Pesta Barbekyu Lebih Meriah dan Praktis dengan 10 Rekomendasi Grill Elektrik Berikut! (2023)

Pesta Barbekyu Lebih Meriah dan Praktis dengan 10 Rekomendasi Grill Elektrik Berikut! (2023)

Grill pan listrik adalah salah satu pemanggang yang wajib dimiliki karena Anda tidak perlu repot-repot menyalakan api dari arang, pokoknya kehadiran grill pan listrik ini benar-benar praktis tanpa ribet, deh. Cek kelebihan dan juga tips memilihnya dari kami! Jangan lupa cek juga produknya, ya!

Setiap Rumah Butuh Memiliki Alat Panggang Sendiri

Setiap rumah membutuhkan alat panggang sendiri. Apalagi jika Anda memiliki halaman belakang di rumah yang cocok untuk tempat berkumpul keluarga. Dengan memiliki alat pemanggang, tentunya Anda bisa melakukan pesta barbekyu bersama keluarga tercinta kapan saja Anda mau.

Nah, di pasaran tersedia banyak sekali alat panggangan. Anda perlu tahu berbagai jenisnya agar tidak salah beli. Ada Alat Panggang BBQ Gas yang menjadi salah satu jenis yang wajib Anda tahu. Ini merupakan pemanggang paling populer karena bisa mencapai titik panas panggang dalam waktu yang singkat. Alat semacam ini bisa cigunakan memanggang daging burger, iga, sampai ikan. Alat ini juga lebih mudah dibersihkan dan bahannya awet karena terbuat dari stainless steel.

Ada juga jenis pemanggang elektrik. Sesuai namanya, alat ini membutuhkan listrik untuk pengoperasiannya. Yang jelas alat ini jauh lebih praktis digunakan. Jenis lainnya yang wajib Anda tahu adalah pemanggang batu bara. Alat yang satu ini membuat makanan yang dipanggang di atasnya terasa lebih smoky. Jenis ini paling cocok untuk memanggang ayam. Sayangnya, untuk memakainya harus menunggu sampai batu bata benar-benar panas dulu.

Berikutnya ada pemanggang kayu bakar yang wajib diketahui. Jenis yang satu ini bisa membuat makanan terasa lebih gurih. Kendati demikian, cara memasaknya sedikit repot karena kita harus memakai kayu bakar. Ada juga jenis pemanggang portabel. Ini menjadi alat pemanggang yang praktis dibawa kemana saja. Anda dan keluarga bisa mengadakan pesta barbekyu dimana saja dengan alat yang satu ini karena ukurannya kecil sehingga lebih mudah dibawa.

Keunggulan Electric Grill

Sumber gambar www.pexels.com

Salah satu alat pemanggang alias grill yang bisa andalkan di rumah adalah electric grill alias pemanggang elektrik. Jenis pemanggang yang satu ini begitu praktis dan mudah digunakan. Anda hanya perlu menghubungkannya dengan aliran listrik yang stabil untuk mengoperasikannya. Produk semacam ini memiliki banyak kelebihan yang membuatnya jadi pilihan banyak orang.

Kelebihan pertama dari electric grill adalah Anda bisa memakainya tanpa harus khawatir asapnya mengganggu tetangga. Alat yang satu ini tidak mengeluarkan asap sehingga lebih aman untuk lingkungan dan juga lebih nyaman untuk kesehatan pernafasan.

Kelebihan lainnya dari pemanggang elektrik adalah mampu memberikan panas yang lebih merata. Hal ini tentu memudahkan proses memasak karena lebih cepat matang.

Tips Memilih Electric Grill

Pilih Ukuran dan Kapasitasnya

Ketika hendal membeli sebuah electric grill maka pastikan untuk memperkirakan ukuran dan kapasitasnya. Grill pan electric hadir dengan ukuran yang jauh lebih kecil dari pemanggang pada umumnya.

Ini membuatnya cocok untuk diletakkan di dapur atau di teras rumah. Anda tidak butuh ruang atau space yang besar untuk memakainya. Kendati demikian, Anda tetap harus mengukur dan menentukan ruang yang dibutuhkan di meja atau dimanapun letak grill pan tersebut.

Selain itu, ukuran juga akan menentukan kapasitasnya. Di pasaran ada electric grill yang hanya cukup untuk kebutuhan 2 orang. Ada pula yang cocok untuk ukuran 4 orang atau lebih. Maka dari itu sesuaikan ukuran electric grill yang akan Anda beli dengan jumlah banyak orang di rumah atau jumlah keluarga besar Anda.

Cek Kualitas Bahannya

Sebelum membeli electric grill, pastikan memilih bahan yang digunakan. Umumnya ada electric grill berbahan besi, baja, dan lain sebagainya. Berbeda bahannya juga akan menentukan kualitas dan cara pembersihannya.

Pastikan saja bahannya berkualitas food grade sehingga lebih aman untuk masakan. Usahakan juga bahwa bahan tersebut bisa menjaga panas dengan baik sehingga saat memasak lebih optimal.

