10 Rekomendasi Kado Ultah Anak Cowok Ini Bermanfaat untuk Perkembangan Anak (2020)

10 Rekomendasi Kado Ultah Anak Cowok Ini Bermanfaat untuk Perkembangan Anak (2020)

Memberikan hadiah untuk anak cowok tentu saja memerlukan tips dan trik karena setiap anak memiliki kesukaan dan hobi yang berbeda. BP-Guide akan memberikan rekomendasi hadiah untuk anak cowok. Check it out, ya!

Berikan Kado Ultah Terbaik untuk Anak Cowok

Sumber gambar www.mirror.co.uk

Bagi orang tua, anak merupakan anugerah terbesar untuk mereka. Jadi, wajar saja kalau orang tua manapun ingin menyenangkan anaknya, terutama di hari ulang tahun. Tidak hanya untuk menyenangkan anak-anak, tetapi momen ulang tahun juga seringkali menjadi wujud rasa syukur akan kehadiran anak.

Hal yang paling krusial pada momen ultah, tentu saja, kado dari orang-orang terdekat. Melalui kado, biasanya orang mengungkapkan kepedulian dan rasa sayang mereka terhadap si anak. Termasuk pula, orang tua. Kalau kado sesuai dengan kemauan anak, mereka akan bangga menunjukkannya kepada teman-teman mereka. Siap-siap saja anak Anda akan memamerkannya dalam waktu yang lama, karena ia ingin menunjukkan kepada teman-temannya kalau orang tuanya itu keren.

Namun, memilih kado untuk anak tidak bisa sembarangan. Dengan fakta bahwa anak-anak adalah ilmuan alami yang belajar dengan cara bermain, tentunya memberikan kado yang sesuai sangat penting untuk perkembangannya. Jadi, kamu tidak hanya perlu mempertimbangkan minat anak, tetapi juga manfaat dari kado itu, secara langsung atau tidak langsung.

Ide Kado Ultah Anak Cowok yang Bisa Anda Berikan

Mainan Mobil-Mobilan

Sejak awal, anak laki-laki mempunyai kecenderungan untuk menyukai benda-benda besar yang mempunyai pergerakan yang aktif, seperti mobil, kereta, dan sejenisnya. Oleh karena itu, mobil-mobilan bisa dibilang termasuk salah satu mainan populer yang disukai anak laki-laki.

Walaupun terlihat umum dan sederhana, mobil-mobilan sebenarnya bisa mengasahkemampuan penting pada anak, yaitu motorik kasar. Gerakan mobil yang aktif akan mendorong anak untuk mengejar dan menangkap mobil. Selagi bermain, mereka juga belajar memusatkan perhatian dan konsentrasi ketika mengarahkan mobil ke satu titik.

Selain keahlian motorik kasar, jenis mobil-mobilan tertentu mengasah daya kreativitas, bahkan keterampilan motorik halus. Misalkan saja, mobil-mobilan yang harus dirakit yang membuat mereka memutar otak untuk memainkannya. Atau kamu tentunya ingat mainan zaman dulu yang legendaris, mobil Tamiya. Tidak hanya rakitan sederhana, mobil Tamiya bisa mengajarkan konsep kelistrikan sederhana untuk anak.

Buku Edukatif

Sumber gambar imall.com

Sejak dulu, orang-orang mengenal buku sebagai sumber ilmu pengetahuan. Isinya pun seringkali dibuat kaku, karena bermain dan belajar dianggap sebagai 2 kegiatan terpisah. Sekarang ini, hal tersebut sudah mulai memudar. Sebagian orang tua sudah melihat manfaat besar dari belajar melalui permainan-permainan menarik.

Buku adalah salah satunya. Berbekal teknologi yang semakin maju, bentuk buku pun mengalami perkembangan. Sekarang ini, ada buku-buku yang dilengkapi permainan yang mengeluarkan bunyi, seperti sound book atau buku dengan pena yang bisa membacakan teks. Buku-buku begini cocok untuk belajar bahasa asing.

Orang tua juga bisa memilih buku-buku dengan gambar-gambar menarik dengan gaya bahasa yang lucu dan kaya dengan kosakata baru. Untuk anak-anak yang lebih besar, orang tua bisa memilih buku dengan karakter-karakter menarik dengan cerita yang mengandung moral positif. Bisa juga memilih buku dengan konten yang sesuai dengan minat anak. Buku tentang mobil atau kereta, misalnya. Tidak hanya menyenangkan, buku-buku yang menarik bisa meningkatkan minat baca pada anak.

