Tren Rok Pendek Ala K-pop dan 10 Rekomendasi Rok Pendek Wanita Terbaik (2022)

Tren Rok Pendek Ala K-pop dan 10 Rekomendasi Rok Pendek Wanita Terbaik (2022)

Jika Anda termasuk wanita yang menyukai outfit rok pendek, maka Anda tidak boleh ketinggalan tren yang satu ini. Rok pendek yang semakin populer oleh para idol K-pop bisa jadi inspirasi outfit Anda. Yuk, cek dulu beragam rok pendek wanita yang bisa Anda koleksi.

Tren Rok Pendek Wanita dan Sejarahnya

Rok pendek atau rok mini kembali menjadi tren bersama munculnya demam K-Pop. Pemakaian rok pendek wanita sudah dilakukan sejak abad kelima. Meski rok pendek yang pernah menjadi tren tahun 1920-an pemakaian tidak terlalu populer karena saat itu perempuan dipandang sebih seksual dan terlalu bebas.

Hingga kemudian pada tahun 1960-an, penggunaan rok pendek atau rok mini sebagai ikon fashion kembali dipopulerkan oleh beberapa fashion designer seperti Mary Quant, John Bates, Andre Courreges, dan Jean Varon. Awalnya, rok pendek melambangkan kebebasan dan gerakan feminisme. Perkembangan rok pendek sebagai ikon fashion wanita yang praktis dan memberi kemudahan, sehingga wanita dapat lebih leluasa bergerak.

Dilansir dari Dailymail.co.uk, David Derbyshire menyatakan bahwa asal-usul rok pendek bermula dari awal peradaban. Hal ini didukung data penemuan para arkeolog bahwa manusia yang hidup di jaman batu sudah mengenakan sesuatu seperti rok mini. Arkeolog menemukan hal ini selama penggalian di salah satu desa tertua Eropa, pada komunitas yang berlokasi di antara sungai, gunung, dan hutan Siberia.

Dengan kata lain, rok pendek sudah dikembangkan sejak lama, meski kepopulerannya baru melejit di tahun 1960-an. Dalam perkembangannya, rok pendek yang mengekpos kaki dan memberikan kesan jenjang ini mengalami pro kontra. Tidak semua negara menerima trend rok mini secara positif. Di sejumlah negara Afrika rok pendek dianggap merusak kebudayaan. Bahkan di Korea Selatan yang kini menjadi pusat K-Pop, rok pendek atau rok mini pernah menjadi item yang dilarang digunakan.

Dilansir dari Taipeitimes.com, pada tahun 1970-an di Korea Selatan terdapat petugas polisi yang berpatroli di jalan-jalan dan bertugas mengukur panjang rok yang dikenakan para wanita. Waktu itu, memaparkan bagian tubuh dengan pakaian yang terlalu terbuka dianggap tidak senonoh dan melanggar undang-undang. Para wanita di Korea Selatan dapat ditangkap atau didenda jika mengenakan rok yang terlalu pendek.

Tips Memilih Rok Pendek

Rok pendek tersedia dalam berbagai ukuran panjang yang berbeda. Beberapa rok pendek memiliki panjang selutut atau lebih, namun ada pula yang mencapai bagian atas lutut atau pertengahan saja. Rok yang lebih pendek memungkikan bagian kaki terekpos tampak lebih panjang.

Jenis rok mini dan ketat lebih cocok dikenakan oleh kaum muda dan wanita dewasa dengan badan ramping. Untuk pemilik tubuh berisi, sebaiknya memilih rok yang tidak terlalu pendek.

Selain itu saat memilih rok pendek, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan kenyamanan selama mengenakannya. Jika kurang nyaman mengekpos kaki terlalu banyak, mungkin Anda dapat memadukan rok dengan legging.

Menyesuaikan Bentuk Tubuh

  • Rok A-line untuk Tubuh Berbentuk Buah Pir
    Tubuh berbentuk buah pir memiliki tubuh dengan bentuk ramping pada bagian atas dan melebar pada bagian bawah. Untuk tipe tubuh bentuk buah pir, rok dengan model A-line sangat sesuai untuk melengkapi penampilan. Rok ini berbentuk seperti huruf A yang melebar ke bawah sehingga akan membantu membuat pinggang tampak lebih kecil dan memberi kesan lebih langsing.


  • Rok Sepan untuk Tubuh Berbentuk Jam Pasir
    Bentuk tubuh tipe jam pasir dicirikan dengan lekukan yang cantik layaknya jam pasir. Rok dengan model sepan atau bodycon yang menonjolkan lekukan tubuh akan memaksimalkan penampilan pemilik tubuh tipe jam pasir. Rok sepan juga disarankan untuk dipilih oleh pemilik tubuh lurus karena dapat menambah kesan berisi pada bagian pinggul. Dengan menonjolkan lekukan tubuh, rok sepan membuat pemakai tampak lebih seksi.


