10 Rekomendasi Smartphone Realme Terbaru dengan Spesifikasi Mumpuni (2020)

10 Rekomendasi Smartphone Realme Terbaru dengan Spesifikasi Mumpuni (2020)

Smartphone menjadi bagian dari hidup masyarakat modern di era internet ini. Jika kamu mencari rekomendasi smartphone dengan spesifikasi mumpuni namun harganya masih terjangkau, simak artikel ini sampai selesai ya! BP-Guide akan memberikan rekomendasi smartphone merek Realme terbaik tahun 2020 ini.

Realme Berhasil Menggaet Pasar Smartphone di Indonesia Dalam Waktu Singkat

Sumber gambar www.mysmartprice.com

Pasar smartphone di Indonesia memang sangat menjanjikan. Kebutuhan akan internet dan media sosial membuat masyarakat dari semua kalangan membutuhkan ponsel pintar untuk menunjang pekerjaan hingga kehidupan pribadi mereka. Tidak heran dari tahun ke tahun pasar smartphone selalu diramaikan dengan hadirnya pemain baru yang ingin mendobrak dominasi pemain lawas.

Salah satu yang berhasil menonjol adalah Realme. Meski relatif baru, Realme berhasil meraih popularitas di kalangan pengguna smartphone pada kelas menengah ke bawah. Dengan spesifikasi yang ditawarkan, harga smartphone keluaran Realme bisa dibilang terjangkau.

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa sebelum menjadi merek smartphone sendiri, cikal bakal Realme dimulai sejak tahun 2010. Kala itu, di Tiongkok diluncurkan smartphone seri Oppo Real. Realme baru resmi berdiri sendiri sebagai merek smartphone pada 2018. Meski baru seumur jagung, Realme berhasil menembus pasar Indonesia yang sangat besar ini.

5 Fakta Realme yang Menarik Diketahui

Resmi Berdiri Tahun 2018

Sumber gambar prnasia.com

Seperti yang sudah disinggung sedikit tadi, Realme secara resmi berdiri pada 4 Mei 2018 sebagai sub-brand dari Oppo. Realme pertama kali diperkenalkan di Tiongkok oleh founder sekaligus CEO mereka, Sky Li. Uniknya, sebelum menjadi pimpinan di Realme, Sky Li menjabat sebagai Vice President Oppo.

Markas besar Realme berada di negeri Tiongkok, tempat dimana ia pertama kali dluncurkan. Namun produk pertama mereka yaitu Realme 1 justru diluncurkan di India. Sejak peluncurannya, Realme secara konsisten meluncurkan produk-produk terbaru mereka dengan spesifikasi yang mumpuni.

Merupakan "Anak" dari Oppo

Sumber gambar www.revu.com.ph

Membahas Realme tentu tidak bisa dilepaskan dari "induk"nya, yaitu Oppo. Realme sendiri secara resmi memang merupakan sub brand dari Oppo. Mengingat Oppo yang sangat populer di kalangan pengguna smartphone Indonesia, Realme juga mudah mencuri perhatian masyarakat. Sebagai "anak" dari Oppo, Realme diharapkan bisa meraih kesuksesan yang sama.

Pasar yang dibidik oleh Realme adalah anak muda yang ingin punya smartphone keren, namun harganya sesuai dengan kantong mereka. Dengan desain dan spesifikasi yang ditawarkan, harga smartphone Realme bisa dibilang murah lho!

Berasal dari Shenzen, China

Sumber gambar gadgets.ndtv.com

Belakangan China menjadi kuda hitam dalam peta persaingan smartphone Android, Sebut saja beberapa merek mereka yang berhasil menguasai pasar Asia seperti ZTE, Huawei, dan Xiaomi. Yang teranyar tentu saja Realme yang hadir sebagai anak perusahaan Oppo.

Karena Oppo sudah berhasil mengambil hati banyak pengguna smartphone Android di negara seperti India dan Indonesia, maka Realme tidak kesulitan untuk mengikuti jejaknya. Realme sendiri didirikan di salah satu kota terbesar di China, yaitu Shenzen.

Jadi Lawan Sengit Xiaomi

Sumber gambar selular.id

India dan Indonesia menjadi 2 negara di Asia yang memiliki pasar smartphone terbesar. Tidak heran banyak produsen smartphone yang lebih mengutamakan promosi produk mereka di kedua negara tersebut. Pasar menengah ke bawah didominasi oleh Xiaomi. Dengan harga yang lebih murah, tentu Xiaomi lebih dipilih.

