Rekomendasi Bracket TV yang Memudahkan Anda Menghemat Ruang Sempit (2021)

Rekomendasi Bracket TV yang Memudahkan Anda Menghemat Ruang Sempit (2021)

Punya TV besar tapi ruangan sempit? Tenang saja, ada bracket TV yang akan membantu Anda menghemat ruang. Bracket TV tersedia dalam berbagai tipe yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Yuk, simak rekomendasi terbaik produknya dari BP-Guide berikut ini!

Bracket TV Bisa Jadi Solusi Menyiasati Ruang Terbatas

Mengatur ruang yang sempit dan cenderung terbatas memang memiliki tantangan tersendiri. Jika salah memilih atau menempatkan barang, ruang bisa terlihat penuh sesak. Salah satu yang harus dipikirkan adalah posisi TV yang tepat.

Jika ruangan terbatas, menempatkan TV di atas meja bisa membuatnya terlihat penuh dan kurang enak dilihat. Untungnya ada bracket TV yang memungkinkan Anda untuk menempelkan TV di dinding sekaligus menghemat ruang. Ternyata, bracket TV juga punya jenis lain selain yang ditempel di dinding. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Langkah Mudah Memasang Bracket TV Sendiri

Siapkan Alat dan Baut

Langka pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan alat dan bautnya. Alat-alat lain yang mungkin Anda butuhkan adalah kunci inggris, meteran, obeng, bor, hingga palu. Sementara untuk baut biasanya sudah disediakan bersama dengan bracket yang Anda beli. Jika baut belum tersedia, pastikan Anda membeli baut sesuai kebutuhan.

Tentukan Posisi Pemasangan TV

Setelah semua persiapan selesai, berikutnya adalah menentukan di mana posisi TV akan dipasang dan berapa ketinggiannya. Ini sangat penting karena berkaitan dengan kenyamanan Anda saat menonton TV. Tentukan ketinggian yang ideal, tidak terlalu tinggi namun juga tidak terlalu rendah.

Tandai dan Lubangi Titik di Dinding

Berikutnya adalah menandai titik di dinding yang akan dipasang bracket dengan menggunakan pensil. Ini akan memudahkan Anda untuk melubanginya nanti. Sedangkan untuk membuat lubang di dinding, Anda akan memerlukan bor. Bila perlu gunakan waterpass untuk memastikan lubang yang Anda buat lurus sehingga ketika sudah dipasang bracket, posisi TV tidak miring.

Pasang Bracket TV

Memasang bracket ke dinding yang sudah dilubangi adalah langkah yang sangat penting. Di sinilah Anda harus memastikan bracket terpasang dengan benar agar dapat menopang berat TV. Kencangkan baut, lalu tutup dengan topi baut, dan kencangkan dengan kunci inggris. Berikutnya, pasang tiang bracket dalam posisi yang sejajar dan sesuai dengan lubang di bagian belakang TV.

Pasangkan TV pada Bracket

Terakhir, Anda tinggal memasangkan TV pada bracket yang sudah menempel di dinding. Sejajarkan lubang pada tiang bracket dengan lubang yang ada di belakang TV, lalu kunci dengan baut yang ukurannya sesuai. Setelah itu, rapatkan dengan kunci inggris. Cek apakah TV sudah terpasang dengan kokoh.

Jenis Bracket TV yang Dijual di Pasaran

Wall Bracket

Wall bracket adalah jenis yang paling banyak ditemui dan banyak digunakan di rumah. Ini adalah penyangga yang bisa Anda pilih jika Anda ingin menempelkan TV di dinding dengan tujuan untuk menghemat ruang. Cocok untuk Anda yang punya hunian sempit atau ingin memasang TV di dalam kamar.

Standing Bracket

Sesuai dengan namanya, ini adalah bracket dengan dua tiang penyangga tinggi. Tidak seperti wall bracket, kelebihan standing bracket adalah sangat fleksibel dan mudah dipindahkan. Bisanya standing bracket dilengkapi dengan roda di bagian bawahnya agar mudah dipindahkan.