  • Rok High Waist untuk Tubuh Berbentuk Apel
    Tipe tubuh berbentuk apel memiliki bagian atas yang cukup lebar dan paha langsing serta kaki yang jenjang. Tipe tubuh ini sesuai untuk mengenakan rok pendek model high waist, yaitu rok dengan bagian pinggang tinggi hingga mencapai perut. Rok high waist dapat memberikan kesan lebih langsing serta menonjolkan kaki jenjang tubuh berbentuk apel sehingga memaksimalkan penampilan.


  • Rok Plisket untuk Tubuh Berbentuk Petite
    Tipe tubuh bentuk petite atau mungil memiliki tubuh yang kecil dan kurus. Dengan menggunakan rok pendek jenis plisket, maka pemilik tubuh petite dapat terlihat lebih tinggi dan berisi. Rok plisket juga akan membuat kaki tampak lebih jenjang. Namun, untuk pemilik paha dan betis yang cenderung besar, rok plisket bukan pilihan tepat sebab dapat menambah kesan lebih berisi pada kaki.

Memilih Rok dengan Model yang Sesuai

Selain menyesuaikan bentuk tubuh, pemilihan model rok juga akan mencerminkan gaya serta kepribadian pemakainya. Ada baiknya mempertimbangkan model rok yang sesuai dengan preferensi style Anda.

Ada berbagai style dalam berpakaian, seperti klasik, sporty, trendy, atau girly. Pastikan untuk memilih rok pendek yang sesuai dengan style Anda. Memilih rok dengan style yang disukai juga akan memudahkan saat mix and match.

Memilih Warna dan Motif yang Sesuai

  • Rok Pendek Warna Gelap
    Bagi yang belum terbiasa mengenakan rok pendek dan hendak mencobanya, warna gelap dapat menjadi pilihan yang tepat. Warna gelap seperti hitam atau navy mudah untuk dipadukan dengan berbagai warna dan jenis atasan. Rok pendek berwarna gelap juga cocok untuk dikenakan dalam kegiatan kasual maupun formal. Satu lagi kelebihan rok pendek warna gelap yaitu memberikan kesan lebih langsing pada pemakainya.


  • Rok Pendek Warna Cerah
    Rok pendek dengan warna cerah dan bermotif akan memberikan kesan lebih berani pada penampilan pemakainya. Terdapat berbagai motif rok pendek yang bisa dipilih, seperti motif garis dan kotak-kotak. Rok dengan warna cerah atau motif akan terkesan lebih ramai dan membuat perhatian lebih terfokus pada rok, sehingga perlu hati-hati saat memadukannya dengan atasan. Untuk menghindari warna yang tidak match atau penampilan yang tampak ramai berlebihan, atasan dengan warna netral lebih disarankan.

Memilih Bahan Rok Pendek

  • Bahan Berbobot Berat
    Rok pendek dengan bahan berbobot berat dapat memberikan kesan lebih ramping pada pemakai. Rok dengan bahan denim dan leather bisa menjadi pilihan yang bagus bagi pemilik pinggul berisi. Bahan denim memiliki sifat yang kuat dan lebih awet. Sementara rok dari bahan leather akan memberikan penampilan yang lebih edgy. Leather juga termasuk bahan kualitas tinggi sehingga harganya relatif mahal.


  • Bahan Berbobot Ringan
    Rok pendek dengan bahan ringan dapat memberikan kesan lebih berisi pada pinggul. Sehingga rok pendek dengan bahan seperti katun, polyester, dan rayon bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pemilik pinggul ramping dan kecil. Bahan polyester memiliki kualitas bahan yang kuat, ringan, tidak mudah robek dan awet. Namun, bahan polyester kurang mampu menyerap keringat. Sementara bahan katun lebih lembut dan nyaman untuk dikenakan.

Rekomendasi Rok Pendek Wanita Terbaik

Kaila Tweed Skirt/Korea Skirt

Rok dengan model ala Korea yang satu ini terbuat dari bahan Tweed Wolly yang tebal. Tersedia dalam dua varian warna, yaitu black dan beige.

Rok ini memiliki model A-line yang dipercantik dengan potongan depan asimetris. Selain itu terdapat sebaris kancing dan saku pada bagian depan rok yang menambah keunikannya.

Harga Rp. 129.900

Giordano Knit Skirt Signature Black x Grey

Rok pendek dari Giordano ini memiliki model sepan yang memberikan tampilan ramping. Rok sepan ini dapat dapat dikombinasikan dengan kemeja polos untuk office look yang tampak beda dengan motif bergaris bernuansa monokrom.

Terbuat dari bahan katun yang nyaman dan mampu menyerap keringat, cocok untuk digunakan bekerja seharian. Rok pendek ini memilki panjang di atas lutut sehingga cukup mengekpos bentuk kaki.