Perlengkapan Menggambar dan Mewarnai

Sumber gambar www.guideposts.org

Semua anak adalah seniman alami. Mereka suka mengeksplorasi hal-hal baru, terutama dengan visualisasi yang menarik dan penuh warna. Alat lukis dan peralatan menggambar bisa membuat mereka mengeksplorasi lebih banyak warna serta konsep geometris sederhana, seperti garis, kurva, dan lain-lain.

Alat gambar ini juga mendorong anak mengeksplorasi bentuk-bentuk di sekitarnya dengan percobaan untuk menggambar apa pun yang ada di sekitarnya. Kamu bisa memilih alat-alat lukis, seperti krayon, cat air, kanvas, dan banyak lagi. Tidak hanya menyenangkan, alat gambar ini sangat bermanfaat untuk anak.

Salah satunya adalah mengasah daya kreativitas dan imajinasi anak. Kamu tinggal membiarkannya mencoba berbagai warna dan daya kreasinya akan bekerja sendiri. Semakin kamu membebaskan anak bekerja sendiri, semakin terasah daya kreasi dan imajinasinya. Ditambah lagi, menggambar adalah salah satu keahlian motorik halus yang penting untuk anak.

Alat Tulis

Selain peralatan menggambar, alat tulis adalah salah satu peralatan yang penting untuk anak. Selain melatih kemampuan motorik halusnya, alat tulis biasanya diperlukan pada berbagai macam situasi, terutama di sekolah.

Perlengkapan sekolah yang menarik juga akan memberikan motivasi untuk belajar pada anak. Kamu bisa juga memberikan alat tulis dengan sentuhan personal seperti peralatan tulis dengan nama anak. Sekarang ini, banyak produsen alat-alat sekolah custom yang bisa membuat alat tulis sesuai pesanan.

Selain itu, kamu bisa memilih perlengkapan tulis dengan warna-warna yang disukai anak. Karena anak biasa mengikuti tren, alat tulis bertema karakter-karakter kartun yang sedang terkenal di sekolah juga bisa menjadi pilihan untuk kado anak.

Alat Musik

Orang tua tentu sering mendengar istilah otak kiri dan otak kanan. Istilah ini digunakan untuk menunjukkan karakter anak dalam belajar. Bagi si pengguna otak kiri, dia akan lebih suka hal-hal yang teknis dan logis, sementara pengguna otak kanan lebih menguasai persoalan-persoalan yang membutuhkan kreativitas dan imajinasi.

Salah satu peralatan yang menyeimbangkan penggunaan otak kiri dan otak kanan adalah alat musik. Saat otak kiri berusaha membaca not-not balok, otak kanan akan bekerja ketika anak berusaha menciptakan musik yang indah lewat perasaannya.

Selain itu, banyak pakar yang menyatakan bahwa musik juga bisa meningkatkan daya ingat, membangun kepercayaan diri, menumbuhkan kreativitas, hingga melatih konsentrasi anak. Ada pula yang menyatakan bahwa prestasi akademis anak-anak yang terpapar musik lebih tinggi daripada yang tidak terpapar.

Maka dari itu, kado berupa alat musik untuk anak sangat bermanfaat. Anak akan senang dengan suara-suara yang menyenangkan dan bisa juga bereksplorasi menggabungkan suara-suara itu. Alat-alat musik yang bisa diberikan adalah harmonika, pianika, gitar, dan banyak lagi.

Tidak Ketinggalan, Ini Rekomendasi Kado Ultah Anak Cowok Terbaik dari BP-Guide

Mainan Mobil-mobilan Poli Robocar Pullback Set

Robocar Poli ini adalah film kartun yang berasal dari Korea Selatan. Begitu ditayangkan di televisi swasta lokal, Robocar Poli berhasil menarik perhatian anak-anak. Dengan karakter-karakter dan desainnya, mainan ini bisa mengajarkan anak-anak tentang profesi penjaga keamanan dan ketertiban di suatu tempat.

Satu paket mainan Robocar Poli ini berisi 4 karakter, yaitu Poli sebagai mobil polisi, Roy sebagai mobil pemadam kebakaran, Amber sebagai mobil ambulans, dan Helly sebagai helikopter. Mainan ini menggunakan mekanisme pullback, jadi ketika anak menarik mobilnya ke belakang, rodanya akan berputar secara otomatis, sehingga mobil akan meluncur tanpa perlu didorong lagi.

Mainan ini memiliki ukuran panjang sekitar 6-8 cm dengan bodi terbuat dari bahan plastik. Ini artinya, mainan tidak mudah rusak apabila terbentur atau jatuh. Asalkan jangan sengaja diinjak atau dibanting keras-keras, ya!

