Ingin Wisata ke Goa? Ini 9 Rekomendasi Goa Terbaik yang Bisa Anda Kunjungi di Luar Negeri

Ingin Wisata ke Goa? Ini 9 Rekomendasi Goa Terbaik yang Bisa Anda Kunjungi di Luar Negeri

Punya rencana untuk berlibur ke luar negeri? Bila Anda menginginkan suasana liburan yang berbeda, tempat wisata seperti goa bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda. Selain di Indonesia, ada beberapa goa terbaik dengan pemandangan indah di beberapa negara yang bisa Anda kunjungi. Berikut beberapa rekomendasinya dari BP Guide.

Destinasi wisata apa saja yang Anda kunjungi ketika traveling ke luar negeri? Biasanya orang yang traveling ke luar negeri akan mengunjungi beberapa tempat wisata seperti wisata hiburan, pantai atau gunung. Namun, kali ini Anda bisa mencoba destinasi wisata alam lainnya yang ada di luar negeri dan dapat memberikan sensasi berbeda. Salah satu wisata alam tersebut adalah goa. Jika Anda sudah mengunjungi beberapa gua di Indonesia, maka tidak ada salahnya Anda juga mengunjungi goa yang ada di luar negeri untuk menambah pengalaman serta pengetahuan. Beberapa goa di bawah ini adalah goa terbaik yang wajib untuk Anda kunjungi.

1. The Blue Grotto

Goa yang pertama adalah simbol dari Kota Capri, Italia. Goa yang satu ini termasuk jenis goa laut yang ada di daerah pantai di sebuah pulau. Keunikannya terletak pada adanya cahaya biru cemerlang yang menyinari goa. Asalnya dari 2 sumber berbeda yaitu pintu masuk berupa lubang kecil yang hanya bisa dimasuki satu perahu dayung, serta lubang yang lebih besar yang letaknya di bawah pintu masuk. Ketika Anda berada di dalam goa, Anda akan melihat pintu masuk goa sebagai cahaya putih di atas permukaan air. Sedangkan, untuk lubang di bawah laut akan terlihat lebih besar dengan cahaya biru. Bagi Anda yang sedang berlibur di Italia, pastikan untuk mengunjungi tempat unik yang satu ini.

2. Cave of The Crystals

Goa kristal ini berada di kawasan Cihuahua, Mexico. Goa ini ditemukan setelah penemuan Goa Pedang oleh seorang penambang. Goa Kristal berada di bawah Goa Pedang tersebut saat tahun 2000. Goa Kristal mengandung kristal selenite alam terbesar yang pernah ditemukan dalam sejarah. Kristal yang terbesar memiliki ukuran 12 meter dengan lebar diameter sepanjang 4 meter. Suhu yang ada di Goa Kristal ini sangat jauh berbeda dengan Goa Pedang yang cenderung sejuk. Goa Kristal memiliki suhu hingga 50-58 derajat Celcius. Kelembapan udara di dalam goa ini juga mencapai 90-99 persen. Suhu yang sangat tinggi membuat goa ini jarang dijelajahi.

3. Krubera Cave

Terletak di Abkhazia, Georgia dan ditemukan tahun 1960, Goa Krubera menjadi gua terdalam yang ada di bumi. Goa ini memiliki kedalaman hingga 2000 meter atau lebih. Goa Krubera juga sering disebut dengan Goa Voronja, atau gua gagak dalam bahasa Rusia. Nama itu digunakan saat tahun 1980 oleh speleologist, di mana ia melihat burung gagak menjadi penghuni pintu masuk goa. Di dalamnya terdapat genangan air seperti danau yang sangat indah dengan pantulan cahaya biru yang mempesona. Goa ini juga akan memberikan sensasi berbeda dari goa lainnya karena Anda harus turun ke dasar gua untuk menikmati keindahan gua.

