Tips Memilih Baju Wanita Muslim Sesuai Syariah Dan 10 Pilihan Sesuai Budget

Tips Memilih Baju Wanita Muslim Sesuai Syariah Dan 10 Pilihan Sesuai Budget

Untuk kamu para wanita muslimah, baju wanita muslim syar'i dengan model yang trendi kini telah banyak beredar di pasaran. Kamu tidak usah takut ketinggalan fesyen, atau menjadi terlihat tidak menarik dengan baju muslim yang syar'i. Bahkan, dengan bahan yang adem dan nyaman digunakan seharian, akan membuat kamu tidak ragu lagi menggunakan hijab. BP-Guide akan menghadirkan aneka baju wanita muslim sesuai syariah, yang kece dan sesuai dengan karakter kamu.

Bagi Wanita Muslim, Baju Wanita Muslim adalah Wajib untuk Menutup Aurat

Sumber gambar www.iam-tour.com

Untuk wanita pakaian adalah suatu hal yang penting. Apalagi bagi mereka yang beragama Islam dengan kewajibannya yang harus mengenakan pakaian untuk menutup aurat di seluruh tubuhnya, kecuali wajah dan telapak tangan. Ini sudah menjadi keharusan semenjak wanita tersebut melalui masa akil baligh. Pengertian untuk aurat itu adalah anggota badan. Jadi, menutup aurat untuk seorang wanita mencegah untuk memperlihatkan bentuk tubuh yang akan menarik untuk lawan jenis dan pakaian yang tidak tembus pandang. Hal ini sudah difirmankan dalam Al-Qur’an, “Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu melakukan tabarruj (memperlihatkan aurat) sebagaimana tabarrujnya orang-orang jahiliyyah dahulu.” (Qs. Al-Ahzab: 33)

Tips Memilih Baju Wanita Muslim yang Baik

Ternyata saat ini baju muslim telah merambah ke dunia fesyen dalam negeri dan luar negeri. Memiliki banyak variasi model dengan perpaduan busana yang tetap tidak melanggar syariat Islam. Ini membuat stigma baru di mana pakaian muslimah tidak melulu itu-itu saja. Sekarang desain gamis lebih trendi dan tidak ketinggalan zaman. Para produsen pun juga sudah banyak yang menjual produk untuk busana muslim. Ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan untuk memilih baju muslim yang baik, nyaman, dan juga fashionable.

Harus Sesuai dengan Syariat Agama

Sumber gambar www.deccanherald.com

Pakaian harus disesuaikan dengan syariat agama. Di dalam ajaran agama Islam telah diatur sedemikian rupa bagaimana memakai pakaian yang baik. Tidak hanya untuk menutupi badan, tetapi dapat menutupi diri dari panas matahari dan dinginnya udara. Serta sebagai sarana ibadah untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan pada Allah SWT. Oleh karenanya dengan berpakaian kita harus senantiasa mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

Sesuaikan Ukuran, Jangan Menggunakan yang Terlalu Ketat

Sumber gambar www.fashionwindows.net

Saat kamu ingin membeli pakaian muslimah, pilihlah baju dengan model yang agak longgar dan dapat menyamarkan siluet dari bentuk tubuh kamu. Sesuaikan dengan ukuranmu, jangan sampai kamu malah merasa baju tersebut terlalu ketat dan menunjukkan bentuk tubuh. Jika, kamu memiliki tubuh kurus, bisa mengenakan gamis dengan hiasan pinggang untuk menyamarkan bentuk tubuh, dan usahakan bahannya juga yang tebal. Kalau kamu memiliki tubuh gemuk, bisa memilih gamis dengan motif bunga misalnya, tetapi dengan ukuran kecil. Sedangkan, untuk kamu yang memiliki tubuh nyaris tanpa lekukan, bisa memilih baju dengan detail pada bagian dada. Ini akan menjadi pilihan yang tepat untuk membantu menyamarkan bentuk tubuh.

Perhatikan Bahan

Karena dalam memakai pakaian muslim itu harus menutupi bagian tubuh, di sini kamu juga harus memperhatikan bahan dari baju yang akan dibeli nantinya, agar merasa nyaman selama pemakaiannya. Ada berbagai macam bahan yang bisa kamu pakai, dan bisa disesuaikan pula dengan kegiatan yang ingin kamu lakukan.

