Makin Wangi dan Percaya Diri dengan 10 Rekomendasi Parfum Original Eropa nan Berkelas (2019)

Makin Wangi dan Percaya Diri dengan 10 Rekomendasi Parfum Original Eropa nan Berkelas (2019)

Supaya tetap wangi sepanjang hari, parfum tentu jadi salah satu hal mutlak yang penting digunakan di berbagai kesempatan. Ingin wewangian yang eksklusif dan tahan lama? parfum original asal Eropa bisa jadi pilihan yang tepat dan tak akan mengecewakan, lho!

Sejarah Parfum dan Penggunaannya

Sumber gambar www.allure.com

Wewangian untuk tubuh alias parfum sudah sejak lama dikenal. Parfum berasal dari bahasa Latin yang artinya "melalui asap".

Mesopotamia, Persia, dan Mesir dianggap yang menciptakan parfum pertama di dunia. Di Mesopotamia, seorang ahli parfum bernama Taputti mengombinasikan aroma mur, minyak, dan bunga untuk dijadikan wewangian. Di Mesir, parfum banyak dipakai untuk upacara keagamaan hingga persiapan pemakaman. Kemunculan awal botol parfum ada di Mesir pada tahun 1000SM. Sementara di Persia, parfum banyak dipakai untuk menunjukkan simbol status politik.

Beberapa Negara Eropa yang Sukses Menghasilkan Parfum Kelas Dunia

Italia

Negara Italia menjadi salah satu negara asal Eropa yang sukses menghasilkan parfum yang dikenal dunia. Italia mulai menggunakan parfum sejak abad ke 16 lalu kala Venesia jadi pusat perdagangan beragam getah dan kayu wangi. Bahan wewangian didapatkan dari Konstantinopel atau berbagai daerah Timur.

Makin meningkatnya permintaan akan parfum dari kerajaan dan bangsawan, membuat parfum dilirik menjadi bisnis yang menjanjikan bagi masyarakat, dan akhirnya banyak yang berprofesi sebagai produsen parfum. Salah satunya adalah biara Santa Maria Novella di Florence. Mereka mendirikan laboratorium pabrik parfum pada 1508. Sebagai salah satu farmasi tertua di dunia, aneka wewangian menakjubkan tercipta di laboratorium ini.

Perancis

Sumber gambar expatexplore.com

Negara selanjutnya yang akan kita bahas sebagai penghasil parfum kelas dunia adalah Perancis. Di negara ini, parfum dipakai untuk badan, pakaian, dan juga untuk obat.

Penggunaan dan permintaan akan parfum melonjak usai Catherine de Medici, ratu asal Perancis memakainya untuk menutupi bau badan. Ia selalu membawa parfumnya ke mana saja. Parfumnya adalah racikan dari Rene le Florentin yang berasal dari Italia. Untuk terus bisa menggunakan parfum, Catherine mendirikan laboratorium yang langsung terhubung dengan kediamannya melalui jalur rahasia. Hal ini ia lakukan supaya rumus rahasia parfumnya bisa terjaga.

Setelah hal ini terjadi, maka aneka pabrik parfum mulai bermunculan. Di abad ke 19 mulai ditemukan ekstraksi dengan bahan pelarut. Dengan ekstrasi yang ditemukan itu, parfum dibuat dengan campuran alkohol dan juga penyulingan.

Swiss

Melangkah ke negara berikutnya yakni Swiss yang menjadi salah satu negara penghasil parfum dunia. Di Swiss ada merek Givaudan yang sangat populer. Mulai berdiri tahun 1895 di Lyon Prancis, perusahaan ini adalah milik Leon dan Xavier Givaudan. Ini adalah produsen wewangian dan kosmetik yang di tahun 2008 lalu menjadi perusahaan terbesar di dunia dalam industri parfum. Perusahaan ini menemukan teknologi yang menangkap susunan kimiawi bau dari tanaman hidup yang disebut Scenttrek. Dengan cabang yang tersebar di 6 wilayah di dunia, penjualan produk Givaudan sangat lancar.

Inggris

Lalu ada juga negara Inggris yang juga tercatat sebagai pembuat parfum kenamaan. Usai Perang Salib berakhir, prajurit perang pulang ke negaranya membawa aneka kosmetik, termasuk parfum. Parfum ini didapatkan dari istana para sultan Timur Tengah yang sudah maju dalam pembuatan kosmetik termasuk parfum.

Awalnya parfum booming kala pemerintahan Henry VIII dan Ratu Elizabeth I. Bahkan pada masa pemerintahan Ratu Elizabeth, semua tempat umum dijadikan tempat yang beraroma harum. Hal ini karena sang Ratu sangat menyukai wewangian dan sangat bangga pada keterampilan dalam menciptakan wewangian.

