Butuh Sofa Pengisi Rumah Minimalis? Kami Punya 10 Rekomendasinya untuk Anda (2020)

Butuh Sofa Pengisi Rumah Minimalis? Kami Punya 10 Rekomendasinya untuk Anda (2020)

Sumber gambar pixabay.com

Sofa menjadi furnitur wajib yang ada di setiap hunian. Anda perlu tahu cara memilih sofa yang tepat untuk rumah minimalis. Simak tips dari kami, yuk!

Sofa, Elemen Penting Pengisi Hunian yang Memiliki Banyak Fungsi

Sumber gambar pixabay.com

Sofa merupakan salah satu elemen yang sangat dibutuhkan di setiap hunian. Sofa hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna untuk bisa disesuaikan dengan kebutuhan di setiap hunian. Barang yang satu ini biasanya diletakkan di ruang tamu ataupun di ruang keluarga sebagai dudukan yang nyaman.

Sofa adalah dudukan yang lebih nyaman ketimbang kursi karena memiliki bantalan empuk semacam busa yang dilapis dengan kain. Bentuk sofa pun lebih beragam dari kursi biasa sehingga lebih enak dilihat. Fungsi sofa pun beragam karena tak hanya sekadar dijadikan tempat duduk biasa saja. Selain bisa sebagai tempat pelepas lelah usai bekerja dan lain sebagainya, sofa juga bisa digunakan sebagai elemen estetika.

Dengan bentuk dan corak yang menarik, sofa bisa jadi elemen estetis untuk memberi pengaruh besar pada visual suatu ruangan. Anda bisa memilih bentuk, warna, dan desain sesuai dengan tema ruangan supaya bisa terlihat lebih menyatu dengan ruangan tempatnya diletakkan.

Jika misalnya ruangan Anda minimalis, terntu tak mungkin memberi sekat berupa dinding karena bisa berkesan makin sumpek. Anda bisa jadikan sofa sebagai pembatas ruangnya. Contohnya untuk mempertegas ruang tamu dan ruang keluarga. Pilih sofa yang bentuknya panjang supaya bisa makin jelas sebagai pembatas ruang, ya.

Sofa juga bisa jad tempat tidur cadangan. Sekarang ini ada sofa yang bisa dilipat dan dipanjangkan. Jadi ketika akan dipakai sebagai tempat tidur, tinggal panjangkan saja lipatan seater-nya. Lalu jika hendak dipakai duduk, tinggal lipat lagi. Ini tentu bisa menghemat ruang yang ada di rumah.

Sofa Minimalis, Pilihan Tepat untuk Rumah Minimalis

Sumber gambar pixabay.com

Sekarang ini tren gaya rumah terus berganti seiring perkembangan zaman. Dan kini tren minimalis masih merajai gaya rumah. Minimnya lahan dan kebutuhan akan hunian yang membludak membuat rumah model minimalis jadi pilihan tepat. Meski minimalis, namun rumah tetap terkesan indah dan nyaman dihuni asalkan Anda pandai mengaturnya.

Untuk rumah yang minimalis, memilih perabotan untuk mengisinya juga harus cermat. Salah pilih ukuran perabot bisa berakibat fatal karena membuat rumah terkesan lebih sempit. Anda wajib memilih dan memilah barang dan furnitur apa untuk diletakkan dalam rumah minimalis agar bisa memberikan kesan yang pas tanpa membuat rumah terlihat terlalu sempit.

Begitu pula saat memilih sofa untuk rumah minimalis. Usahakan memilih sofa dengan jenis atau tipe minimalis agar sesuai dengan rumahnya. Sofa minimalis bisa jadi pilihan supaya rumah Anda bisa tampak lebih nyaman dan juga lebih sesuai dengan tema yang dihadirkan dalam rumah tersebut.

Tips Memilih Sofa Minimalis untuk Hunian Nyaman

Pilih Ukuran Sofa yang Sesuai dengan Ukuran Ruangan

Sumber gambar pixabay.com

Ketika hendak memilih sofa untuk rumah minimalis, ada baiknya Anda mempertimbangkan ukurannya. Sesuaikan ukuran sofa dengan ukuran ruangan tempatnya diletakkan. Ukur dulu panjang dan lebar sofa yang diinginkan sebelum Anda memutuskan membeli sofa. Jika sudah tahu ukuran yang pas, maka Anda bisa segera memilih sofa sesuai dengan ukuran yang Anda perkirakan.

Kalkulasi juga ukuran barang lainnya jika Anda bermaksud menambahkannya. Misalnya kursi, meja, karpet dan lainnya. Dengan memperkirakan ukuran masing-masing, maka Anda bisa mendapat gambaran yang pas mengenai ukuran sofa yang akan Anda beli.

Sebagai pertimbangan, jika ruangannya kecil, maka ada baiknya untuk membeli sofa ramping dengan kaki yang tinggi supaya kesan ruangan jadi lebih lapang. Untuk ruang yang sedikit luas, Anda bisa membeli sofa ukuran besar supaya lebih nyaman untuk diduduki.

