Ini 10 Inspirasi Fashion Hijab untuk Tubuh Mungil

Ini 10 Inspirasi Fashion Hijab untuk Tubuh Mungil

Walau memiliki tubuh mungil tak berarti tak bisa menggunakan fashion hijab. Ada banyak trik yang bisa dilakukan untuk menyamarkannya. Kamu pun semakin fashionable dengan hijab. Ini dia tips dan trik untuk menggunakan fashion hijab bagi tubuh mungil.

DenganTrik Tepat, Wanita Bertubuh Mungil Bisa Terlihat Fashionable

Mengenakan hijab adalah kewajiban bagi seluruh wanita muslim dewasa di seluruh dunia. Saat ini hijab bukan lagi penghalang bagi setiap muslimah untuk bisa tampil keren dan stylish.

Menjamurnya produsen baju muslim di seantero negeri memudahkanmu untuk mencari model hijab dan pakaian muslim yang kamu sukai. Tentunya kamu harus pintar mix and match mulai dari hijab, atasan, bawahan, dan perintilan lainnya untuk melengkapi tampilan yang modis.

Sebelum memilih item fashion yang tepat tentunya kamu harus tau seperti apa postur tubuh yang kamu punya. Bagi pemilik badan tinggi dan langsing tentu bukan hal yang sulit untuk mencari fashion hijab yang disukai.

Tapi jika tubuh kamu termasuk mungil? Hmmm... tentu agak tricky ya, untuk mencari model fashion hijab yang sesuai. Namun jangan khawatir, kali ini kita akan bahas satu persatu trik apa sih yang harus kamu gunakan untuk menyiasati postur tubuh yang kecil.


Tips Fashion Hijab untuk Wanita Mungil

Pakai Warna Monokrom

Warna monokrom seperti hitam, putih, dan abu-abu menciptakan ilusi bentuk tubuh yang lebih tinggi daripada aslinya. Kamu bisa mengenakan gamis atau gaun yang berwarna monokrom atau pun warna dasar yang cenderung gelap.

Agar tidak terkesan gloomy kamu bisa memadukan baju berwarna gelap dengan aksesori berwarna netral. Jika mengenakan busana berupa atasan dan bawahan, gunakanlah warna yang seragam.

Misalnya saat kamu mengenakan gamis atau two piece yang berwarna hitam gunakanlah hijab yang berwarna putih atau cream atau hijab bermotif. Selain membuat tubuh menjadi terlihat lebih tinggi, bentuk tubuh juga akan terlihat lebih slim dan proporsional.

Hindari Hijab yang Rumit

Perkembangan fashion membuat banyak sekali model hijab yang unik dan menarik. Namun terkadang memakai hijab dengan model yang rumit membutuhkan waktu lama dan kesabaran ekstra.

Selain itu untuk kamu pemilik tubuh mungil sebaiknya hindari pemakaian hijab yang rumit. Hijab yang ribet akan memberi kesan yang penuh dan berlebihan di bagian kepala. Nantinya fokus orang-orang yang melihat akan terpusat di kepala dan membuat penampilan menjadi tidak seimbang.

Ada baiknya jika kamu mengenakan hijab segi empat sebagai jilbab sehari-hari. Kamu juga bisa mengenakan hijab bermotif dengan warna yang soft sebagai pilihan lainnya. Cara ini akan membuat kamu terlihat lebih fresh dan menarik.

Jangan Pakai Terlalu Banyak Motif

Untuk pemilihan outfit sebaiknya kamu menghindari busana dengan motif yang penuh dan ramai. Motif yang berukuran besar akan membuat tubuh mungilmu menjadi lebih kecil dan tenggelam di balik gambar motif yang semarak.

Jika ingin mengenakan pakaian bermotif, pilihlah pakaian dengan gambar yang berukuran kecil sampai sedang. Jangan pilih motif pakaian dengan bunga-bunga besar berwarna mencolok.

Sebagai alternatif, kamu bisa memilih baju dengan permainan komposisi yang elok seperti pakaian bercorak polkadot, garis-garis, atau pun motif berukuran kecil-kecil.

Lapisi dengan Outer Panjang

Outer adalah variasi pakaian untuk membuat tampilan yang lebih modis. Outer panjang bisa kamu manfaatkan untuk membuat siluet tubuh yang lebih jenjang dan tinggi. Kamu bisa mengenakan dress di dalamnya dan lapisi dengan outer panjang.