Bahan jersey biasanya digunakan untuk bahan gamis syar’i karena memiliki tekstur yang lembut, dan menunjukkan kesan drapery yang indah saat memakainya. Lalu ada kain linen yang memiliki ciri kaku dan cenderung tebal. Walaupun kaku jika kamu pegang bahan ini akan terasa halus. Bahkan tidak elastis saat direntangkan, jadi tidak akan melar. ,Biasanya untuk baju muslimah kain ini dipakai untuk atasan blouse. Katun linen ini juga salah satu kain katun yang halus dan akan memberikan efek dingin saat kamu pakai, karena memakai bahan serat kapas.

Gunakan Motif yang Simpel dan Sederhana

Sumber gambar www.hijabiworld.com

Desain baju muslim saat ini sudah memiliki model dan motif yang bervariasi. Saat ini yang lagi menjadi trend adalah motif bunga atau motif polos, tetapi memiliki warna cerah dan juga warna pastel yang soft. Pilih busana yang akan memberikan kesan elegan pada dirimu. Dengan motif simpel dan sederhana, penggunaan aksesoris dianjurkan untuk tidak berlebihan. Selain akan membuat kamu terganggu karena pakaian terasa berat, banyak perhiasan tidak dianjurkan pula dalam agama.

Baju Wanita Muslim yang Bisa Dijadikan Pilihan

Sumber gambar islam.ru

Wanita indentik dengan sadarnya dalam bergaya, apalagi dengan banyaknya muslimah. Ini karena semakin banyak modelnya yang beredar di pasaran. Karena banyaknya pakaian muslimah yang dijual, kamu bisa melihat refrensi baju muslimah yang akan BP-Guide bahas kali ini, yang pastinya cantik dan juga akan membuat kamu terlihat semakin anggun.

1. Harga Rp. 100.000 - Rp. 300.000

Harganya pun sangat terjangkau dan bisa sesuai dengan budget kantong kamu. Hanya dengan Rp 100.000 hingga Rp 300.000 saja kamu bisa mendapatkan pakaian muslim berkualitas.

Naura Syari Nindya

Sumber gambar www.blibli.com

Brand Naura Syar’I Nindya bisa menjadi koleksi hijab syar’i kamu. Dengan produk gamis yang memiliki desain yang simpel dengan motif salur. Gamis ini juga sangat nyaman untuk kamu pakai, karena material bahan yang dipakai menggunakan bahan perpaduan jersey. Detail instan hijab yang ada pada gamis ini akan mempermudah kamu dalam menyempurnakan penampilan hijab.

Dapatkan di Zalora seharga Rp 229.900 saja.

Inficlo SSL 988 Tunik Gigglefly

Sumber gambar www.blibli.com

Inficlo SSL 998 Tunik Gigglefly merupakan long sleeves blouse yang didesain kasual. Terdapat bahan kelly dengan detail embroidery dan Nehru collar, pasti akan sangat cantik untuk kamu kenakan. Kualitasnya menggunakan material terbaik yang akan memberikan kenyamanan dan cocok dikenakan di berbagai kesempatan.

Dapatkan di Blibli seharga Rp 239.000 saja.

Dauky Long Polo Shirt

Sumber gambar www.blibli.com

Dauky Long Polo Shirt dari Dauky ini telah memproduksi berbagai pakaian muslimah. Polo shirt ini hadir dari koleksi basic Dauky, yang menggunakan bahan cotton viscose. Pastinya kamu akan merasa nyaman apalagi digunakan saat berolahraga. Terdapat pointed collar, detail ribbed cuffs, dan front button opening yang akan memudahkan kamu dalam memakai dan melepas baju ini.

Dapatkan di dauky.co.id seharga Rp 129.000 saja.

Queena Gamis 072

Sumber gambar queenabutik.com

Queena Gamis by Quenna merupakan produksi gamis yang anggun dan juga berkelas. Dengan menggunakan bahan katun Bangkok dengan kombinasi katun Jepang, pastinya kualitasnya pun tidak sembarangan. Bahannya sangat adem dan nyaman serta bisa dikenakan oleh berbagai usia. Tidak perlu khawatir untuk jahitannya yang sangat rapih dan juga halus. Gamis ini memiliki berbagai macam warna seperti fanta pink, green gold, dan burgundy pink.

Dapatkan di Tokopedia seharga Rp 299.000.

2. Harga Rp. 300.000 - Rp. 500.000

Selain itu, jika kamu ingin baju muslim dengan kualitas yang terbaik atau dengan harga yang menengah, bisa memilih beberapa model pakaian berikut dengan kisaran harga Rp. 300.000 hingga Rp. 500.000.

