6+ Pilihan Pakaian Bayi 1 Bulan dan Aksesoris untuk Melengkapinya!

6+ Pilihan Pakaian Bayi 1 Bulan dan Aksesoris untuk Melengkapinya!

Bayi Anda yang lucu tentu akan semakin menggemaskan ketika didandani layaknya boneka. Tentunya saat ini telah banyak produk pakaian bayi yang cocok untuk bayi segala umur, walaupun untuk satu bulan. Tidak hanya ukuran, bahkan bahan dan model untuk bayi satu bulan berbeda dengan usia di atasnya karena masih sangat rentan. BP-Guide telah menyediakan aneka pilihan pakaian bayi usia satu bulan. Nyaman dan cocok untuk si kecil agar makin menggemaskan.

Satu Bulan adalah Umur yang Masih Sangat Baru : Jangan Bingung Memilih Pakaian Bayi 1 Bulan!

Sumber gambar colonialhomesohio.com

Bayi usia 1 bulan masih begitu krusial dan ketat penjagaannya. Pakaian bayi yang dibelikan tidak boleh sembarangan. Karena, kulit bayi sangat sensitif, tulang-tulangnya juga belum maksimal pertumbuhannya.

Apakah Anda adalah orang tua yang baru mendapatkan bayi? Maka Anda dan keluarga tentu saja akan begitu bahagia, sehingga akan berlomba untuk mendandani sang bayi. Hal itu boleh saja dilakukan, hanya saja ada aturan yang harus ditaati untuk memilih pakaian bagi bayi yang usianya baru saja satu bulan, atau bahkan belum sampai satu bulan.

Usia 1 bulan, bayi bisa bertumbuh dengan sangat cepat. Jadi, ukuran pakaian yang harus dipilih adalah yang ukurannya tepat dan bisa mengakomodasi pertumbuhan bayi. Selain itu, pastikan bahan pembuat dari pakaian tersebut aman untuk kulit bayi.

Tips Memilih Pakaian Bayi 1 Bulan

Beli yang Ukurannya Sedikit Lebih Besar

Memilih pakaian bayi usia satu bulan, pakaian yang dipilih disesuaikan dengan berat dan panjang bayi. Bila bayi Anda berukuran lebih besar dari pada bayi pada umumnya, tentu Anda harus mencari yang ukurannya lebih besar. Ingat, mencari pakaian bayi bukan berpatokan pada usia bayi, tapi pada berat badannya.

Selain itu, sebaiknya pilih ukuran yang besar sehingga longgar bagi sang bayi. Selain memberi sirkulasi udara yang cukup pada tubuhnya, juga akan membuat pakaian tersebut bisa digunakan dalam waktu lama. Karena, badan bayi dengan usia satu bulan akan begitu cepat pertumbuhannya.

Gunakan Bahan yang Menyerap Keringat

Pakaian bayi yang harus dihindari adalah pakaian dengan bahan yang sulit menyerap keringat. Oleh karena itu, pakaian dengan bahan katun sangat direkomendasikan. Sebab bayi akan lebih cepat berkeringat. Apabila sampai keringatnya tidak terserap dengan baik, maka akan berakibat buruk bagi kulitnya. Selain itu, pilih pakaian dengan bahan yang tipis dan lembut, sehingga aman untuk kulit bayi.

Bahan pakaian sintetis seperti poliester, nilon dan lain sebagainya sebaiknya dihindari. Sebab, bahan ini akan berbahaya bagi kulit ari bayi karena bahan tersebut lebih kasar dan kaku. Selain itu, kedua bahan tersebut juga tidak bisa menyerap keringat dengan baik, sehingga membuat bayi rentan terkena biang keringat.

Kenyamanan Diutamakan

Jangan pernah berpendapat pakaian yang mahal harganya sudah pasti nyaman untuk bayi. Dengan kata lain, Anda benar-benar harus meneliti apa bahannya, bagaimana kualitas mereknya, dan apakah nyaman bagi kulit bayi Anda? Kenyamanan bayi adalah yang utama. Pilih pakaian yang tidak ketat, agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik. Selain itu, hindari pakaian dengan banyak model dan aksesoris untuk bayi usia satu bulan, karena hanya akan membuat repot Anda sendiri, juga membuat bayi merasa tidak nyaman.