Kalau kamu tidak suka memakai gamis, kamu bisa menggunakan atasan dan bawahan lalu gunakan outer sebagai pelengkap fashion. Hindari pemakaian celana lebar seperti model kulot, sebaiknya gunakan celana yang pas seperti celana pensil untuk membentuk postur kaki yang lebih bagus.

Agar terlihat lebih elegan jangan gunakan perpaduan warna yang terlalu ramai. Pilihlah outer dengan warna yang masih satu rumpun dengan baju yang dikenakan di dalamnya.

Perhatikan Keseimbangan Penampilanmu

Keseimbangan adalah faktor penting yang menentukan nilai tampilanmu. Sebagai contoh jangan gunakan pakaian yang terlalu longgar, misalnya baju yang oversize dipadukan dengan celana lebar. Wahh, bisa-bisa tubuh kecilmu makin kelelep kalau seperti itu!

Padukan atasan longgar dengan bawahan yang pas badan, tidak terlalu ketat dan tidak terlalu lebar. Selain itu perhatikan juga pemilihan aksesori dan hijab yang akan dikenakan.

Sebagai latihan kamu bisa mencontek gaya para selebgram dan artis yang sering men-share gayanya di media sosial. Cara ini akan membantumu untuk bisa tampil oke dengan outfit yang tersedia di lemari kamu.

Cari Inspirasi Fashion Hijab untuk Wanita Mungil? Contek Gaya Selebgram ini

Helmi Nursifah

Sumber gambar id.pinterest.com

Helmi Nursifah adalah salah satu selebgram yang sedang naik daun. Mahasiswi salah satu universitas negeri di Bandung ini sering memposting OOTD di Instagram pribadi miliknya.

Helmi memadukan sneakers dengan wrap blouse agar tetap terlihat girly. Untuk gaya retro Helmi menggunakan sepatu sandal strap dengan blazer sebagai outer dan jilbab bermodel simpel. Aksesori busana yang dipakainya juga terlihat pas dan tidak berlebihan mulai dari kacamata hitam sampai floppy hat.

Kamu bisa meluncur langsung ke Instagram miliknya di @helminursifah untuk mengintip setiap gaya fashion-nya yang keren abis.

Aghnia Punjabi

Sumber gambar brilistyle.brilio.net

Kamu pasti sudah tidak asing dengan selebgram yang satu ini. Aghnia Punjabi memang selebgram veteran yang memiliki banyak follower. Hijaber asal Malang ini selalu meng-update gaya terbarunya di kanal pribadi miliknya.

Gaya Aghnia lekat dengan pemilihan busana dengan warna monokrom. Walaupun sering memakai outfit berwarna gelap, gaya Aghnia tak pernah membosankan. Kuncinya terletak pada aksesoris dengan warna mencolok untuk menyeimbangkan warna outfit yang monoton.

Kalau lemari kamu didominasi outfit berwarna basic seperti hitam, abu-abu, dan putih, gaya Aghnia Punjabi bisa jadi referensi fashionmu! Contek saja gaya fashionnya di akun instagram @aghniapunjabi.

Intan Khasanah

Sumber gambar cewekbanget.grid.id

Siapa bilang cewek tomboi tak bisa tampil oke dan modis dengan berhijab? Gaya Intan Khasanah bisa mematahkan stereotip itu semua.

Intan identik dengan gaya boyish dan memadukan outfit bernuansa monokrom bermotif stripe. Lihat saja Instagram miliknya, Intan selalu mengenakan celana alih-alih rok atau gamis sebagai signature-nya. Tak lupa Intan mengenakan aksesoris lain seperti jam tangan, tas, sepatu dan lainnya.

Selain aktif di instagram dengan akun @strngrr, Intan juga membagikan daily outfit-nya melalui kanal YouTube. Kalo kamu senang tampil simpel dan gak ribet, gaya Intan Khasanah bisa menjadi kiblat OOTD-mu!

Fira Assegaf

Sumber gambar firrrr.com

Fira Assegaf adalah selebgram yang dikenal dengan gaya kasualnya. Walaupun bergaya santai, Fira tetap terlihat elegan dari pilihan outfit yang dipakainya. Item fashion yang dikenakannya cocok untuk ditiru sebagai pilihan outfit saat kuliah atau pun sekadar berjalan-jalan saat weekend.

Untuk gaya kasual Fira memadukan atasan oversized dengan celana jeans dan jaket jeans sebagai outer. Kamu bisa mengintip gaya kerennya di akun miliknya @firr_ .