Kehadiran Realme sebagai merek smartphone baru dengan harga terjangkau ditujukan untuk mengganggu dominasi Xiaomi. Kini Xiaomi tidak lagi menjadi pemain tunggal, namun harus bersaing dengan Realme untuk mendapatkan hati para pengguna smartphone dari kalangan menengah ke bawah.

Merilis 4 Produk Baru di Tahun Pertama

Sumber gambar www.bgr.in

Persaingan antara merek smartphone memang sangat ketat di seluruh Asia. Tidak heran, Realme sangat "ngebut" di tahun pertama peluncurannya. Sepanjang 2018, Realme tercatat meluncurkan 4 smartogine dalam 6 bulan pertama!

Rilisan pertama Realme adalah Realme 1 yang dipasarkan di India. Selanjutnya ada Realme 2, Realme 2 Pro, dan Realme C1 yang semua produknya sudah bisa ditemukan di pasar Indonesia. Untuk memperluas jangkauan produk barunya, Realme juga bekerja sama dengan salah satu marketplace terbesar di Indonesia.

Mengapa Kamu Harus Memilih Realme?

Daya Tahan Baterai Tinggi

Sumber gambar selular.id

Tidak bisa dipungkiri, daya baterai menjadi salah satu aspek utama yang sangat dipertimbangkan seseorang ketika akan membeli smartphone. Realme menghadirkan smartphone dengan kapasitas baterai yang mumpuni, yaitu 4000 mAh dan 5000 mAh. Jadi buat kamu yang punya banyak aktivitas di luar ruangan, tidak perlu khawatir kehabisan baterai.

Tidak hanya itu, Realme juga dibekali dnegan teknologi pengisian daya VOOC flash charge yang canggih sehingga bisa mengisi daya dengan cepat dalam waktu lebih singkat.

Kameranya Sudah 64 Megapiksel!

Sumber gambar www.gadgetsnow.com

Siapa sih nggak ingin punya smartphone murah tapi kameranya ciamik? Inilah salah satu keunggulan Realme yang sangat menggoda para konsumennya. Smartphone Realme dibekali dengan kamera yang sangat jernih yang punya resolusi besar, yaitu 48 hingga 64 megapiksel.

Selain itu smartphone Realme juga bisa menghasilkan gambar yang jernih meski pencahayaan rendah. Belum lagi fitur super wide lense yang memungkinkan kamu menangkap gambar dalam frame yang lebih besar.

Harga Relatif Terjangkau

Sebelum melihat spesifikasi, kamu pasti akan mencari smartphone yang sesuai dengan bujet. Realme yang sengaja membidik pasar menengah ke bawah dan menjual produk mereka dengan harga yang terjangkau.

Bayangkan saja, dengan harga Rp 1,3 jutaan, kamu sudah bisa mendapatkan smartphone dengan spesifikasi yang mirip dengan smartphone lain dengan harga lebih mahal. Merek ini memang berani memberikan penawaran terbaik bagi para pelanggan setianya.

Rekomendasi Smartphone Realme Terbaru yang Ramah di Kantong

Realme C11

Realme C11 diluncurkan untuk menggantikan seri sebelumnya, yaitu Realme C2. Tidak heran spesifikasi dan harga kedua smartphone ini identik. Realme C11 hadir dengan layar 6,5 inci dan resolusi HD+. Smartphone ini dibekali dengan chipset mediatek Helio G35.

Varian RAM yang tersedia untuk Realme C11 adalah 2 GB dan 3 GB, sementara untuk kapasitas penyimpanannya adalah 32 GB. Besarnya daya baterai mencapai 5000 mAh menjadi unggulan dari produk ini. Realme C11 diklaim bisa standby hingga 40 hari dengan pemakaian 12 jam nonstop untuk gaming.

Dua buah kamera belakang Realme C11 masing-masing memiliki resolusi 13 MP dan 2 MP yang diletakkan dalam modul persegi. Dari penampilannya, Realme C11 mirip dengan smartphone flagship.

Harga Rp. 1.300.000-2.000.000

Realme Narzo

Berikutnya ada Realme Narzo yang dibekali dengan spesifikasi mumpuni untuk smartphone seharga Rp 2 jutaan. Pada dapur pacunya, Realme Narzo menggunakan chipset gaming Mediatek G90T yang dijamin anti lemot. Didukung oleh RAM 4 GB dan ruang penyimpanan seluas 128 GB, smartphone ini jelas wajib kamu miliki.

