Tetap Tampil Modis dengan 9 Rekomendasi Jilbab Cadar yang Menawan

Tetap Tampil Modis dengan 9 Rekomendasi Jilbab Cadar yang Menawan

Tentu tidak asing lagi dengan salah satu pakaian muslimah yang bernama cadar. Yap, menutup wajah ini banyak digunakan oleh wanita muslimah untuk menutup aurat. Bisakah tetap tampil modis saat mengenakan cadar? Oh, tentu bisa! BP-Guide punya rekomendasinya untukmu.

Mengenal Asal Usul Cadar

Sumber gambar merdeka.com

Walaupun saat ini masih banyak ulama yang memperdebatkan tentang penggunaan cadar, tren cadar semakin berkembang ke arah yang cukup positif. Cadar adalah jenis busana wanita yang menutupi seluruh tubuh hingga wajah yang hanya menyisakan area mata.

Pemakaian jilbab jenis cadar banyak digunakan di negara-negara timur tengah karena topografi negaranya yang sebagian besar merupakan wilayah gurun pasir yang gersang dan panas. Seiring dengan perkembangan Islam ke seluruh dunia, penggunaan cadar pun mulai berkembang di negara-negara seperti Indonesia.

Jilbab Cadar dan Manfaatnya

Sumber gambar i.pinimg.com

Berikut ini tentang jilbab cadar dan manfaatnya yang wajib untuk kamu ketahui. Yuk, langsung simak !

Melindungi dari Debu dan Kotoran

Sumber gambar i.pinimg.com

Jilbab cadar pada mulanya banyak digunakan di negara-negara timur tengah dengan topografi wilayahnya yang sebagian besar merupakan wilayah gurun pasir yang gersang. Setiap hari, kondisi cuaca yang berangin membawa partikel pasir berterbangan hampir ke seluruh daerah.

Untuk melindungi tubuh dan mata dari pasir yang beterbangan. Banyak perempuan yang kemudian menggunakan cadar. Untuk itu, salah satu kegunaan dari cadar di negara asalnya adalah sebagai salah satu bentuk perlindungan dari kondisi wilayah yang ekstrem.

Pelindung dari Terik Sinar Matahari

Sumber gambar i.pinimg.com

Selain digunakan sebagai salah satu syarat keagamaan yang sangat dianjurkan oleh beberapa ulama. Penggunaan cadar juga diketahui bermanfaat bagi kesehatan. Menggunakan cadar juga bisa menjadi salah satu cara yang ampuh untuk melindungi tubuh dari paparan sinar matahari.

Seperti diketahui, paparan sinar ultraviolet dari matahari secara berlebihan dapat memberikan efek negatif pada tubuh. Di negara dengan kondisi cuaca yang ekstrem, penggunaan cadar sangat membantu untuk menjaga kondisi tubuh dalam keadaan prima.

Menutupi Aurat

Sumber gambar i.pinimg.com

Aurat adalah hal utama yang menyebabkan wanita disarankan untuk menggunakan jilbab atau penutup tubuh. Walaupun masih banyak perdebatan tentang jenis jilbab yang sesuai dengan syariat Islam.

Salah Satu Upaya Mencegah Pelecehan Seksual

Sumber gambar i.pinimg.com

Jilbab pada dasarnya berusaha melindungi wanita dari perbuatan-perbuatan jahat yang dilakukan oleh laki-laki. Keutamaan bagi seorang wanita yang menutup aurat adalah selain melindungi diri dari pandangan laki-laki, juga melindungi laki-laki agar dapat menjaga pandangannya. Hal ini akan meminimalisir niatan untuk berbuat kriminal.

Kiat Memilih Jilbab Cadar

Sumber gambar lazada.com

Memilih jilbab sama halnya dengan memilih pakaian. Pada saat memilih jilbab cadar, hal yang pertama kali harus diperhatikan adalah bahan. Pilih bahan yang dingin, lembut dan memiliki kemampuan untuk menyerap keringat. Kedua, perhatikan acara atau kebutuhan penggunaan jilbab.

Untuk acara kasual seperti hangout bersama teman atau saudara, kamu bisa memilih jilbab dengan bahan katun yang lebih nyaman dan dingin. Sedangkan untuk acara-acara resmi, kamu bisa memilih jilbab dengan bahan diamond, chiffon, maupun satin. Selain bahan, perhatikan juga model, motif dan pilihan warnanya.

Apabila kamu termasuk orang yang malas ribet, pilih jilbab instant yang tidak membutuhkan waktu lama untuk menggunakannya. Pilih motif polos apabila baju yang kamu kenakan sudah penuh dengan motif. Atau jika baju yang kamu kenakan polos, kamu bisa memilih jilbab dengan motif atau ornamen seperti tassel maupun renda.

Rekomendasi 10 Jilbab Cadar, Kamu Tetap Bisa Tampil Modis, Kok!