Nisa Cookie

Sumber gambar mulpix.com

Kalau kamu lebih memilih berhijab syar’i dengan pakaian yang longgar dan tetap stylish, pilihan outfit dari Nisa bisa menjadi referensi yang lengkap. Hijaber asal Bandung ini sering membagi pilihan berbusana yang didominasi warna basic dan monokrom.

Dalam memilih busana Nisa selalu berhati-hati agar tidak memakai outfit yang terlalu ketat dan menonjolkan lekuk tubuh. Nisa menggunakan beragam outfit mulai dari rok hingga celana lebar. Kamu bisa mengintip item fashion-nya langsung di akun @nisacookie.

10 Rekomendasi Fashion Hijab untuk Wanita Mungil

Celana Panjang Bermotif Garis

Outfit dengan motif garis vertikal adalah kunci agar tubuh mungilmu terlihat lebih tinggi. Selain atasan yang bermotif garis panjang, kamu juga bisa menggunakan celana dengan motif garis-garis vertikal. Padukan celana stripe panjang dengan atasan polos atau bermotif kecil-kecil.

Sebagai rekomendasi kamu bisa membeli Jfashion New Stripe Long Cullotes Lidya. Celana kulot ini berbahan lembut di kulit dengan material wedges bercorak salur. Tersedia dalam ukuran all size fit to L. Dengan spesifikasi lingkar pinggang hingga 100 cm, panjang celana 90 cm, dan lingkar paha 56 cm.

Harga Rp. 97.500-128.000

Rok High Waist

Jika kamu ingin terlihat tinggi saat memakai rok, bagi pemilik tubuh mungil memakai rok high waist adalah pilihan yang tepat. Rok dengan model high waist memberikan siluet tubuh yang terlihat lebih tinggi dan langsing.

Untuk rekomendasi rok high waist kamu bisa membeli Rok Panjang Sifon Wanita High Waist dengan motif garis-garis. Rok ini bermaterial sifon yang jatuh dan adem dipakai. Motif stripe pada permukaan rok akan memberikan kesan tubuh menjadi lebih ramping dan proporsional.

Harga Rp. 97.020-170.000

Maxi Dress

Sumber gambar berrybenka.com

Maxi dress adalah pilihan outfit yang tepat jika kamu ingin tampil lebih syar’i. Untuk cewek bertubuh mungil kamu bisa menggunakan maxi dress dengan motif stripe.

Kombinasikan dengan sepatu wedges agar kamu terlihat lebih elegan. Jangan memakai dress yang terlalu longgar ya Ladies, selain tidak nyaman kamu akan terlihat tenggelam di balik baju yang terlalu besar.

Sebagai rekomendasi kamu bisa membeli Dalton Retro Maxi Dress Red. Baju ini berbahan rayon dengan motif vintage. Kamu bisa tampil menawan dan trendi dengan maxi dress yang super nyaman ini. Dapatkan seharga Rp 165.000 di situs Berrybenka.

Rok A-line

Sumber gambar www.zalora.co.id

Rok berbentuk A-Line adalah barang wajib yang harus kamu miliki. Rok A-Line pada dasarnya cocok digunakan oleh pemilik bentuk tubuh mana pun dan relatif mudah dipadukan dengan outfit atasan yang beragam.

Kalau kamu mencari rok A-Line dengan kualitas terbaik kamu bisa membeli Zalia Stripe A-line Skirt. Rok A-Line ini berbahan poliester dengan ribbed skirt. Rok ini memiliki perpaduan warna maroon dan krem yang cocok dipadankan dengan busana berwarna nutural. Terdapat karet yang bisa menyesuaikan dengan ukuran pinggang. Dapatkan seharga Rp 309.000 di Zalora.

Kemeja

Sumber gambar berrybenka.com

Kemeja bisa menjadi pilihan atasan yang tepat untuk wanita mungil. Kamu bisa membeli Emilia Knot Shirt White. Kemeja ini berbahan poliester dengan detail ikat yang cantik. Kamu bisa memadukannya dengan celana abu-abu berpotongan lurus atau bawahan rok panjang berwarna abu-abu. Kenakan sepatu strap agar terlihat lebih anggun. Dapatkan seharga Rp 129.000 di Berrybenka.