Pilih Warna dan Motif yang Sesuai

Sumber gambar pixabay.com

Ketika akan membeli sofa, tak jarang kita dibingungkan dengan bentuk, warna, dan motif yang ditawarkan. Anda harus paham bahwa warna dan corak sedikit banyak bisa mempengaruhi tema ruangannya. Kebanyakan orang lebih suka memilih warna aman dan netral seperti abu-abu atau kuning gading. Namun banyak juga yang berani bermain dengan warna-warna yang tegasseperti merah hati, biru tua, dan lain sebagainya.

Anda bisa juga menyesuaikan warna sofa dengan warna benda lain yang ada di ruangan tersebut. Bisa diserasikan dengan warna dinding dan bisa juga diserasikan dengan warna gorden atau karpetnya. Anda boleh juga memilih sofa warna polos supaya tak ribet. Jika ingin menambahkan corak, Anda bisa pilih bantal sofa yang diberi sarung dengan aneka corak supaya kesannya lebih meriah.

Cek Bahan Sofa dan Pelapisnya

Sumber gambar pixabay.com

Jangan lupa untuk mengecek bahan sofa saat akan membelinya. Mulai dari bahan busanya, bahan kayu atau besi pada kaki sofa, hingga bahan pelapis sofanya. Pilih kualitas busa atau dakron yang bagus sebagai isian sofanya. Meski harganya akan lebih mahal, namun tentu kualitas dan keawetannya lebih terjamin. Ada beberapa bahan yang umum dipakai sebagai pelapis sofa, seperti poliester, kulit sintetis, denim, hingga bahan oscar.

Ada baiknya Anda menyesuaikan pemilihan bahan pelapis sofa dengan kebiasaan orang yang ada di rumah. Misalkan di rumah ada anak kecil, maka sebaiknya memilih bahan pelapis sintetis yang lebih mudah dibersihkan jika si kecil menumpahkan makanan atau minuman.

Atau bisa juga memilih bahan pelapis sofa sesuai dengan kesan yang ingin Anda hadirkan. Misalnya Anda ingin menghadirkan kesan klasik, maka bahan pelapis berupa kulit asli bisa jadi pilihan. Bahan kulit asli warnanya tak akan cepat pudar dan lebih awet.

Sesuaikan dengan Bujet

Sumber gambar pixabay.com

Sesuaikan sofa yang akan Anda beli dengan bujet yang Anda miliki. Jangan khawatir, masih banyak kok sofa murah yang berkualitas yang bisa jadi pilihan Anda. Fokuslah pada kebutuhan Anda, jangan hanya karena gengsi lalu membeli sofa mahal. Akibatnya keuangan Anda jadi kurang sehingga Anda jadi kesulitan untuk kedepannya.

Jika menginginkan sofa yang berkualitas dan berharga mahal, ada baiknya Anda menabung dahulu. Namun jika sudah sangat butuh, tak ada salahya memilih sofa yang sedikit lebih murah dan sesuai dengan bujet yang Anda miliki dahulu. Umumnya harga sofa yang murah berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 2 juta.

Ini Dia Rekomendasi Sofa Minimalis untuk Melengkapi Hunian Anda

Kenway 2-Seater Sofa

Untuk rekomendasi sofa pertama, Anda bisa membeli Kenway 2 Seater Sofa. Dudukan yang satu ini cocok untuk rumah minimalis karena desainnya simpel. Dengan kapasitas duduk untuk dua orang, kursi ini memiliki dimensi 110 x 77 x 48 cm. Sandaran punggungnya bisa menopang tubuh dengan nyaman. Anda bisa bersantai bersama orang terkasih di sofa yang satu ini. Sofa ini memakai bahan kain sebagai pelapisnya sehingga sangat nyaman digunakan.

Harga Rp. 2.700.000-3.500.000

Ikea HAMMARN Sofa Tempat Tidur

Selanjutnya ada Ikea HAMMARN Sofa yang bisa Anda pilih. Produk yang satu ini bisa juga dijadikan tempat tidur yang cukup untuk dua orang. Sofa ini cocok untuk rumah minimalis. Bahan sofanya elastis sehingga nyaman baik untuk tidur atau untuk duduk. Rangkanya menggunakan bahan baja yang dilapis serbuk epoxy. Kain pelapisnya berbahan poliester dan diisi busa poliuretana yang empuk dan nyaman. Sarung sofanya mudah dibersihkan karena dapat dilepas dan dicuci.

Harga Rp. 1.800.000-2.030.000

Sofa Atria Barnie L Shape

Sofa Atria Barnie L Shape ini juga bisa jadi pilihan. Sofa yang satu ini bisa menampung banyak orang sehingga cocok diletakkan di ruang keluarga. Anda bisa meletakkannya di sudut ruang atau di tengah ruangan. Dengan dimensi 194 x 136 x 82 cm, sofa ini tak akan memakan banyak tempat. Produk ini hadir dengan warna netral sehingga bisa menyesuaikan berbagai tema ruang. Bagian bangku dan bantalnya berbahan kain sementara kaki sofanya berbahan kayu.