Penggunaan jilbab cadar saat ini sudah tidak lagi menjadi hal yang aneh di Indonesia. Untuk kamu yang menggunakan jilbab cadar, kamu tetap bisa tampil stylish dan trendy dengan rekomendasi beberapa jilbab cadar hits dan stylsih berikut ini.

Jilbab Cadar Ritz Bahan Jetblack

Sumber gambar jubahakhwat.com

Jilbab Cadar Ritz tersedia untukmu yang lebih memilih warna-warna gelap seperti cokelat tua. Dirancang dengan bahan wool peach yang lembut dan dingin ketika digunakan, kamu akan tetap nyaman menggunakan jilbab ini walaupun berada di luar ruangan.

Karakter bahannya yang halus, membuatnya memiliki aksen jatuh yang ringan. Terdapat resleting dibagian samping jilbab sehingga bisa dnegan mudah digunakan. Jilbab ini memiliki dimensi ukuran 110 x 130 cm sehingga panjangnya mencapai lutut.

Tersedia pilihan warna emerald, abu tua, coklat tua, ungu tua dan navy. Jilbab cadar ini bisa kamu dapatkan melalui Jubah Akhwat dengan harga Rp 155.000.

Set Jubah Umbrella 3m Plus Jilbab Cadar Rit Purdah Safar

Sumber gambar googleusercontent.com

Jilbab Cadar Rit Purdah Safar, tersedia untukmu yang menginginkan jilbab cadar yang lembut dan licin. Terbuat dari bahan sifon silky yang memiliki karakteristik bahan yang halus, licin dan jatuh. Terdapat resleting dibagian samping jilbab yang membantu memudahkanmu dalam pemakaian.

Memiliki dimensi ukuran 130 x 150 cm, jilbab cadar ini bisa mencapai lutut bahkan untuk kamu yang memiliki tinggi 170 cm. Tersedia berbagai pilihan ukuran mulai dari S hingga XL. Produk ini bisa kamu dapatkan dengan kisaran harga antara Rp 165.000 - Rp 351.000 di Bukalapak dan Tokopedia.

Dress Baju Muslimah Gamis Jilbab Syari Cadar Niqob Hafiza

Sumber gambar bukalapak.com

Jilbab Syari Cadar Niqob Hafiza adalah gamis set yang telah dilengkapi dengan jilbab dan niqab. Terbuat dari bahan wolfis yang memang banyak digunakan sebagai bahan baju gamis maupun jilbab, satu set gamis dan jilbab ini cukup lembut dan ringan dibanding dengan bahan jersey.

Bahan ini memiliki kelebihan halus, tidak mudah kusut dan tidak menerawang. Terdapat saku di bagian depan dan renda sebagai pemanis. Gamis dan jilbab cadar ini juga ramah untuk kamu yang sedang dalam masa menyusui. Untuk niqab yang tersedia, dilengkapi dengan tali yang mudah diatur.

Dibuat dengan dimensi ukuran 110 x 125 cm, set gamis dan jilbab ini tersedia dengan pilihan ukuran S-XL. Dapatkan produk ini dengan harga Rp 245.000 melalui Tasmira Shop.

Niqab Yaman/Cadar Yaman

Sumber gambar tokopedia.net

Niqab Yaman/Cadar Yaman adalah tipe jilbab cadar yang cukup populer di Indonesia. Jilbab cadar jenis ini adalah tipe jilbab cadar khas timur tengah yang dipakai dengan cara diikatkan ke bagian belakang jilbab.

Terdapat dua pilihan tipe cadar Yaman, Cadar Yaman Butterflay Bisban, terbuat dari bahan sifon yang lembut jilbab cadar ini terdiri atas 2 bagian layer depan dan belakang. Tipe kedua adalah Caday Yaman Kancing yang cara penggunaannya adalah dengan dikancingkan.

Terbuat dari kombinasi bahan siffon ceruti dan jetblack, jilbab tipe ini begitu ringan, lembut namun tetap memiliki tekstur yang unik. Dilengkapi dengan kancing jepang berbentuk bunga yang cantik, jilbab ini bisa kamu gunakan dengan dikancingkan maupun diikat biasa. Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan kisaran harga Rp 55.000 - Rp 95.000 melalui Shopee dan Bukalapak.

Gamis Set jilbab Instan Cadar Tali Wolfis Simple Murah Syari Busui

Sumber gambar alesahijab.com

Untuk kamu yang mencari gamis set plus jilbab cadar yang mudah digunakan oleh ibu menyusui, produk ini adalah perpaduan yang tepat antara fungsi dan gaya. Terbuat dari bahan wolfis yang dingin, lembut dan tidak gampang kusut, satu set gamis dan jilbab cadar ini akan melengkapi gaya harianmu dengan maksimal.

