Ajari Putra Putrimu Mengelola Keuangan Sejak Dini dengan 10 Pilihan Dompet Anak yang Lucu dan Unik

Ajari Putra Putrimu Mengelola Keuangan Sejak Dini dengan 10 Pilihan Dompet Anak yang Lucu dan Unik

Dompet, item yang satu ini pasti dimiliki oleh setiap orang yang membutuhkan wadah untuk menyimpan uang, termasuk anak-anak. Jika Anda sedang mencari dompet anak yang lucu dan berkualitas, Anda bisa cek rekomendasi dan ulasan manfaat dompet anak dibawah ini!

Fungsi Dompet dalam Kehidupan Sehari-hari

Sumber gambar seekatesew.com

Bisa saja orang tidak memiliki uang, tapi hanya sedikit yang tidak memiliki dompet. Benar kan? Itulah kenapa muncul istilah "dompet kosong" untuk menggambarkan orang yang sedang bokek.

Dompet tidak serta merta hanya bertugas sebagai penyimpan uang saja, meski tujuan membeli dompet tentunya untuk menyimpan uang. Dompet memiliki berbagai slot kartu, tempat penyimpanan uang koin, dokumen dan slot foto. Jadi, biasa di dompet akan kita temukan foto suami istri, berbagai macam kartu dan dokumen penting seperti KTP, SIM sampai kartu perpustakaan juga disimpan di dalam dompet.

Semakin ke sini, perkembangan dompet terus berubah. Dompet yang trendi di awal tahun 1990-an misalnya, sudah kurang menarik lagi digunakan pertengahan tahun 90-an. Begitu juga dompet awal tahun 2000-an, juga kurang menarik terlihat di awal tahun 2010. Begitulah, sehingga wajar kalau Anda sering menemui orang yang gonta-ganti dompet karena ingin mengikuti tren. Apalagi, kaum hawa.

Tak Hanya Orang Dewasa, Anak-anak Juga Bisa Memiliki Dompet

Sumber gambar www.etsy.com

Perkembangan dompet juga terus menyasar market-market yang lain. Awalnya, dompet berbahan kulit ditujukan untuk lelaki dan perempuan dewasa saja. Kemudian, muncul lagi dompet trendi yang menyasar generasi remaja.

Nah, tidak lama kemudian muncullah dompet yang menyasar pasar anak-anak. Dompet yang satu ini biasanya penuh warna, lucu dan memuat gambar tokoh kartun tertentu. Tokoh kartunnya juga mengikuti perkembangan. Bila di awal tahun 2000, biasanya bergambar Doraemon, maka di awal tahun 2010 dompet Sponge Bob dengan warna kuning khasnya menjadi salah satu yang paling dicari.

Manfaat Dompet bagi Anak

Sumber gambar www.makeit-loveit.com

Selain untuk menyimpan uang jajan, dompet yang dimiliki anak-anak ternyata punya manfaat lain dalam kehidupannya lho termasuk mengajarkan pada sang anak cara mengelola keuangan sejak dini. Mau tahu apa saja manfaat dompet anak bagi putra-putri Anda? Simak ulasannya berikut ini!

Mengenalkannya dengan Ragam Jenis Uang yang Ada di Pasaran

Sumber gambar www.sophieallport.com

Tujuan membelikan dompet pada anak, bukan sekedar untuk gagah-gagahan atau menyenangkan hatinya dengan dompet yang lucu saja. Lebih dari itu, orang tua bisa membantu dan mengarahkan anak mengatur keuangan sejak dini.

Pertama, anak bisa membedakan mana uang Rp 50.000, Rp 10.000, juga Rp 1.000. Karena, tempat penyimpanannya di dompet juga akan berbeda. Bila uang kertas Rp 1.000, Rp 2.000, hingga Rp 5.000 letaknya di luar yang biasanya tidak tertutup resleting, maka uang yang nilainya lebih besar akan diletak di dalam tempat yang bertutup resleting agar lebih aman.

Dengan demikian, anak bisa langsung mempelajari dan membedakan jenis uang sekaligus mengatur uangnya sedari dini.

Bermain dengan Mainan Uang dan Jual Beli

Sumber gambar livingmividaloca.com

Ada lagi cara mengajarkan anak untuk manajemen keuangan dengan cara menyenangkan. Yakni, dengan mengajaknya bermain permaianan yang berhubungan dengan uang.

Salah satu jenis permainan yang bisa Anda coba terapkan adalah monopoli. Permainan yang satu ini melibatkan aktifitas jual beli, dan mengajarkan anak Anda mengelola keuangan dengan baik dan benar.

Dengan demikian, Anda sudah menerapkan jiwa wirausaha untuk anak Anda sejak dini. Siapa tahu, setelah besar nanti, ia berminat untuk menjadi pengusaha yang sukses pula.