Cek Suhu dan Pengaturan yang Tersedia

Ketika memilih electric grill, suhu menjadi salah satu fitur penting yang wajib ada. Dengan adanya pengaturan suhu maka ktia bisa lebih mudah mengatur suhu yang kita inginkan untuk disesuaikan dengan jenis bahan makanan yang kita masak. Pastikan fitur suhu ini mudah digunakan agar Anda lebih mudah dalam memasak.

Selain itu, cek juga pengaturan apa saja yang tersedia dalam electric grill yang Anda beli. Pastikan mengecek berbagai tombol yang ada dan pelajari fungsinya. Jangan malu untuk bertanya pada penjual mengenai setiap fungsi tombol supaya Anda bisa memasak dengan mudah.

Pilih yang Mudah Dibersihkan

Sumber gambar www.charbroil.com

Hal penting lain untuk diperhatikan saat membeli electric grill adalah memilih yang paling mudah dibersihkan. Ketika pesta sudah usai, tentu saja Anda tetap harus beberes dan mencuci semua peralatan makan dan memasak. Termasuk salah satunya adalah pemanggang.

Untuk electric grill, ada baiknya Anda memilih yang mudah dibersihkan. Pastikan bagian-bagian electric grill mudah dilepas agar lebih mudah untuk dicuci dan dibersihkan dari lemak dan kotoran yang menempel selama proses pemanggangan.

Usai membersihkannya, jangan lupa menyimpannya dengan benar agar tidak mudah tergores dan agar lebih awet digunakan dalam waktu lama.

Tips Merawat Electric Grill

Jangan hanya bisa memakainya, Anda juga wajib bisa merawat electric grill yang Anda miliki. Ini supaya Anda tidak butuh membeli electric grill yang baru dalam waktu dekat. Nah, pastikan Anda melakukan perawatan yang benar ya.

Pertama, tentu saja Anda wajib melepas kabel colokan dari arus listrik. Sebelum membersihkannya, tunggu dulu beberapa saat hingga pemanggang sudah dingin. Saat suhu sudah normal, maka mulailah melepas bagiannya jika ada yang dilepas. Lalu basahi dengan air dan semprot dengan air bertekanan tinggi agar kotoran lebih cepat keluar.

Cara selanjutnya adalah gosok pemanggang dengan sabun cuci piring. Jika ada noda membandel, maka rendam dulu semalaman sebelum menggosoknya. Anda bisa juga memakai sikat kawat supaya hasilnya lebih maksimal.

Usai dicuci, keringkan alat pemanggang sampai benar-benar kering. Jangan sampai menyimpannya dalam keadaan lembap atau basah. Hal ini hanya akan menimbulkan jamur pada alat pemanggang elektrik.

Ini Dia Rekomendasi Grill Pan Listrik Terbaik untuk Rumah Anda

Electric Barbeque Grill

Electric Barbeque Grill menjadi salah satu produk yang bisa Anda andalkan. Alat yang satu ini membuat Anda bisa memasak tiga hidangan sekaligus karena ada tiga jenis piringan yang tersedia.

Ada satu piringan panjang dan dua piringan yang lebih kecil. Dengan alat yang satu ini, Anda bisa memanggang daging, menggoreng telur, dan bahkan memasak sayur dalam waktu yang sama.

Produk ini memiliki fitur anti lengket sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Setiap bagiannya juga lebih mudah dilepas jadi tidak akan menyulitkan untuk dicuci. Electric grill ini terbuat dari bahan stainless steel yang anti karat dan tahan lama digunakan.

Ukuran produk ini adalah 25 cm × 15 cm × 8 cm dengan bobot 2 kg. Electric grill warna hitam ini bisa dioperasikan dengan daya 1000 watt.

Harga Rp. 208.000-469.000

Philips Table Grill HD 6320

Philips Table Grill HD 6320 ini bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini anti lengket sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Electric grill ini di salah satu sisinya memiliki tekstur bergelombang.

Di sisi sebaliknya ada permukaan yang polos sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Grill elektrik ini dilengkapi thermostat built in sehingga membuat Anda bisa mengukur suhu panggangan sesuai kebutuhan.

Tingkat kematangan daging juga bisa diatur sesuai keinginan. Produk ini memiliki ukuran 42 cm × 10 cm × 24 cm dengan bobot 3 kg.

Harga Rp. 1.255.000-3.899.000

Akebonno Satay Grill TW 101

Akebonno Satay Grill TW 101 juga bisa jadi pilihan yang tepat. Produk yang satu ini bisa membuat Anda dan keluarga menikmati aneka masakan panggangan yang nikmat.

Alat ini dilengkapi dengan lubang untuk membuang minyak berlebih. Ini tentu menguntungkan sehingga tidak ada sisa kerak dan tidak ada endapan pada alat pemanggangnya.

