Makin Kece Saat ke Kondangan Dengan 9 Rekomendasi Kebaya Ibu Hamil (2022)

Makin Kece Saat ke Kondangan Dengan 9 Rekomendasi Kebaya Ibu Hamil (2022)

Ibu hamil bisa tetap tampil cantik dan mempesona saat ke kondangan. Dalam artikel berikut ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi kebaya yang akan membuat ibu hamil tampil makin pede. Yuk, segera simak daftar produknya!

Bumil dan Busui Tetap Bisa Bergaya Dengan Kebaya yang Kece

Sumber gambar brilio.net

Kebaya merupakan pakaian tradisional khas Indonesia yang sering dipakai oleh wanita pada saat acara formal, seperti upacara kemerdekaan, hingga pesta pernikahan. Ada banyak model kebaya, namun pada umumnya desainnya lumayan kaku dan agak ngepas untuk dikenakan.

Desain kebaya yang kaku dan ukurannya yang agak ngepas di badan itu membuat ibu hamil dan ibu menyusui jadi lumayan kesulitan dalam memilih kebaya untuk dikenakan, karena dapat membuat bumil dan busui kurang nyaman saat memakainya.

Menyikapi hal tersebut, maka dirancanglah desain kebaya yang bisa dipakai dengan nyaman oleh bumil dan busui. Maka dari itu, ada beberapa tips ataupun cara yang dapat bumil atau busui perhatikan sebelum memilih kebaya yang tepat untuk dikenakan.

Terdapat juga beberapa rekomendasi kebaya yang bisa ibu hamil dan ibu menyusui jadikan sebagai referensi.

Cara Memilih Kebaya Untuk Ibu Hamil

Pilih Model yang Sesuai

Sumber gambar liputan6.com

Model kebaya tradisional biasanya digunakan dalam acara formal. Modelnya didesain agar tampak elegan dan cocok dipakai pada acara adat dan keagamaan. Sayangnya, model kebaya tradisional ini pada umumnya didesain kaku dan mungkin dapat menekan perut selama kehamilan. Oleh karena itu, model ini lebih pas digunakan untuk trimester pertama kehamilan.

Model kebaya modern lebih disarankan untuk ibu hamil, terutama pada trimester kedua dan ketiga. Kebaya ini memiliki model yang lebih beragam, dengan bahan yang dapat disesuaikan. Anda bisa memilih bentuk tunik, dress, dsb. Bawahannya juga dapat disesuaikan, seperti kain batik atau celana. Ibu hamil dapat menyesuaikan desain kebaya modern ini agar nyaman memakainya.

Perhatikan Usia Kehamilan

Sumber gambar kumparan.com

Pakailah kebaya yang sesuai dengan usia kehamilan. Ibu hamil yang memasuki trimester pertama dan perutnya belum terlihat, dapat menggunakan kebaya yang lebih ketat, yang penting tidak menekan perut. Sedangkan untuk trimester berikutnya, pakailah kebaya yang berukuran lebih besar dan longgar terutama pada bagian perut.

Pada kebaya yang menggunakan tali atau obi seperti kebaya Bali, pastikan tali atau obi tersebut tidak menekan perut. Jadi, carilah tali yang lebih panjang. Tali yang lebih panjang akan berguna agar saat mengikat talinya, maka tidak akan begitu menekan perut. Ibu hamil juga dapat mengakalinya dengan menempatkan tali kebaya itu sedikit lebih ke atas, pada area dada.

Kenyamanan Jadi yang Utama

Sumber gambar liputan6.com

Kenyamanan merupakan hal yang penting untuk siapapun, dan pastinya tak terkecuali dengan ibu hamil dan ibu menyusui yang memiliki perubahan bentuk tubuh. Untuk kebaya ibu hamil, carilah yang terbuat dari bahan-bahan yang lembut dan fleksibel, seperti katun atau sifon. Bahan tersebut dapat memberikan kenyamanan jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Katun memiliki serat yang lebih longgar sehingga dapat menyerap keringat dengan baik. Sementara sifon mempunyai sifat yang lembut dan lentur, sehingga nyaman digunakan. Kebaya dengan bahan tulle dan brokat juga dapat digunakan saat acara formal. Tulle dan brokat ini bersifat breathable sehingga akan nyaman untuk dikenakan.