Di abad ke 19, industri parfum mengalami perkembangan pesat. Adanya pengembangan kimia modern membuat parfum makin modern sehingga bisa diciptakan aneka wewangian baru yang memukau.

Berbagai Merek Parfum Eropa yang Jadi Favorit Banyak Orang

Dolce & Gabbana

Sumber gambar www.bukalapak.com

Dolce & Gabbana merupakan perusahaan yang didirikan oleh dua desainer asal Italia yakni Domenico Dolce dan Stefano Gabbana. Awalnya mereka memproduksi arloji, pakaian, dan kacamata hitam. Selanjutnya juga memproduksi tas dan parfum. Dan tentu saja produknya banyak diminati masyarakat karena berkualitas tinggi.

Dolce & Gabbana Light Blue Italian Zest adalah salah satu parfum original yang bisa kamu miliki. Parfum ini dikemas dalam botol kaca dan tutup berwarna kuning yang terinspirasi dari buah lemon.

Memiliki fase awal yang terdiri dari lemon, apel hijau, dan bergamot, parfum ini fase tengahnya berisi aroma bambu, melati, dan mawar. Di akhir ada aroma cedar, amber dan vanilla. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 869.000.

Byredo

Sumber gambar shop.nordstrom.com

Kamu yang memiliki kepribadian ceria bisa lirik parfum Byredo. Parfum ini asalnya dari Swedia. Perusahaannya didirikan oleh Ben Gorham. Perusahaan ini tercipta usai Gorham melakukan perjalanan ke kampung halaman ibunya di India. Ia begitu menaruh perhatian pada aroma rempah dan dupa. Ia pun mulai merilis lilin aromatik dan parfum yang menggunakan bahan baku terbaik.

Byredo Flowerhead merupakan parfum beraroma bunga yang menyegarkan. Parfum ini memiliki kombinasi keharuman lemon, cranberry, melati, dan mawar. Kamu bisa memiliki eau de perfume ukuran 100 ml ini secara online. Beli saja di Tokopedia dengan harga Rp 3.200.000.

Dior

Sumber gambar www.fragrantica.com

Christian Dior dikenal sebagai perancang busana yang begitu disegani. Karyanya menghadirkan decak kagum pada siapa saja yang melihatnya. Ia juga merupakan desainer yang begitu berpengaruh dalam penyebaran desain fashion Perancis ke seluruh dunia. Melengkapi bisnis fashionnya, Dior menghadirkan perusahaan Dior Parfums pada tahun 1947. Ada 130 jenis parfum dengan edisi paling awal dari perusahaan ini.

Christian Dior Cologne Royale EDP Parfum Pria ini bisa menjadi pilihan kamu. Parfum pria ini dikemas dalam ukuran 125ml. Bisa digunakan dalam berbagai aktivitas keseharian, aromanya begitu segar. Ada aroma citrus dengan kombinasi kesegaran musky dan white floral pada parfum ini. Merupakan eau de perfume, wanginya bisa bertahan hingga 12 jam. Kamu bisa membelinya di Blibli pada harga Rp 6.545.000.

Givenchy

Sumber gambar www.amazon.com

Rumah fashion asal Perancis yakni Givenchy tentu bukan nama yang asing di telinga pencinta parfum. Didirikan tahun 1952 lalu, perusahaan yang didirikan oleh Count Hubert de Givenchy ini menghadirkan perpaduan unik dari keanggunan Perancis dan gaya glamor Amerika dalam tiap produknya. Sejak tahun 1957, perusahaan ini mulai meluncurkan parfum dengan aroma pertama L'Interdit. Inspirasi parfumnya adalah dari klien mereka yang ternama yakni Audrey Hepburn.

Givenchy Pour Homme Blue Label Men Edt tentu tidak bisa kamu remehkan begitu saja. Parfum 100 ml ini wanginya begitu menyegarkan. Dengan aroma citrus yang segar, kamu bisa mencium aroma bergamia dan buah anggur di awal. Selanjutnya ada aroma kapulaga, lavender, dan pepper di fase tengah. Di fse akhir ada aroma akar wangi dan kayu cedar. Kamu bisa membeli produknya di Lazada dengan harga Rp 575.000.

Jo Malone London

Sumber gambar www.fragrantica.com

Merek parfum asal Inggris, Jo Malone banyak diminati oleh para pencinta parfum. Perusahaan ini mempersembahkan aneka cologne, scented candle, body cream, hingga toiletries. Merek ini begitu populer di Amerika Serikat setelah penampilan pendirinya yaitu Jo Malone dalam acara The Oprah Winfrey Show.

Jo Malone English Pear dan Freesia tentu bisa jadi produk parfum andalan kamu. Parfum asli ini merupakan jenis eau de cologne. Cocok untuk digunakan pria dan juga wanita, parfum ini mengeluarkan aroma buah pir dan bunga freesia yang lembut. Kamu bisa membeli parfum ini di Lazada dengan harga Rp 2.250.000.

