Ingin Ganti Ponsel Baru? 8 Rekomendasi Smartphone Android Terbaik Rp 5 Jutaan Ini Bisa Jadi Andalan (2019)

Ingin Ganti Ponsel Baru? 8 Rekomendasi Smartphone Android Terbaik Rp 5 Jutaan Ini Bisa Jadi Andalan (2019)

Smartphone saat ini sudah jadi salah satu barang kebutuhan pokok. Jika sedang mencari smartphone Android yang mumpuni, pastikan cek spesifikasi dan intip rekomendasi smartphone Android Rp 5 jutaan pilihan BP-Guide berikut!

Dewasa Ini, Smartphone Sudah Jadi Salah Satu Kebutuhan Utama Manusia

Sumber gambar pctechmag.com

Fungsi smartphone bukan sekadar alat komunikasi, tetapi sudah menjadi kebutuhan dan bagian hidup manusia. Smartphone bisa memudahkan aktivitas sehari-hari termasuk urusan sekolah atau pekerjaan. Tidak heran fitur smartphone semakin canggih saja dari hari ke hari untuk mengakomodasi semua kebutuhan manusia.

Membeli smartphone harus disesuaikan dengan kebutuhan dan bujet yang dimiliki. Nah, untuk Anda yang punya bujet Rp 5 jutaan untuk membeli smartphone, simak rekomendasi smartphone Android terbaik dari BP-Guide ini.

Keunggulan Smartphone Android yang Banyak Digemari

Sistem Operasi Open Source

Sumber gambar fossbytes.com

Teknologi Android memang sudah tidak diragukan lagi. Keunggulan Android adalah menggunakan sistem operasi yang sifatnya open source. Dengan Linux sebagai basis sistemnya, Android sangat mudah dikembangkan dan dieksplorasi oleh pengguna. Berkat kelebihan ini, para pengembang dapat mengoptimalkan sistem operasi Android dengan sangat maksimal. Inilah mengapa smartphone Android memiliki fitur-fitur yang berbeda antara satu merek dengan yang lainnya.

Dipasarkan dengan Harga yang Beragam

Sumber gambar www.livemint.com

Hingga saat ini smartphone Android memang bisa menjangkau semua kalangan. Pengembang dapat memodifikasi sistem Android sesuai keinginan mereka sehingga smartphone Android hadir dengan harga yang beragam, mulai dari yang termurah hingga termahal.

Fitur dan harga smartphone sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Semakin banyak fitur yang ditawarkan, maka semakin canggih smartphone Android, dan semakin mahal pula harga yang ditawarkan.

Dapat Dijalankan pada Banyak Pilihan Spesifikasi Hardware

Sumber gambar www.techadvisor.co.uk

Canggih atau tidaknya sistem operasi pada smartphone Android juga sangat dipengaruhi oleh spesifikasi hardware-nya. Jika spesifikasinya tergolong rendah, tentu saja fitur yang bisa dimasukkan sangat terbatas. Sebaliknya, dengan spesifikasi tinggi, maka akan cukup mumpuni untuk membawa fitur-fitur Android terbaru yang super canggih. Fitur Android terbaru biasanya tidak bisa digunakan pada hardware dengan spesifikasi rendah karena akan terjadi lag dan error saat dijalankan.

Dukungan Aplikasi yang Melimpah

Sumber gambar www.alphr.com

Sifat sistem operasi yang Android open source membuat dukungan aplikasi yang bisa dipasang di perangkat Android sangat beragam. Anda pengguna smartphone Android tinggal mengunduh aplikasi melalui Play Store. Di sana terdapat jutaan aplikasi yang bisa memenuhi semua kebutuhan.

Mulai dari game, fotografi, hingga aplikasi untuk menunjang produktivitas bisa diunduh secara gratis. Tak heran bila smartphone Android hingga saat ini masih disukai oleh banyak kalangan.

8 Rekomendasi Smartphone Android Rp 5 Jutaan yang Banyak Jadi Incaran

Xiaomi Mi 8

Sumber gambar Blibli

Mi 8 adalah adalah smartphone flagship dari Xiaomi. Layar AMOLED berukuran 6,21 inci membuat penampilan smartphone semakin mewah dan menawan. Produk ini memiliki dual camera yang didukung dengan optical zoom untuk menghasilkan gambar yang lebih jernih dan detail.

Pada bagian prosesor, smartphone ini dibekali dengan chipset Qualcomm SDM845 Snapdragon untuk mendukung performa maksimal. Fitur lain Xiaomi Mi 8 adalah sensor infrared face recognition, accelerometer, fingerprint, dan kompas. Xiaomi Mi8 Black 128 GB dapat dibeli di Blibli dengan harga Rp 5.000.000.

Samsung Galaxy A8+

Sumber gambar Blibli

Smartphone keluaran tahun 2018 ini masuk kategori semi-premium, cocok untuk kaum milenial dengan berbagai keunggulan.

Dual front camera dengan resolusi 8 MP dilengkapi dengan fitur live focus dan efek bokeh yang keren. Sistem keamanannya juga lumayan canggih dengan face recognition dan fingerprint. Kapasitas baterainya cukup besar yaitu 3500 mAh, dapat menemani Anda beraktivitas seharian penuh. Di bagian dapur pacu, prosesor Octa Core (2.2 GHz Dual + 1.6 GHz Hexa) menghadirkan performa multitasking yang anti lemot.

Samsung A8+ Blue 64 GB dapat dibeli di Blibli seharga Rp 5.090.000 dari harga awal Rp 7.499.000.