Harga Rp. 39.000-77.000

Mainan Mobil-mobilan Alat Berat Die Cast Construction Trucks

Salah satu mainan yang biasanya disukai anak laki-laki adalah mainan berupa kendaraan konstruksi die cast yang memang tampak tangguh dan kuat. Dengan mainan truk die cast ini, orang tua bisa mengajarkan anak tentang fungsi-fungsi alat berat yang membantu proses pembangunan rumah dan bangunan-bangunan yang lebih besar.

Die cast artinya adalah mobil yang dibuat dengan proses pelelehan dan pencetakan logam. Dengan bahan besi dan juga dengan plastik di bagian bodinya, mainan anak ini tidak mudah berkarat, tapi tetap ringan.

Produk ini dijual berupa satu paket kendaraan alat berat, yang berisi 6 kendaraan. Terdapat excavator yang biasanya berguna untuk mengeruk tanah, truk tangki yang membawa bahan bakar cair maupun gas, dan compactor yang berguna untuk memadatkan tanah atau bahan lainnya, seperti aspal.

Harga Rp. 50.000-54.000

Tayo The Little Bus: Buku Stiker Edukasi

Sekarang ini, buku yang berisi aktivitas-aktivitas ringan cukup populer untuk anak-anak. Misal, buku yang halamannya bisa digeser-geser, bagian-bagian yang bisa dilepas serta dipasang kembali, dan seterusnya.

Buku stiker dengan tema karater Tayo the Little Bus ini juga merupakan buku aktivitas yang bisa memancing kegiatan motorik kasar anak. Selain itu, buku stiker biasanya juga bisa mendorong anak untuk mengasah logika serta imajinasi, karena mereka akan berpikir tempat mana yang cocok untuk menempel stiker. Imajinasi juga diperlukan untuk membayangkan gambar yang diharapkan anak.

Dengan karakter Tayo yang terkenal, tentunya buku ini akan menarik perhatian anak. Selagi anak beraktivitas dengan stiker, buku ini juga memberikan aktivitas berhitung, bermain kata, dan bermain tebak-tebakan yang tentunya sangat mendorong aktivitas berpikir anak.

Harga Rp. 95.000-125.500

Buku Maze Pertamaku dan Aktivitas Seru

Anak-anak biasanya menyukai aktivitas-aktivitas ringan. Salah satunya adalah menyelesaikan maze atau labirin untuk menemukan jalur yang yang menghubungkan satu titik ke titik lainnya.

Buku "Maze Pertamaku" terbitan BIP Gramedia ini memberikan berbagai model maze untuk dimainkan. Buku ini bisa melatih koordinasi tangan dan mata. Selagi mata menelusuri jalur yang tengah dicari, tangan akan mengikuti arah tersebut. Selain itu, berbagai maze di dalam buku ini akan membantu anak untuk melatih kesabaran, ketelitian, serta konsentrasi. Maze juga membantu anak untuk melatih kemampuan problem-solving-nya.

Hal yang menarik dari buku ini, maze-maze yang ada dibuat dalam lokasi yang berbeda-beda. Ada maze yang berlatar belakang ruang angkasa, ada juga yang berlatar rumah pertanian, bahkan berlatar bawah laut, sehingga anak-anak juga bisa belajar tentang ilmu-ilmu tambahan lain.

Buku maze ini juga mempunyai komposisi warna yang menarik serta ilustrasi yang imut dan lucu.

Harga Rp. 35.000-43.700

Crayon Plastik Maped

Aktivitas menggambar tidak akan lengkap tanpa peralatan untuk mewarnai. Warna akan memberikan karakter pada gambar serta kecerahan. Kontras pada warna adalah stimulus visual yang baik buat anak. Krayon termasuk peralatan gambar dengan warna yang tajam dan menarik.

Sayangnya, krayon ini seringkali membuat tangan anak kotor. Bahan lilin ditambah pewarnanya mudah lengket di tangan anak, sehingga membuat orang tua was-was akan keamanannya. Krayon keluaran Maped ini dilapisi plastik sehingga pewarna krayon tidak menempel di tangan anak.

Orang tua juga tidak perlu khawatir akan keamanan anak saat memakai krayon karena krayon ini sudah berstandar nasional. Krayon ini seukuran dengan pensil warna, sehingga mudah untuk diraut.

