10 Rekomendasi Kado DIY Valentine untuk Orang Tersayang di Sekitarmu (2021)

10 Rekomendasi Kado DIY Valentine untuk Orang Tersayang di Sekitarmu (2021)

Hari Valentine tinggal menghitung hari. Jangan sampai kamu melewatkannya begitu saja tanpa berbagi sesuatu dengan orang-orang di sekitarmu. Yuk, sebarkan kasih sayang dengan berbagi kado DIY Valentine. Kamu bisa membuat aneka barang hingga makanan untuk dibagikan kala Valentine. Cek inspirasinya dari kami, ya!

Merayakan Hari Kasih Sayang Bisa Memberi Manfaat untuk Kesehatan

Valentine merupakan perayaan hari kasih sayang yang jatuh pada tanggal 14 Februari. Umumnya, orang-orang akan berbagi cokelat atau bunga kepada orang terdekat dan tersayangnya. Valentine dirayakan tidak hanya oleh sepasang kekasih, namun juga dirayakan dengan sesama teman, sahabat, saudara, dan lain sebagainya.

Merayakan Valentine ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Saat kita saling mencurahkan kasih sayang kepada orang terdekat kita, maka kita bisa terhindar dari stres dan tekanan batin. Kita merasa dicintai oleh orang-orang di sekitar kita. Perasaan bahagia karena dicintai tersebut bisa menekan rasa cemas karena merasa sendiri, beban hidup yang berat, dan aneka tekanan hidup dalam diri.

Ketika kita merasa bahagia, maka sistem kekebalan tubuh jadi meningkat. Hal ini membuat tubuh mampu memerangi penyakit dan bisa bertahan lebih baik saat ada serangan virus dan bakteri. Dengan merayakan Valentine, kebahagiaan akan bertambah dan membuat sistem imun makin kuat.

Dalam sebuah studi yang melibatkan lebih dari 7000 orang dikatakan bahwa rasa bahagia saat merayakan Valentine bisa mendorong seseorang untuk lebih giat berolahraga. Mereka tentu ingin tampil lebih fit dan lebih menarik di mata pasangannya. Maka diet sehat dan olahraga jadi pilihan agar tubuh terlihat sehat dan bugar kala Valentine.

Jika ingin terlihat awet muda, kita tidak butuh perawatan mahal. Salah satu cara hemat untuk awet muda adalah bersenang-senang dan berbahagia di hari Valentine. Merayakan sesuatu yang bisa membahagiakan bisa menjauhkan kita dari rasa stres. Saat stres menurun, hormon endorfin meningkat dan membuat kita jadi terlihat lebih bahagia. Mereka yang bahagia akan terlihat awet muda.

Berbagai Cara Unik Merayakan Hari Valentine

Menciptakan Quality Time dengan Orang Terdekat

Saat merayakan Valentine, kamu bisa menciptakan quality time dengan orang terdekatmu. Baik itu, keluarga, sahabat, hingga pacar. Misalnya, jika dengan ayah, kamu bisa memancing bersama. Atau dengan ibu, kamu bisa pergi ke spa atau memasak bersama. Dengan sahabat, kamu bisa belanja bareng atau ke mal bareng. Dengan pacar, kamu bisa melakukan hobi bersama untuk makin mendekatkan hubungan.

Nonton Bareng

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk merayakan Valentine adalah dengan menonton film bersama. Semisal kamu merayakan Valentine dengan keluarga, maka kamu bisa membeli DVD atau bisa juga memilih serial TV atau film favorit dari layanan TV berbayar. Dengan cara ini maka kamu bisa makin dekat bersama keluarga.

Jangan lupa siapkan camilan yang bisa bikin acara menonton makin seru. Boleh juga jika kamu menyiapkan kue atau makanan berat tertentu untuk menemani acara nonton bersama keluarga agar lebih seru.

