Yuk, Intip 10 Pagelaran Busana dari Rumah Mode Ternama Dunia dengan Konsep Terunik! (2020)

Yuk, Intip 10 Pagelaran Busana dari Rumah Mode Ternama Dunia dengan Konsep Terunik! (2020)

Fashion show memang identik dengan para model yang berlenggak-lenggok di runway untuk memeragakan busana. Namun, siapa sangka bahwa sebelum memamerkan busana rancangannya, berbagai rumah mode dunia berlomba dalam menentukan konsep fashion show agar dapat memikat para tamu. Berikut adalah kumpulan fashion show yang berkonsep unik, besutan rumah mode ternama dunia ala BP-Guide.

Tema Fashion Show yang Unik Banyak Membuat Orang Takjub

Sumber gambar shutterstock.com

Berbicara tentang fashion tentu tak akan pernah merasa membosankan. Setiap waktu selalu saja ada hal baru yang muncul dan menarik untuk dibahas. Para desainer pun seolah tak pernah kehabisan akal untuk menciptakan tren fashion unik dan nyentrik yang kerap membuat banyak orang geleng-geleng kepala.

Untuk memamerkan konsep baru hasil rancangannya, para desainer berlomba untuk turut ambil bagian dalam pagelaran busana. Pagelaran busana atau fashion show memang menjadi muara karya untuk menunjukkan rancangan-rancangan terbaik para desainer. Setiap tahunnya dari pagelaran busana ini lah lahir tren fashion baru.

Selain busana rancangan para desainer, runway juga menjadi aspek penting untuk mendukung suasana fashion show. Dekorasi runway perlu disesuaikan dengan konsep fashion show agar dapat memberikan suasana yang pas dan maksud dari busana yang diperagakan oleh para model tersampaikan dengan baik.

Konsep Fashion Show Unik Kini Sering Dijumpai di Dunia Fashion

Sumber gambar pixabay.com

Konsep unik memang bukan hal yang tabu dalam dunia fashion. Justru banyak desainer berlomba untuk menciptakan busana yang unik dan bisa menjadi tren. Tren fashion ini kemudian akan menggeser busana-busana tahun terdahulu. Setiap fashionista pasti tidak ingin dicap ketinggalan zaman atau kuno dalam berbusana. Maka dari itu, tren ini dianggap penting agar penampilan selalu terlihat up to date.

Untuk menghasilkan busana dengan konsep yang kuat dan disukai oleh banyak orang, para desainer rela menggelontorkan biaya yang cukup besar dalam pemilihan bahan dan juga ornamen. Selain pembuatan busana, para desainer juga memikirkan konsep runway yang digunakan kala model memeragakan busananya.

Berjalan di catwalk mungkin menjadi hal yang terkesan biasa saja. Agar lebih menarik, para desainer biasanya turut menyumbangkan konsep unik untuk runway sesuai dengan tema fashion show dan juga busana yang hendak dipamerkan.

5 Rumah Mode Ternama yang Sering Menyelenggarakan Fashion Show Unik

Chanel

Sumber gambar magazine.job-like.com

Chanel adalah salah satu rumah mode yang kerap menyelenggarakan peragaan busana dengan konsep unik. Tentu hal ini tak lepas dari campur tangan mendiang desainernya, yaitu Karl Lagerfeld. Desainer yang identik dengan gaya rambut putih dikuncir dan kacamata hitam ini berhasil menciptakan imej klasik, elegan, sekaligus modern untuk rumah mode Chanel.

Reputasi baik ini lah yang membuat para fashionista selalu menunggu fashion item keluaran Chanel. Tak hanya urusan fashion item, perhelatan busana dari Chanel juga selalu ditunggu para maniaknya. Bukan rahasia lagi bahwa Chanel selalu berhasil memukau para pengunjung fashion show dengan konsep pagelaran yang unik dan menarik.

Salah satu pagelaran busana yang legendaris adalah Fashion Show Airport Runway yang digelar tahun 2015 silam. Tak hanya panggung catwalk yang disulap layaknya bandara sungguhan, berbagai konsep pendukung seperti loket check-in, trolley, dan petugas bandara juga dihadirkan.

Moschino

Sumber gambar fashionista.com

Jika berbicara tentang pagelaran busana unik, Moschino tentu tak boleh dilupakan. Brand yang dipimpin oleh Jeremy Scott ini selalu berhasil membuat pengunjung fashion show takjub dengan konsep unik yang disajikan. Moschino tak pernah gagal dalam menyulap panggung runway menjadi menarik dan tampak pas dengan busana yang dipamerkan.

