Wawasan Makin Bertambah dengan Membaca 10 Rekomendasi Buku Filsafat Berikut Ini

Wawasan Makin Bertambah dengan Membaca 10 Rekomendasi Buku Filsafat Berikut Ini

Filsafat disebut sebagai ibu dari semua ilmu dan sumber dari semua pengetahuan. Itulah kenapa, para pemikir sejak zaman Yunani kuno telah berusaha melahirkan banyak ilmu pengetahuan lewat filsafat. Ingin mempelajari ilmu filsafat, berikut ulasan dan rekomendasi buku untuk Anda baca.

Ilmu Filsafat Menunjukkan Bahwa Masalah Sering Memiliki Banyak Solusi

Anda mungkin familiar dengan istilah filsafat yang sering ada disekitar kita. Filsafat sendiri sebenarnya adalah ilmu yang mampu mempengaruhi kehidupan manusia dari generasi ke generasi. Hal ini disebabkankarena filsafat memiliki banyak manfaat, seperti menunjukkan banyak solusi dari permasalahan yang menerpa sekaligus mengajarkan untuk melakukan pendekatan permasalahan dari perspektif yang berbeda.

Dengan mempelajari filsafat secara berkelanjutan secara tidak langsung dapat membantu Anda memperoleh ketrampilan untuk memikirkan permasalahan secara lebih mendalam dan kritis, mampu membentuk argumen sistematis dan kritis, mengkomunikasikan ide lebih efektif dan mampu tetap berfikir logis terhadap permasalahan kehidupan.

Berbagai Cabang Ilmu Filsafat

Monisme Netral

Monisme merupakan draft metafisika dan teologi yang menerangkan bahwa didalam alam hanya terdapat satu substansi saja. Hal ini bertentangan dengan dualisme dan pluralisme yang memiliki dua substansi ataupun banyak realita. Untuk monisme netral lebih menitik beratkan pada netralitas antara budi dan fisik. Selain itu juga mempercayai bahwa netralnya hanya terdiri dari satu substansi saja.


Fenomenalisme

Teori Fenomenalisme merupakan teori yang menyebutkan keterbatasan pengetahuan manusia hanya sebatas pada gejala yang muncul saja. Teori ini pertama kali dikemukakan oleh Filsuf Jerman bernama Immanuel Kant. Selain itu teori fenomenalisme tersebut memberikan kesamaan peran antara unsur rasio dengan indra yang bekerja saling mempengaruhi satu sama lain.

Salah satu kejadian teori fenomenalisme didunia nyata adalah seolah-olah yakin mengenal orang yang ada dalam koran, namun kemudian muncul setengah tidak yakin mengenal orang tersebut. Kondisi tersebut mengindikasikan bahwa mata melihat gambar tetapi ingatan berperan untuk mencari memori.

Solipsisme

Decrates adalah orang yang pertama kali mengemukakan solipsisme didalam bagian dari ilmu filsafat yang mengalami perkembangan. Perkembangan ini berkaitan erat dengan problem mind and body dimana manusia dapat terpisah dari dunia diluar dirinya, sehingga hanya berfokus pada diri sendiri. Umumnya problematika Solipsisme erat kaitannya dengan kesadaran manusia, sehingga tidak mungkin dapat melakukan rasio komunikatif.

Absolutisme Moral

Absolutisme moral merupakan cara pandang etika yang dilihat secara mutlak terhadap suatu tindakan yang dilakukan. Hal ini berlawanan dengan teori etika normatif yang lebih menitik beratkan pada konsekuensi dan konteks tindakan. Selain itu universalime moral juga menunjukkan tidak adanya ketergantungan antara kebiasaan atau pendapat dengan pandangan benar ataupun salah. Meskipun begitu Anda tetap harus melihat konteks atau konsekuensi untuk menentukan benar atau salah.

Egoisme Etis

Pandangan moral merupakan tindakan untuk memikirkan kepentingan orang lain daripada kepentingan diri sendiri. Pandangan ini berseberangan dengan egoisme etis yang lebih berfokus untuk mengejar kepentingan sendiri, sehingga tidak memikirkan cara biasanya dalam bertindak. Egoisme etis sering dipandang sebagai pandangan radikal, meskipun begitu pandangan ini tetap menolong orang lain selama menguntungkan untuk dirinya sendiri.