Tukar Kado

Acara tukar kado bisa jadi acara seru untuk dilakukan selama Valentine. Kamu bisa melakukan acara ini bersama teman-teman sekantormu. Kamu boleh juga melakukannya dengan para sahabatmu. Acara ini seru banget karena kita akan mendapatkan hadiah secara acak. Hadiah kita juga akan diterima oleh orang yang tidak kita ketahui. Ini tentu bikin kita jadi berdebar-debar karena menantikan hadiah apa yang sekiranya kita terima.

Sebelum mengadakan acara ini, pastikan dulu bahwa kadonya dipatok dengan harga tertentu, misalnya tidak lebih dari Rp 50.000. Dengan begini, harga semua kadonya sama rata dan tidak ada kesenjangan sosial yang tampak.

Membuat Kado DIY

Cara unik lain untuk merayakan Valentine adalah dengan membuat kado DIY. Hadiah yang dibuat sendiri tentu memiliki kesan lebih bermakna. Ini karena hadiahnya memiliki sentuhan personal. Hadiah DIY bisa berupa barang atau juga makanan. Kamu bisa memberikan hadiah DIY untuk pacar, orangtua, sahabat, teman kantor, dan lain sebagainya. Mereka yang menerima hadiah DIY dari kamu sudah jelas bahagia dan merasa diistimewakan.

Ini Dia Inspirasi Kado DIY Valentine Berupa Makanan atau Barang untuk Orang Tersayang Kamu

Kartu Valentine

Kamu bisa memberikan hadiah DIY Valentine berupa kartu ucapan Valentine. Kartu semacam ini bisa kamu berikan kepada pasangan, saudara, orangtua, hingga sahabat. Kamu bisa buat kartunya sekreatif mungkin dengan menyisipkan foto atau memberi tulisan tangan. Bisa juga menghiasnya dengan hiasan bunga kering atau pernik-pernik bertemakan cinta. Kartu Valentine DIY untuk orang-orang di sekitarmu ini tentu akan membuat mereka tersentuh karena tahu kamu meluangkan waktu untuk membuat kartu tersebut khusus untuk mereka.

12 Letters

Nah, kalau kamu hendak membuat kado DIY Valentine untuk pacar kamu, boleh juga mencoba ide 12 Letters. Konsepnya adalah kamu harus memberikan 12 surat untuknya. Ia harus membuka satu buah surat tiap bulan. Kamu bisa membagi suratnya menjadi beberapa kondisi. Misalnya surat untuk dibaca saat ia sedih, surat untuk dibaca saat ia senang, surat untuk dibaca saat Valentine, surat untuk anniversary, surat untuk ulang tahun, surat untuk tahun baru, dan seterusnya.

Di dalam setiap surat tersebut, kamu bebas menuliskan isi hatimu. Tuangkan perasaan kamu dalam bentuk kata-kata. Boleh juga jika kamu ingin menyelipkan hadiah kecil di setiap suratnya. Sehingga saat pacar kamu membuka satu amplop, ia akan menerima hadiah kecil dan juga surat dari kamu.

Teh Celup Bentuk Hati

Sumber gambar www.dekoruma.com

Kalau kamu ingin memberikan sesuatu yang dibuat seunik mungkin untuk orang di sekitarmu, kamu bisa coba yang satu ini, teh celup bentuk hati. Memang sih, kamu tidak memetik sendiri daun tehnya dan mengolahnya hingga jadi teh celup. Kamu hanya perlu mengemasnya ulang agar terkesan menarik dan unik. Meski demikian, si penerima hadiah ini tentu akan sangat senang karena hadiah ini kesannya personal.

    Bahan :

  • Teh bubuk
  • Kertas teh celup atau coffee filter
  • Gunting
  • Pensil
  • Benang
  • Jarum

    Cara membuat :

  • Awali dengan membuat gambar hati pada kertas teh celup atau coffee filter dengan pensil.
  • Selanjutnya, gunakan jarum dan benang untuk membentuk jahitan hati sesuai garis pensil.
  • Sisakan lubang kecil di sudut bentuk hati.
  • Masukkan teh bubuk melalui lubang tersebut.
  • Tutup lubang dengan menjahitnya hingga rapat.
  • Potong kertas mengikuti bentuk hati yangs udah dijahit.
  • Pasang benang sebagai tali kantung teh celup.