Tidak hanya itu, daya baterai Realme Narzo juga cukup besar yaitu 4300 mAh. Baterai juga dilengkapi dengan kemampuan fast charging USB Type C. Dalam kondisi kosong 0%, waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai hanya 55 menit saja. Layar smartphone 6,5 inci sudah dilengkapi dengan resolusi FullHD+. Sementara untuk kamera utama memiliki resolusi 48 megapiksel dengan resolusi kamera depan 16 megapiksel.

Harga Rp. 2.700.000-3.000.000

Realme X3 SuperZoom

Rekomendasi smartphone Realme selanjutnya di 2020 ini adalah seri Realme X3 SuperZoom. Bisa dibilang, seri ini adalah produk smartphone terbaik dari Realme saat ini. Dengan harga yang cukup mahal, spesifikasi yang diperoleh dari smartphone ini jelas sepadan.

Realme X3 SuperZoom dibekali dengan chipset Snapdragon 855+. Performa ciamik ini didukung oleh RAM 12 GB dan ruang penyimpanan sebesar 256 GB. Keunggulan dari Realme X3 SuperZoom adalah kamera yang dilengkapi lensa zoom 8 MP. Selain itu, Realme X3 SuperZoom juga mampu melakukan zoom optik 5x dan hybrid 6x. Di balik semua kemampuan ini, desainnya tetap ramping dan modern.

Realme X3 SuperZoom bisa mengambil gambar dengan tajam dan jelas dari jarah 100 meter karena dilengkapi dengan optical image stabilization yang membuat preview zoom-nya lebih stabil. Tiga kamera belakang dari smartphone ini masing-masing memiliki resolusi 64 MP, 8 MP untuk ultrawide, dan 2 MP untuk kamera makro. Ditambah dengan ukuran layar 6,6 inci, jelas pandanganmu akan terasa luas dan lega.

Harga Rp. 6.000.000-7.000.000

Realme C3

Realme C3 merupakan generasi penerus dari Realme C2 dengan berbagai macam keunggulan yang patut dipertimbangkan. Salah satunya adakah dapur pacu yang menggunakan chipset gaming Helio G70, menjamin perfoma yang selalu ciamik dan anti lemot. Dijamin aktivitasmu tidak akan terganggu meski menjalankan banyak aplikasi lapar tenaga sekaligus.

Tampilan eksterior Realme C3 juga sangat menarik dengan 3 kamera di bagian belakang. Ini lebih baik dari Realme C3 yang dirilis di India dengan hanya 2 kamera saja. Keunggulan lain dari smartphone ini adalah kapasitas baterai super jumbo yang bisa diandalkan. Kapasitas baterai Realme C3 mencapai 5000 mAh.

Pilihan warna yang ada untuk smartphone ini juga sangat menggoda, yakni Blazing Red dan Frozen Blue. Sementara itu layarnya berukuran 6,5 inci dengan aspek rasio 20:9.

Harga Rp. 1.300.000-2.000.000

Realme 5

Kalau kamu ingin smartphone dengan kapasitas baterai yang besar dengan kamera jernih, Realme 5 bisa menjadi pilihan. Smartphone yang satu ini dibekali dengan 4 kamera di bagian belakangnya dengan resolusi masing-masing 12 MP, 8 MP, dan sisanya 2 MP. Untuk harga Rp 2 jutaan, spesifikasi yang dimiliki kamera ini sudah mumpuni.

Kapasitas baterai sendiri juga cukup besar mencapai 5000 mAh. Tidak perlu sering-sering mengisi daya baterai, kamu cukup men-charge handphone sekali saja dalam sehari. Saat menggunakannya, tidak perlu khawatir handphone akan panas karena Realme 5 sudah dilengkapi dengan teknologi pendingin AI.

Pada bagian dapur pacu, Realme 5 menggunakan chip Snapdragon 665 yang didukung RAM 3 GB dengan pilihan ruang penyimpanan 32 GB dan 64 GB, kuat untuk multitasking beberapa aplikasi berat sekaligus.

Harga Rp. 1.500.000-2.500.000

Realme 6 Pro

Realme 6 Pro adalah seri yang dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni. RAM smartphone ini adalah 8 GB dengan ruang penyimpanan 128 GB, sehingga memberikan proses yang cepat untuk multitasking. Pada bagian dapur pacunya, Realme 6 Pro menggunakan chipset Snapdragon 720G yang bertenaga dan cepat.