Mengajarkan Anak untuk Berhemat

Sumber gambar www.icanteachmychild.com

Mengajarkan agar hidup hemat dari kecil juga sangat penting loh. Dan, perlu dicatat bahwa bagian ini sangat sulit penerapannya. Anda harus berusaha agar si anak tahu dan bisa membedakan apa yang dia inginkan dan apa yang dia butuhkan.

Dengan mengetahui itu, sampai ia beranjak dewasa ia akan membagi waktunya untuk hal-hal yang benar-benar dibutuhkan, bukan hal yang dia inginkan. Dengan demikian, semua pengeluarannya menjadi hal yang produktif dan menjadikan anak bisa lebih baik dalam urusan manajemen keuangan di kemudian hari.

Salah satu caranya yang Anda bisa lakukan, jangan belikan semua yang dia inginkan. Cara lainnya, suruh dia tulis apa saja yang dia inginkan. Lalu, tanyakan mana yang paling penting untuk dibelikan. Mungkin ada sekitar 30 daftar keinginannya, suruh sang anak mencoret yang tidak begitu diinginkan, sisakan 5 saja untuk dibelikan saat ini.

Memberi Kesempatan Pada Anak untuk Bertransaksi

Sumber gambar www.proposify.biz

Pengalaman adalah guru yang paling baik. Cara mengajar yang paling baik adalah memberikan anak Anda pengalaman. Salah satunya adalah biarkan mereka mengatur uangnya sendiri, mulai dari uang saku tentunya. Berikan uang saku yang pas, tidak berlebihan juga tidak kurang. Tujuannya, agar si anak dapat mempelajari, bila dia ingin sesuatu yang lebih mahal daripada uang sakunya, maka ia akan menabung.

Selain itu, berikan kesempatan anak Anda berbelanja barang dapur di warung dekat rumah misalnya. Saat itu, dia akan belajar cara berbelanja, mentotalkan uang belanja, menghitung kembalian dan sebagainya.

10 Rekomendasi Dompet Anak Lucu yang Bisa Jadi Pilihan

Sumber gambar bestwallet2015.com

Sedang mencari dompet lucu untuk dijadikan hadiah atau ingin mengajarkan anak mengelola keuangannya sejak dini? Anda bisa melirik beberapa rekomendasi dompet anak lucu pilihan BP-Guide berikut ini! Siapa tahu salah satu dompet berikut disukai anak Anda.

Mini Wallet Tsum Tsum Biru Muda

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Dompet yang pertama adalah dompet khusus koin Mini Wallet Tsum Tsum Biru Muda. Yah, kita tahu sendiri bahwa belanja anak-anak kebanyakan pakai uang kecil dan recehan. Jadi, sebagian besar yang dibawanya adalah uang receh.

Nah dompet satu ini ditujukan khusus untuk koin. Harganya murah, namun terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas. Hadir dalam warna yang keren dan memikat bagi anak-anak Anda.

Produk ini bisa Anda dapatkan di Elevenia dengan harga sekitar Rp 4.700.

Dompet Anak / ABG DO000126/127

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Dompet selanjutnya adalah dompet anak/abg DO000126/127. Bentuk dan warnanya lucu dan unik, juga ada gambar monyet lucu di bagian depannya. Lebih kerennya, juga ada tali selempang, jadi anak Anda bisa menggunakannya seperti tas kecil.

Hadir dalam warna biru yang menawan dalam ukuran 20x13x2cm. Dapatkan produk ini seharga Rp 42.900 di Tokopedia.

Stephen Joseph Cupcake SJ5201-72A

Sumber gambar www.jd.id

Satu lagi dompet koin khusus anak-anak. Kali ini datang dari brand asal Amerika Serikat, Stephen Joseph. Brand ini sudah berdiri sejak tahun 1981, loh.

Dompet koin satu ini didesain trendi dengan cash compartment, zipper opening dan 2 mesh pocekt. Dibuat dari bahan nilon berkualitas dengan hiasan gambar Cupcake yang diprint di bagian depan.

Anda bisa mendapatkan produk ini di Jd.id dengan harga mulai dari Rp 89.000.

Stephen Joseph Robot SJ5201-82

Sumber gambar www.blibli.com

Produk Stephen Joseph yang lainnya bisa Anda pertimbangkan adalah Stephen Joseph Wallet Robot. Secara kualitas, sama saja dengan Stephen Joseph Cupcake, begitu juga detail produknya.

Perbedaannya hanya di image print bagian depan yang merupakan gambar robot. Jadi, bila produk yang Cupcake ditujukan untuk anak perempuan, maka produk robot ditujukan untuk anak laki-laki.