Ceiling Bracket

Terakhir ada ceiling bracket yang digantungkan di atap. Bracket seperti ini sangat sering dijumpai di tempat umum, perkantoran, atau ruang publik. Sama seperti wall bracket, ceiling bracket sifatnya permanen dan tidak dapat dipindah-pindah.

Rekomendasi Bracket TV yang Bisa Anda Dapatkan

Bracket TV Bervin BWB-A1932

Bracket TV Bervin BWB-A1932 menjadi produk pertama yang direkomendasikan untuk Anda. Terbuat dari material yang kuat sehingga mampu menahan beban TV berukuran besar. Bracket ini dirancang untuk TV mulai ukuran 32 inci sampai 60 inci. Maksimal berat yang dapat ditahan oleh Bervin BWB-A1932 adalah 35 kg.

Produk ini dapat diatur tingkat kemiringannya hingga 10 derajat, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan sudut pandangan yang paling nyaman. Di dalam kemasan produk juga sudah dilengkapi dengan baut, mur, fisher, dan buku panduan untuk pemasangan.

Harga Rp. 100.000-150.000

LOOKTECH 65S TV Stand Mount

Jika Anda tidak ingin melubangi dinding dengan bracket permanen, LOOKTECH 65S TV Stand Mount bisa jadi pilihan yang tepat. Bracket ini dilengkapi dengan roda yang membuatnya dapat dipindahkan dengan mudah. Manajemen kabel yang diatur sedemikian rupa juga membuat tampilannya terlihat lebih rapi.

Dengan desain yang ramping dan ringkas, produk ini mampu menahan beban hingga 40 kg lho. Sangat ideal untuk TV berukuran 32 sampai 65 inci. Standing bracket ini juga sangat stabil dan tidak mudah goyang saat dipindah. Ketinggiannya juga dapat diatur, yaitu 1 atau 2 meter.

Harga Rp. 1.200.000-1.800.000

Sanus TV Bracket

Bicara soal kekuatan, Anda tidak perlu meragukan Sanus TV Bracket. Produk ini terbuat dari bahan baja yang dikenal kokoh dan mampu menahan beban yang sangat berat. Ditambah dengan desain minimalis sehingga bracket ini tidak memakan banyak ruang.

Anda juga dapat mengatur dan menyesuaikan sudut kemiringan hingga mendapatkan posisi ternyaman. Meski Anda dapat mengaturnya dengan mudah, bracket ini sangat kokoh dan tahan guncangan, sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan keamanan TV yang digantung di dinding.

Harga Rp. 60.000-100.000

Innovo WB-327 Ultra Slim Wall Bracket

Innovo WB-327 Ultra Slim Wall Bracket memang lebih mahal dibandingkan bracket TV umumnya. Namun Anda tidak akan kecewa dengan tampilannya yang ramping dan elegan. Selain itu, bracket ini juga dapat digunakan untuk TV berukuran 23 sampai 46 inci dengan berat maksimal 40 kg. Dengan jarak yang hanya 2 cm dari dinding, TV tidak terlihat terlalu menonjol sehingga estetika ruangan tetap terjaga.

Harga Rp. 350.000-550.000

Oximus Hydra YL02 Bracket Meja

Jangan kira bracket TV hanya berguna untuk menyangga TV saja ya. Anda juga bisa menggunakannya untuk menyangga monitor berukuran kecil. Misalnya seperti Oximus Hydra YL02 Bracket Meja yang didesain khusus untuk sepasang monitor berukuran 27 inci.

Keunggulan dari produk ini adalah dapat diputar dan dimiringkan sesuai keinginan. Cocok digunakan di atas meja atau untuk ruangan kecil dan terbatas. Soal kekuatan tidak perlu diragukan lagi. Bracket ini dilengkapi dengan perekat kuat di sisi kanan dan kiri untuk menambah daya cengkeramnya.