Moschino bahkan pernah membuat takjub dengan menghadirkan karya-karya yang terinspirasi dari pelukis Pablo Picasso dalam gelaran Milan Fashion Week 2019. Tak berhenti di situ, pada gelaran Milan Fashion Week 2020, Moschino menjadikan Marie Antoinette yang merupakan ratu asal Prancis sebagai inspirasinya. Agar sesuai dengan tema yang diambil untuk memamerkan koleksi Fall/Winter, Moschino bahkan menyulap panggung runway bak interior kastil abad ke-18.

Fendi

Sumber gambar everythingmarble.it

Para pecinta fashion pastinya sudah tahu bahwa bos brand Chanel, yaitu Karl Langerfeld merupakan mantan creative director rumah mode Fendi. Maka dari itu, tak heran jika Fendi juga menempati deretan atas rumah mode yang pernah menggelar fashion show berkonsep unik.

Lewat kreativitasnya, Karl Langerfeld berhasil memukau para pengunjung dengan merubah Tembok Besar China menjadi panggung catwalk untuk memamerkan koleksi Spring/Summer 2008. Tentu hal ini adalah sebuah tantangan yang tak mudah, mengingat dana yang perlu digelontorkan serta perizinan dengan pemerintah.

Rupanya, setelah ditinggalkan sang creative director, Fendi masih menjadi rumah mode dengan konsep fashion show yang unik. Baru-baru ini Fendi menggelar fashion show di Colle Alatino yang merupakan jantung kota Roma Kuno dengan mengambil tema The Dawn of Romanity.

Tak hanya dimanjakan dengan 54 koleksi couture Fall/Winter 2019-2020, para tamu juga dipersilakan menikmati keindahan kota dengan suguhan cocktail. Fashion show ini merupakan event yang dipersembahkan untuk menghormati Karl Lagerfeld atas dedikasinya kepada Fendi.

Louis Vuitton

Sumber gambar fimela.com

Louis Vuitton menjadi brand berikutnya yang disebut sebagai rumah mode dengan konsep fashion show terunik. Para penonton event gelarannya selalu berhasil dibuat takjub dengan ide-ide cemerlang yang dicetuskan Louis Vuitton untuk memamerkan koleksi-koleksinya.

Salah satu event yang menyedot perhatian publik adalah gelaran Paris Fashion Week 2013. Para model dengan busana pop ala tahun 60-an memamerkan busananya dari lantai atas, kemudian naik escalator untuk turun ke lantai bawah. Event dengan dekorasi wara neon dan motif kotak-kotak ini tak pelak dibanjiri pujian. Konsep unik ini rupanya tak lepas dari ide sang creative director, yaitu Marc Jacobs.

Tak hanya itu, Louis Vuitton kembali memukau para pengunjung kala memamerkan koleksi Fall/Winter 2016. Nicolas Ghesquiere menuangkan ide cemerlang dalam gelaran fashion show ini dengan memadukan konsep sporty, tabrak motif, hingga siluet-siluet yang membuat para pengunjung dibuat takjub dan tak merasa bosan.

Tommy Hilfiger

Sumber gambar popbela.com

Rumah mode terakhir yang juga dikenal dengan konsep uniknya adalah Tommy Hilfiger. Salah satu pagelaran busana yang berhasil menyita perhatian adalah konsep F1 yang diangkat untuk Milan Fashion Week 2018. Untuk memamerkan koleksi Spring 2018, Tommy Hilfiger merubah suasana panggung runway bak arena balap.

Tak hanya soal konsep, Tommy Hilfiger juga selalu berhasil menggaet model kelas dunia. Sebut saja Hailey Baldwin, Gigi Hadid, dan Bella Hadid yang berhasil meramaikan fashion show rumah mode ini. Bahkan, Tommy Hilfiger juga menggaet Zendaya untuk memamerkan koleksi musim semi 2019 di Paris.

Nyentrik dan Kreatif, Ini Berbagai Konsep Fashion Show Unik yang Pernah Dipamerkan dalam Pagelaran Mode Dunia

Calvin Klein - Popcorn Runway

Calvin Klein - Popcorn runway adalah salah satu gelaran fashion show unik yang dibesut oleh sang chief creative officer, Raf Simons. Untuk memamerkan Calvin Klein Collection pada gelaran New York Fashion Week 2018 ini, Simons menuangkan ide uniknya dengan merubah runway menjadi lautan popcorn.

Tak mau main-main, Simons juga memperhatikan secara detil konsep ruangan fashion show. Bahkan, pada fashion show ini juga ditampilkan tiga lumbung jagung tampak terbakar yang merupakan karya seni Andy Warhol untuk menggambarkan asal lautan popcorn tersebut.