Gucci

Sumber gambar www.fragrancenet.com

Guccio Gucci mendirikan perusahaan Gucci pada tahun 1921. Perusahaan ini memiliki ratusan gerai di seluruh dunia. Gucci mulai mengeluarkan parfum untuk wanita pada tahun 1974. Kemudian aneka parfum untuk pria mulai dikeluarkan secara berkala. Kini telah lebih dari 35 jenis parfum dengan edisi paling awal diciptakan pada tahun 1974.

Gucci Guilty Intense for Women EDP Parfum Wanita bisa menjadi pilihan parfum kamu. Dikemas dengan volume 75ml, parfumnya tergolong EDP yang tahan lama wanginya. Memiliki paduan aroma mandarin orange dan pink pepper, parfumnya begitu cocok untuk keseharian kamu. Bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 925.000.

Annick Goutal

Sumber gambar www.fragrantica.com

Annick Goutal adalah seorang pianis yang juga seorang model. Wanita asal Perancis ini mulai menciptakan wewangian bagi wanita yang feminin dan modern yang sesuai dengan kepribadian dirinya. Di tahun 1981, ia mulai membuka perfume house-nya di Rue de Bellechasse.

Keahliannya meracik parfum membuatnya memiliki banyak penggemar. Ia hanya menggunakan bahan baku yang langka dan hanya ditemukan di tempat asal tumbuhan itu berada untuk produk parfumnya dan itulah yang membuat produk parfumnya begitu terkenal.

Annick Goutal Rose Pompon EDT Parfum Wanita ini bisa kamu miliki sebagai parfum original andalan. Parfum EDT ini wanginya tahan hingga 5 jam. Dengan aroma sweet floral, parfum yang dirilis tahun 2016 ini memiliki aroma mawar dengan sentuhan aroma yang manis. Kamu bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 2.249.900.

Creed

Sumber gambar www.amazon.com

House of Creed dikenal sebagai rumah produksi parfum yang sudah mendunia. Berdiri tahun 1760 lalu, perusahaan ini didirikan oleh James Henry Creed di London. Mulai tenar di abad ke-19, rumah parfum ini menjadi favorit dari keluarga kerajaan Inggris. Bahkan Ratu Victoria menunjuk Creed sebagai pemasok resmi untuk keluarga kerajaan.

Creed Royal Oud for Men Eau de Parfum hadir dalam volume 75 ml. Parfum pria ini memiliki keharuman lemon, pink berry, dan bergamot di fase awal. Lalu ada aroma cedar, galbanum, dan akar angelic di bagian tengah. Di akhir fase kamu bisa mencium aroma sandalwood dan tonkin musk. Kamu bisa membelinya di Lazada dengan harga Rp 3.599.000.

Penhaligon’s

Sumber gambar www.fragrantica.com

William Penhaligon mendirikan perusahaan yang terinspirasi oleh aroma pemandian Turki di Jermyn Street. Ia mulai menciptakan parfum bernama Hammam Bouquet seja tahun 1874. Kini parfum keluaran Penhaligon menjadi parfum yang punya gaya dan aroma yang sophisticated. Produk parfum dari merek ini mampu menggambarkan nuansa berkelas kota London.

The Tragedy of Lord George merupakan parfum yang bisa kamu coba gunakan. Dikemas dalam volume 75 ml, parfum pria ini dirilis pada 2016. Memiliki aroma brandy, kayu, tonka, dan amber, parfumnya begitu maskulin. Dibuat oleh perfumer bernama Alberto Morillas, parfum dikemas pada kotak yang rapi. Kamu bisa membelinya di Lazada dengan harga Rp 4.795.000.

Xerjoff

Sumber gambar www.tokopedia.com

Xerjoff menjadi salah satu merek mewah Italia yang begitu dikenal luas. Berdiri tahun 2003, perusahaan ini didirikan oleh Sergio Momo.

Xerjoff Gran Ballo EDP Parfum Wanita ini tentu tidak bisa kamu lewatkan begitu saja. Parfum dengan aroma kombinasi gardenia, honeysuckle, melati, vanilla, amber, and karamel ini begitu segar dan bersifat feminin. Parfum ini keharumannya tahan lama hingga 8 jam dan dikemas dalam volume 100 ml. Dapatkan di Lazada dengan harga Rp 2.699.000.

From our editorial team

Pilih Parfum yang Sesuai Karaktermu dan Wangi yang Disuka

Memilih parfum memang sedikit tricky tetapi kalau ingin mendapatkan parfum yang pas, pilih parfum dengan wangi yang sesuai selera dan juga pas dengan karakteristik baik itu parfum dengan wangi manis, segar, atau elegan. Pertimbangkan juga jenis parfum sesuai dengan daya tahannya seperti edp, edt atau cologne di mana setiap jenisnya tentu memiliki daya tahan yang berbeda.