Tips dan 10 Rekomendasi Pakaian ke Gereja untuk Wanita

Tips dan 10 Rekomendasi Pakaian ke Gereja untuk Wanita

Ke gereja, kita tentu musti menggunakan pakaian yang rapi. Tapi, tidak ada salahnya Anda terlihat memesona dengan dandanan yang menarik, bukan? Berikut BP-Guide memberikan tips memilih pakaian yang menarik untuk Anda.

Seberapa Pentingkah Menyiapkan Pakaian ke Gereja?

Berasal dari kata Ibrani 'Qadosh' yang berarti dikuduskan, gereja merupakan bait kudus yang sudah disepakati dan difungsikan khusus untuk Tuhan. Segala sesuatu yang ada di dalam gereja, seperti peralatan hingga sikap dan penampilan harus disiapkan secara khusus untuk beribadah pada hari besar dan hari sabat.

Kemajuan zaman seharusnya tak membuatmu berpakaian sangat bebas tanpa memperhatikan kesopanan atau etika dalam berbusana. Ingin terlihat cantik di depan orang banyak bukan berarti kamu bebas memilih item fashion saat hendak beribadah ke dalam gereja. Oleh sebab itu pilihlah pakaian yang layak dan tak terlalu seksi sehingga kamu akan merasa nyaman ketika berdoa dan menyembah Tuhan.

Mengenakan pakaian yang sopan selama berada di gereja sebagai wujud penghormatan, khidmat, dan kegembiraan. Sebelum berangkat untuk beribadah ke rumah Tuhan, alangkah baiknya kamu menyiapkan baju yang pantas untukmu maupun keluarga. Kamu juga bisa mengenakan aksesoris tambahan sewajarnya saja karena aksesoris yang berlebihan bisa mengganggu konsentrasimu dan orang lain saat beribadah di dalam gereja.

Tips Memilih Pakaian ke Gereja

Pilihlah Pakaian yang Rapi dan Sopan

Pakaian yang rapi dan sopan bukan berarti harus bermerk, bagus, dan bernilai jutaan rupiah. Melainkan yang pantas, tak terlalu santai, tak terlalu terbuka dan ketat, dan tak sembarangan. Saat beribadah ke gereja, kamu tak boleh meniru gaya berpakaian yang nyentrik dan aneh. Penampilann akan menunjukkan siapa dirimu dan orang-orang akan menilainya dari sana, seperti dikisahkan pada Injil 1 Samuel 16:7.

Apabila kamu mendandani adik, saudara, kerabat, yang masih berusia anak-anak, peringatkanlah mereka supaya berpakaian yang rapi dan sopan. Hal ini merupakan bagian dari kebijakan kemurnian. Tunjukkanlah pada mereka melalui penampilan yag sopan dan rapi supaya mereka memiliki teladan yang benar dalah hal berpakaian sebelum bertemu Tuhan di gereja.

Kenyamanan Adalah Nomor Satu

Mengenakan pakaian yang nyaman saat ke gereja bisa membuat ibadahmu sangat berkualitas dan kemungkinan kehilangan momen berharga dengan Tuhan menjadi lebih sedikit. Pakaian yang nyaman bukan berarti yang sedang hits saat ini, mahal, atau mewah.

Usahakan kamu mengenakan pakaian yang tak memmbuatmu kesulitan saat berdoa dan memuji Tuhan. Padukan juga dengan tata rias yang sederhana namun tetap nyaman dilihat, sehingga penampilanmu akan membawa suka cita dan kedamaian selama berada di dalam rumah Tuhan.

Jangan Memakai Aksesori yang Berlebihan

Aksesori memang penunjang dalam gaya berpakaian dan penampilan wanita, namun kamu tak bisa menggunakan segala jenis aksesoris saat datang ke gereja untuk beribadah. Jangan hanya karena ingin penampilanmu dipuji saat datang ke gereja karena aksesoris dan perhiasan yang berlebihan akan menimbulkan kesan yang aneh dan dipandang sebagai tindakan yang sombong.

Di gereja, kamu akan melakukan ibadah dan Tuhan tak akan melihat harga dan berapa banyak aksesori yang kamu kenakan. Tuhan hanya akan melihat dalam hatimu bukan dari perhiasan dan harta kekayaan yang kamu miliki.

Sebagai tips. kamu bisa menggunakan anting yang dipasangkan dengan gelang dan kalung yang dipasangkan dengan cincin. Kombinasi penggunaan perhiasan sekaligus aksesori tersebut tak akan membuat lookmu berlebihan.

