Mau Buat Giveaway untuk Toko Online -mu? Berikut 6 Tips yang Bisa Dilakukan

Mau Buat Giveaway untuk Toko Online -mu? Berikut 6 Tips yang Bisa Dilakukan

Sumber gambar pixabay.com

Tren giveaway memang lagi hits banget di Instagram. Kalau kebetulan kamu punya akun jualan, kamu wajib mengadakan giveaway untuk menambah pengikut dan pelanggan. Enaknya kasih hadiah apa ya untuk giveaway? Simak rekomendasi BP-Guide berikut ini ya!

Giveaway Adalah Salah Satu Strategi Pemasaran yang Populer dan Efektif, Terutama di Era Media Sosial

Sumber gambar lyfemarketing.com

Istilah giveaway pasti tidak asing lagi di telinga kalian, terutama yang suka berbelanja online. Giveaway yang sering diadakan oleh online shop adalah metode pemasaran yang sangat populer karena efektif untuk menjaring pelanggan.

Semangat kompetisi yang dihadirkan dengan iming-iming hadiah membuat konsumen berbondong-bondong ikut dalam sebuah giveaway.

Giveaway sendiri adalah pemberian hadiah gratis pada siapa saja yang memenuhi syarat tertentu yang diberikan oleh pemilik. Instagram menjadi platform yang sangat populer untuk mengadakan giveaway.

Hadiah-hadiah yang Bisa Kamu Berikan untuk Giveaway

Skincare atau Produk Makeup

Sumber gambar www.blibli.com

Produk makeup adalah hadiah giveaway yang paling populer dan paling banyak diminati. Akun online shop dan selebgram sering mengadakan giveaway makeup untuk menambah jumlah komentar atau pengikut mereka.

Ini dia rekomendasi produk make up yang pas untuk giveaway. Physiogel Pure and Gentle Care for Sensitive Skin Regime Set Perawatan Kulit adalah paket perawatan untuk kulit sensitif dan iritasi. Produk ini bekerja memperbaiki kelembapan kulit, meredakan iritasi, dan mengurangi sensitivitas kulit. Satu paket terdiri dari 4 macam produk yang berbeda. Dapatkan hanya di Blibli dengan harga Rp 379.900.

Goban Cosmetics Daring + Honeymoon Gift Set Lipstick dari merek lokal ini bisa jadi hadiah giveaway yang menarik. Satu paket terdiri dari 2 lipstik dengan shade Honeymoon dan Daring, gift box, serta Goban Bag. Produk lipstik Goban sangat tidak mengecewakan karena bisa bertahan hingga 5-8 jam, hasil akhir matte, dan menghasilkan warna yang pekat. Dapatkan produknya di Blibli dengan harga Rp 230.000

Buku

Sumber gambar www.blibli.com

Budaya membaca yang dulu sempat redup kini hidup kembali berkat kemunculan penulis muda berbakat. Cerita segar yang dihadirkan membuat banyak anak muda tertarik untuk membeli buku. Nah, hadiah buku best seller dan buku terbaru sangat pas untuk sebuah giveaway.

Buku Komet Minor karya Tere Liye ini dijamin akan menarik minat banyak anak muda. Mengisahkan Klan Komet Minor dalam pertarungan melawan Tanpa Mahkota, buku ini adalah seri terakhir yang akan menentukan nasib para tokoh utamanya. Ceritanya berpusat pada arti persahabatan, pengorbanan, dan ambisi. Komet Minor bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 94.500.

Voucher Belanja

Sumber gambar www.blibli.com

Hadiah giveaway tidak selalu harus berupa barang lho. Voucher belanja yang bernilai sejumlah uang juga sangat diminati oleh masyarakat. Dengan mendapatkan hadiah voucher belanja, maka pemenang bisa membeli apa pun yang mereka inginkan.

MAP - Paket Belanja MAP Physic Voucher senilai Rp. 300.000 @100.000 bisa kamu jadikan hadiah giveaway menarik, lho. Voucher ini dapat digunakan di merchant MAP yang tersebar di pusat perbelanjaan di kota-kota besar seperti Starbucks, Burger King, Domino's Pizza, Food Hall, Zara, Topshop, dan masih banyak lagi. Voucher ini tersedia di Blibli dengan harga Rp 300.000.

Parfum

Sumber gambar www.blibli.com

Satu lagi hadiah giveaway yang menarik. Parfum adalah kebutuhan bagi setiap orang, baik itu pria, wanita, remaja, atau dewasa. Wangi tubuh yang harum dan segar tentu menambah kepercayaan diri seseorang. Apalagi kalau parfum didapatkan secara gratis dari giveaway. Pasti akan banyak yang berminat, bukan?

Calvin Klein Obsessed Eau de Toilette Parfum Pria 100 mL adalah parfum EDT untuk pria dengan wangi maskulin. Dengan aroma utama vanilla, citrus, leather, warm spicy, dan woody yang menghadirkan aroma manis dan segar. Parfum ini tersedia di Blibli dengan harga Rp 370.000.

Kaos Keren

Sumber gambar www.blibli.com

Selain makeup, hadiah giveaway berupa kaos dan pakaian juga sangat diminati, lho. Apalagi kalau produk yang ditawarkan berasal dari merek ternama. Dijamin pasti banyak yang akan berebut.

Duchamp in T-Shirt Pria dari Hush Puppies ini misalnya. T-Shirt yang terbuat dari bahan katun ini hadir dalam model trendi yang akan membuat pemakainya terlihat makin keren. Bentuk leher kaos yang bulat menonjolkan kesan kasual namun tetap menarik. Hush Puppies Duchamp in T-Shirt Pria ML15897 dapat dibeli di Blibli dengan harga Rp 185.300.