Lilin Inisial Nama

Satu lagi nih hadiah yang cocok untuk kamu berikan pada orang-orang di sekitar kamu, lilin inisial nama. Kado DIY Valentine ini cocok untuk pacar, orangtua, sahabat, dan lainnya. Cara membuatnya mudah. Pastinya orang-orang yang kamu beri hadiah ini akan sangat bersyukur karena hadiah ini terkesan sangat spesial.

    Bahan :

  • Lilin
  • Pemotong linoleum atau alat ukir
  • Pena emas
  • Selotip
  • Kertas rancangan

    Cara membuat:

  • Buatlah desain rancangan inisial nama penerima lilin dalam selembar kertas.
  • Tempel kertas dengan posisi di depan permukaan lilin lalu rekatkan memakai selotip.
  • Kamu tinggal mengukir lilin sesuai dengan kertas rancangan yang kamu buat.
  • Tebalkan ukiran lilin dengan pena emas agar terkesan lebih istimewa.

Buku Kenangan

Valentine adalah saat kita berbagi kenangan dengan orang istimewa di sekitar kita. Setiap orang pastinya memiliki memori indah dalam kehidupannya. Dan jika kita memiliki banyak kenangan indah bersama orang tersebut, tak salah jika kita mengabadikannya dalam sebuah buku kenangan.

Belilah satu buku agenda ukuran sedang. Ini bisa jadi media untuk kamu membuat sebuah buku kenangan. Tempel beberapa foto kamu dan orang yang akan diberi hadiah tersebut. Jangan lupa tuliskan caption dan sedikit kesan dari foto tersebut. Kamu bisa juga menghias buku kenangan dengan stiker lucu, hiasan tempel yang kamu buat sendiri, dan lain sebagainya. Buku kenangan DIY ini tentu akan sangat dihargai si penerimanya.

Stacko Game Valentine

Sumber gambar www.idntimes.com

Untuk pacar yang gemar bermain game, kamu bisa berikan kado DIY yang satu ini, stacko game Valentine. Kado yang satu ini mudah saja dibuatnya. Kamu hanya butuh stacko kayu polos, pena, dan spidol merah.

Kamu tinggal tulis saja tantangan, pesan manis, atau pertanyaan di setiap batang kayu stacko. Jangan lupa tambah logo hati di ujung stacko kayu dengan spidol merah. Stacko ini siap dimainkan bersama pujaan hati, deh.

Macaron Bentuk Hati

Sumber gambar cookpad.com

Untuk orang tersayang, kamu bisa hadiahkan camilan enak di hari Valentine. Misalnya saja seperti macaron. Tentu saja bentuknya dibuat bentuk hati agar terasa kesan Valentine-nya. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah karena resepnya minim bahan. Kue macaron hati ini bisa diberikan kepada pacar, sahabat, hingga orangtua.

    Bahan :

  • 40 gr putih telur
  • 42 gr bubuk almond
  • 62 gr icing sugar
  • 12 gr gula kastor
  • 1/8 sdt cream of tartar
  • Pewarna makanan bentuk gel

    Bahan Filling :

  • 3 sdm pure blueberry
  • 65 gr mentega
  • 40 gr icing sugar
  • 1 sdm perasan lemon

    Cara membuat:

