10 Rekomendasi Shaver dan Trimmer Panasonic untuk Pria yang Ingin Tampil Bersih (2021)

10 Rekomendasi Shaver dan Trimmer Panasonic untuk Pria yang Ingin Tampil Bersih (2021)

Bagi sebagian pria, mencukur kumis dan jenggot adalah agenda wajib yang rutin dilakukan untuk menjaga kebersihan wajah. Perkembangan teknologi membuat kehadiran alat cukur semakin canggih pula. Kini telah tersedia shaver yang merupakan alat cukur elektronik untuk memudahkan kegiatan mencukur Anda. Bagi yang bingung memilih alat cukur terbaik, berikut adalah shaver dan trimmer keluaran Panasonic yang direkomendasikan.

Tidak Semua Pria Nyaman Dengan Adanya Kumis Maupun Jenggot

Banyak perempuan menyukai pria dengan kumis dan jenggot karena dinilai tampak lebih seksi. Namun, banyak pula yang lebih menyukai pria tanpa kumis dan jenggot yang dianggap memberikan kesan lebih bersih dan rapi. Apapun pandangan wanita mengenai kumis dan jenggot pria, tentu setiap pria memiliki preferensinya masing-masing mengenai memelihara kumis dan jenggot ataupun tidak.

Kumis dan jenggot memang dianggap sebagai salah satu daya tarik untuk memberikan kesan maskulin pada pria. Nyatanya, banyak pula pria yang merasa tidak nyaman dengan adanya kumis dan jenggot. Tak hanya mencukurnya secara rutin, ada pula yang memilih untuk mencari cara untuk menghilangkan kumis dan jenggotnya secara permanen.

Cara Menyingkirkan Kumis Maupun Jenggot yang Mengganggu

Mencabut Menggunakan Pinset

Bagi Anda yang kurang nyaman dengan keberadaan kumis dan jenggot, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dipilih untuk menghilangkannya. Cara yang pertama adalah mencabutnya dengan menggunakan pinset. Mencabut kumis dan jenggot dengan pinset dinilai efektif, karena dapat mencabut hingga ke akarnya.

Meski efektif, Anda perlu berhati-hati sebab cara ini juga dapat menyebabkan iritasi kulit hingga infeksi. Apalagi wajah merupakan bagian yang dekat dengan otak, sehingga akan sangat berbahaya apabila terjadi infeksi. Bagi Anda yang tetap ingin melakukannya, pastikan untuk menggunakan pinset yang steril dan kompres area wajah pasca pencabutan untuk mengurangi peradangan.

Mencoba Waxing

Tak hanya bulu di area kaki, rupanya waxing juga bisa dilakukan untuk menghilangkan kumis dan jenggot. Waxing pada bagian jenggot biasanya lebih menyakitkan, sebab rambut pada jenggot umumnya lebih lebat dibandingkan kumis. Maka dari itu, Anda perlu menggunakan jenis soft wax khusus yang diformulasikan untuk penggunaan pada wajah.

Anda juga bisa menggunakan hot waxing untuk menghilangkan kumis tipis di atas bibir. Perlu dipahami bahwa meski dinilai efektif dan tahan lama, waxing adalah metode yang terbilang menyakitkan. Selain itu, metode ini juga bisa menimbulkan iritasi dan infeksi pada area folikel rambut.

Mencukur

Langkah berikutnya yang dinilai cepat, mudah, dan minim rasa sakit adalah mencukur. Meski kumis atau jenggot akan segera kembali satu hingga tiga hari kemudian, metode ini tetap menjadi favorit para pria karena dinilai lebih praktis. Alat cukur pun kini juga hadir dengan banyak pilihan, mulai dari alat cukur manual hingga alat cukur listrik yang lebih praktis.

Pisau cukur apapun yang hendak digunakan, pastikan bahwa pisau cukur Anda dalam keadaan bersih dan higienis. Sebelum mencukur kumis, Anda bisa menggunakan sabun atau krim cukur agar kulit lebih bersih dan lembap. Meski dinilai aman, mencukur kumis dan jenggot juga memiliki efek samping. Salah satunya adalah ingrown hair, atau kondisi rambut yang tumbuh ke dalam kulit.

3 Alat yang Digunakan untuk Mencukur Kumis dan Jenggot

Dengan Menggunakan Pisau Cukur

Anda yang lebih memilih mencukur dibandingkan metode lain perlu tahu bahwa sebenarnya ada beragam alat yang bisa digunakan untuk mencukur kumis dan jenggot. Alat yang pertama adalah menggunakan pisau cukur. Alat ini berupa satu mata pisau dengan pegangan yang tipis dan kecil atau biasa disebut dengan straight razor.