Buku Filsafat Berikut Wajib Nangkring di Rak Buku Para Mahasiswa Filsafat

Filsafat Postmodern - Yusuf Zainal Abidin

Sumber gambar gramedia.com

Kehidupan manusia di masa modern seperti sekarang ini lebih bepikir secara individual, dimana kebenaran hanya berpusat pada diri sendiri. Seiring perkembangan tersebut secara tidak langsung menjadikan manusia hancur karena kepentingan sosial menjadi tergerus, sehingga memunculkan adanya faham postmodernisme.

Faham ini memiliki kepercayaan yang menolak realitas, kebenaran dan juga pemikiran universialisme pengetahuan. Buku Filsafat Postmodern karya Yusuf Zainal Abidin menjelaskan lebih detail mengenai hal tersebut. Buku ini dapat Anda beli di Gramedia dengan harga Rp 55.000 dan di Tokopedia dengan harga Rp 60.000.

FILSAFAT UMUM DARI METOLOGI SAMPAI TEOFILOSOFI - Drs. Atang Abdul Hakim, M.A., Drs. Beni Ahmad Saebani, M.Si.

Sumber gambar bukalapak.com

Filsafat merupakan seni kritik yang dilakukan secara teratur dan sistematis mengikuti sistem yang berlaku. Filsafat tidak hanya berfokus pada pandangan positif sendiri, melainkan juga berbagai pandangan tanpa batas. Anda dapat mengupas tuntas mengenai filsafat dengan membaca buku Filsafat Umum dari Metologi Sampai Teofilosofi karya Drs. Atang Abdul Hakim, M.A dan Dr. Beni Ahmad Saebani. Buku ini dapat Anda beli di Gramedia dengan harga Rp 45.000 dan Bukalapak dengan harga Rp 40.000.

Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam - Dr. Mahfud Junaedi, M.Ag.

Sumber gambar bukalapak.com

Buku Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam karya Dr. Mahfud Junaedi, M.Ag merupakan buku yang berisikan konsep dan teori-teori pendidikan Islam yang diambil dari perspektif filosofis. Pembuatan buku ini disesuaikan dengan silabus perkuliahan sehingga dapat mempermudah mencari bahan-bahan referensi.

Buku ini mengajarkan untuk menganalisis dan mengkritisi pendidikan Islam secara teoritik dan praktik. Anda dapat membeli buku ini di Bukalapak dan Gramedia dengan harga Rp 125.000 atau di Tokopedia dengan harga Rp 100.000.

Filsafat Komunikasi Orang Melayu - Antar Venus

Sumber gambar tokopedia.com

Komunikasi bagi orang Melayu sangatlah penting karena dapat dipergunakan untuk membangun kehidupan masyarakat, sehingga cara komunikasi lebih diutamakan daripada cara kekerasan. Selain itu orang Melayu juga merepresentasikan komunikasi dalam bentuk peribahasa dan ungkapan.

Anda dapat mempelajari komunikasi orang Melayu lebih mendalam pada buku Filsafat Komunikasi Orang Melayu karya Dr. Antar Venus, M.A. Buku ini dapat Anda beli di Bukukita.com dengan harga Rp 55.250 dan di Tokopedia dengan harga Rp 65.000.

Filsafat Ilmu Klasik Hingga Kontemporer - Dr. Akhyar Yusuf Lubis

Sumber gambar www.rajagrafindo.co.id

Filsafat ilmu epistemologi merupakan cabang utama dari filsafat dimana dapat melahirkan jawaban yang berbeda beda antara filsuf satu dengan yang lainnya. Buku Filsafat Ilmu Klasik Hingga Kontemporer karya Dr. Akhyar Yusuf Lubis menghadirkan berbagai kompilasi dari para filsuf mulai dari era Yunani Klasik sampai Kontemporer.

Selain itu buku ini juga menjelaskan mengenai dasar, asumsi dan konsep filsafat ilmu beserta metodologinya. Anda dapat membeli buku ini di Bukalapak dengan harga Rp 50.000 dan di Tokopedia dengan harga Rp 71.500.