  • Awali dengan membuat template hati agar lebih mudah membentuknya nanti.
  • Campur bubuk almond dan icing sugar lalu masukkan ke dalam food processor sebentar. Ayak dan buang sisa yang kasar.
  • Kocok putih telur sampai berbusa lalu masukkan cream of tartar.
  • Kocok lagi, lalu beri gula kastor sedikit demi sedikit sampai berjejak.
  • Teteskan pewarna makanan sesuai selera, pink atau merah, lalu aduk hingga merata.
  • Masukkan campuran almond lalu aduk balik perlahan hingga merata.
  • Masukkan adonan ke dalam piping bag.
  • Alas loyang dengan baking paper dan tata template hati di atasnya.
  • Semprotkan adonan mengikuti template sampai selesai.
  • Biarkan selama 30 menit baru bisa dipanggang pada suhu 150 hingga 160 derajat Celcius selama 15 menit.
  • Angkat dan biarkan dingn sebelum dilepas.
  • Untuk isiannya, kocok mentega sampai lembut, baru masukkan icing sugar. Kocok sampai mengembang lalu masukkan pure blueberry dan lemon juice. Aduk merata dan masukkan dalam piping bag.
  • Ambil macaron yang sudah matang, beri isian lalu tutup dengan macaron lainnya. Lakukan hingga habis dan siap disajikan.

Cupcake Pink dengan Hati

Sumber gambar www.fimela.com

Cupcake merupakan kue yang bentuknya kecil namun menggemaskan. Kue yang satu ini bisa juga jadi persembahan kado DIY kala Valentine. Kamu bisa berikan kepada nenek dan kakek, pacar, orangtua, dan lain sebagainya. Kamu tinggal sesuaikan warna cupcake dan hiasannya agar sesuai dengan suasana Valentine. Bikin sendiri di rumah dengan resep yang satu ini!

    Bahan :

  • 175 gram mentega
  • 175 gram gula pasir
  • 3 butir telur
  • 1/2 sdt vanili bubuk / pasta vanila
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1 sdt baking powder
  • 275 gram tepung terigu
  • 300 ml susu cair

    Cara membuat :

  • Awali dengan mengocok gula pasir dan mentega hingga menjadi gumpalan kecil.
  • Masukkan satu per satu telur lalu kocok sampai adonan lembut dan merata.
  • Tambahkan vanili, baking powder, dan baking soda.
  • Kocok sampai adonan berwarna kuning pucat.
  • Masukkan terigu dan susu sedikit demi sedikit sambil dikocok pelan sampai merata.
  • Untuk membuat bagian hati, ambil 1/3 adonan dalam wadah kecil sementara sisa adonan ditutup dan disisihkan dulu.
  • Beri 1/3 adonan tadi pewarna merah muda lalu aduk merata.
  • Tuang adonan merah muda pada loyang ukuran 20 x 20 cm yang sudah dioles mentega tipis.
  • Panggang adonan dalam oven bersuhu 175 derajat celsius selama 20 menit.
  • Keluarkan adonan dari loyang lalu cetak dengan cetakan berbentuk hati. Pastikan cetakan hati lebih kecil dibandingkan bagian dalam ukuran cetakan cupcake.
  • Jika sudah jadi, sisihkan dulu cake bentuk hati yang sudah jadi.
  • Sekarang, kita buat cupcake utamanya. Masukkan kertas cupcake dalam cetakan cupcake.
  • Tuang sisa adonan tadi ke dalam cetakan cupcake lalu masukkan kue bentuk hati ke bagian tengah dan tutup kembali dengan sedikit adonan putih. Lakukan hingga adonan habis.
  • Panggang cupcake pada oven bersuhu 175 derajat Celsius selama 20 menit.
  • Angkat dan dinginkan.
  • Kamu bisa menghias bagian atas cupcake dengan buttercream merah muda dan ditaburi permen hati warna-warni.

Chocolate Cake Truffles

Sumber gambar cookpad.com

Valentine memang kurang lengkap tanpa cokelat. Namun, kadang kita bosan dengan cokelat yang itu-itu saja. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kita mencoba membuat chocolate cake truffles. Kue ini bisa diberikan kepada orang tersayang di hari Valentine. Tentunya, rasanya enak dan tidak mengecewakan. Si penerima kue tentu juga senang dengan pemberian yang satu ini. Yuk, coba buat dengan resep mudah di bawah ini.