Meski sudah jarang dipilih, alat ini masih banyak digunakan pada sejumlah tempat pangkas rambut pria. Memiliki tingkat kesulitan penggunaan yang tinggi, Anda perlu berhati-hati saat mencukur menggunakan straight razor ini. Meski berisiko melukai kulit, nyatanya alat ini memberikan hasil cukuran yang paling bersih dibandingkan alat cukur lainnya.

Dengan Menggunakan Alat Cukur Jenggot Manual

Alat cukur berikutnya yang bisa digunakan adalah alat cukur jenggot manual. Alat ini biasanya memiliki gagang yang dilapisi karet dengan tempat silet pada bagian kepalanya. Disebut juga sebagai safety razor, alat ini merupakan salat satu pencukur kumis dan jenggot yang masih banyak digunakan hingga saat ini.

Tak hanya memberikan hasil yang bersih, alat cukur konvensional ini juga sangat terjangkau. Anda cukup mengganti silet saja ketika hendak menggunakannya. Bahkan silet cukur tersebut bisa digunakan hingga lima kali pencukuran. Ada pula alat cukur manual yang hanya bisa digunakan beberapa kali saja sebelum akhirnya dibuang. Alat ini disebut disposable razor yang memiliki silet menyatu dengan kepala pencukur dan tidak bisa diganti.

Dengan Menggunakan Shaver

Alat cukur berikutnya adalah alat cukur elektrik atau biasa disebut dengan shaver. Shaver adalah alat cukur yang cocok bagi Anda yang ingin lebih praktis dan nyaman. Ada dua jenis shaver yang tersedia di pasaran, yaitu bertenaga listrik atau bertenaga baterai. Keduanya sama-sama bisa diandalkan dan dapat dipilih sesuai preferensi Anda.

Shaver umumnya didesain dengan kepala fleksibel yang mampu menyesuaikan kontur wajah. Bahkan, beberapa alat cukur dilengkapi dengan pelumas yang membantu melembutkan dan melindungi kulit. Meski dinilai praktis, alat cukur ini biasanya memberikan hasil kurang bersih jika dibandingkan dengan alat cukur yang lain.

Tips Memilih Shaver Terbaik untuk Menyingkirkan Kumis dan Jenggot yang Mengganggu

Pilih Shaver Cukur yang Nyaman Digunakan

Bagi Anda yang lebih menyukai penggunaan shaver untuk mencukur kumis dan jenggot, ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk mendapatkan shaver terbaik. Tips pertama adalah pilih shaver yang nyaman digunakan. Hal ini bisa Anda ketahui dengan mencari informasi mengenai merek dan juga spesifikasi produk.

Pastikan bahwa shaver yang Anda pilih memiliki kepala yang fleksibel. Sehingga alat tersebut dapat bekerja menyesuaikan dengan kontur wajah Anda. Anda juga bisa meminta testimoni dan rekomendasi dari kerabat yang telah menggunakan shaver dalam kesehariannya.

Pilih Shaver dengan Sumber Daya Sesuai Kebutuhan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada dua jenis shaver yang beredar di pasaran. Baik shaver bertenaga baterai sekali pakai maupun shaver bertenaga listrik yang bisa diisi ulang daya, keduanya sama-sama menawarkan performa yang mumpuni. Meski demikian, pastikan untuk memilih shaver dengan sumber daya sesuai kebutuhan.

Bagi Anda yang kerap menggunakannya di rumah, tentu shaver bertenaga listrik dengan daya yang bisa diisi ulang lebih direkomendasikan. Sementara itu, shaver bertenaga baterai sekali pakai cocok untuk Anda yang gemar treveling. Sebab, Anda hanya perlu menyiapkan baterai tanpa perlu repot mengisi ulang dayanya.

Rekomendasi Shaver dan Trimmer Panasonic bagi Pria

Shaver Panasonic ES-LV5C-K751

Rekomendasi shaver dan trimmer Panasonic yang pertama adalah Shaver Panasonic ES-LV5C-K751. Produk ini merupakan alat premium inovatif yang mampu mengikuti kontur wajah penggunanya. Dengan kepala multi flex 5D, produk ini bisa digeser, memutar, atas bawah, kanan kiri, dan maju mundur.