Harga Rp. 279.000-906.000

Kara Korea 315 Tbear Mini Skirt/Korean Women Skirt

Rok pendek yang satu ini memiliki motif unik berupa gambar Teddy bear yang menggemaskan. Terbuat dari bahan katun yang dapat menyerap keringat dengan baik dan nyaman untuk dikenakan seharian.

Rok ini memiliki model high waist dengan variasi belahan pada sisi kiri dan tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu black dan red. Modelnya yang simpel dan motif trendi membuat rok ini cocok dipakai untuk acara kasual.

Harga Rp. 139.000-417.000

Newlan DQ009 Minju Skirt Rok Mini

Newlan menghadirkan rok pendek dengan trend Korea yang kekinian. Rok dengan motif kotak-kotak ini cocok untuk dikenakan sebagai outfit kasual yang untuk aktivitas santai. Rok pendek yang satu ini terbuat dari bahan polyester yang terkenal berkualitas dan awet.

Newlan DQ009 Minju Skirt Rok Mini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan abu-abu. Rok dengan model simpel namun unik dan potongan high waist ini cocok untuk dikenakan dalam berbagai aktivitas. Anda dapat memadukan rok pendek ini dengan blouse atau blazer polos.

Harga Rp. 89.000-212.400

MyYoora Mini Flare Skirt

MyYoora Mini Flare Skirt terbuat dari bahan scuba. Rok pendek yang satu ini sangat sesuai untuk digunakan bagi Anda yang memiliki bentuk tubuh petite atau mungil. Mini Flare Skirt dapat membuat tubuh Anda tampak lebih tinggi dan berisi.

Anda dapat memadukan rok ini dengan atasan yang dilengkapi aksen ruffle pada bagian dada. Untuk meningkatkan kesan kaki jenjang, Anda bisa mengenakan high heels. Rok pendek dari MyYoora ini tersedia dalam motif polos, dengan lima varian warna, yaitu black, white, maroon, navy, cream.

Harga Rp. 45.000-260.000

Jfashion Catlyn Rok Celana Pendek Sifon

Rok pendek dari Jfashion Catlyn ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai model ala Korea. Produk ini berupa rok celana dengan model rample yang feminin. Tersedia dalam corak polos dan terbuat dari bahan siforn kombinasi spandek.

Rok dengan warna navy ini tersedia dalam ukuran one size. Untuk menjaga produk agar tahan lama, sebaiknya menggunakan suhu sedang saat menyetrika dan menghindari pemutih.

Harga Rp. 63.000-234.900

Littleluck Mini Skirt

Satu lagi rok pendek ala Korea. Littleluck Mini Skirt terbuat dari bahan polyester import dengan kualitas premium. Rok ini memiliki model rempel yang terlihat sederhana namun elegan.

Produk Littleluck ini memiliki motif kotak-kotak yang trendi, cocok untuk gaya kasual sehari-hari. Tersedia dalam banyak pilihan warna, antara lain pink, merah, biru, dan abu-abu.

Harga Rp. 65.000-211.000

Colorbox Ruffle Mini Skirt

Rok pendek dari Colorbox ini memiliki aksen ruffle dan motif bunga yang mendukung penampilan feminine chic. Bagi Anda yang menyukai gaya busana girly, rok pendek ini wajib ditambahkan dalam koleksi.

Menggunakan bahan rayon 30’s yang sejuk dan nyaman untuk dipakai, rok ini dapat melengkapi penampilan kasual Anda. Tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan merah.

Harga Rp. 55.600-314.000

Ako Jeans Mini Skirt Goldie

Produk ini memiliki keunggulan dari segi warna yang sangat khas, yaitu cokelat keemasan. Rok pendek yang satu ini cocok untuk menyempurnakan penampilan akhir pekan Anda.

Rok pendek ini terbuat dari bahan katun yang nyaman digunakan sepanjang hari. Memiliki model sepan unlined dan motif kotak-kotak memberikan kesan lebih elegan.

Anda dapat memadukan rok dari Ako Jeans ini dengan atasan berwarna putih dan high heels dengan warna sesuai.

Harga Rp. 94.000-404.000

Korea Plaid Mini Pleated Skirt

Satu lagi rok dengan model kekinian ala Korea. Rok yang satu ini memiliki model pleated dengan high waist dan motif kotak-kotak. Terbuat dari bahan polyester yang berkualitas dan awet.

Rok pendek yang satu ini identik dengan salah satu member girl group yang sering mengenakannya bersama dengan atasan crop tree. Rok ini tersedia dalam empat varian warna, yaitu pink, red, navy, dan grey.

Harga Rp. 34.000-335.000
From our editorial team

Rok Pendek Cocok DIpadukan dengan Beragam Outfit

Rok pendek memang cocok untuk dipadukan dengan berbagai jenis outfit. Saat menghadiri acara formal, Anda bisa memadukannya dengan blouse, kemeja, atau blazer. Saat hangout, Anda bisa memadukannya dengan atasan crop top, kaos, atau blouse lainnya. Namun, jangan lupakan untuk memadukan warna dan motifnya agar sesuai.

Tag