Tips Menghadiri Kondangan Saat Hamil

Gunakan Bra yang Mendukung

Bra berfungsi untuk menahan payudara, terutama dari goncangan. Memakai bra pun akan membuat Anda sebagai wanita menjadi lebih nyaman. Pada saat hamil atau menyusui, pakailah bra yang pas dengan ukuran payudara. Bra yang pas dan tidak nyeplak pada dress akan membuat bumil dan busui menjadi lebih percaya diri saat menghadiri suatu acara.

Pilih Warna yang Netral

Sumber gambar hipwee.com

Saat menghadiri pesta, ada banyak pasang mata yang akan melihat penampilan Anda, apalagi jika sedang hamil besar. Maka sebaiknya bumil memakai pakaian dengan warna yang aman, seperti warna hitam atau warna pastel yang akan membuat penampilan bumil tidak begitu mencolok. Kecuali jika pesta itu punya dresscode warna.

Aplikasi Makeup Minimalis

Sumber gambar fimela.com

Hamil membuat Anda menjadi lebih banyak mengeluarkan keringat. Oleh sebab itu, bumil pun disarankan untuk tidak menggunakan riasan wajah atau make up yang terlalu tebal. Keringat dapat membuat make up yang tebal jadi mudah luntur dan retak, dan tentu ini akan mengganggu penampilan. Oleh karena itu, gunakanlah make up yang tipis dan secukupnya.

Lengkapi Penampilan Dengan Aksesoris

Sumber gambar fimela.com

Agar penampilan bumil dan busui tampak lebih sempurna, pakailah beberapa aksesoris yang akan melengkapi keanggunan bumil dan busui saat menghadiri acara kondangan. Tak perlu berlebihan, bumil dan busui bisa cukup mengenakan kalung dengan motif yang simple, ataupun anting mutiara kecil. Ini akan membuat Anda terlihat istimewa.

Kenakan Sepatu yang Nyaman

Sumber gambar fimela.com

Lagi-lagi disampaikan bahwa kenyamanan adalah hal yang penting. Bumil sebaiknya tidak mengenakan high heels untuk menghadiri pesta, atau bahkan menghadiri acara manapun. Bumil perlu sepatu yang lebih nyaman. Jika memang ingin menggunakan sepatu berhak tinggi, pilihlah yang ukuran haknya rendah, atau gunakan wedges dengan sol yang tidak terlalu tinggi.

Rekomendasi Kebaya Ibu Hamil yang Kece

Kebaya Kipas Sapujagat Pelangi Jaya

Kebaya modern ini tampak elegan dengan bordir yang unik khas Indonesia, dan panjang yang menjuntai hingga bawah lutut dengan model kipas. Desain bordir menggunakan bordir tempel yang dijahit dengan rapi, membuatnya tampak mewah. Bahannya terbuat dari katun yang kuat dan nyaman. Kekurangannya, bahannya bersifat lumayan panas, sehingga disarankan untuk menggunakan dalaman yang tipis.

Harga Rp. 30.000-100.000

Setelan Kebaya Floy Kutubaru Luna

Bermodel kerah Kartini, memberikan tampilan berkelas yang bersahaja. Kebaya yang satu ini didesain dengan simple namun elegan. Kebaya ini pun akan memberikan tampilan wanita berkelas nan bersahaja bagi wanita yang mengenakannya. Tambahkan aksesori kebaya yang menjuntai di bagian dada untuk menambahkan kesan high-class. Bagian badannya yang longgar pun memberi kenyamanan pada bumil.