Terdapat detil kancing pada bagian atas gamis, yang memudahkanmu untuk membuka dan menutup saat akan menyusui. Dipercantik dengan detail garis pada lengan dan kerah, serta model cutting A pada gamis dan jilbab, penampilanmu tidak akan pernah monoton.

Tersedia pilihan warna emerald tua dan dusty blue yang cantik, jilbab ini memiliki dimensi ukuran 110 x 115 cm. Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga cukup terjangkau dengan kisaran harga Rp 189.000 - Rp 270.200. Dapatkan produk ini melalui Shopee dan Tokopedia.

Gamis Syari Dengan Jilbab Dan Free Cadar Ori Kanza

Sumber gambar bukalapak.com

Azzara Syari mengeluarkan koleksi set gamis dan jilbab cadar yang bisa kamu pilih dengan harga cukup terjangkau. Terbuat dari bahan wolfis yang dingin, halus dan tidak mudah kusut, satu set gamis dan jilbab cadar ini pas untuk kamu gunakan diberbagai acara formal maupun non formal.

Gamisnya dirancang dengan bentuk rok flare yang membuat penampilanmu tetap feminim dan cantik. Jilbab ini memiliki dimensi ukuran 100 x 140 cm. Tersedia aneka pilihan warna cantik seperti navy, maroon, latte, hitam, putih, dark grey, dan mustard. Produk ini bisa kamu beli dengan kisaran harga Rp 230.000 - Rp 235.000 melalui Shopee dan Bukalapak.

Pashmina Instan Savina Free Cadar

Sumber gambar belanjaqu.co.id

Pashmina Instan Savina hadir untuk kamu yang menyukai jilbab instan yang bisa langsung digunakan. Jilbab instant ini bisa dikreasikan hingga menjadi 5 gaya yang bisa melengkapi gaya syar'imu dengan maksimal.

Terbuat dari bahan bubble crepe yang memiliki tekstur kulit jeruk yang tetap halus dan ringan, bahan ini mudah untuk dibentuk dan tidak mudah kusut. Dibuat dengan dimensi ukuran 85 x 125 cm, bagian depan jilbab bisa menutupi bagian depan tubuhmu hingga perut.

Terdapat cadar dengan tali yang mudah untuk diatur dan digunakan. Jilbab ini tersedia dalam 15 pilihan warna-warna cerah yang mampu membuat penampilan harianmu menjadi maksimal. Produk ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 85.000 melalui Ana Sova Hijab.

190917 Khalifah Syar'i Gamis Jilbab Cadar Wolvis Jumbo ori Kanza

Sumber gambar shopee.co.id

Kanza menawarkan Khalifah Syar'i Gamis Jilbab Cadar yang merupakan satu set gamis dengan jilbab dan niqab. Terbuat dari bahan wolfis yang ringan, halus dan tidak mudah kusut, produk ini cukup nyaman bahkan untuk aktivitasmu di luar ruangan.

Dibuat dengan dimensi ukuran 110 x 140 cm, panjang bagian jilbab bisa mencapai lutut bahkan untukmu yang memiliki tinggi 170 cm. Terdapat aksen renda berwarna putih dibagian jilbab dan lengan. Gamis jilbab ini dilengkapi dengan saku di bagian kanan dan kiri. Kamu bisa mendapatkan produk cantik ini dengan harga Rp 225.00 melalui Shopee.

Smart Pocket - Khimar Niqab Cadar Tali Jilbab - Khadijah Indonesia

Sumber gambar tokopedia.net

Khadijah Indonesia, mengeluarkan salah satu koleksi jilbab cadar Smart Pocket Khimar Niqab Cadar. Jilbab ini menawarkan keunggulan pada saku di bagian kanan dan kiri yang memudahkanmu untuk meletakkan ponsel, kunci dan barang lainnya. Sehingga kamu tidak perlu lagi repot membawa dompet ataupun tas untuk bepergian jarak dekat.

Terbuat dari bahan beliya yang halus, ringan dan tidak mudah kusut, jilbab ini cocok untuk kamu gunakan di acara-acara non formal seperti arisan, pengajian di masjid dekat rumah atau bepergian bersama keluarga tercinta. Dibuat dengan dimensi ukuran 108 x 135 cm, jilbab ini tersedia dengan aneka warna black, goldfoil, medalion, royal, serena, teracota, pond, dan coffee. Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp 211.000 melalui Tokopedia.

From our editorial team

Pilihlah Jilbab Cadar Yang Paling Kamu Sukai

Jilbab cadar biasanya identik dengan warna hitam, ya. Nah, semakin berkembangkan fashion yang sesuai syariat Islam maka semakin banyak pula model-model jilbab yang tidak monoton dengan warna gelap. Alternatif selain menggunakan warna hitam adalah penggunaan warna-warna pastel seperti biru muda, cokelat, coffee, tidak akan membuat tampilanmu mencolok namun tetap dapat tampil modis.