Para selebriti, seperti Margot Robbie, Bobby Brown, dan Nicole Kidman yang hadir dalam acara harus melalui lautan popcorn setinggi mata kaki untuk duduk di kursi undangan. Bahkan, para model harus melakukan catwalk di atas runway yang dipenuhi popcorn untuk memamerkan 50 kata kunci koleksi busana Calvin Klein.

Burberry - Holographic Fashion Show

Fashion show unik berikutnya adalah Burberry- Holographic Fashion Show yang digelar pada tahun 2011. Pada event ini, runway dikonsep holographic yang membuat para pengunjung dibuat berpikir untuk membedakan yang asli dan hologram.

Event yang diadakan untuk merayakan opening flagship store Burberry di Beijing ini hanya memerlukan 6 model untuk memeragakan koleksi busananya. Konsep yang unik ini tentu memerlukan kecanggihan teknologi digital yang jarang ditemukan pada gelaran fashion show internasional. Menjadi hal baru dalam gelaran fashion, Burberry mendapat impresi positif atas ide segar fashion show gelarannya ini.

Moschino - Construction Zone Theme

Pagelaran mode yang menarik perhatian berikutnya adalah Construction Zone Theme: Moschino Spring/Summer 2016. Mengambil tema konstruksi pada gelaran fashion show di Milan, Moschino memukau publik dengan ide kreatifnya.

Jeremy Scott yang merupakan direktur kreatif dari Moschino sangat memperhatikan detail ruangan hingga runway. Ia bahkan berhasil memberikan gambaran nyata konstruksi dengan menggunakan item seperti barikade, kerucut lalu lintas, hingga pencuci mobil asli sebagai aksen ruangan.

Moschino berhasil menggambarkan zona konstruksi runway dengan sangat apik. Bahkan, banyak tamu yang tersandung pelindung kabel tugas berat dengan tanda peringatan untuk mencapai kursi tamu. Meski begitu, busana yang dipamerkan Moschino tetap mengundang decak kagum karena terinspirasi dengan item-item konstruksi.

Tommy Hilfiger - Beach Theme

Tommy Hilfiger memang tak pernah membuat para pengunjung fashion show-nya kecewa. Selalu saja ada konsep unik dan segar yang menjadi sorotan. Begitu pula dengan gelaran Beach Theme: Tommy Hilfiger Spring/Summer 2016.

Fashion show untuk memamerkan koleksi musim semi dan musim panas ini mengangkat tema Tropical Beach yang fun. Event ini diiringi dengan musik Reggae ala ikon Karibia, Bob Marley. Tak hanya itu, Tommy Hilfiger juga banyak menggunakan warna merah, kuning, dan hijau agar nuansa pantai dan reggae semakin menyatu.

Tak hanya menyajikan konsep yang menarik, rumah mode ini juga menggaet sejumlah model papan atas, seperti Gigi Hadid, Bella Hadid, Hailey Baldwin, Suki Waterhouse, Immy Waterhouse, dan masih banyak lagi untuk menampilkan busana di atas runway.

Chanel - Airport Runaway

Chanel- Airport Runaway memang menjadi salah satu fashion show paling ikonik yang pernah disajikan oleh rumah mode Chanel. Pagelaran busana yang dibesut oleh Karl Lagerfeld ini berhasil menyulap runway menjadi bandara yang tampak begitu nyata.

Fashion show yang digelar pada tahun 2015 silam ini tak hanya menghadirkan panggung yang menarik, tapi juga konsep runway yang detil layaknya aktivitas di bandara. Sebelum melakukan catwalk, para model diharuskan melakukan check-in terlebih dahulu.

Konsep yang matang ini tentu juga didukung oleh kejelian Karl Lagerfeld dalam memperhatikan detil ruangan. Bahkan, dalam fashion show ini juga terdapat petugas bandara, loket check-in, serta trolley dengan label “Chanel Airlines” yang membuat suasana bandara semakin kental.

Fendi - Great Wall Of China

Salah satu fashion show unik besutan Karl Lagerfeld adalah Fendi- Great Wall Of China (2007). Tentu ini menjadi sejarah baru pada dunia fashion, karena berhasil menggelar peragaan busana di salah satu situs budaya China. Untuk merealisasikan idenya, Fendi harus melalui proses negosiasi dengan pemerintahan hingga akhirnya diizinkan untuk melangsungkan fashion show di Tembok Besar China.

Tak hanya lokasi acara yang megah, Fendi juga menggelontorkan dana fantastis untuk menggelar acara ini. Bahkan, tamu VIP acara ini hadir dengan menggunakan luxury cruise yang tentunya menghabiskan dana cukup besar.