Harga Rp. 115.000-130.000

Kebaya Rinjani Jumbo

Kebaya ini dirancang dari bahan brokat, sehingga pas untuk digunakan dalam acara formal. Desainnya modern model tunik, dan memberikan ruang yang banyak bagi perut, sehingga akan nyaman untuk dipakai oleh ibu hamil. Untuk melengkapi penampilan formal-modern Anda, bumil dapat memadukannya dengan kain batik atau celana kulot yang longgar pada bawahannya.

Harga Rp. 80.000-120.000

Kebaya Bali Brokat Sofia Bet

Desain kebaya Bali ini sangat cocok digunakan baik dalam upacara adat maupun acara formal lainnya. Kebaya ini pilihan yang tepat bagi Anda yang mencari kebaya tradisional asli Indonesia yang nyaman buat ibu hamil, terutama pada trimester awal. Kebaya ini berbahan brokat dan sifon, sehingga akan terasa adem dan nyaman saat digunakan.

Harga Rp. 150.000-170.000

Kebaya Hamil Sifon

Apabila Anda mencari kebaya baik untuk acara formal maupun semiformal, kebaya Bali yang satu ini layak pertimbangkan. Kebaya ini dibuat dengan bahan sifon yang stretchy, adem, dan lembut. Di belakangnya terdapat karet yang dapat merenggang sesuai dengan kebutuhan ibu hamil. Benar-benar dirancang agar bisa dikenakan oleh bumil dari trimester awal hingga trimester akhir. Rempel dan pita di bagian depannya pun akan membuat Anda tampak manis.

Harga Rp. 150.000-200.000

Kebaya Brokat Baju Kurung

Apabila Anda ingin terlihat ramping saat mengenakan kebaya, kebaya ini solusi yang tepat untuk Anda. Kebaya ini memiliki potongan yang fit, sehingga dapat menyamarkan baby bump yang mulai tampak. Lengan panjangnya juga membuat kebaya ini bisa dipakai oleh Anda yang berhijab. Kebaya ini memiliki desain yang modern dengan bahan brokat yang nyaman.

Harga Rp. 100.000-150.000

Kebaya Renda Adelia Safitri

Apabila Anda mencari kebaya muslimah untuk ibu hamil, kebaya ini dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda. Kebaya ini memiliki model lengan panjang dengan bagan leher yang tertutup. Sangat cocok jika dipasangkan dengan kerudung kesayangan. Terdapat banyak ruang di bagian perut, sehingga dapat digunakan hingga trimester akhir. Cocok bagi Anda yang ingin tampil modis dan elegan.

Harga Rp. 100.000-150.000

Kebaya Batwing Jumbo

Kebaya ini memiliki desain yang flowy seperti batwing sehingga akan memberikan ruang ekstra bagi perut dan tangan Anda. Bahannya terbuat dari katun yang dapat menyerap keringat sehingga sangat nyaman jika digunakan berkegiatan di luar ruangan. Kebaya modern ini dapat dipadukan dengan kain atau celana, sesuai dengan selera Anda.

Harga Rp. 75.000-100.000

Kebaya Tunik Busui Lengan Panjang

Kebaya ini sangat cocok digunakan untuk acara semi formal. Bahannya tulle yang cantik dan tidak sesak, sehingga membuat bumil pun tampil mempesona dan nyaman mengenakannya pada acara yang berada di luar ruangan. Desainnya juga ramping dengan lengan yang panjang dan dalam, sehingga sangat cocok untuk digunakan bagi ibu hamil.

Harga Rp. 50.000-175.000
From our editorial team

Jangan Pakai Sepatu Terlalu Tinggi Jika Kehamilan Sudah Besar

Rekomendasi kebaya untuk ibu hamil dari BP-Guide di atas sangat cantik sekali, bukan? Anda boleh ingin tampil menawan dengan kebaya. Namun yang harus diperhatikan adalah jenis sepatu yang dipakai. Jika perut sudah semakin membesar, hindari mengenakan sepatu yang terlalu tinggi agar Anda tetap nyaman.