10 Inspirasi Pakaian ke Gereja yang Bisa Dipadupadankan

Blus Lengan 3/4

Sumber gambar zalora.com

Dapatkan look yang stylish sekaligus sopan dengan Korz Puffy Sleeve Blouse. Blus ini bisa membuatmu terlihat feminim karena miliki motif garis dengan detail tambahan berupa tali ikat pinggang. Memiliki model kerah bulat, blus 3/4 tersebut menggunakan material katun yang nyaman digunakan.

Korz Puffy Sleeve Blouse, blus dengan cutting regular fit tanpa garis tersebut sangat cocok dipadukan dengan rok lingkar. Kamu bisa membelinya secara online di Zalora dengan harga Rp 208.800. Untuk tampilan yang modis dan girly, kamu dapat memakai sepatu heels 3 cm atau flat shoes.
Jangan takut bermain warna pada outfit yang akan kamu pakai untuk ke gereja, supaya tampilanmu makin cantik!

Dress Midi Polos/Motif

Sumber gambar zalora.com

Cotton On Anthea Short Sleeve Midi Dress adalah dres berbahan polyblend yang bisa jadi alternatif pakaianmu untuk ke gereja. Umumnya midi dress jatuh tepat di area betismu maka dari itu, dress tersebut sangat direkomendasikan untuk para wanita dengan tinggi dan berat badan yang proporsional.

Dengan warna solid dan lengan pendek, Cotton On Anthea Short Sleeve Midi Dress menggunakan model cutting regular fit tanpa garis. Kamu bisa mendapatkannya secara online di Zalora dengan harga Rp 187.900.

Selain dress Cotton On Anthea Short Sleeve, pakaian alternatif lain yang dapat kamu pilih saat pergi ke gereja adalah rok model A dengan panjang dibawah lutut. Kamu juga bisa memilih yang berlotif floral maupun polos.

Celana Palazzo

Sumber gambar minimal.co.id

Palazzo adalah bawahan dengan potongan yang melebar dari pinggang sehingga cukup sopan apabila dikenakan saat kamu pergi ke gereja. Minimal Side Pleated Palazzo adalah celana palazzo warna jet black dengan panjang 7/8. Berbahan katun, celana ini memiliki desain yang sangat chic dengan penempatan retsleting di bagian belakang.

Tambahan detail yang ada pada Minimal Side Pleated Palazzo adalah dua saku samping dan aksen layer. Kulot pants ini dapat dipadukan dengan atasan atau blouse ruffle berukuran fit body dan bentuk pundak yang tegas. Padu-padan ini akan memberikan tampilan yang lebih sopan dan terkesan formal.

Minimal Side Pleated Palazzo dapat kamu beli secara online di Blibli dengan harga Rp 479.000.

Cardigan Plus Kaos/Tank Top Polos

Sumber gambar zalora.com

Cardigan tak hanya mempermanis penampilan para lelaki saja. Kamu bisa menggunkananya saat beribadah mingguan ke gereja. Soft Knit Open Cardigan dari Come memiliki desain yang minimalis dengan detail open front. Cardigan tersebut menggunakan material katun dengan cutting relaxed fit tak bergaris. Tersedia dalam pilihan warna maroon, cardigan berketah tersebut dapat kamu beli di Zalora dengan harga Rp 343.2000.

Padu-padan cardigan dengan celana terusan,blus, dan pantofel warna monokrom akan membuatmu terlihat sangat sopan. Sebagai dalaman cardigan, kamu dapat memilih blus katun warna hitam dari Boontie Apparel. Blus tanpa lengan ini memiliki detail kerah bulat dan resleting di bagian belakang. Mengunakan cutting regular fit, blus Boontie Apparel dapat dibeli melalui Vipplaza dengan harga Rp 71.400.

Kemeja

Sumber gambar vipplaza.co.id

Kemeja berstyle boyish bisa juga kamu pakai saat pergi ke gereja. Dengan mix and match yang tepat, kamu akan mendapatkan look yang girly, sopan dan stylish. Salah satu kemeja boyish yang kerap kali dipakai para wanita adalah kemeja motif kotak-kotak.

J.Rep Flat Collar Gingham adalah kemeja berbagan katun warna biru dengan cutting regular fit. Dengan bentuk kerah berdiri, kemeja tersebut memiliki detail kancing depan. Bermotif kotak-kotak seperti kemeja flannel yang sering kamu gunakan untuk pergi kuliah, kemeja tersebut memiki lengan yang pendek. Kamu dapat memadukan kemeja J.Rep Flat Collar Gingham dengan cardigan dan celana jeans.

Kamu bisa membeli J.Rep Flat Collar Gingham secara online di Vipplaza dengan harga Rp 129.500.