Untuk menambah kenyamanan bayi, sebaiknya pilih pakaian yang tidak banyak aksesoris. Selain itu, jangan beli pakaian dengan kancing atau resleting di bagian belakang, karena hanya akan menganggunya. Label yang terletak di bagian belakang dalam juga sebaiknya dihindari. Lebih baik bila label di bagian luar, atau gunting saja agar tidak mengganggu bayi bila label berada di bagian dalam pakaian.

Selanjutnya, baju dengan kerah yang tebal juga sebaiknya dihindari. Bayi usia 1 bulan akan lebih mudah berkeringat, sehingga kerah tebal akan menambah keringat dan sulit diserap. Apalagi, bila kerah baju tersebut lebih sempit sehingga membuat bayi beresiko tercekik dan tidak nyaman tidurnya.

Pakaian Jangan Membuat Bayi Susah Bergerak

Pastikan bayi nyaman dan bisa bergerak bebas dengan pakaian pilihan Anda. Beberapa model yang harus dihindari adalah baju dengan pengait kancing kait dan velcro karena mudah terbuka. Apalagi kancing kait beresiko lepas dan tertelan oleh bayi Anda. Direkomendasikan untuk membeli baju yang bisa dibuka di bawah perut, agar memudahkan ibu mengganti popoknya.

Selain itu, pilih pakaian dengan ukuran yang lebih besar atau longgar. Bayi dengan usia 1 bulan akan mulai menggerakkan tangan dan tubuhnya. Oleh sebab itu, pakaian yang digunakan jangan sampai membuat anak Anda susah bergerak. Apalagi, bila sampai lecet karena terus tergesek dengan kain.

Khusus untuk usia 1 bulan, jangan biarkan pakaian dengan aksesoris tambahan digunakan oleh anak Anda. Aksesoris yang dimaksud bisa berupa tali, dan lain-lain. Salah-salah, tali tersebut bisa membelit anak Anda yang justru akan berbahaya.

Baju Harus dapat Dibuka dari Beberapa Sisi

Sumber gambar www.zulikids.org

Pakaian yang tepat untuk bayi adalah pakaian yang bisa dibuka lebih dari satu sisi. Meskipun demikian, pakaian yang memiliki banyak kancing atau resleting juga tidak tepat untuk digunakan. Selain tidak nyaman, kancing dan kait tersebut juga beresiko akan tertelan oleh bayi. Oleh karena itu, pilih pakaian yang bisa dibuka dari dua sisi. Hal itu ditujukan agar Anda mudah memasang dan melepas baju tersebut tanpa harus menyakiti atau menggerakkan bayi terlalu banyak.

Pakaian dengan Serat Tinggi Menyulitkan Bayi Saat Tidur

Pakaian yang tepat untuk bayi berusia satu bulan adalah pakaian dengan bahan wol dan katun. Bahan tersebut selain lembut, hangat juga aman di kulit bayi. Selain itu, pakaian dengan jenis ini akan membuat bayi lebih nyaman menggunakannya, terutama saat tidur. Sebab, pakaian dengan bahan katun dan wol akan menyerap keringat bayi dengan baik.

Pastikan pakaian yang Anda pilih tidak memiliki banyak serat atau serat yang tinggi. Sebab, pakaian dengan serat yang tinggi akan membuat bayi cepat sesak nafas. Selanjutnya, bayi Anda akan tidak nyaman dan tidak bisa tidur semalaman. Tidak mau jika terjadi pada bayi Anda, bukan?

Pilihan Pakaian Bayi 1 Bulan yang Bisa Anda Jadikan Panduan

Bodysuit

Sumber gambar www.mothercare.co.id

Pakaian jenis bodysuit tepat digunakan untuk bayi Anda. Jenis pakaian ini memiliki bagian kepala yang longgar, begitu juga bagian kaki. Jadi, bayi akan lebih nyaman dan terhindar dari gerah dan sesak nafas. Hal itu juga akan memudahkan untuk melepas atau memasangkan pakaian bayi Anda.