4. Fingal’s Cave

Goa Fingal merupakan jenis Goa laut yang berada di Pulau Staffa. Pulau ini termasuk pulau tak berpenghuni yang ada di Skotlandia. Pulau Staffa berasal dari gunung berapi yang terkenal akan heksagonalnya yang khas. Goa Fingal adalah salah satunya yang paling populer dan mencolok. Dari ukuran goa, atap hingga bentuknya yang melengkung dan alami seakan bergaung dengan ombak membuat suara yang khas, dan terdengar menakutkan. Atmosfer yang ada di sekitar goa pun menjadi lebih meningkat. Fingal sendiri adalah nama seorang pahlawan dalam buku James Macpherson Fingal, dengan arti orang asing berkulit putih.

5. Eisriesenwelt Ice Cave

Goa ini merupakan goa es batu kapur yang masih alami serta menjadi goa terbesar pada jenisnya. Goa ini sangat luas karena membentang hingga 42 kilometer. Banyak wisatawan yang datang untuk berkunjung ke goa yang satu ini hingga 200 ribu wisatawan setiap tahunnya. Meskipun ukurannya sangat luas, hanya 1 km saja di bagian depan goa yang bisa dijelajahi oleh wisatawan karena sisanya hanyalah sebatas batu gamping saja. Dulunya, goa ini adalah Sungai Saizach yang akhirnya mengikis permukaan bebatuan serta ditambah dengan formasi es yang berasal dari cairan salju dalam goa.

6. Puerto Princesa Subterranean River

Wisata yang satu ini terletak di Palawan, Filiphina yang berupa taman nasional. Bahkan, tempat ini sudah menjadi 7 Keajaiban Alam Baru serta Situs Warisan Dunia UNESCO. Anda akan menemukan sungai yang indah dengan banyak spesies makhluk laut di dalamnya. Dahulu tepatnya tahun 2010, para ahli geologi menemukan Goa Puerto Princesa di bawah sungai. Keindahannya ini masih ditambah dengan eksistensi sebuah kubah setinggi 300 meter di atas sungai. Anda akan melihat formasi bebatuan yang luar biasa memukau, bertemu kelelawar besar, lubang di dalam sungai, saluran, serta ada goa-goa kecil lainnya di dalamya.

7. Taman Nasional Goa Mammoth

Taman Nasional yang satu ini berada di Ketucky, Amerka Serikat. Goa ini termasuk gua terpanjang yang ada di dunia hingga patut untuk Anda kunjungi. Luas dari goa yang satu ini mencapai 52.830 hektar. Goa ini bahkan 2 kali lebih panjang dari goa terpanjang kedua yaitu Sac Actun Meksiko. Para pengunjung akan ditawarkan beberapa tour yang akan membantu Anda untuk menemukan banyak keunikan wisata seperti Grand Avenue, Frozen Niagara, serta Misery Fat Man yang sangat populer.

8. Glowworms Cave (Selandia Baru)

Sesuai namanya, permukaan langit goa ini selalu dihiasi cacing-cacing indah yang bisa menyala di dalam kegelapan. Tak ayal, pancaran cahaya biru dari cacing goa ini membuat suasana goa semakin indah seperti bertaburan berlian dan bintang-bintang. Cacing bercahaya ini membentuk formasi rantai yang menggantung di langit-langit untuk menarik mangsa dari luar goa. Para pengunjung yang mau melihat keindahan goa akan ditawarkan menumpang perahu dan bersama tour guide perlahan-lahan menyusuri lubang goa hingga ujung goa.

9. Son Doong Cave (Vietnam)

Termasuk dalam goa terbesar di dunia, Son Doong Cave masih memiliki ekosistem yang virgin karena tempatnya cukup terpencil. Pada goa ini terdapat sistem cuaca dan formasi geologi yang unik. Lokasi goa ini berada di tengah Taman Nasional Phong Nha Ke Bang. Tepatnya, di provinsi Quang Binh di Vietnam.

From our editorial team

Kenali Negara Tujuan

Bagaimana Anda tertarik membuktikan sendiri keindahan goa-goa yang ada di luar negeri? Silakan langsung menjadwalkan perjalanan ke berbagai negara tersebut dan menelusuri keindahan goa-goa alam yang spektakuler. Pastikan Anda juga sudah mendapatkan sejumlah informasi terkait negara tujuan. Hal ini akan membantu Anda dalam melakukan berbagai persiapan matang dalam perjalanan, seperti persiapan pakaian dan perlengkapan yang akan digunakan.

Tag