Produk ini bisa Anda beli di Blibli dengan harga mulai dari Rp 75.000.

Smiggle YAY Scented Wallet Cat Character ORIGINAL - Dompet Purse Anak

Sumber gambar www.bukalapak.com

Dompet berikutnya merupakan produk dari brand Simggle. Produk asal Australia ini menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk anak Anda.

Produk ini memiliki tempat menaruh foto, juga 6 slot kartu. Memiliki wrist strap jadi bisa dijadikan tas kecil. Selain itu, ada karakter kucing yang lucu dan imut serta memiliki aroma yang wangi, jadi disukai anak-anak.

Dapatkan produk ini di Bukalapak seharga Rp 225.000.

Dompet Anak Lipat Frozen

Sumber gambar www.ebay.com

Frozen adalah salah satu film disney yang sangat digemari anak-anak. Bahkan, lagu Let It Go yang menjadi soundtrack film ini juga banyak dihafal anak-anak zaman sekarang, meski berbahasa Inggris.

Dompet ini terbuat dari bahan plastik tebal dan memiliki tinggi 10 cm dan panjang 7 cm. Juga terdapat cermin di dalamnya. Ada tiga slot kartu untuk membantu anak Anda menyimpan kartu siswa dan kartu perpustakaan sekolahnya.

Dapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga Rp 34.000.

Dompet Anak & Wanita Girly Star

Sumber gambar www.bandros.co.id

Dompet anak Girly star adalah pilihan yang pas untuk anak perempuan Anda. Pilihan warnanya girly, antara lain pink, hijau muda, hitam cokelat dan biru. Tulisan Girly Star menjadikan desain dompet ini lebih menarik untuk anak-anak.

Dompet ini terdiri dari 12 slot kartu dan sebuah cermin kecil. Juga ada 5 bagian, dan dua diantaranya dilengkapi resleting. Jadi, banyak ruang, menjadikan anak Anda lebih mudah organisir barang dan uang.

Dapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga yang sangat terjangkau yaitu Rp 35.000.

Dompet Anak DO000112

Sumber gambar www.bukalapak.com

Dompet yang satu ini sangat mendukung kegiatan belajar anak. Bahannya smei kulit dan ada tas selempangnya. Juga tersedia slot untuk meletakkan HP dan tempat kosmetik sekalian loh.

Ukurannya cukup besar, juga memiliki banyak ruang. Selain itu, desainnya lucu dan unik disukai anak-anak. Dapatkan produk ini di Tokopedia seharga Rp 104.100.

Dompet Bankbook Murah Jumbo Karakter Hello Kitty Frozen Mickey

Sumber gambar www.bukalapak.com

Dompet yang satu ini ukurannya cukup besar. Jadi, bisa memuat 8 slot kartu, 3 slot uang bahkan buku kecil, 1 kantong koin, 1 kantong nota, tali panjang yang bisa disesuaikan dan 3 smartphone atau kalkulator juga bisa masuk dalam dompet ini.

Karena besar dan punya banyak slot dan ruangan, memudahkan anak Anda untuk manajemen dan organisir barang-barangnya dengan mudah. Terbuat dari bahan kulit sintetis yang mudah dibersihkan juga tidak mudah rusak.

Karakter kartun mickey mouse dan frozen menjadi penambah kerennya dompet satu ini. Anda bisa membelinya di Shopee dengan harga Rp 49.000 saja.

Dompet Rajut Anak

Sumber gambar www.brilio.net

Salah satu jenis dompet yang menarik dan eksotik adalah dompet rajut. Anda bisa membelikan dompet rajut untuk anak Anda, apalagi kalau ukurannya kecil.

Nah, produk Dompet Rajut Anak yang bisa Anda dapatkan di Tokopedia dan Bukalapak ini ukurannya cukup kecil, hanya sekitar 19 x 10 x 7 cm. Dibuat dari bahan nilon yang dirajut dengan sepenuh hati. Juga ada 1 bos dan sepasang penjepit rambut dalam satu paket pembelian dompet ini.

Dompet ini dibanderol dengan harga Rp. 65.000.

From our editorial team

Dompet Anak yang Lucu dan Keren untuk Putra Putrimu

Zaman memang semakin modern dan item fashion orang dewasa termasuk dompet juga bisa dimiliki oleh anak-anak. Agar anak pandai menyimpan uang dan tampil semakin lucu, Anda bisa memilihkan dompet anak sesuai dengan karakter dan kesukaannya. Ada baiknya Anda tanyakan terlebih dahulu apakah sang anak menyukai dompet pilihan Anda atau biarkan ia memilihnya sendiri. Pastikan juga Anda membeli dompet berkualitas agar tidak mudah rusak ya!