Berikut merek dan produk pakaian Bodysuit dari BP-Guide untuk Anda :

  • Mothercare
    Ini adalah merek retail produk bayi nomor satu sejak setengah abad yang lalu. Merek Mothercare sudah dipercaya di lebih dari 55 negara, termasuk Indonesia dengan total 1.200 retail di seluruh dunia. Salah satu produknya adalah Little Sister Bodysuit yang terbuat dari katun lembut dengan garis leher berbentuk amplop. Produk ini memiliki kancing depan yang mudah dibuka. Aksen bordir dilapisi kain agar bayi Anda semakin nyaman dan tidak terkena iritasi. Produk dari Mothercare bisa Anda dapatkan di sejumlah gerai Mothercare di kota-kota besar Indonesia, atau langsung pesan di situs resminya mothercare.co.id dan Lazada.
  • H&M
    Merek H&M dikenal sebagai produsen busana dengan kualitas mumpuni dan harga terjangkau. Produk dari H&M menyentuh pasar dari remaja hingga dewasa, baik pria maupun wanita. Salah satu produk dari H&M untuk bayi dengan jenis Bodysuit adalah Bodysuit H&M. Terbuat dari bahan katun organik yang berkualitas dan nyaman bagi bayi Anda. Produk ini bisa Anda dapatkan di beberapa gerai H&M di beberapa mall di kota besar Indonesia, atau di situs online seperti Lazada dan lain-lain.
  • Imochi
    Produk Imochi nyaman bagi setiap bayi karena bahannya katun organik yang sudah mendapat sertifikat. Jadi lebih aman untuk bayi Anda. Salah satu produk dari Imochi adalah Imochi Bodysuit 4 Pack. Bisa Anda dapatkan di toko online seperti Babyzania dan Lazada.

Jumper Bayi

Sumber gambar www.adorababyshop.co

Baju jenis jumper juga cocok digunakan untuk bayi. Karena desainnya yang simpel dan mudah dipasang serta dilepaskan. Selain itu, baju ini juga menjaga bayi tetap nyaman ketika bergerak. Karena kakinya terbuka, jadi membuat bayi yang suka menggerakkan kaki akan lebih mudah bergerak. Pakaian ini juga cocok digunakan di musim panas, apalagi di siang hari.

Berikut merek dan produk baju bayi jenis jumper rekomendasi BP-Guide :

  • Kazel Babywear
    Tidak hanya nyaman digunakan, produk Kazel juga didesain oleh para ahli menjadikan bayi Anda tampil modis dan keren. Selain itu, Anda juga akan lebih aman karena baju ini sudah berstandar nasional Indonesia, terbukti dengan label SNI yang ada di baju ini.
    Salah satu produk dari Kazel adalah Singlet Jumper Bayi Modern. Satu kotak berisi 6 helai yang terdiri dari 3 warna berbeda. Produk yang satu ini terbuat dari katun yang lembut dan menyerap keringat serta mencegah bayi gerah dan juga masuk angin. Produk ini bisa Anda dapatkan di sejumlah toko online terpercaya seperti Adorababyshop dan Lazada.
  • Eve Baby
    Salah satu produk bayi dari Eve Baby yang bisa Anda jadikan pilihan adalah Eve Baby Jumper Bayi-LJCD062C. Produk ini dibuat dari katun terbaik yang mampu untuk menyerap keringat dengan baik. Selain itu, bahan tidak mudah berbulu dan modelnya sangat cantik untuk bayi Anda. Produk ini bisa Anda dapatkan di Alfacart.
  • Saga-O
    Saga O merupakan merek bisnis dari perusahaan milik Anji Drive dan istrinya, pasca kelahiran anaknya yang bernama Saga Omar Nagata. Ada beberapa jenis pakaian dari Saga-O yang cocok untuk bayi Anda, beberapa diantaranya adalah baby bib, baby shirt dan baby dress.
    Salah satunya Saga-O Jumper Wings Super Cutie. Jenis pakaian ini memiliki desain yang lucu dan memiliki lipatan di bagian bahu untuk membantu kepala bayi dapat masuk dan keluar dengan mudah. Tambahan aksen sablon di baju bayi menjadikan bayi Anda semakin lucu dan menggemaskan. Pakaian ini bisa Anda dapatkan di situs Orami.co.id.