Harga Rp. 3.999.000-6.678.000

Dekoruma Hiro Sofa 2 Seater Scandinavian

Ada juga Dekoruma Hiro Sofa 2 Seater Scandinavian yang bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini berukuran 144 x 81 x 85 cm. Dengan gaya Japanese Scandinavian, tentu saja sofa ini keren untuk mengisi rumah minimalis Anda. Kaki sofa menggunakan bahan kayu yang kokoh sehingga tak mudah patah. Bagian sandaran dan dudukan bisa dilepas untuk dibersihkan. Pelapis sofanya dari kain woven sementara isian sandaran dan bantalan sofanya dari bahan foam.

Harga Rp. 2.769.000-4.000.000

Dekoruma Oda Sofa Bed Minimalis Kain Woven Biru Tua

Jangan lewatkan juga Dekoruma Oda Sofa Bed Minimalis. Produk ini hadir dengan warna biru tua. Dengan kain pelapis bahan woven, sofa ini sangat nyaman ditempati. Kakinya berbahan plastik yang kuat. Isian bantalan sofanya dari foam yang tak mudah kempis. Sofa ini cocok untuk rebahan atau duduk santai setelah bekerja keras.

Harga Rp. 1.289.000-1.948.000

Sofa Aster 2 Seater

Sofa Aster 2 Seater adalah pilihan selanjutnya untuk Anda. Produk yang satu ini terbuat dari bahan kayu, kain gail, dan busa super. Dengan warna netral, Anda tak perlu repot memadupadankan dengan ruangan tempatnya diletakkan. Sofa ini bisa memberikan kenyamanan untuk berkumpul bersama keluarga. Pastinya sofa ini bisa mempercantik ruangan minimalis Anda.

Harga Rp. 1.709.000-1.999.000

Sofa Minimalis - Retro Tammy

Sofa Minimalis - Retro Tammy ini juga bisa jadi pilihan keren Anda. Produk yang satu ini hadir dengan panjang 145 cm dan lebar 70 cm. Sofa dengan tinggi 75 cm ini cocok diletakkan di berbagai ruangan. Anda bisa pesan warna dan ukuran lainnya juga. Produk ini dijamin bisa bikin Anda rileks saat mendudukinya.

Harga Rp. 1.750.000-2.608.000

SOFA NESYA RETRO (SCANDINAVIAN 2 SEAT) CLASSIC MINIMALIS MEWAH DAN MURAH

SOFA NESYA RETRO juga bisa jadi pilihan Anda berikutnya. Sofa yang satu ini hadir dalam beragam pilihan warna yang cantik sehingga bisa memperindah ruang keluarga atau ruang tamu Anda. Sofa ini begitu empuk dan nyaman digunakan. Ukurannya 150 x 75 cm dan pas untuk dudukan dua orang. Dilengkapi pula dengan bantal beresleting yang bisa diganti sarungnya. Isian sofa adalah busa inoac super yang tak mudah kempes. Kaki sofa terbuat dari bahan mahoni magnium sehingga kokoh dan tahan lama.

Harga Rp. 1.900.000-3.600.000

Sofa Set Minimalis 2 & 1 Dudukan

Sofa Set Minimalis 2 & 1 Dudukan merupakan produk lainnya rekomendasi dari kami. Sofa yang satu ini cocok untuk ruang tamu minimalis. Bisa juga untuk diletakkan di ruang keluarga. Produk ini hadir dalam warna biru yang tegas. Bantalannya begitu empuk dan nyaman ditempati. Kaki sofanya juga dari kayu yang kuat sehingga tak mudah rusak.

Harga Rp. 3.000.000-4.000.000

Dekoruma Daito Sofa Bed atau Sofabed Minimalis

Dekoruma Daito Sofa Bed menjadi rekomendasi terakhir kami. Sofa yang satu ini hadir dalam ukuran 179 x 82 x 74 cm. Produk ini bisa digunakan sebagai tempat tidur juga. Bahan dudukan dan sandarannya berbahan foam yang empuk dan berkualitas. Bahan pelapis sofanya dari kain woven sementara bahan kaki sofa terbuat dari plastik. Sofa ini cocok untuk berkumpul keluarga, menonton film, dan lain sebagainya. Desainnya keren dan warnanya juga oke sehingga bisa mempercantik ruangan.

Harga Rp. 1.147.000-3.313.000
From our editorial team

Rawatlah Sofa agar Awet

Perabot di dalam rumah termasuk sofa musti dirawat agar awet dipakai. Namun jika ada sedikit masalah yang timbul, Anda tidak perlu buru-buru membeli sofa baru. Misalnya jika bahan pelapisnya sobek atau kerangka sofa bermasalah, Anda bisa membawanya ke bengkel perbaikan sofa untuk diperbaiki. Jika ada noda pada sofa, Anda bisa membersihkannya sendiri dengan cairan pembersih khusus.

Tag