Smartphone ini memiliki 4 kamera di bagian belakang, mampu menghasilkan foto yang jernih dan tajam. Kapasitas baterri Realme 6 Pro adalah 4300 mAh dengan fitur fast charging 30W. Layar Realme 6 Pro berukuran 6,6 inci dengan aspek rasio 20:9. Dengan spesifikasi setinggi itu, harga yang dibanderol untuk Realme 6 Pro cukup sepadan.

Harga Rp. 2.000.000-4.500.000

Realme 5 Pro

Selanjutnya ada rekomendasi smartphone Realme 5 Pro. Smartphone ini merupakan bagian dari seri 5 yang harganya sedikit berbeda dengan Realme 5S. Namun dari segi prosesor, Realme 5 Pro lebih unggul dari seri 5 lainnya. Chip yang digunakan adalah Snapdragon 712 yang dikenal mumpuni.

Didukung oleh RAM sebesar 4 GB atau 8 GB yang bisa dipilih, serta ruang penyimpanan sebesar 128 GB. Masalah baterai, Realme 5 Pro memiliki kapasitas baterai sebesar 4035 mAh dengan fitur VOOC flash charge sehingga bisa mengisi ulang daya dalam waktu singkat saja. Luas layar Realme 5 Pro adalah 6,3 inci dengan aspek rasio 19,5:9. Empat kamera belakang pada smartphone ini masing-masing memiliki resolusi 48 MP, 8 MP, dan 2 MP untuk dua kamera tersisa.

Realme 5s

Masih dari seri 5, kali ini hadir Realme 5s yang bisa jadi andalanmu. Smartphone yang dijual dengan harga terjangkau ini sudah dibekali spesifikasi yang mumpuni. Pada dapur pacunya, smartphone menggunakan Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 AIE yang cepat dan kuat untuk multitasking.

Luas layar 6,5 inch akan membuatmu lega saat gaming atau melihat video. Penggunaan smartphone akan semakin nyaman dengan dukungan RAM 4 GB dan ruang penyimpanan 128 GB. Jika masih kurang, kamu bisa menambahkan memori internal hingga 256 GB.

Keunggulan lain dari Realme 5s adalah daya baterai yang sangat besar, mencapai 5000 mAh. Sedangkan untuk resolusi kamera utama smartphone adalah 13 MP.

Harga Rp. 2.500.000-3.000.000

Realme X2 Pro

Realme X2 Pro termasuk ke dalam seri smartphone yang mahal, karena harganya jauh lebih tinggi dibandingkan seri Realme yang lainnya. Tidak mengherankan karena Realme X2 Pro adalah smartphone flagship.

Chipset yang digunakan untuk smartphone ini adalah Snapdragon 855 yang performanya tidak perlu diragukan lagi. Dibekali juga dengan 4 kamera yang memiliki resolusi 64 MP, dilengkapi pula dengan teknologi HDR 10+ untuk menghasilkan gambar yang jernih dan tajam. Realme X2 Pro juga tidak memerlukan waktu isi ulang yang lama karena sudah memiliki fitur Super VOOC.

Kamu bisa menikmati suara yang memukau dengan speaker Dolby Atmos. Masih ada juga fitur NFC untuk memudahkan kamu untuk melakukan top up e-money dan saldo. Cocok banget untuk kamu yang sering berkendara dan tidak ingin repot mengisi ulang kartu sebelum membayar tarif tol.

Harga Rp. 6.500.000-8.000.000

Realme XT

Terakhir ada Realme XT yang direkomendasikan sebagai smartphone Realme terbaik tahun 2020. Dengan harga yang cukup terjangkau, kamu sudah bisa mendapatkan smartphone dengan 4 kamera. Salah satu kameranya memiliki resolusi sebesar 64 megapiksel. Dijamin mampu memuaskan kamu yang suka berfoto-foto ria.

Beberapa keunggulan lain Realme XT adalah layar FHD+ Super AMOLED dengan Corning Gorilla Glass 5. Smartphone ini tidak akan mudah rusak layarnya saat terjatuh dan lebih tahan terhadap goresan. Chipset dari Realme XT Qualcomm Snapdragon 712 AIE yang dapat menjamin performa maksimal. Kamu juga bisa menikmati In-Display Fingerprint yang memberikan keamanan lebih tinggi.

Harga Rp. 2.500.000-4.000.000
From our editorial team

Jadi, Kamu Pilih yang Mana?

Sebelum membeli smartphone, pastikan kamu sudah menyiapkan bujet, ya. Baru setelah itu kamu bisa memilih spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu. Kamu bisa mempertimbangkan merek Realme yang direkomendasikan oleh BP-Guide di atas, harganya terjangkau tetapi fiturnya sudah sangat oke.