One Piece

Pakaian jenis One Piece adalah jenis pakaian yang paling cocok untuk bayi usia 1 bulan. Sebab, bayi di saat ini mudah tidur dan juga mudah terbangun. Pakaian ini memudahkan Anda untuk mengganti pakaian tanpa harus melewati kepala, sehingga tidak perlu mengganggu tidurnya.

Berikut beberapa produk dan merek pakaian One Piece bayi untuk Anda :

  • Cocotina
    Jenis pakaian Cocotina One-Piece Bayi tampil keren dengan lengan pendek kotak-kotak. Pakaian ini cocok digunakan pada musim panas. Bisa Anda pesan di Lazada dan sejumlah toko online terpercaya lainnya.
  • Libby
    Merek Libby sudah terpercaya bagi ibu-ibu di Indonesia karena sudah mendapatkan sertifikasi dari Standard International Oeko Tex dan SNI. Salah satu produk One Piece andalannya adalah Libby Sleepsuit Boy. Terbuat dari bahan katun spesial yang lembut, aman, dan nyaman bagi bayi. Juga dilengkapi dengan sarung tangan yang tidak mudah lepas karena tersambung dengan baju. Anda bisa dapatkan produk ini di lolibi.com.
  • Next
    Koleksi pakaian bayi dari Next terbukti stylish, modis tapi aman bagi bayi Anda. Salah satunya Sleepsuit Next 3 in 1 Girl Newborn. Produk ini dibuat dari bahan katun yang aman bagi kulit bayi. Bisa Anda dapatkan di laviebabyhouse.com.

Sweater

Sumber gambar kicaukecil.com

Di musim dingin atau hujan, tentunya Anda harus menyiapkan pakaian yang lebih hangat dan lembut untuk bayi Anda. Kulit bayi masih sangat sensitif, sehingga bisa terkena masuk angin atau demam bila cuaca sangat dingin. Memilih sweater juga harus teliti, karena bahannya harus terbuat dari katun dan wol. Bahan selain itu, akan berbahaya bagi kulit anak Anda.

Berikut rekomendasi merek sweater bayi untuk Anda :

  • Contempo
    Produk yang satu ini terbuat dari bahan katun yang lembut bagi si kecil. Namun, size terkecil baru bisa digunakan saat bayi Anda sudah berusia satu tahun. Dapatkan produk ini di tororo.com.
  • Choco
    Sweater buatan Choco dikenal dengan produk yang stylish dengan aksen hoodie dan tambahan tali kuning untuk mengatur size. Produk dari Choco bisa Anda cek di kicaukecil.com.
  • Bathi
    Produk yang satu ini juga tampil dengan cantik. Desain motif bintang-bintang dengan tambahan renda berwarna putih yang bisa menjadikan bayi Anda tampil modis dan menggemaskan. Bahannya yang aman dan nyaman juga baik bagi bayi Anda. Dapatkan produk ini di Playonpop.

Fleece menjadi jenis pakaian yang tepat untuk bayi selanjutnya. Karena, jenis pakaian ini dibuat dari bahan katun dan sebagian laginya adalah wool. Jadi, selain halus, juga akan baik dalam menyerap keringat. Jenis pakaian yang satu ini sebaiknya digunakan untuk aktivitas outdoor, terutama bila cuaca di luar sedang dingin. Sebab, bila digunakan pada musim panas, terutama di siang hari, tentu saja bayi Anda akan merasa gerah. Sebab, bahannya lebih tebal dan lebih kaku dari jenis pakaian lainnya.