Irsia T-Shirt White dari Berrybenka adalah T-Shirt dengan gaya kasual yang cocok untuk anak muda. Modelnya simpel dengan bahan yang nyaman, pas banget untuk dipakai saat hang out bersama teman-teman. T-Shirt keren ini tersedia di Berrybenka dengan harga Rp 169.000.

Gadget

Sumber gambar www.blibli.com

Powerbank menjadi benda wajib yang harus dibawa, terutama saat akan melakukan perjalanan jauh. Aksesori untuk smartphone yang satu ini bisa jadi hadiah giveaway yang sangat menarik lho.

Micropack P610PS, powerbank dengan kapasitan 6000 mAh bisa jadi teman perjalanan yang pas saat berlibur atau keluar kota. Tidak perlu lagi khawatir kehabisan baterai di tengah jalan. Model powerbank ini sangat menarik juga tidak terlalu besar sehingga tidak merepotkan saat harus dibawa bepergian. Dapatkan powerbank ini di Blibli dengan harga Rp 360.000.

Berikut Ini 6 Tips yang Bisa Kamu Ikuti Dalam Mengadakan Giveaway

Tentukan Jenis dan Tujuan Giveaway

Sumber gambar gramha.net

Sebelum mengadakan giveaway, tentukan dulu tujuannya. Apakah kamu ingin meningkatkan popularitas produk, mempromosikan produk baru, menambah angka penjualan, atau mengumpulkan ulasan pengguna? Setelah memiliki tujuan yang jelas, nantinya kamu akan tahu bentuk giveaway seperti apa yang cocok dan produk apa yang harus diberikan pada pelanggan.

Giveaway biasanya berupa undian, seperti pada umumnya atau berupa kontes dengan kriteria tertentu sebagai penilaian. Kontes yang sering diadakan biasanya lomba foto, video, atau repost foto tertentu dari akun media sosial si pemilik giveaway.

Sediakan Hadiah yang Menarik dan Relevan

Sumber gambar davelackie.com

Giveaway sangat efektif untuk menambah angka penjualan suatu produk. Agar semakin banyak orang berminat ikut dalam giveaway, pilih produk yang paling menarik dan dibutuhkan oleh banyak orang. Misalnya benda-benda yang memiliki nilai guna seperti pakaian atau makeup.

Pastikan juga produk yang diberikan relevan dengan penjualanmu. Kalau kamu berjualan makeup, maka berikan giveaway dalam bentuk produk makeup juga.

Jabarkan Syarat-syarat Giveaway dengan Jelas, Singkat, dan Padat

Sumber gambar shortstack.com

Setiap giveaway memiliki peraturan masing-masing yang harus dipenuhi para peserta. Tuliskan peraturan dan kriteria pemenang yang jelas dalam giveaway yang diadakan. Jabarkan setiap poin aturan dengan jelas namun singkat agar mudah dimengerti. Semakin jelas peraturan yang diberikan, maka semakin banyak pula peminat sebuah giveaway.

Luncurkan Giveaway dengan Persiapan Matang

Sumber gambar wordstream.com

Agar giveaway bisa sukses dan semua tujuanmu tercapai, persiapkan dengan baik sebelum meluncurkannya. Ada 2 hal penting yang harus diperhatikan yaitu platform dan promosi. Media sosial menjadi platform giveaway terbaik. Selain itu giveaway juga bisa diadakan melalui website dan menggunakan promosi melalui media sosial.

Setiap platform memiliki aturan sendiri-sendiri tentang informasi apa yang boleh dan tidak boleh diminta dari para pengguna. Sebelum memilih, pastikan kamu mengerti dengan persyaratan yang diminta agar tidak merugikan diri kamu sendiri nantinya.

Promosikan Giveaway

Sumber gambar makeuseof.com

Dalam melakukan promosi untuk giveaway yang kamu adakan, jangan gunakan satu platform saja. Promosikan giveaway pada setiap platform yang memungkinkan agar dapat menarik minat lebih banyak orang. Bila perlu, lakukan promosi berbayar agar giveaway-mu mudah dilihat oleh siapa saja.

Cara ini sangat jitu untuk akun-akun yang memiliki sedikit pengikut. Jangan lupa untuk melakukan promosi terus menerus selama giveaway masih berlangsung. Gunakan hashtag yang menarik agar giveaway kamu bisa ditemukan oleh siapa saja dengan mudah.

Buat Kontes yang Menyenangkan

Sumber gambar shortstack.com

Model giveaway berupa kontes adalah yang paling banyak diminati. Hindari mengadakan kontes yang terlalu sulit agar semua orang bisa berpartisipasi. Pilih kontes yang menyenangkan dan mudah seperti photo challenge atau video challenge sederhana. Kontes semacam ini sangat menarik bagi masyarakat karena membangkitkan semangat kompetisi mereka.

Sesuaikan juga jenis kontes yang dipilih dengan hadiah yang akan diberikan. Semakin besar nilai suatu hadiah, maka semakin sulit pula kriteria yang harus dipenuhi.

From our editorial team

Giveaway, Cara Jitu Promosi secara Online

Giveaway menjadi salah satu cara yang ampuh untuk memasarkan produkmu secara online. Semakin banyak pengikut giveaway, maka semakin banyak pula yang mengenal merek atau online shop milikmu. Agar menarik banyak peminat, kamu harus memberikan hadiah menarik dan kontes yang kompetitif. Tips dari BP-Guide di atas sangat berguna, kan?