Azzura 342-46 Long Dress

Sumber gambar www.blibli.com

Azzura 342-46 Long Dress ini adalah baju muslim wanita dengan desain long dress. Memiliki desain yang cantik dengan round neckline dan kombinasi motif ethnic pattern. Kamu akan sangat anggun mengenakan long dress ini, karena bisa dikenakan di berbagai acara formal maupun non formal. Bahannya pun tidak akan membuat kamu gerah dengan bahan black jet, yang pastinya kamu akan merasa nyaman mengenakannya.

Dapatkan di Blibli seharga Rp 440.000 saja.

Believe BJM-02

Sumber gambar www.tokopedia.com

Merek Believe bisa jadi refrensi juga untuk kamu, yaitu Believe BJM-02. Ini adalah jaket untuk kamu wanita muslimah. Material bahan yang dipakai merupakan bahan adidas dan memiliki kancing dan dua saku di bagian depan baju. Cocok untuk kamu yang aktif dan sering melakukan aktivitas berolahraga di outdoor maupun di indoor. Jaket ini akan melindungi tubuhmu dari paparan sinar matahari.

Dapatkan di Bukalapak seharga Rp 404.000 saja.

Raindoz Lila Love RLN 060

Sumber gambar www.blibli.com

Raindoz merupakan brand asal Bandung yang memproduksi pakaian untuk para muslimah. Lila Love RLN 060, produk gamis favorit karena memiliki dibuat dari bahan hicon dan terdapat round neckline yang akan membuat gamis ini tahan lama. Ini bisa jadi koleksi baju muslim kamu sehari-hari. Gamis ini tidak akan membuat kamu merasa gerah, bahkan akan membuatmu merasa nyaman dan tentunya kamu akan terlihat sangat cantik dan anggun.

Dapatkan di Lazada seharga Rp 310.000 saja.

3. Harga Rp. 500.000 ke atas

Untuk kamu yang menginginkan baju muslim dengan kualitas premium, bisa melihat refrensi ini dari berbagai desainer ternama. Untuk harganya kisaran dari Rp. 500.000 ke atas.

Kami Idea Satya Dress Cream

Sumber gambar www.bukalapak.com

Satya Dress Cream dari Kamu Idea ini adalah brand yang didirikan oleh Nadya Karina, Afina Candarini, dan Istafiana Candarini. Dress ini memiliki material poly crepe yang akan membuat kamu terasa nyaman saat memakainya. Usaha pakaian muslim ini telah ada sejak tahun 2010. Tidak salah lagi jika kamu memiliki baju ini, karena bisa membuat kamu terlihat cantik dan elegan. Dress ini telah diakui oleh reseller Indonesia, Kuala Lumpur, dan juga Singapura karena kualitasnya yang terbaik.

Dapatkan di Bukalapak seharga Rp 615.000 saja.

Ria Miranda New Geo Top

Sumber gambar www.hijup.com

Ria Miranda New Geo Top merupakan karya dari desainer Ria Miranda. Yap! Ria Miranda terkenal dengan desain pakaian muslimah yang bernuansa shabby dan juga warna pastelnya. Dia sering terinspirasi dari alam dengan menggunakan motif patahan bumi yang dipadukan dengan titik dan juga garis. Bahan yang dipakai pun sangat nyaman, yaitu katun. Jadi, kamu akan merasa glamour dengan warna natural dan juga earthy.

Dapatkan di Hijup seharga Rp 850.000.

Vivi Zubedi Set Basic Lace Abaya

Sumber gambar www.hijup.com

Set Basic Lace Abaya dari Vivi Zubedi telah menjadi ikon model pakaian muslimah abaya. Hadir dengan elemen dan motif etnik yang menonjol, menjadi ciri khas dari baju Vivi Zubedi. Dengan ukuran all size, baju ini tersedia dalam berbagai macam warna. Kamu bisa menggunakan abaya ini di keseharian kamu saat beraktivitas hangout bersama teman atau pergi ke suatu acara. Pastinya akan membuat kamu terlihat semakin stylish dan juga elegan.

Dapatkan di vivizubedi.com seharga Rp 999.000.

From our editorial team

Jangan Ragu Menggunakan Hijab

Ragu menggunakan hijab, karena takut panas, tidak nyaman atau menjadi tidak menarik? Kini telah banyak model pakaian wanita syar'i yang tidak hanya kece, tapi juga nyaman digunakan. Bahkan, kamu bisa tampil menarik dan anggun dengan tetap mengikuti syariat Allah SWT. Bahkan, trend baju muslim saat ini telah sampai ke negara-negara tetangga. Jadi masih ragu berhijab?