Fleece

Ini merek Fleece rekomendasi dari BP-Guide untuk Anda :

  • Carters
    Produk yang satu ini lembut dan hangat untuk bayi Anda. Selain itu bahannya juga tidak mudah berbulu, meski sering dicuci. Salah satu produknya adalah Carters Double Fleece. Dijual seharga Rp. 85.000 di duniabayi.co.id.
  • Malinda Habits
    Produk Fleece Ladybird Bee Cosplay dari Malinda Habits terbuat dengan bahan Polar Fleece yang nyaman bagi bayi. Memiliki dua varian warna yakni kuning dan merah. Bisa Anda pesan langsung di situs resminya, malindahabits.com.
  • Cuddleme
    Produk Fleece dari Cuddleme membantu bayi Anda tetap hangat dan nyaman dalam balutan yang modis dan fashionable di musim dingin. Salah satu produknya adalah Cuddle Baby Cape. Kelebihan dari produk ini adalah bisa dibolak-balik, untuk mengganti motif dan coraknya. Anda bisa dapatkan produk dari Cuddleme di Clodimurah.

Legging Bayi

Sumber gambar www.childmode.com

Bayi Anda bisa juga dipakaikan legging. Namun perlu diingat, legging yang digunakan harus benar-benar nyaman dan membuat bayi tetap leluasa bergerak. Bahan dari legging yang Anda pilih juga harus lembut dan nyaman. Tidak apa-apa sedikit tebal, asalkan sirkulasi udara tetap lancar dan mampu menyerap keringat dengan baik. Lebih baik lagi bila legging yang Anda pilih bersifat elastis.

Anda juga bisa memadukan legging bayi dengan berbagai jenis pakaian lainnya, seperti sweater, pakaian panjang dan lainnya.

Berikut rekomendasi produk dan merek dari BP-Guide untuk Anda.

  • Cotton Rich Legging Rich Baby
    Leging impor yang langsung menutupi bagian bawah kaki. Aman, nyaman dan hangat untuk bayi Anda. Produk ini dapat dibeli di kiosbalita.com.
  • Hanaroo
    Salah satu produk dari Hanaro adalah Hanaro Legging Tutu. Dengan harga mulai dari Rp. 65.000 hingga Rp. 75.000, legging dari Hanaro sudah menawarkan bahan yang berkualitas dan desain yang lucu bagi bayi Anda. Bisa Anda dapatkan di Shopee atau toko online terpercaya lainnya.
  • Busha
    Celana dari busa memiliki banyak model dan ukuran. Celana ini cocok dikenakan baik musim panas maupun musim dingin, karena bisa mengatur sirkulasi udara yang baik di kaki bayi Anda. Salah satu produk andalannya adalah Busha Legging Pretty Bear. Dibuat dengan bahan katun sehingga legging ini nyaman di kaki bayi. Menjadi semakin elastis dengan paduan bahan spandex. Dapatkan produk ini di tororo.com.

Pelengkap Pakaian Bayi 1 Bulan yang Bisa Dijadikan Tambahan

Kaos Kaki Bayi

Sumber gambar www.blibli.com

Kaos kaki menjadi salah satu unsur penting yang tidak boleh dilewatkan oleh Anda. Selain menjaga kaki bayi tetap hangat di saat dingin, kaos kaki juga berguna melindungi kaki dari sengatan panas di musim panas. Jadi, dengan penggunaan kaos kaki yang tepat, Anda bisa menggunakannya baik di musim panas, maupun musim dingin sekaligus.

Bedong Bayi

Sumber gambar www.mataharimall.com

Membedong bayi memiliki banyak fungsi dan manfaat. Pertama, Anda akan menjaga suhu tubuh bayi tetap hangat, meski cuaca berganti. Hal itu bisa membuatnya lebih nyenyak saat tertidur. Selanjutnya tak kalah penting, dengan membedong bayi, Anda sudah menjaga bayi dari gerakan kejut yang bisa menganggu bayi dan berdampak buruk bagi dirinya. Gerakan kejut yang dalam bahasa lainnya disebut Refleks Moro ini bisa dikurangi bila Anda membedong bayi.

Pastinya, hindari bedong yang terlalu kencang sehingga bisa berbahaya bagi tubuh bayi Anda. Selain itu, hindari pula membedong bayi saat tubuh bayi sedang basah, atau bila sedang lapar. Ditambah lagi, Anda harus benar-benar memastikan bahwa bedong tersebut tidak menutupi wajah bayi. Pastikan juga bahan bedong bayi terbuat dari bahan yang lembut dan nyaman di kulit bayi.