Celana & Kemeja Denim

Sumber gambar tokobajuaisyah.com

Miss Me, kemeja denim berlengan panjang dengan desain casual bisa kamu pakai untuk beribadah ke gereja. Kamu dapat memadukannya dengan scarf bermotif girly supaya tampilanmu makin modis dan stylish.

Kemeja denim Miss me memiliki detail berupa tap collar, 2 saku tertutup, dan kancing depan. Berbahan katun denim, kemeja tersebut bisa kamu beli secara online di Blibli dengan harga Rp 112.500. Padu-padan bawahan yang di rekomendasikan adalah bootcut dan skinny, supaya lookmu masih terlihat sopan dan terkesan cukup formal.

Pakaian Batik

Sumber gambar zalora.com

Ingin penampilan yang kental akan kebudayaan? Kamu bisa mengenakan batik saat beribadah maupun misa di gereja. Kini baju batik memiliki desain dan model yang sangat beragam, salah satunya adalah batik kombinasi. Batik kombinasi dibuat mengikuti model pakaian yang kekinian, misalnya turtle neck, cold shoulder, hingga sabrina. Apabila kamu memiliki baju batik bermitif ramai dan warna yang cerah, kamu bisa memadukannya dengan pakaian polos.

Bhatara Batik Oriental Porcelain adalah mini dress batik print dengan desain cheongsam-inspired. Termasuk dalam batik kombinasi, pakaian batik yang satu ini memiliki warna dasar biru dengan model kerah mandarin. Menggunakan cutting body fit tak bergaris, pakaian batik tesebut memiliki detail berupa kancing dan retsleting belakang. Bhatara Batik Oriental Porcelain yang berbahan katun ini dapat kamu beli secara online di Zalora dengan harga Rp 329.700.

Floral Dress

Pasang gaya ootd saat pergi ke gereja memang tak ada salahnya, asalkan item fashion yang kamu kenakan masih sopan dan tak mengganggu ibadahmu. Inspirasi busana bertema floral dapat kamu pakai. Tampilan dewasa yang elegan akan kemu dapatkan, jika kamu memakai floral dress dengan blazer dan nude heels.

Trik layering dalam penggunaan floral dress akan membuatmu terlihat edgy dan fashionable. Salah satu dress floral yang bisa kamu kenakan adalah Le'Rosetz Floral Bell Sleeve Maxi. Flowy dress dengan detail motif bunga berlengan lonceng ini memiliki model kerah bulat. Menggunakan cutting regular fit, dress tersebut tersedia dalam warna putih yang sangat cantik.

Le'Rosetz Floral Bell Sleeve Maxi memiliki material poliester dengan detail tali ikat pada pinggang. Kamu bisa memesannya secara online di Zalora dengan harga Rp 399.920.

Maxi Dress Polos

Sumber gambar zalora.com

Jangan takut ketinggalan zaman dengan maxi dress polos! Meskipun memiliki model yang simpel, kamu bisa menambahkan aksen berupa ikat pinggang warna cokelat dan sling bag warna baby pink.

Apabila kamu menginginkan tampilan yang anggun saat datang ke gereja, kenakanlah maxi dress nuansa monokrom dari Exit Button Front Maxi Dress. Berwarna dasar putih dengan kerah buat, dress ini memiliki tali ikat yang membuatmu makin feminim. Menggunakan material katun bercutting regulat fit tanpa garis, dress tersebut juga memiliki kancing di bagian depan.

Exit Button Front Maxi Dress dapat kamu beli secara online di Zalora dengan harga Rp 454.930.

Sabrina Dress

Sumber gambar blibli.com

Sempat menjadi tren pakaian wanita, off-shoulder atau baju sabrina bisa menjadi alternatif pilihan outfitmu saat pergi ke gereja. Kesan yang stylish akan kamu dapatkan jika memilih pakaian bermodel sabrina dengan bahan yang flowy dan potongan yang loose.

Dress wanita dengan detail bahu sabrina dapat kamu temukan pada koleksi Lombang Batik Kragh Sabrina Dress. Memiliki desian chic dengan round neckline, dress tersebut memiliki aksen batik pattern dengan retsleting di bagian belakang. Lombang Batik Kragh Sabrina Dress dapat kamu beli di Blibli dengan harga Rp 728.000.

Mengingat modelnya yang sedikit terbuka di area bahu dan dada, kamu harus rajin merawatnya sebelum mengenakan baju sabrina ya!

From our editorial team

Boleh Keren, Tapi Jangan Berlebihan

Anda boleh saja tampil dengan menarik, memikat, keren dan sebagainya. Tapi, jangan terlalu berlebihan. Misalnya terlalu seksi, atau terlalu banyak menggunakan perhiasan. Ingat, Anda sedang berada di rumah ibadah, jadi fokuskan tujuan dan niat Anda hanya untuk beribadah.