Harga Rp. 44.500-55.800

Alat Lukis Menggambar Pasir Set

Mainan anak kekinian salah satunya adalah pasir berwarna. Bahkan, mal-mal hingga sekarang ini masih menyediakan tempat khusus untuk bermain pasir warna ini. Namun, di saat virus Corona mewabah seperti sekarang ini, lebih baik mengajak anak bermain pasir warna di rumah. Sekarang, kamu sudah bisa membeli pasir aneka warna ini lewat toko online.

Tersedia dalam 18 warna, pasir ini akan menstimulasi perkembangan visual anak, sekaligus meningkatkan kreativitas mereka ketika mewarnai. Selain itu, anak juga belajar untuk melatih sensori motor lewat sentuhan dengan tekstur pasir. Apalagi, anak-anak juga jadi semakin betah di rumah.

Pembelian satu paket pasir warna ini juga disertai 12 lembar gambar ukuran 27,5 cm x 20,5 cm dan 18 lembar gambar ukuran 20,5 cm x 15 cm. Sudah termasuk pula 1 buah kuas untuk menggambar dan contoh gambarnya.

Harga Rp. 175.000-197.000

Mystery Box Pen

Anak-anak biasanya suka sesuatu yang mengejutkan. Mereka suka menebak-nebak apa yang ada di dalam kotak tertutup, makanya mereka sangat suka dengan acara membuka kado. Mystery box ini cocok untuk kado anak-anak karena mereka tidak bisa mengetahui benda apa saja yang ada di dalamnya.

Produk ini merupakan kotak misteri yang berisi aneka pulpen dengan bermacam karakter-karakter yang terkenal sepanjang waktu. Sebut saja Doraemon, Minnie Mouse, Unicorn, Larva, dan lain sebagainya. Karakter-karakter yang biasanya memang disukai anak-anak.

Pulpen dengan tinta gel ini biasanya dipakai untuk menggambar, karena hasil tintanya yang lebih tajam dengan warna yang tegas. Karena tinta yang tidak mudah kering, pulpen ini kurang cocok untuk kegiatan tulis-menulis yang biasa.

Harga Rp. 81.000-126.000

Stationery Set Spiderman Alat Tulis

Seperangkat alat tulis juga bisa menjadi pilihan kado untuk anak. Alat tulis ini sangat berguna untuk keseharian mereka untuk membantu mengerjakan tugas-tugas sekolah atau sekadar untuk bersenang-senang seperti menggambar atau menulis apa saja yang mereka suka.

Untuk memberikan kesan spesial bagi anak, orang tua bisa memilih seperangkat alat tulis yang dihiasi dengan karakter yang disukai anak. Spiderman termasuk karakter terkenal yang sudah berhasil mencuri perhatian anak. Motifnya ini akan meningkatkan semangat anak untuk menggunakan alat tulis ini.

Seperangkat alat tulis ini sudah terdiri dari 1 buah penggaris, 1 buah rautan, 2 buah pensil, dan 1 buah penghapus. Produk ini juga dilengkapi dompet yang bisa digunakan untuk menyimpan benda-benda kecil, supaya tidak mudah hilang.

Harga Rp. 28.000-38.500

Mainan Piano Anak Mainan Anak Electronic Piano Mini Mainan Musik Anak

Alat musik tidak hanya menyenangkan karena menghasilkan bunyi-bunyi yang indah dan menarik, tapi juga sangat mengedukasi. Mainan musik anak berkarakter ini merupakan keyboard sederhana dengan berbagai jenis suara dan lagu-lagu.

Pada produk ini, ada 37 tombol dan 24 lagu demo yang bisa digabungkan untuk meningkatkan daya kreasi dan imajinasi anak. Terdapat pula 2 nada dengan 2 tempo dan mode pelajaran, sehingga anak bisa mengeksplorasi lebih jauh tentang nada-nada dan berbagai bunyi.

Desainnya dibuat agar nyaman dipakai oleh anak. Selain ringan, ukuran tuts-nya sudah disesuaikan dengan jari mungil anak, sehingga mudah untuk dimainkan. Piano mini ini juga dilengkapi dengan port untuk mikrofon. Jadi, selagi memainkan musik, anak juga bisa belajar bernyanyi serta belajar untuk memadukan suara dengan musik yang dimainkan.

Harga Rp. 110.000-177.000
From our editorial team

Berikan Hadiah yang Tepat untuk Anak

Anak pada dasarnya sangat suka jika diberikan hadiah/mainan baru dari orang tuanya karena mereka akan mendapatkan kesempatan untuk lebih mengeksplorasi mainan tersebut. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita harus memperhatikan hadiah apa yang dibutuhkan anak dan yang besar kemungkinannya ia suka karena kelak hadiah-hadiah ini akan menjadi sarana pembelajaran untuknya.