Samsung Galaxy A8 Star

Sumber gambar Blibli

Galaxy A8 Star adalah "adik" dari pendahulunya, Galaxy A8. Produk pertama dari generasi Star ini hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 660 dan RAM 4 GB yang sangat optimal. GPU Adreno 512 memberikan performa yang mulus saat bermain game. Layar seluas 6,3 inci memberikan tampilan yang sangat luas dan lega.

Layar Super AMOLED memberikan pengalaman visual yang tiada duanya. Kamera utama 16 MP dan 24 MP menghasilkan gambar yang jernih dan beresolusi tinggi. Kapasitas baterai sangat besar, yaitu 3700 mAh. Samsung Galaxy A8 Star dengan RAM 4 GB dan internal memori 64 GB dapat dibeli di Blibli seharga Rp 5.499.000

Huawei Honor 10

Sumber gambar Blibli

Keunggulan Honor 10, smartphone keluaran anak perusahaan Huawei ini adalah memiliki kamera yang bisa menghasilkan gambar super jernih, cocok bagi penyuka selfie dan fotografi. Resolusi kamera 16 MP dan 24 MP dan dapat bekerja meski dalam kondisi minim cahaya.

Bicara soal desain, Honor 10 punya tampilan yang oke punya. Dengan bahan kaca yang memiliki kemampuan reflektif, Honor 10 mirip dengan smartphone high end dengan harga lebih mahal. Layarnya dilindungi oleh Gorilla Glass Technology dengan rasio 19:9 untuk tampilan yang lebih luas dan lega.

Dibekali RAM 4GB dan memori internal 128 GB, smartphone ini bisa tampil prima tanpa lemot. Huawei Honor 10 (Midnight Black, 128 GB) tersedia di Blibli seharga Rp 5.180.000.

LG G6

Sumber gambar Blibli

Smartphone G6 dari LG hadir dengan dual camera 13 MP + 13 MP di bagian belakang serta kamera 5 MP di bagian depan. Dibekali RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB untuk memberikan performa maksimal bagi penggunanya. Di bagian dapur pacu, ada prosesor Quad-core (2x2.35 GHz Kryo & 2x1.6 GHz Kryo). Layar dengan ukuran 5,7 inci memberikan tampilan yang lega.

Bodi LG G6 terbuat dari bahan kaca yang dipadukan dengan logam. Kaca bagian belakang dilapisi Gorilla Glass 5 yang tahan goresan. Sangat elegan dan mewah. LG G6 Smartphone - Terra Gold 64GB/4GB tersedia di Blibli dengan harga Rp 5.799.000.

Meizu Pro 7 Plus

Sumber gambar Tokopedia

Meizu memang termasuk pemain baru di pasar smartphone Indonesia. Melalui produk flagship-nya, Meizu Pro 7, merek ini menunjukkan daya saing yang kuat. Produk ini memiliki layar AMOLED dengan ukuran 5 inci dan dilengkapi dengan resolusi Full HD. Sementara versi Plus memiliki layar berukuran 5,7 inci.

Satu fitur menarik dari smartphone ini adalah adanya layar kecil berukuran 2 inci di bagian belakang. Bukan sebagai aksesori, lho. Layar ini berfungsi menunjukkan widget cuaca, notifikasi, waktu, game, pemutar musik, hingga selfie dengan kamera belakang. Prosesor canggih Mediatek Helio X30 didukung oleh RAM 6 GB dengan memori internal 64GB atau 128GB. Kapasitas baterai untuk Pro 7 Plus adalah 3500 mAh.

MEIZU 7 PRO Plus 6GB RAM 64GB ROM tersedia di Tokopedia dengan harga Rp 5.100.000.

Xiaomi Pocophone F1

Sumber gambar Blibli

Pocophone F1 adalah smartphone keluaran Xiaomi yang sudah sangat ditunggu-tunggu. Dengan harga terjangkau, smartphone ini menawarkan spesifikasi tingkat tinggi. Prosesor Snapdragon 845 yang mampu bekerja cepat dan lancar dapat mendukung aktivitas multitasking bahkan untuk gaming sekalipun. Memori internal 256GB dengan RAM 8GB siap memberikan performa yang paling maksimal.

Kapasitas baterai 4000 mAh, sangat besar untuk mendukung semua aktivitas smartphone. Sistem keamanan smartphone juga sudah canggih dengan fitur infrared face unlock yang bisa bekerja bahkan dalam kondisi gelap sekalipun.

Xiaomi Pocophone F1 Smartphone 6GB/ 128GB dapat dibeli di Blibli dengan harga Rp 5.099.000.

Nokia 7 Plus

Sumber gambar Tokopedia

Tidak mau kalah dengan brand smartphone masa kini, Nokia meluncurkan produk Android yang tidak kalah kece. Salah satunya adalah Nokia 7 Plus. Menggunakan CPU SD 660, seri flagship dari Nokia ini mampu memberikan performa yang oke. Dengan ROM 64GB, smartphone ini memberikan ruang penyimpanan yang cukup besar bagi pengguna.

Fitur kamera punya kelebihan tersendiri. Menggunakan lensa ZEISS, gambar yang dihasilkan dalam setiap jepretan tampak sangat jernih. Tersedia dalam dua warna, hitam dan putih yang elegan.

NOKIA 7 Plus RAM 4GB - 64GB ROM Carl Zeiss Camera tersedia di Tokopedia dengan harga Rp 5.350.000.

From our editorial team

Pertimbangkan Spesifikasi Smartphone Sebelum Membeli

Saat ini ada banyak pilihan smartphone Android yang dijual di pasaran. Kalau ingin membeli smartphone terbaru, pastikan spesifikasi ponsel tersebut sesuai dengan kebutuhan. Cek ulasan masing-masing ponsel yang diincar dan pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya agar bisa mendukung performa dan bisa membuat aktivitas menjadi lebih mudah.

Tag