9 Rekomendasi Jilbab yang Cocok untuk Kamu yang Berwajah Bulat

9 Rekomendasi Jilbab yang Cocok untuk Kamu yang Berwajah Bulat

Memiliki wajah bulat bukan halangan untuk menggunakan jilbab. Ada trik dan tips agar wajahmu lebih cantik saat menggunakan jilbab. Bahkan ada rekomendasi jilbab yang bisa dipilih untuk digunakan pemilik wajah bulat. Berikut ulasannya.

Perhatikan Bentuk Wajah untuk Memilih Model Jilbab

Saat ini, hijaber atau mereka yang mengenakan hijab sudah jauh dari kata kuno atau kesan yang ketinggalan zaman. Jilbab yang dahulu memberi kesan “tua” dan tidak modis sudah hilang karena desain serta warna hijab telah mengalami banyak perkembangan serta modifikasi.

Mulai dari hijab berukuran standar hingga berukuran lebar saat ini tak menghalangi muslimah terlihat santun sekaligus ayu. Bahkan, keberadaan hijab pun sudah merambah ke dunia mode dan menjajarkan hijab dalam panggung fashion yang diakui dunia.

Memilih hijab layaknya memilih busana karena dalam mengenakannya, kamu sebaiknya memerhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah bentuk wajah. Perbedaan bentuk wajah antara wanita yang satu dengan yang lain dapat memberi pengaruh pada hijab yang dipakai. Hijab yang sesuai dengan bentuk wajah tidak hanya memaksimalkan penampilan tapi juga nyaman dikenakan.

Tips Menggunakan Hijab untuk Wajah Bulat

Pakai Dalaman

Memakai inner atau dalaman hijab yang sering disebut juga dengan ciput jadi salah satu bagian penting. Dalaman hijab berfungsi untuk menjaga agar rambut yang termasuk aurat tidak mudah berantakan dan terlihat. Selain itu, dalaman hijab juga bisa menjaga posisi hijab agar tidak mudah melorot.

Dalaman jilbab atau hijab dengan bentuk topi juga bisa menjadi solusi bagi kamu yang bermuka bulat. Saat ini, inner hijab sudah muncul dalam beberapa model dan salah satunya bisa memberi siluet tirus pada wajah. Pilihlah inner hijab dengan bahan nyaman seperti rajut, crepe, atau katun.

Gunakan Bahan yang Tipis

Bahan yang tipis bukan berarti menerawang sehingga rambut mudah terlihat. Tipis di sini dimaksudkan untuk material yang ringan dan menyerap keringat seperti spandex atau katun. Kamu juga bisa mengenakan bahan sutra yang mengilap jika ingin tampil formal.

Gunakan Tulang Pipi sebagai Patokan

Mengenali bagian tubuh dengan baik dapat memberi kemudahan bagi kamu saat membeli busana, demikian juga dengan hijab. Kamu bisa menggunakan tulang pipi sebagai patokan agar bisa mendapatkan hijab dengan desain yang tepat. Kamu bisa membeli kerudung dengan model pad yang panjang sehingga bisa memberi ilusi tirus pada wajah.

Pilih Motif yang Sesuai

Hijab bermotif banyak dipilih muslimah yang ingin tampil ceria dan enerjik. Bagi kamu yang kebetulan punya wajah bulat dan suka memakai hijab motif, ada baiknya memilih pattern yang besar tapi tetap tersedia ruang supaya tidak berkesan tumpang tindih.

Kamu juga bisa menyiasati wajah bulat dengan menggunakan hijab berwarna dingin dan coba juga hijab dengan motif kombinasi. Padukan bersama busana berwarna netral supaya penampilan kamu tidak terkesan terlalu ramai.

Perhatikan Posisi Jilbab

Saat mengenakan hijab, kamu bisa menarik kerudung hingga berada di bagian depan sehingga bagian hijab menutupi pipi. Kamu juga bisa membentuk ujung hijab lebih runcing atau mengenakan inner pad yang tegak agar siluet tirus pada wajah bisa dibuat.