Topi Bayi

Sumber gambar www.melondipity.com

Bagi bayi, topi memiliki dua fungsi. Pertama untuk menghindari panas matahari dan menjaga kepala tetap hangat saat musim dingin. Fungsi kedua, adalah untuk menunjang fesyen dari sang bayi agar terlihat menggemaskan.

Meskipun demikian, topi yang Anda pilihkan harus memiliki pori-pori yang besar untuk sirkulasi udara di kepalanya. Selain itu, hindari penggunaan topi selama sehari penuh, karena akan membuat panas tubuh di kepala akan tersimpan di balik topi yang membuat bayi Anda cepat gerah.

Berikut merek topi yang cocok untuk bayi Anda.

  • Weego
    Salah satu produk topi dari Weego adalah Wegoo Amigo Beanies Dino. Lucu serta menjadikan anak Anda terlihat semakin imut dan menggemaskan. Topi ini bisa digunakan untuk menghalau debu dan sinar matahari di saat musim panas. Atau untuk menjaga kepala bayi tetap hangat di musim dingin. Bahannya premium yang aman dan nyaman bagi bayi. Anda bisa membeli produk ini di orami.co.id.
  • Babyzania.
    Produk yang sudah berdiri sejak 2013 lalu ini memfokuskan diri untuk memproduksi pakaian bayi. Salah satunya adalah topi bayi, yakni Babyzania Topi Fashion Bayi. Topi berwarna biru ini didesain lucu dan menjadikan bayi Anda terlihat makin imut dan menggemaskan. Bahannya yang halus, membuat topi ini tetap nyaman digunakan. Bisa Anda beli di babyzania.com.
  • Fluffy.
    Brand pakaian anak dan bayi yang satu ini sudah tidak bisa diragukan lagi kualitas produknya. Khusus topi bayi, Fluffy menghadirkan Topi Bayi Fluffy Newborn. Kualitas yang teruji dan bahan yang bermutu tinggi menjadikan produk ini nyaman dan aman bagi bayi. Anda bisa memesan produk ini di Lazada.

Baby Blanket

Sumber gambar www.blibli.com

Selimut bayi bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran. Ada yang kaku, lembut, keras, berat, ringan dan macam-macam bentuk dan coraknya. Namun, perlu Anda ingat bahwa bahan selimut yang baik adalah yang terbuat dari bahan yang lembut dan tidak terlalu berat.

Berikut rekomendasi merek selimut bayi dari BP-Guide untuk Anda.

  • Baby Scots
    Produk yang satu ini hadir untuk Anda yang menginginkan selimut yang memiliki kenyamanan tinggi, berkualitas namun desainnya menarik. Selimut bayi dari Baby Scots bisa Anda lihat dan beli di Lazada dan toko online terpercaya lainnya.
  • Snobby
    Snobby muncul sebagai produsen pakaian dan perlengkapan bayi yang sanggup bersaing dengan merek lainnya. Sebab, produk yang dikeluarkan oleh PT. Tirai Pelangi Nusantara ini menjaga kualitas dan desainnya sehingga bisa dipercaya, aman dan nyaman digunakan. Salah satu produk selimut bayi andalannya, Snobby TPB 1531 Baby Blanket Topi Soft Color Marbles merupakan selimut yang dilengkapi dengan penutup kepala. Bahannya yang lembut, sehingga bayi bisa nyaman tidur dan tetap hangat. Anda bisa membelinya di blibli.com.
  • Dialogue Baby
    Satu lagi produk yang perlu diperhitungkan adalah Dialogue Baby. Selimut yang dibuat oleh merek ini punya kualitas, bahan dan desain yang menarik dan berstandar tinggi. Salah satunya Selimut Bayi Topi Sailor Series. Dihias dengan motif beruang yang lucu, juga dilengkapi topi yang bisa dipasang dan di lepas. Produk ini bisa Anda pesan di orami.co.id.
From our editorial team

Pakaian Bayi yang Nyaman dan Keren untuk Bayi Satu Bulan

Saat ini, telah banyak di pasaran pakaian bayi yang keren dan lucu. Bahannya juga nyaman dan tidak menyebabkan biang keringat. Anda bisa mendandani bayi Anda layaknya boneka. Jadi si kecil juga bisa ikut bergaya bersama Anda.