Filsafat Teori & Ilmu Hukum - Prof Dr Teguh

Sumber gambar tokopedia.com

Hukum memiliki sifat universal dimana keberadaannya ada di setiap lapisan masyarakat, baik secara primitif ataupun modern. Hukum mempunyai 3 lapisan hukum yang disebut dengan ilmu hukum dogmatik, teori hukum dan filsafat hukum. Semua sumber teori dari hukum berasal dari filsafat hukum yang sesuai dengan Pancasila, di mana Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum.

Buku Filsafat Teori & Ilmu Hukum karya Prof. Dr. Teguh Prasetyo, S.H., M.Si dan Dr. Abdul Halim Barkatullah, S.Ag., S.H dapat menjadi referensi Anda dalam mencari informasi mengenai hukum. Buku ini dapat Anda beli di Bukalapak dengan harga Rp 80.000 dan di Tokopedia dengan harga Rp 85.000.

Pengantar Filsafat Barat - Rajagrafindo Persada

Sumber gambar www.rajagrafindo.co.id

Pemikiran filsafat telah ada sejak zaman dahulu kala, bahkan telah ada di masa Yunani Kuno juga. Filsafat terbagi menjadi bermacam-macam, seperti filsafat Yunani, filsafat Islam, filsafat India, filsafat Cina, filsafat Barat dan filsafat Timur.

Masing-masing filsafat tersebut memiliki ciri dan deskripsi yang berbeda-beda. Buku Pengantar Filsafat Barat karya Dr. Zainal Abidin menjelaskan filsafat secara lengkap. Anda dapat membelinya di Rajagrafindo dengan harga Rp 40.000 dan di Gramedia dengan harga Rp 40.000.

Filsafat Pendidikan Islam - Syamsul Kurniawan

Sumber gambar bukalapak.com

Filsafat Pendidikan Islam merupakan kajian yang menggunakan dasar gagasan dialogis yang disertai dengan pengalaman empiris berupa fakta untuk dijadikan sebagai pedoman. Pedoman ini berkaitan erat dengan kependidikan yang bersumberkan Alquran dan Sunnah Nabi Muhammad SAW. Buku Pendidikan Islam karya Syamsul Kurniawan I M.Si dapat menjadi referensi Anda dalam memahami filsafat. Anda dapat membeli buku ini di Bukalapak dengan harga Rp 60.000.

Filsafat Hukum - Zainuddin Ali

Sumber gambar belbuk.com

Hukum yang hadir di tengah-tengah masyarakat merupakan hasil dari perenungan dan perumusan nilai-nilai hukum itu sendiri. Nilai hukum tersebut berkaitan erat dengan akselerasi antara ketertiban dengan kententraman, kebendaan dengan keakhlakan serta kelanggengan dengan pembaharuan.

Buku Filsafat Hukum karya Zainuddin Ali mengupas tuntas mengenai hukum dan dapat dijadikan sebagai landasan awal dalam pelaksanaan hukum yang ada di masyarakat. Anda dapat membeli buku ini di Belbuk.com dengan harga Rp 54.000 dan di Tokopedia dengan harga Rp 58.000.

Filsafat Politik Plato Dan Ariestoteles - Agus Hiplunudin

Sumber gambar gramedia.com

Plato dan Aristoteles mengungkapkan berbagai pemikirannya mengenai konsep negara, kekuasan dan juga keadilan, dimana hal tersebut berkaitan dengan kosmologi Yunani Kuno sebagai salah satu bentuk cikal bakal munculnya peradaban tradisi filosofis serta ilmu pengetahuan. Buku Filsafat Politik Plato dan Aristoteles karya Agus Hiplunudin mengupas tuntas mengenai filsafat. Anda dapat membeli buku ini di Bukalapak dengan harga Rp 61.500 dan di Gramedia dengan harga Rp 81.000.

From our editorial team

Belajar Filsafat Itu Seru dan Menyenangkan

Belajar filsafat itu sebenarnya menyenangkan, loh. Tentunya diperlukan intensitas dalam mempelajarinya, kedisiplinan yang tinggi juga niat untuk belajar yang tinggi. Selanjutnya, tinggal memilih referensi yang tepat untuk Anda. Bukub-buku yang direkomendasikan BP-Guide di atas tentunya bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda belajar filsafat.