkan semangat juang masyarakat lewat berbagai seruan pidatonya. Soekarno yang menahbiskan dirinya sebagai Penyambung Lidah Rakyat Indonesia merupakan sosok yang selalu ingin dekat dengan rakyatnya.

Tokoh yang satu ini juga dikenal berhasil membangun jati diri bangsa Indonesia dan rasa nasionalisme yang kuat. Kisah tokoh besar yang diakui dunia ini bisa kamu nikmati dalam buku setebal 160 halaman. Buku yang diterbitkan tahun 2018 oleh Ecosystem ini bisa dibeli di Shopee dengan harga Rp 37.600.

Tan Malaka Sebuah Biografi Lengkap - Masykur Arif Rahman

Sumber gambar www.bukukita.com

Tan Malaka merupakan penggagas awal Republik Indonesia. Bukan hanya itu, pemikirannya juga diikuti oleh para tokoh pergerakan. Ia tak memperlakukan komunisme sebagai suatu ideologi. Tan membedah realitas dan menganalisis bagaimana seyogianya pergerakan digulirkan. Sosok yang satu ini juga membahas bagaimana pembagian wewenang dilangsungkan dan pengorganisasian kerja ditata.

"Tan Malaka Sebuah Biografi Lengkap" bisa kamu lirik sebagai bacaan kala santai. Buku yang ditulis oleh Masykur Arif Rahman akan membunuh waktumu dengan berharga. Diterbitkan oleh Laksana, buku setebal 312 halaman ini bisa dibeli di Shopee dengan harga Rp 66.000.

Biografi Politik Habibie - Raden Toto Sugiharto

Sumber gambar gerobakbuku.com

"Biografi Politik Habibie: Dari Malari Sampai Revolusi" merupakan sebuah buku yang ditulis oleh Raden Toto Sugiharto. Buku yang satu ini sudah disunting oleh A. Rahmat dan diterbitkan oleh Media Pressindo. Buku setebal 456 halaman ini hadir dalam jenis soft cover.

Lewat buku biografi yang satu ini, kamu akan mengikuti kisah perjalanan politik Habibie hingga puncak karirnya. Berlatar menjelang tumbangnya Orde Baru, buku ini juga mengungkap berbagai spekulasi sejak Orde Baru hingga Reformasi yang hingga kini belum terjawab tuntas.

Karir Habibie sangat gemilang pada rezim Orde Baru. Ia duduk dalam Kabinet Pembangunan selama lebih dari 20 tahun. Mencapai puncak karirnya kala presiden Soeharto dilengserkan dari kekuasaannya tahun 1998, ia pun menjadi Presiden ketiga dan memikul beban tekanan dari rezim lama, aktivis reformasi, dan lain sebagainya. Dapatkan buku ini di Tokopedia dengan harga Rp 75.000.

From our editorial team

Pilih Buku Biografi Tokoh Favoritmu dan Ambil Pelajaran dari Kisahnya!

Membaca buku tentu memiliki banyak manfaat untuk seseorang. Jika kamu gemar membaca buku, kamu bisa memilih buku bergenre biografi untuk dibaca. Jangan hanya sekadar dibaca, ketahui kisah hidupnya dengan baik dan bagaimana tokoh tersebut menjadi sukses. Ambil pula pelajaran dari buku tersebut untuk diterapkan dalam kehidupanmu.