Shaver dan trimmer Panasonic ES-LV5C-K751 ini hadir dengan sudut pinggiran 30 derajat pada blade bagian dalamnya, sehingga memungkinkan pencukuran yang sangat dekat. Hasil pencukuran pun menjadi lebih halus dan bersih. Alat cukur dengan kecepatan 14000 cpm ini menggunakan pisau pop-up trimmer yang memungkinkan pemotongan cepat, rapi, dan menyeluruh.

Harga Rp. 5.400.000-5.400.000

Shaver Panasonic ES-LV9C-S751

Anda yang tengah mencari shaver premium untuk hasil pencukuran yang memuaskan mungkin bisa melirik Shaver Panasonic ES-LV9C-S751 yang memiliki kecepatan 14000 cpm. Produk keluaran Panasonic ini dibekali dengan teknologi multiplex 5D head yang memiliki gerakan kepala fleksibel. Fleksibilitas tersebut memungkinkannya untuk bergerak mengikuti kontur wajah, sehingga menjangkau lebih dekat dan menghasilkan pencukuran yang lebih halus.

Shaver Panasonic ES-LV9C-S751 mencukur dengan empat teknologi, yaitu comb blade untuk pre cutting jambang, quick lift foil untuk mencengkeram dan mencukur janggut di bawah dagu, finishing foil untuk mencukur rambut halus yang sulit dijangkau, dan smooth sider untuk mengurangi gesekan. Nano polisher inner blades tepi pisau bagian dalamnya hadir dengan sudut 30 derajat, sehingga mampu mencukur dengan sangat rapi.

Harga Rp. 3.299.000-5.479.000

Shaver Panasonic ES-RW30

Shaver Panasonic ES-RW30 adalah produk yang tepat bagi Anda yang menginginkan shaver dengan daya dapat diisi ulang. Alat cukur ini dapat diisi daya hingga penuh dalam waktu 15 jam. Produk ini memiliki desain lubang pelat orisinil dan tekanan optimal yang memungkinkan pencukuran menyeluruh untuk semua jenis janggut.

Terdapat tiga pola lubang pelat dalam satu pisau, yaitu untuk mencengkeram rambut biasa, untuk mencengekeram rambut keriting, dan untuk mencukur jarak dekat. Kepala pencukurnya hadir dengan desain berporos dan fleksibel yang mampu mengikuti garis wajah untuk mencukur lebih mudah dan cepat. Shaver Panasonic ES-RW30 ini juga dapat digunakan dalam kondisi basah maupun kering, karena 100% kedap air.

Harga Rp. 1.018.800-4.117.500

Shaver Panasonic ES-ST2N

Shaver dan trimmer Panasonic berikutnya yang masuk daftar rekomendasi adalah Shaver Panasonic ES-ST2N. Produk ini memiliki tiga pelat yang mampu mencengkeram dan memotong janggut untuk hasil yang rapi dan halus. Alat cukur dengan kecepatan 13000 cpm ini bisa digunakan untuk mencukur dalam keadaan kering maupun basah.

Independently floating twin-head yang dimiliki mampu mendukung pencukuran secara efisien. Produk dengan shaving sensor ini juga mudah digunakan dan dapat dicuci. Dilengkapi dengan carrying holder, alat cukur ini dapat disimpan dan digunakan saat bepergian. Power switch lock yang dimiliki mampu mencegah daya menyala secara tidak sengaja saat dibawa, sehingga lebih aman dibawa traveling.

Harga Rp. 2.735.000-3.700.000

Shaver Panasonic ES-LT2A

Shaver Panasonic ES-LT2A adalah shaver dan trimmer Panasonic yang tepat bagi Anda yang menginginkan produk dengan pengisian daya cepat. Alat cukur ini hanya memerlukan waktu 60 menit untuk pengisian daya dan dapat digunakan hingga 14 hari. Produk dengan kecepatan 13000 cpm ini dapat mencukur dengan cepat dan bersih.

Suspensi aktif 3D yang melengkapinya mampu bergerak ke depan belakang, kiri kanan, dan atas bawah secara lembut pada kulit. Sensor yang melengkapinya akan secara otomatis mengontrol kekuatan pencukuran. Didesain kedap air, alat cukur ini memungkinkan untuk digunakan dalam kondisi basah maupun kering.

Harga Rp. 2.908.294-4.220.000

Shaver Panasonic ES-534-DP527

Rekomendasi shaver dan trimmer Panasonic berikutnya adalah Shaver Panasonic ES-534-DP527. Produk ini cocok dibawa bepergian, karena desainnya yang praktis dan ekonomis. Alat cukur elektrik ini menggunakan tenaga dua buah baterai AA untuk pengoperasiannya.

