Berkunjung ke Rantau Prapat di Sumatera Utara, Ini Rekomendasi 10+ Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi

Berkunjung ke Rantau Prapat di Sumatera Utara, Ini Rekomendasi 10+ Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi

Berwisata ke Sumatera Utara, tentunya agak kurang afdol kalau tidak berkunjung pula ke Rantau Prapat, kota kecil yang terletak di pinggir Danau Toba. Selain bisa menikmati asrinya pemandangan Danau Toba, Anda juga bisa menenangkan diri di sejumlah rekomendasi tempat wisata di daerah itu. Apa saja? Simak ulasan BP-Guide berikut ini, yah.

Rantau Prapat Adalah Kota Kecil yang Sejuk di Tepi Danau Toba

Siapa dari kalian yang pernah menuju Rantau Prapat? Pastinya beberapa masih merasa asing dengan tempat ini. Jika kamu belum tahu tempat apa ini, Rantau Prapat merupakan sebuah kota kecil yang berhawa sejuk. Lokasinya ada di tepi Danau Toba sehingga membuat pemandangan di Rantau Prapat begitu memukau.

Pada tahun 2003 Rantau Prapat berubah dari kota administratif menjadi kota kecamatan. Ini karena Rantau Prapat tak bisa memenuhi syarat dari peningkatan daerah otonom. Dari segi nama, Rantau Prapat merupakan tempat persinggahan orang perantau maka jadilah dinamakan demikian.

Kota dengan komoditi penghasilan karet yang besar ini juga menjadi kota penghasil sawit. Ada banyak objek wisata menarik yang bisa kamu dapati di Rantau Prapat mulai dari air terjun hingga pemandangan bukit yang indah. Mari telusuri wisata Rantau Prapat bersama BP-Guide.

Banyak Bangunan Tua dengan Gaya Arsitektur Kolonial di Rantau Prapat

Mengunjungi Rantau Prapat maka kamu akan bisa menikmati keindahan kota tua. Bisa dibilang seperti itu karena ada banyak sekali bangunan tua dengan gaya arsitektur kolonial yang masih berdiri tegak.

Misalnya saja Stasiun Teluk Mengkudu di Serdang Bedagai. Bangunannya bergaya arsitektur kolonial dan hingga kini masih mengoperasikan kereta api dari Medan ke Rantau Prapat.

Ada juga kantor telepon Koetaradja. Dulu tempat ini digunakan untuk mengirim telegraf. Tempat ini didirikan pada masa Belanda menjajah Indonesia. Selain kedua tempat tersebut ada pula beberapa bangunan tua lain seperti rumah ibadah hingga sekolah.

Bagaimana Cara Menuju Tempat Wisata Rantau Prapat?

Wisata Rantau Prapat memang belum begitu dikenal luas. Kendati demikian daerah wisata ini tak pernah sepi pengunjung. Merupakan ibukota kabupaten Labuhanbatu, tempat ini juga sekaligus sebagai kelurahan di kecamatan Rantau Utara.

Memiliki sungai Bilah yang dikenal sangat besar, Rantau Prapat juga memiliki pusat perbelanjaan disebut Suzuya Plaza. Untuk menuju ke Rantau Prapat bisa dengan menaiki Kereta Api dari Medan. Jarak yang ditempuh sekitar 6 hingga 7 jam lamanya.

10 Tempat Wisata di Rantau Prapat Ini Sangat Memukau

Air Terjun Linggahara

Sumber gambar blogspot.com

Wisata yang satu ini merupakan tempat yang ada di Lingkungan Makmur di kelurahan Lobusona kecamatan Rantau Selatan. Hanya butuh 20 menit dari pertigaan jalan By Pass Rantau Prapat. Karena berupa air terjun tentu saja lingkungan sekitarnya jadi sejuk dan segar.

Ada fasilitas berupa joglo jadi bisa buat bersantai bersama. Dengan nuansa alam yang mempesona wisata ini pas untuk keluarga. Berlokasi dekat hutan lindung mejadikan wisata ini banyak diminati utamanya kala cuti libur kerja. Air terjun setinggi 30 meter ini banyak menarik decak kagum pengunjung yang hadir. Untuk masuk ke tempat ini kamu butuh dana sebesar Rp 8.000 saja.

Rindu Alam Aek Buru

Sumber gambar instagram.com

Untuk wisata favorit masyarakat Rantau Prapat adalah Aek Buru. Wisata satu ini berupa alam liar dengan bebatuan besar dan sungai-sungai indah. Tempatnya ada di jalan Aek Buru Batu Tunggal di kabupaten Labuhanbatu Utara di Sumatera Utara.

Berdekatan dengan kota Rantau Prapat lokasinya mudah dijangkau naik kereta api lalu naik angkutan umum maupun becak. Berada di desa Aek Ronggas Kualuh Selatan Labura, tempatnya memiliki pemandangan hijau yang menakjubkan.

Hadabuan Hill

Sumber gambar allevents.in

Sumatera memang memiliki banyak tempat mengagumkan. Hadabuan Hill salah satunya yang banyak menyedot perhatian. Wisata ini ada di desa Pematang di dusun Napomar di kecamatan NA IX-X Labuhanbatu Utara.

