Susah Tidur di Malam Hari? Coba Terapkan 10 Tips Tidur Cepat yang Ampuh dari BP-Guide Berikut ini!

Susah Tidur di Malam Hari? Coba Terapkan 10 Tips Tidur Cepat yang Ampuh dari BP-Guide Berikut ini!

Masalah tidur kerap dialami oleh sebagian besar orang saat ini. Kalau kamu kerap merasa sulit terlelap di malam hari dan hal tersebut membuatmu tak merasa nyaman saat beraktivitas di siang hari, kamu wajib simak tips tidur cepat yang sudah dirangkum BP-Guide berikut ini!

Tidur Adalah Hal yang Penting, Namun Banyak Orang Terkadang Susah Tidur

Sumber gambar thedolcediet.com

Salah satu kebutuhan manusia yang paling penting ialah tidur. Dengan melakukan aktivitas tidur maka tubuh bisa mengembalikan tenaga serta stamina yang hilang setelah seharian melakukan aktivitas. Tidur yang cukup memiliki dampak baik bagi kesehatan seseorang, akan tetapi tidak sedikit orang yang mengalami gangguan tidur.

Banyak faktor yang membuat seseorang sulit untuk memejamkan mata dan hal inilah yang disebut dengan insomnia. Insomnia ini sangat menguras energi, mood, serta kebugaran tubuh, apabila insomnia sudah kronis maka dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.

Gaya Hidup Ternyata Bisa Merusak Jadwal Tidur Malam, Lho!

Sumber gambar www.dreamstime.com

Salah satu hal yang sangat baik untuk tubuh ialah tidur yang dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Akan tetapi kualitas tidur seseorang sangat dipengaruhi oleh pola hidup yang dimilikinya seperti bila seseorang tersebut bekerja dengan waktu yang tidak tetap maka ia akan memiliki kebiasaan untuk mengganti kekurangan tidur malam pada siang hari.

Memiliki gaya hidup dengan mengonsumsi makanan dalam jumlah besar pun dapat membuat sulit tidur karena perut yang penuh membuat tubuh tidak nyaman untuk direbahkan dan dapat menyebabkan ulu hati sakit jika dipaksakan.

Hal tersebut juga berlaku bila kamu mengonsumsi minuman berkafein, nikotin, dan minuman beralkohol saat menjelang waktu tidur.

Inilah Faktor Penyebab Insomnia

Sumber gambar www.rd.com

Banyak hal yang dapat membuat seseorang mengalami insomnia sehingga menyebabkan gangguan tidur, berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan insomnia: Kamu sebaiknya waspadai beberapa faktor berikut dan hindari sebisa mungkin untuk mendapatkan tidur yang berkualitas di malam hari.

Terlalu Banyak Minum Kopi

Memiliki gaya hidup tidak sehat dengan mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi dapat menyebabkan insomnia. Hal ini terjadi karena adanya efek samping yang dimiliki kopi sehingga dapat membahayakan kesehatan dan membuat seseorang sulit untuk tidur.

Zat stimulan atau penekan saraf yang terdapat di dalam kopi dapat menghancurkan pola tidur seseorang dimana tubuh bisa terjaga lebih lama.

Sibuk Bermain Gadget Sebelum Tidur

Gadget sudah menjadi teman bagi setiap orang yang digunakan setiap saat bahkan saat hendak tidur sekali pun, akan tetapi memiliki kebiasaan menggunakan gadget mendekati waktu tidur dapat membuat kualitas tidurmu berkurang. Hal tersebut dapat terjadi karena matamu akan tetap bekerja selama menggunakan gadget.

Efek samping lain yang bisa kamu rasakan ialah dapat membuat tidur tidak nyenyak karena sinyal yang dihasilkan gadget dapat memicu radiasi ke otak, serta cahaya yang dipancarkan gadget dapat menghambat produksi hormon melatoninmu.

Dan, efek yang paling berbahaya bila menggunakan gadget sebelum tidur yaitu membuat kamu insomnia dimana kamu sama sekali tidak dapat tidur yang bisa berdampak buruk pada kesehatan dan memiliki risiko lebih tinggi terserang penyakit jantung, stroke, diabetes, dan masih banyak penyakit yang lain.

Pengaruh Obat-obatan

Beberapa jenis obat dapat memberikan efek samping bagi penggunanya seperti insomnia. Obat asma seperti salmeterol, salbutamol, dan theophulline, serta obat darah tinggi dapat memicu insomnia. Selain itu, obat alergi, steroid, epilepsi, dan obat stimulan dapat membuat orang yang mengkonsumnya sulit untuk tidur.

Kondisi Kesehatan Mental

Sumber gambar mavcure.com

Faktor psikologi kerap menjadi salah satu gejala munculnya insomnia di mana tidur terganggu karena mengalami stres. Berbagai latar belakang dapat memicu hal ini terjadi diantaranya ialah akibat sekolah, pekerjaan, keuangan, hingga hubungan keluarga dan sosial.