Jangan Jepit di Bawah Dagu

Saat menyematkan penjepit atau jarum pengait pada kerudung, kamu bisa meletakkannya di bagian rahang, bukan pada bagian bawah dagu. Posisi ini bisa mengalihkan perhatian dari leher yang mungkin saja berlapis atau cenderung gemuk. Agar mudah, kamu bisa mengenakan penjepit yang tidak tajam seperti magnet jepit untuk kerudung.

9 Model Jilbab untuk Wajah Bulat

Khimar dengan Aksen Cross

Sumber gambar shopee.co.id

Memiliki wajah bulat bukan suatu kekurangan. Kamu bisa tetap tampil menawan dengan pipi menggemaskan lewat busana dan hijab yang tepat. Namun, jika kamu memang kurang percaya diri dan ingin muka terlihat lebih tirus, model menyilang bisa jadi pilihan.

Khimar memiliki aksen menyilang pada bagian atas dengan model yang memanjang hingga ke rahang sehingga memberi kesan tirus dan panjang pada wajah.

Salah satu yang bisa dipilih adalah Liliana Khimar Syari by Apple Hijab. Terbuat dari material jersey premium dalam delapan pilihan warna, hijab ini bisa dipesan melalui Shopee dengan harga Rp 85.000.

Full Pattern

Sumber gambar www.blibli.com

Memilih hijab bermotif memang agak tricky karena salah-salah justru membuat penampilan jadi tidak maksimal. Bagi kamu yang punya muka bulat, hijab dengan motif batik bisa jadi pilihan yang tepat.

Pilihlah hijab bermotif batik dengan warna-warna dingin seperti abu-abu atau biru. Kamu juga bisa memilih hijab bermotif dalam kombinasi beberapa warna seperti Gaira Square in Pattern dari Hijabenka berikut ini.

Kerudung ini bermodel segiempat dengan bahan katun poliester yang tampil cantik dalam balutan motif batik berwarna navy. Kamu bisa mengombinasikannya bersama gamis berwarna netral seperti putih atau pink untuk kesan anggun yang minimalis. Bisa dipesan seharga Rp 95.300 di Hijabenka.

Bahan Kaku

Sumber gambar www.tokopedia.com

Buat kamu yang aktif bergerak dan dinamis, sebaiknya tidak mengenakan hijab berbahan licin yang mudah melorot. Hijab dengan bahan yang mudah berubah posisi bisa menyulitkan kamu karena tidak ringkas dan butuh dibetulkan terus-terusan. Selain mengenakan inner hijab untuk menyiasatinya, kamu bisa memilih hijab dengan bahan yang kaku.

Hijab dengan material yang kaku juga bisa membuat wajah terlihat lebih panjang dan menyembunyikan pipi bulat kamu. Salah satu produk yang bisa dipilih adalah Jilbab Segi Empat Katun Hero yang dibanderol seharga Rp 30.000 di Tokopedia ini.

Tebal dan tidak menerawang, bahan kaku mudah dibentuk sehingga kamu tidak perlu repot membentuk ulang atau membetulkan. Tersedia dalam pilihan warna manis yang bisa kamu sesuaikan dengan selera.

Fringe

Sumber gambar shopee.co.id

Hijab segi empat termasuk cocok untuk berbagai tipe wajah karena modelnya yang bisa dibentuk sesuai dengan keinginan. Kamu juga bisa mengenakan inner hijab dengan pad tegak dan panjang yang kini sudah banyak dijual di pasaran. Kenakan bersama hijab segi empat untuk menyembunyikan pipi bulat kamu secara maksimal.

Untuk kerudung yang tak berkesan monoton, kamu bisa menggunakan hijab dengan aksen fringe. Tampak manis tanpa aksesori berlebihan, kamu bisa memilih Parisku Fringe Hijab Segiempat Katun Premium yang tersedia di Shopee dalam rentang harga berkisar Rp 27.690 hingga Rp 39.000.