Tak sekadar berukuran kecil, Shaver Panasonic ES-534-DP527 juga didesain slim dan lebih ergonomis, sehingga mudah dipegang. Produk ini dilengkapi dengan reflex action system, yaitu mata pisau otomatis yang mampu mengikuti kontur wajah. Alat cukur dari Panasonic ini juga hadir dengan self-sharpening blades yang merupakan pengasah otomatis untuk memastikan mata pisau tetap tajam.

Harga Rp. 83.900-283.920

Trimmer Panasonic ER-GP21

Trimmer Panasonic ER-GP21 adalah alat cukur berikutnya yang masuk daftar rekomendasi. Produk ini menawarkan berbagai keunggulan yang dimiliki alat cukur, mulai dari pegangannya yang lembut, ringan, dan lebih sedikit getaran. Alat cukur ini menggunakan mata pisau model baru yang menghasilkan potongan sekitar 40% lebih pendek daripada model konvensional lainnya.

Alat cukur ini lebih nyaman digunakan, karena memiliki getaran motor yang minimal untuk pencukuran lebih presisi. Produk ini juga dibekali dengan charging stand yang memudahkan Anda dalam mengisi daya. Trimmer Panasonic ER-GP21 dilengkapi dengan dua aksesori sisir yang berukuran 3 mm dan 6 mm untuk pengaturan panjang pencukuran yang mudah.

Harga Rp. 1.503.000-1.503.000

Trimmer Panasonic ER-2403

Rekomendasi shaver dan trimmer berikutnya adalah Trimmer Panasonic ER-2403. Produk ini didukung oleh pisau cukur berperforma tinggi yang mampu memotong kumis dan jenggot secara efektif. Mencukur menjadi lebih mudah dengan desain alat yang praktis.

Alat ini menggunakan pisau baja anti karat yang memungkinkannya untuk digunakan dalam keadaan kering maupun basah. Anda juga bisa mencucinya dengan air mengalir untuk membersihkannya. Produk ini dilengkapi lima pengaturan posisi potong yang bisa disesuaikan dengan panjang yang diinginkan.

Harga Rp. 425.300-809.100

Trimmer Panasonic ER-240

Alat cukur dengan desain ergonomis berikutnya adalah Trimmer Panasonic ER-240. Produk ini memiliki cengkeraman ergonomis yang menawarkan kemudahan dalam mencukur. Shaver dan trimmer dari Panasonic ini memiliki jenis cutter mengambang pemangkasan kepala yang mampu beradaptasi dengan semua kurva wajah dan leher.

Pisaunya terbuat dari stainless stel yang tajam untuk pencukuran secara tepat. Produk ini dilengkapi dengan lima pengaturan posisi, yaitu 3, 6, 9, 12, dan 15 mm. Trimmer Panasonic ER-240 dapat beroperasi dengan tenaga baterai berukuran AA sebanyak 2 buah.

Harga Rp. 550.000-950.000

Trimmer Panasonic ER-115

Produk terakhir yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah Trimmer Panasonic ER-115. Alat cukur ini diperuntukkan untuk mencukur bulu hidung yang mengganggu. Didesain ringkas, alat cukur keluaran Panasonic ini lebih mudah dioperasikan dan juga dibersihkan.

Perangkat ini menggunakan aksi pisau yang melingkar untuk menghilangkan rambut secara efisien tanpa rasa sakit. Tip yang menyertainya berguna untuk mencegah kulit Anda bersentuhan dengan dinding bagian dalam hidung, Produk ini bisa dioperasikan cukup dengan satu baterai AA saja.

Harga Rp. 178.000-399.999
From our editorial team

Gunakan Krim Cukur untuk Memudahkan Saat Mencukur

Apakah Anda sering kesulitan dalam mencukur kumis dan jenggot yang tebal? Bagi Anda yang mengalaminya, gunakan krim cukur untuk memudahkannya. Oleskan sedikit krim ke wajah menggunakan sikat cukur atau jari-jari dengan gerakan memutar. Penggunaan sikat cukur tersebut dapat membantu mengangkat rambut dan membuat lapisan krim cukur lebih merata. Setelah itu, diamkan krim selama dua hingga tiga menit. Hal ini akan melembutkan rambut, membantu krim cukur menembus rambut dan melembutkannya, sehingga memudahkan proses mencukur.