Kecemasan yang dirasakan membuat seseorang sulit mempertahankan jam tidur. Selain itu penyakit mental seperti skizofrenia dan gangguan bipolar pun bisa menimbulkan insomnia.

Rasa ketakutan, paranoid, stres, depresi, kecemasan, serta tekanan mental dan emosional dapat menyebabkan gangguan pada fase tidur REM (Rapid Eye Movement). Seperti mimpi buruk, tindihan (sleep paralysis), atau berjalan saat tidur (sleepwalking).

Beranjak dari Tempat Tidur ketika Terbangun di Tengah Malam

Mengalami rasa cemas dan gelisah di tengah malam dapat membuatmu mengalami insomnia. Merasa gelisah karena pikiran dipenuhi berbagai macam hal dapat membuat kualitas tidurmu buruk. Untuk menenangkan pikiran maka lakukan hal-hal yang kamu sukai seperti membaca novel favorit atau merajut.

Begitu juga bila kamu terbangun tengah malam, maka jangan beranjak dari tempat tidur karena bisa membuat tubuhmu menjadi segar. Sebaiknya tetap berada di kasur untuk memicu rasa kantuk.

10 Tips Terbaik agar Kamu Bisa Cepat Tidur dan Nyenyak di Malam Hari

Membuat Rileks Tubuh dan Pikiran Sebelum Tidur

Sumber gambar www.rd.com

Sebelum kamu tidur, maka lakukan rilaksasi tubuh terlebih dahulu sebagai tips tidur cepat. Hal ini dilakukan untuk menghindari tubuhmu dari rasa stres setelah menjalani aktivitas seharian dan dapat membuat peredaran dalam tubuh menjadi lancar.

Menenangkan pikiran dapat menjadi kunci agar memiliki kualitas tidur yang baik. Untuk membuat tubuh rileks, kamu bisa memainkan jenis musik klasik seperti Mozart dan musik brainwave. Selain itu meditasi dan latihan pernapasan dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan insomnia.

Matikan Gadget Minimal 30 Menit Sebelum Tidur

Sumber gambar listaka.com

Layar biru yang dihasilkan oleh gadget dapat menghambat hormon melatonin yang mana hormon ini sangat dibutuhkan untuk membuat tubuh merasa lelah dan mengantuk. Karena adanya gelombang cahaya panjang-pendek (short-wavelength) dari layar gadget membuat tubuh mengalami lama waktu untuk merasa mengantuk.

Gangguan ini dapat mencegah otak untuk beristirahat dan dapat memicu gejala insomnia. Tips tidur cepat yang bisa kamu lakukan ialah menghindari gadget minimal 30 menit sebelum tidur agar kamu mendapatkan kualitas tidur yang baik dan jam tidur yang cukup.

Untuk menghindari gadget saat ingin tidur maka kamu bisa menempatkan gadget di atas meja, kursi, dan tempat lain yang jauh dari tempat tidur.

Hindari Nonton Televisi Hingga Larut Malam

Sumber gambar www.istockphoto.com

Seperti halnya gadget, layar televisi juga menghasilkan cahaya yang dapat menurunkan produksi hormon melatonin. Selain itu, dengan menyalakan TV hingga larut malam dapat membuat kamu lebih lama terjaga dan hingga akhirnya begadang.

Terdapat juga anggapan bahwa bila kamu menyalakan tv dapat membuat lebih cepat tidur. Namun pada kenyataannya setelah terbangun tubuh merasakan stres seperti tidak tidur. Hal ini dapat terjadi otak tetap menjalankan aktivitas dan terangsang untuk aktif dan mengelola informasi yang masuk.

Walaupun tubuh tidur, namun otak tetap aktif bekerja semalaman hingga rasa lelah dapat kamu rasakan setelah bangun tidur.

Rapikan Tempat Tidur

Sumber gambar blog.helpling.ae

Tips tidur nyanyak yang bisa kamu lakukan ialah dengan membuat tempat tidurmu terasa nyaman dan bersih. Kamu bisa mengibas sprei, bantal, guling, dan juga selimut agar bersih dari kotoran dan debu halus.

Selain itu, dengan mendekorasi ulang kamar maka kamu bisa merasakan suasana baru yang dapat memberikan rasa nyaman dan tubuh lebih rileks. Lakukanlah perawatan untuk kasur, bantal, guling, selimut, dan juga sprei atau bed cover di mana bisa kamu bersihkan setiap 1 hingga 3 minggu sekali.

Matikan Lampu

Sumber gambar www.webmd.boots.com

Hal yang paling cepat untuk membuat suasana tubuh rileks ketika akan tidur ialah dengan mematikan lampu kamar. Dengan keadaan kamar yang gelap dapat membuat lebih cepat tidur lelap serta merasa lebih nyaman dan tenang, sehingga tidur lebih berkualitas.