Tassel

Sumber gambar shopee.co.id

Bagi remaja yang baru belajar mengenakan hijab umumnya tertarik pada hijab dengan warna-warna cerah dan model-model yang menarik perhatian. Hijab tassel sempat booming karena memiliki aksen manis berupa rumbai warna-warni yang dijahit pada tepian hijab. Tassel juga bisa mengalihkan perhatian dari pipi bulat kamu.

Salah satu hijab tassel yang bisa dijadikan opsi adalah Jilbab Segi Empat Tassel Rumbai dengan bahan katun saudia yang tersedia di Shopee seharga Rp 19.000.

Katun

Sumber gambar shopee.co.id

Tak cuma nyaman dikenakan, hijab berbahan katun juga disukai oleh hijaber karena mudah dibentuk dan bisa memberi efek tirus pada wajah. Kamu cukup membuat lipatan yang runcing di bagian atas sehingga hijab memberi ilusi tirus dan menyembunyikan pipi tembam kamu.

Selain itu, bahan katun juga dikenal menyerap keringat dengan baik dan cocok dijadikan penutup kepala sehari-hari.

Kamu bisa memilih Jilbab Segi Empat Katun Rawis (Erow) yang tersedia di Shopee seharga Rp 12.750 ini. Bahan katun rawis cenderung mudah dirawat karena dan tidak terasa panas sehingga cocok dikenakan di negara tropis. Bisa dipesan dalam beberapa pilhan warna seperti moka, pastel, magenta, green dan lain-lain.

Pashmina

Sumber gambar shopee.co.id

Kerudung dengan model pashmina ini memiliki model panjang dan cocok untuk dikenakan pada acara semi formal hingga formal. Bentuknya dapat menyembunyikan pipi tembam kamu karena saat dibentuk, memberi kesan jenjang pada wajah.

Pilihlah pashmina dengan bahan yang mudah dibentuk dan nyaman dikenakan seperti katun.

Salah satu yang bisa dipilih adalah Pashmina Saudia Exclusively Ansania Rawis ini. Terbuat dari bahan katun dengan panjang 180x72 sentimeter, hijab ini dipermanis dengan detail rawis pendek pada bagian tepi. Bisa dipesan melalui Shopee mulai dari Rp 12.900 hingga 15.900.

Two Tones

Sumber gambar shopee.co.id

Hijab dua warna alias two tone bisa jadi salah satu pilihan yang patut kamu coba. Selain tidak monoton, kamu juga bisa menghemat dan menyiasati berbagai macam acara dari satu kerudung saja. Hijab dengan dua warna ini juga cocok untuk menyembunyikan pipi bulat kamu.

Jilbab Two Tone Umama adalah salah satu opsi yang bisa dipilih. Terbuat dari katun linen dengan harga Rp 30.000 di Shopee. Hijab ini dapat memberi kesan yang feminin dan manis pada penampilan.

Instan

Sumber gambar shopee.co.id

Bagi kamu yang senang travelling, hijab instan bisa jadi solusi yang tepat karena ringkas dan mudah dikenakan. Hijab instan tidak membutuhkan banyak peniti atau jarum. model hijab instan juga bisa disesuaikan dengan berbagai acara.

Hijab instan umumnya tersedia dalam beberapa jenis menurut pad yang ada. Mulai dari non-pad, pad panjang hingga soft pad yang bisa disesuaikan dengan tipe muka. Bagi kamu yang punya pipi bulat, hijab instan dengan pad panjang bisa jadi pilihan yang pas.

Khimar Simpel Pet Antem mini tersedia di Shopee dengan harga Rp 25.520. Terbuat dari bahan wolpeach yang ringan dan cukup kuat, hijab ini bisa menutupi bagian dada sehingga kamu tetap tampil santun.

From our editorial team

Hijab untuk Wajah Bulat

Berbagai pilihan tersedia untuk pemilik wajah bulat dalam mengenakan hijab. Apapun yang dipilih sesuai selera, pastikan sudah mengetahui trik dan tips-nya. Ini agar kamu semakin percaya diri di berbagai kesempatan. Yang pasti, pilihlah bahan yang memang nyaman untuk digunakan olehmu.