Harga Rp. 600.000-650.000

KENZO KZ 62 Bracket Ceiling

KENZO KZ 62 Bracket Ceiling sangat cocok digunakan untuk ruang yang besar atau di tempat-tempat pelayanan publik. Ini adakah bracket yang digantungkan di langit-langit, mampu menunduk hingga kemiringan 15 derajat.

Dengan daya cengkeram yang besar dan tiang flesksibel, bracket ini dapat digantung hingga 60 sampai 1115 cm dati langit-langit. Jangan sepelekan tiang penyangga bracket yang ramping ya. Produk ini mampu menahan beban maksimal 60 kg, lebih besar dari bracket TV pada umumnya.

Harga Rp. 400.000-500.000

Animax Bracket TV

Animax Bracket TV menjadi produk selanjutnya yang direkomendasikan untuk Anda. Bracket ini dapat digunakan untuk TV berukuran 14-42 inci. Desainnya dirancang sedemikian rupa untuk menyangga TV dengan kuat ketika ditempelkan ke dinding.

Namun perlu diperhatikan bahwa beban maksimal yang mampu ditanggung oleh Animax Bracket TV hanya 25 kg saja. Jadi sebelum membeli produknya, pastikan Anda tahu berapa berat TV Anda.

Harga Rp. 100.000-150.000

NBP4 North Bayou Bracket TV

Saat menempelkan TV di dinding dengan bracket, manajemen kabel harus dipikirkan dengan baik. Jangan sampai kabel terlihat berantakan hingga mengganggu pemandangan. NBP4 North Bayou Bracket TV bisa memberikan solusi atas masalah tersebut.

Produk ini dilengkapi dengan fitur manajemen kabel yang membuatnya jadi lebih tertata rapi dan indah. Ukuran TV yang mampu disangga oleh bracket ini adalah 32-55 inci dengan berat maksimal 31,8 kg. Keunggulan yang ditawarkan oleh NBP4 North Bayou Bracket TV adalah dapat digeser ke segala arah dengan kemiringan mencapai 180 derajat. Selain itu, bahan pembuatnya adalah SPCC yang kokoh dan kuat untuk menyangga TV yang berat.

Harga Rp. 150.000-200.000

Krisbow Bracket Stand Monitor

Siapa yang tidak kenal dengan merek Krisbow? Ini adalah merek lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan merek dari mancanegara. Krisbow Bracket Stand Monitor menjadi salah satu produk unggulan mereka.

Bracket TV ini terbuat dari kombinasi bahan aluminium yang ringan dan besi yang sangat kokoh untuk menopang TV. Berbeda dengan bracket TV pada umumnya, bracket ini mampu diputar sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hanya saja, produk ini hanya mampu menampung TV maksimal berukuran 30 inci saja.

Harga Rp. 650.000-1.300.000

Hiro Bracket TV Standing

Produk terakhir yang direkomendasikan kepada Anda adalah Hiro Bracket TV Standing. Dengan produk ini, Anda tidak bingung menempelkan TV di dinding atau meletakkannya di meja. Bracket ini hadir dengan model standing sehingga bisa dipindahkan ke ruangan lain dengan mudah. Tingginya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Bracket ini dapat menahan beban maksimal hingga 45 kg, cocok untuk TV 15 sampai 40 inci. Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi dengan rak yang bisa dilipat sebagai tempat remote, DVD, dan aksesori TV lainnya.

Harga Rp. 650.000-1.000.000
From our editorial team

Jika Tidak Yakin, Jangan Coba Pasang Bracket TV Sendiri

Anda memang bisa memasang bracket TV sendiri sesuai dengan petunjuk dari BP-Guide di atas. Namun jika Anda tidak yakin atau belum berpengalaman memasang bracket TV sendiri, sebaiknya jangan coba-coba ya! Mintalah bantuan ahlinya sehingga Anda tidak perlu menanggung risiko TV yang mungkin terjatuh karena pemasangan bracket yang tidak kokoh.