Berbeda halnya bila kamu tetap menyalakan lampu ketika tidur, hal ini membuat otak merasa bahwa lampu menyala seharian dan dapat menurunkan produksi zat melatonin. Selain itu, tidur dengan lampu menyala dapat memberi dampak buruk bagi kesehatan. Hal ini bisa meningkatkan risiko kanker, diabetes, dan sistem metabolisme tubuh.

Cucilah Wajah Sebelum Tidur

Sumber gambar www.wellandgood.com

Agar tidur lebih cepat, maka kamu bisa mencuci wajah sebelum tidur. Hal ini dapat memberikan kesempatan pada kulit untuk memperbaiki sel dari kerusakan yang dialami sepanjang hari. Melakukan kegiatan sederhana ini juga dapat membuat otot menjadi lebih rileks setelah seharian beraktivitas.

Selain itu, dari segi psikologis pun berpendapat bahwa mencuci muka sebelum tidur dapat membuat suasana hati menjadi lebih tenang dan tubuh lebih segar. Tak heran kualitas tidur pun meningkat.

Pakailah Penutup Mata

Sumber gambar fr.123rf.com

Gunakanlah penutup mata bila kamu mengalami kesulitan untuk mencoba tidur di malam hari. Tips cepat tidur ini dapat mencegah mata terkena cahaya di mana bisa menghambat tidur lebih cepat.

Dengan menggunakan masker mata atau penutup mata ini dapat membantu kamu mendapatkan kualitas tidur yang baik dan memperbaiki jam tidur. Bahkan dokter sangat menyarankan hal ini dilakukan untuk mengurasi rasa stres dan membuat pikiran menjadi lebih rileks hingga tidur lelap pun bisa kamu dapatkan.

Fokuskan Pikiran untuk Tidur

Sumber gambar depositphotos.com

Apabila kamu merasa semakin memfokuskan pikiran untuk tidur namun semakin sulit tidur, sebaiknya kamu memfokuskan pikiran kepada hal yang sangat penting. Rasa cemas yang dirasakan atau bila kamu sedang mengalami stres dapat membuat kamu tanpa sadar sudah menghabiskan banyak waktu dan hari semakin larut untuk tidur.

Pikiran yang tidak terkendali ini bisa mempengaruhi kesehatan serta menurunkan produktivitas di esok hari. Kamu perlu untuk memfokuskan kepada apa yang akan dilakukan esok hari dan lupakan apa yang telah terjadi atau sudah terlewatkan.

Konsumsilah Makanan Kaya Kalsium

Sumber gambar beautyhealthtips.in

Tidak hanya berfungsi sebagai kesehatan tulang, kalsium juga dapat memberikan efek menenangkan untuk sistem saraf pusat. Kalsium dapat mengendurkan sistem saraf sehingga tidur nyenyak pun bisa kamu dapatkan. Bila kamu kekurangan kalsium, maka bisa menyebabkan ketegangan otot dan insomnia.

Kamu bisa mendapatkan kalsium dari makanan dan minuman seperti produk susu, rumput laut, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Buah anggur juga memiliki kadar kalsium yang tinggi karena mengandung melatonin yang bisa memberikan kualitas tidur yang baik.

Rajin Berolahraga

Sumber gambar www.thesun.ie

Bila kamu mengalami insomnia maka jangan langsung meminum obat tidur, cobalah untuk rajin olahraga. Dengan rutin olahraga dapat memberikan kualitas tidur yang baik dan tidak merasa lemas pada siang harinya. Aktivitas fisik yang dilakukan dapat menjadi solusi non-medis untuk meningkatkan kualitas tidur di mana lebih baik daripada obat penenang atau obat tidur.

Manfaat yang bisa kamu rasakan ketika melakukan olahraga secara rutin ialah membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Badan jadi lebih rileks dan nyaman untuk tubuh sehingga lebih cepat tertidur, serta tubuh yang mengalami rasa lelah pun menuntut kamu untuk segera beristirahat sehingga kamu bisa terhindar dari insomnia.

From our editorial team

Dapatkan Tidur yang Berkualitas dengan Gaya Hidup Sehat Mulai Sekarang!

Terbangun di malam hari dan tetap terjaga alias begadang memang kerap menjadi kebiasaan dan gaya hidup sebagian orang. Nyatanya, kebiasaan ini ternyata tidak baik untuk kesehatan. Kalau kamu peduli dengan kesehatanmu, ada baiknya jika kamu tidur lebih cepat di malam hari dan menghindari begadang terutama jika kamu harus bekerja atau beraktivitas keesokan harinya. Jadi, mulai lakukan tips tidur cepat di atas mulai dari sekarang, ya!