Desainnya cukup kekinian sehingga bikin dapur lebih cantik. Produk ini membutuhkan daya 400 watt. Ukuran alat ini adalah 25 cm x 19 cm dengan berat 1 kg.

Harga Rp. 285.000-457.000

Heles Electric Grill HSM 030

Berikutnya ada Heles Electric Grill HSM 030 yang bisa Anda gunakan. Produk yang satu ini hadir dengan daya listrik sebesar 1300 watt. Alat yang satu ini bisa digunakan untuk memanggang berbagai bahan makanan.

Dengan ukuran yang tidka terlalu besar, produk ini lebih hemat tempat. Grill elektrik ini mudah utntuk dioperasikan. Produk ini anti lengket sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Alat ini memiliki ukuran 27,5 cm × 27,5 cm × 11 cm dengan bobot 4,5 kg.

Harga Rp. 210.000-297.000

Xiaomi Hot Pot 2 in 1

Berikutnya, Anda bisa memiliki Xiaomi Hot Pot 2 in 1. Ini merupakan produk yang desainnya simpel dan keren. Di alat ini Anda bisa memanggang, memanaskan, dan memasak makanan di dalam pot.

Dilengkapi dengan fitur anti lengket, produk yang satu ini lebih mudah untuk dibersihkan. Grill elektrik yang satu ini membutuhkan daya 1600 watt. Produk ini terbuat dari bahan aluminium sehingga tahan lama digunakan.

Harga Rp. 903.000-2.313.000

Oxone OX-137

Oxone OX-137 ini merupakan produk selanjutnya untuk dipilih. Electric grill yang satu ini hadir dengan permukaan anti lengket yang berkualitas tinggi. Dengan handel yang kokoh, handelnya bisa tetap dingin dan tidak ikut panas sehingga lebih mudah dipindahkan.

Daya listrik dari produk ini adalah 1800 watt. Ukuran grill listrik ini adalah 70 x 30 cm. Permukaan grill ini rata dan luas sehingga bisa menampung banyak makanan. Anda bisa memakainya untuk sate, tumisan, barbekyu, dan lainnya.

Harga Rp. 599.000-1.037.000

Severin RG 2686

Severin RG 2686 ini merupakan produk selanjutnya yang bisa jadi rekomendasi Anda. Grill elektrik ini membuat Anda bisa menyajikan masakan yang lebih sehat.

Produk ini membantu Anda menyiapkan aneka makanan dengan mudah. Dengan 4 wadah anti lengket, produk ini nyaman digunakan.

Produknya berkualitas tinggi dan pastinya tahan lama digunakan. Ukuran produk ini kira-kira 21 x 21 cm. Untuk memakainya, Anda butuh daya 400 watt.

Harga Rp. 449.000-982.000

Idealife IL 116 s

Idealife IL 116 S ini menjadi rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini memiliki ukuran 48.5 x 27 cm. Grill elektrik ini memiliki sistep pengoperasian berupa tombol on dan off sehingga lebih mudah digunakan.

Ada fitur auto thermostat control yang bisa mengatur suhu saat memasak. Produk ini memiliki lapisan anti lengket sehingga memasak lebih mudah dan lebih mudah juga untuk dibersihkan.

Pemanggang ini memakai daya 500 hingga 12000 watt. Alat ini berlapis marmer dengan gagang yang tidak panas.

Harga Rp. 550.000-770.000

Mayaka Electric Grill BG-4740 OG

Mayaka Electric Grill BG-4740 OG juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini bisa membuat masakan lebih cepat matang. Electric grill ini hadir dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Piringan produk ini terbuat dari bahan alumunium sehingga lebih cepat panas. Ada fitur pengatur suhu sehingga Anda bisa menyesuaikan tingkat kematangan makanan. Ukuran produk ini adalah 52 cm x 35 cm x 16 cm dengan bobot 6 kg.

Harga Rp. 718.000-3.830.000

Idealife IL-117 Electric Grill

Idealife IL-117 Electric Grill Hot Plate ini merupakan produk yang selanjutnya untuk dimiliki. Ukuran produk ini adalah 58 x 27 cm. Bagian pemanggangnya memakai lapisan marbel.

Produk ini memiliki tombol on dan off untuk menghidupkan dan mematikan. Alat yang satu ini butuh 500 hingga 1500 watt daya untuk dioperasikan. Produk yang satu ini anti lengket jadi lebih mudah untuk dibersihkan.

Harga Rp. 648.000-733.000
From our editorial team

Pilih Grill yang Menyediakan Banyak Piringan

Ketika membeli produk grill elektrik tentu ada piringan yang disertakan. Jika mungkin, pilihlah yang memiliki banyak piringan. Ini merupakan tempat meletakkan segala bahan makanan yang ingin dipanggang. Piringan ini bisa menerima panas dari tungku pembakaran guna membuat makanan cepat matang. Dengan lebih banyak piringan, maka lebih banyak makanan yang bisa matang dalam waktu yang bersamaan.

Tag