Park Sul Nyeo - Underwater Fashion Show

Fashion show unik berikutnya hadir dari Asia, yaitu Park Sul Nyeo- Underwater Fashion Show (2010) yang dilaksanakan di Seoul, Korea Selatan. Peragaan busana ini digelar di dalam air dan tentu merupakan ide yang sangat unik.

Dalam acara ini, para model memeragakan Hanbok yang merupakan pakaian tradisional Korea rancangan Park Sul Nyeo di dalam air. Tak melakukan runway seperti pada peragaan busana biasa, para model mempresentasikan Hanbok dengan gerakan balet dan akrobatik di dalam air yang membuat bahan sutra Hanbok melayang indah.

Tentu konsep cerdas ini berhasil menampilkan kecantikan Hanbok dengan sangat apik. Tak heran jika peragaan busana yang digelar tahun 2010 silam ini menuai banyak pujian.

Louis Vuitton - Escalator Runway

Louis Vuitton menjadi rumah mode berikutnya yang menghadirkan fashion show unik. Sebut saja Escalator Runway: Louis Vuitton Spring/Summer yang menjadi hot topic pada Paris Fashion Week 2018. Pada gelaran fashion show di tahun 2018, Marc Jacobs yang merupakan creative director Louis Vuitton membuat para pengunjung berdecak kagum dengan konsep briliannya.

Tak seperti biasanya dimana para model berjalan di runway, kali ini para model memamerkan busana pop tahun 60-an dengan muncul dari lantai atas dan turun menggunakan escalator. Untuk melancarkan idenya, Jacobs menggaet Daniel Buren yang merupakan seniman konseptual Prancis untuk menyediakan escalator sebagai instalasi khusus situs.

Selain instalasi, Louis Vuitton juga menghadirkan desain ruang dengan warna neon dan detil kotak-kotak yang cocok dengan gaya pop.

Philipp Plein - Alice In The Ghettoland

Philipp Plein- Alice In The Ghettoland menjadi gelaran fashion show berikutnya yang meninggalkan impresi dengan konsep uniknya. Fashion show yang menjadi debut Spring/Summer Collection 2017 desainer Jerman, Philipp Plein ini menghadirkan alur yang unik dalam melangsungkan acaranya.

Pagelaran busana yang dilaksanakan di Milan ini menggaet Fergie untuk menyanyikan single terbarunya yang bertajuk MILF dengan berkendara di sekitar arena. Acara ini juga menggaet seniman lain, seperti Fat Joe dan Paris Hilton.

Konsep unik ini tentu mengundang berbagai komentar dari para pengujung. Terlepas dari pemahaman pengunjung dan penyampaian konsep, para model berhasil menampilkan koleksi musim semi dan musim panas yang unik dengan apik.

Chanel - Space Station

Pagelaran peragaan busana terakhir yang masuk ke dalam daftar adalah Chanel Space Station Fall 2017. Fashion show yang mengusung tema luar angkasa ini menjadi salah satu event Chanel yang paling melekat di ingatan.

Karl Lagerfeld lagi-lagi menuai pujian public setelah berhasil memamerkan koleksi ready-to-ware Fall 2017 dengan konsep luar angkasa. Ia bahkan berhasil membuat stasiun luar angkasa ala Chanel di dalam Grand Palais.

Agar suasana stasiun luar angkasa lebih mengena, Chanel bahkan meluncurkan roket raksasa disertai countdown pada saat final walk. Tentu ini menjadi ide yang sangat menarik dan menyenangkan. Tak sampai disitu, Chanel juga melengkapi pagelaran busanyanya dengan perangkat intergalaksi yang futuristic.

From our editorial team

Karl Lagerfeld, Legenda dalam Gelaran Fashion Show Unik Rumah Mode Dunia

Dari deretan fashion show unik di atas, kira-kira yang mana favoritmu? Berbicara tentang pagelaran busana, Karl Lagerfeld menjadi salah satu sosok berpengaruh dalam fashion show unik rumah mode dunia. Mantan creative director rumah mode Fendi ini selalu berhasil menemukan ide brilian untuk menghelat fashion show berkonsep segar.

Kepiawaian Karl Lagerfeld di panggung mode semakin diakui setelah berhasil membesarkan rumah mode yang ia gawangi, yaitu Chanel. Seolah tak pernah kehabisan ide, desainer yang selalu tampil dengan kacamata hitam dan rambut dikuncir ini juga kerap menuangkan ide-ide kreatifnya dalam gelaran fashion show Chanel. Impresi positif dari para pengamat fashion dunia membuktikan bahwa Karl Lagerfeld layak disebut legenda.

Tag