Blazer Pas Pinggang

Sumber gambar berrybenka.com

Saat memakai blazer, gunakanlah blazer sepanjang pinggang. Jangan gunakan blazer yang terlalu longgar dan oversize. Pilihlah ukuran yang pas di badan dan tidak terlalu ketat. Sebagai pilihan blazer untuk pemilik tubuh mungil kamu bisa membeli Myron Blazer Orange. Blazer berbahan acrylic ini cocok dijadikan outer saat hangout bersama squad-mu. Jangan lupa padukan dengan sepatu atau sandal dengan hak untuk tampilan yang lebih modis. Dapatkan seharga Rp 199.000 di Berrybenka.

Gamis Monokrom

Sumber gambar https://hijabenka.com

Saat ini banyak sekali model gamis dengan beragam material dan pattern yang beredar di pasaran. Bagi pemilik tubuh yang sedikit mungil kamu bisa juga mengenakan gamis sebagai daily outfit.

Dengan catatan pilihlah gamis dengan model yang tidak terlalu lebar dan longgar. Prioritaskan untuk memakai baju dengan warna monokrom agar terlihat lebih tinggi semampai.

Rekomendasi dari kami Dawha Long Dress Grey Havva. Gamis yang satu ini bergaya kimono dengan pattern yang cantik dan tali pinggang berwarna serupa. Terbuat dari bahan polyester yang nyaman dipakai. Dapatkan seharga Rp 199.000 di Hijabenka.

Pilihan lainnya adalah Long Dress Maxi Variasi Renda Tangan Panjang Gamis Muslim Wanita - Vinka Hitam. Gamis panjang berwarna hitam ini terbuat dari material spandek dengan hiasan renda di bagian depan dan lengan. Tersedia dalam ukuran all size fit M to L. Dapatkan seharga Rp 97.500 di Blibli.

Jumpsuit

Sumber gambar hijabenka.com

Jumpsuit adalah fashion item yang sedang ngetren beberapa tahun belakangan ini. Kalau tubuhmu cenderung mungil mungkin sedikit khawatir ya kalau mau memakai jumpsuit. Tapi jangan khawatir Girls, kamu tetap bisa kok memakai jumpsuit. Caranya kenakanlah jumpsuit dengan motif stripe vertikal.

Sebagai pilihan kamu bisa membeli Damita Jumpsuit Brown – Havva. Outfit ini memiliki motif stripe dengan perpaduan berbagai warna basic. Kamu bisa mengenakan kaos berlengan panjang sebagai dalaman. Dapatkan seharga Rp 269.000 di Hijabenka.

Satu lagi jumpsuit pilihan dari kami Lois Jeans Long Pants Denim. Terbuat dari bahan katun yang adem dan nyaman. Kamu juga bisa mengatur panjang dan pendeknya dengan drawstring. Dapatkan seharga Rp 263.700 di Zalora.

Gamis dengan Motif yang Tak Berlebihan

Agar tidak terkesan monoton kamu bisa menggunakan baju dengan motif yang tidak terlalu ramai. Salah satunya Haniya Dress-ALEZA. Gamis ini memiliki motif print yang girly dan cantik. Kamu bisa menggunakan heels berwarna netral sebagai pemanis. Dapatkan seharga Rp 395.000 di Hijabenka.

Satu lagi rekomendasi dari kami Rousma Mustard Yusha Ilyasa. Gamis ini berbahan wolfice dengan motif bunga berbahan katun. Tersedia dalam 4 pilihan warna yaitu navy, putih, pink, dan tosca dengan ukuran All Size fit to L.

Harga Rp. 123.750-215.000

Blus Lengan Panjang

Sumber gambar berrybenka.com

Sebagai hijaber kamu pasti punya setumpuk blus lengan panjang di lemari. Blus memang pilihan yang tepat dan ringkas sebagai outfit formal maupun santai.

Untuk rekomendasi dari kami kamu bisa membeli Tebi Tied Blouse Navy. Blouse yang satu ini terbuat dari bahan waffle dan cotton polyester. Modelnya simpel dengan variasi tali pinggang. Kamu bisa membelinya seharga Rp 175.000 di Berrybenka.



Infografik berikut ini bisa kamu cermati untuk menambah informasi. Bahkan, tips-tips lain bisa didapatkan pula di Instagram BP-Guide lho!

bpguide_id
instagram.com
From our editorial team

Fashion Hijab untuk Tubuh Mungil

Tips dan trik di atas bisa diaplikasikan olehmu, si tubuh mungil. Jangan takut untuk bereksplorasi dan menentukan gayamu sendiri. Contek inspirasinya lalu sesuaikan dengan gaya sehari-hari.