    Bahan A :

  • 50 gr tepung terigu serbaguna
  • 25 gr cokelat bubuk
  • 1/4 sdt Baking Powder
  • 1/4 sdt Baking Soda

    Bahan B:

  • 100 gr gula kastor
  • 100 gr susu cair fullcream
  • 90 gr mentega

    Bahan C :

  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1/2 sdt vanilla essence

    Bahan Pelapis:

  • Secukupnya dark cooking chocolate
  • Secukupnya white cooking chocolate

    Cara membuat :

  • Ambil wadah lalu ayak semua bahan A jadi satu dan sisihkan.
  • Ambil wadah mangkuk tahan panas lalu campur bahan B dan panaskan dengan api kecil hingga mentega meleleh. Angkat dan biarkan hangat.
  • Masukkan bahan C ke dalam bahan B lalu aduk cepat dengan whisk.
  • Masukkan bahan A lalu aduk merata.
  • Tuang ke loyang lalu kukus 20 menit hingga matang.
  • Keluarkan cake dari loyang lalu tunggu sampai suhu ruang.
  • Hancurkan cake dengan garpu.
  • Ambil cake secukupnya lalu bentuk bulatan.
  • Masukkan ke wadah kedap udara lalu simpan di kulkas selama 1 jam sampai mengeras.
  • Lelehkan dark cooking chocolate dan juga white cooking chocolate.
  • Celupkan bola-bola kue ke dalam dark chocolate lalu biarkan mengeras.
  • Beri hiasan cokelat putih di atas dark chocolate lalu biarkan mengeras lagi.
  • Simpan di kulkas, lalu keluarkan jika ingin dikonsumsi.

Strawberry Heart Praline

Sumber gambar cookpad.com

Kamu bisa juga membuat cokelat praline sebagai hadiah untuk Valentine. Tentu saja disesuaikan dengan tema Valentine. Kamu bisa memakai tambahan seperti stroberi agar kesan warna merah ala Valentine lebih terasa. Cokelat ini bisa kamu berikan kepada pujaan hati. Atau kamu juga bisa memberikannya kepada sahabat dan orangtua. Mereka pasti gemas dengan bentuk cokelat yang satu ini karena sangat indah.

    Bahan :

  • cokelat putih
  • cokelat pink

    Bahan Filling:

  • 200 gr stroberi
  • 4 sdm susu evaporasi
  • 2 sdm mentega
  • 2 sdm gula
  • 200 gr gula kastor
  • 75 ml air

    Cara membuat:

  • Untuk membuat filling, awali dengan membersihkan stroberi lalu blender bersama susu evaporasi.
  • Masak air, gula, dan gula kastor sampai larut dan berwarna kecokelatan.
  • Masukkan stroberi dan mentega lalu aduk merata.
  • Masak sampai mengental, angkat, lalu dinginkan.
  • Masukkan ke dalam plastik segitiga lalu sisihkan.
  • Lelehkan cokelat putih dan pink.
  • Siapkan cetakan cokelat bentuk hati.
  • Tuang cokelat pink pada ¼ bagian cetakan lalu biakan sebentar.
  • Beri filling lalu tutup dengan cokelat putih sampai filling tertutup sempurna.
  • Masukkan ke dalam kulkas selama 10 menit lalu keluarkan dari cetakan dan siap disajikan.
From our editorial team

Valentine Jadi Momen Mendekatkan Hubungan

Valentine bisa jadi momen penting untuk kita yang mungkin sedang bertengkar atau tidak akur dengan sesama, entah itu pacar, pasangan hidup, orangtua, saudara, hingga sahabat. Di momen ini, tak ada salahnya membuka obrolan dahulu, meminta maaf jika perlu, dan berikan hadiah sebagai ungkapan ketulusan. Valentine bisa jadi hari di mana kamu berbaikan dengan orang-orang di sekitarmu. Mereka tentunya akan menerima niat tulus kamu dan bisa kembali dekat dengan kamu.