Untuk masuk ke Hadabuan Hill kamu butuh menuju dusun Napompar dulu. Lanjutkan dengan berjalan kaki selama 2 jam untuk menuju puncaknya. Kamu bisa menyaksikan batuan granit besar yang menjadi dinding pada sepanjang perjalanan. Di Hadabuan Hill kamu bisa melihat aneka keragaman fauna dan flora. Mulai dari Badak Sumatera hingga Tapir bisa kamu temukan di sini.

Pulau Sikantan

Sumber gambar www.negerikuindah.com

Pulau ini lokasinya unik karena adanya di tengah Sungai Barumun. Lokasinya 90 km dari kota Rantau Prapat. Tepatnya ada di muara pertemuan sungai Bilah dan Barumun.

Kamu bisa jadikan pulau cantik ini sebagai tempat guna menghabiskan liburan. Lokasinya paling pas untuk hunting foto bersama teman serta keluarga. Dengan pemandangan indah pulau ini dikelilingi banyak aliran sungai dimana sungainya jadi sumber utama air penduduk. Kamu bisa dengan mudah mendapat ikan terubuk di sungai pada pulau Sikantan.

Pantai Monyet

Sumber gambar mudanews.com

Berlokasi di Desa Padang Mahondang Labura, pantai ini berada di tengah hutan. Lokasinya banyak jadi tempat liburan warga dari Labuhanbatu serta Labura. Destinasi wisata ini perlu waktu satu jam untuk mengunjunginya.

Kamu akan menikmati butiran air yang jatuh dari atas bebatuan tinggi yang mengelilingi pantai monyet. Selain itu kamu juga bisa main perahu yang disewakan. Ada juga air terjun deras dimana kamu bisa puas berenang. Umumnya penduduk menamakan lokasi ini dengan Teluk Ginjang atau Tangkahan Haji Ghani.

Pulo Bisky

Sumber gambar instagram.com

Pada tahun 1990an Pulo Bisky menjadi sangat terkenal dan ternama. Tempat ini merupakan pemandian tersohor karena airnya jernih dan segar dengan bebatuan alam. Udaranya sejuk bikin betah siapa pun tinggal di sini.

Ramai didatangi pengunjung serta ada banyak acara yang bisa diadakan di sini dari pesta perpisahan atau acara keluarga. Umumnya pengunjung banyak membawa sendiri makanannya karena tempatnya nyaman untuk acara makan bersama.

Berada di desa Simonis kecamatan Aek Natas Pulo Biski adalah sungai dengan pesona indah. Di sini orang bisa bermain air sepuasnya sembari menikmati keindahan perbukitan di sepanjang sungai.

Turunan Sikkam

Sumber gambar instagram.com

Ini adalah pemandian alam ternama di Rantau Prapat. Jalan menuju kemari bisa dibilang cukup ekstrim. Kamu harus naik gunung serta melewati lembah dan juga menaiki tebing curam.

Kendati demikian pemandangannya pun sangat alami. Berada di Desa Poldung yang merupakan desa tertua di Labura, Turunan Sikkam ini lokasinya di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi atau diakses dari kota Aek Kanopan dalam waktu 2 jam sembari trekking lokasi sungai.

Air Terjun Bertingkat

Sumber gambar liputan6.com

Kala berkunjung ke wisata Rantau Prapat kamu bisa ke air terjun bertingkat. Lokasinya ada di desa Hatapang. Seringkali air terjun ini juga disebut sebagai air terjun Aek Sijomi.

Wisata ini memiliki muara air jernih dan aman digunakan anak bermain air. Untuk menuju ke air terjun ini sedikit susah. Ini karena kamu harus berjalan kaki untuk melintasi jembatan gantung pada sungai Sayur Matinggi. Untuk masuk kemari kamu butuh Rp 3.000 untuk tiket masuknya dan Rp 2.000 untuk parkirnya.

Aek Ronggas

Sumber gambar facebook.com

Aek Ronggas ini juga cocok sebagai destinasi wisata. Ini merupakan spot dataran tinggi yang menawarkan pemandangan alam yang indah. Lokasinya ada di kecamatan Kualuh Selatan Labura.

Tempat ini paling pas untuk olahraga seperti paralayang. Ada pemandangan hijau yang memukau dan menyegarkan mata di tempat ini. Kamu bisa menikmati pula udara sejuk khas pegunungan saat berada di puncak perbukitan.

Hajoran

Sumber gambar youtube.com

Lokasinya ada di Desa Hatapang di Labura. Tergolong unik dan paling berbeda karena keindahannya juga eksotis. Nikmati indahnya wisata Labura ini dengan keluarga dan kawan dekat.

Keindahan hutan lebat dengan pepohonan hijau dan udara sejuk bisa bikin kamu betah berada di tempat ini. Kamu juga bisa menikmati indahnya fauna di daerah ini. Segera camping saja di Hajoran ini. Lokasinya ada di kecamatan Padang Bolak Sumatera Utara.

From our editorial team

Nikmati Indahnya Pemandangan Alam Sambil Bermain Air

Saat berkunjung ke Rantau Prapat, maka siap-siap membawa baju ganti, yah. Sebab, sebagian besar tempat wisata asyik yang akan Anda kunjungi adalah wisata air. Jangan buang-buang waktu dengan hanya memandang gemericik air yang begitu jernih, ayo melompat dan menceburkan diri ke air dan nikmati kesejukannya. Yuk, ke Rantau Prapat!

Tag