Rumah Bebas Debu, 8 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Patut Kamu Cek!

Rumah Bebas Debu, 8 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Patut Kamu Cek!

Dulu, menggunakan vacuum cleaner masih memerlukan cara manual dengan tenaga manusia. Namun, sekarang tak perlu repot lagi berkat kecanggihan teknologi karena tenaga manusia sudah dapat digantikan oleh robot. Cek rekomendasi robot vakum kami!

Robot Vacuum Cleaner Memudahkan

Sesuai namanya, vacuum cleaner berfungsi sebagai penyedot debu dan tungau-tungau agar lantai menjadi bersih. Dulu, menggunakan vacuum cleaner masih memerlukan cara manual dengan tenaga manusia. Namun, sekarang tak perlu repot lagi berkat kecanggihan teknologi karena tenaga manusia sudah dapat digantikan oleh robot. Robot Vacuum Cleaner memang sangat memudahkan, terutama jika kalian full-time bekerja sehingga tak ada waktu untuk menyapu lantai. Robot Vacuum Cleaner juga sangat direkomendasikan untuk kamu yang memiliki rumah luas karena alat ini secara otomatis dapat menjangkau seluruh ruangan.

Memilih Fitur Robot Vacuum Cleaner

Cek Auto-Charging

Fitur ini memungkinkan robot vacuum cleaner kembali ke dock atau tempat pengisian baterai ketika daya sudah melemah, terutama saat proses pembersihan. Begitu baterai sudah terisi kembali, robot akan melanjutkan pekerjaannya di titik henti tadi. Dengan fitur ini, kamu tidak khawatir ada bagian terlewat atau repot memindah-mindah robot.

Kualitas Filter

Filter dalam robot vacuum cleaner berfungsi menyaring kotoran yang masuk ke dust bin. Semakin baik kualitasnya, semakin sedikit pula debu yang beterbangan keluar. Filter yang baik biasanya menggunakan HEPA filter. HEPA filter berfungsi menyaring kotoran sampai ukuran sangat kecil atau mikron, sehingga efektivitas penyaringannya bisa mencapai 99.97%. Pastikan menggunakan filter ini jika kamu alergi pada debu juga bulu hewan.

Kapasitas Dust Bin

Karena memang berfungsi untuk mengisap kotoran dan debu, pastikan untuk memilih robot vacuum cleaner dengan volume besar, terutama jika area yang akan dibersihkan cukup luas. Hal ini untuk menghindari overload saat di tengah pembersihan. Pada umumnya, volume dust bin 240 ml dapat menampung debu dari ruangan seluas 300 m2. Namun, angka ini tidak bersifat mutlak, banyak faktor yang berpengaruh, misal jenis lantai, ketebalan dan jenis debunya, serta kekuatan isap robot vacuum cleaner-nya.

Simak 8 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Ini, dan Pilih Sesuai Kebutuhanmu!

Mi Robot Vacuum-Mop Essential

Mi Robot Vacuum-Mop Essential sangat direkomendasikan untuk kamu yang sudah memiliki smartphone Xiaomi. Dengan mengunduh aplikasi Mi Home di Play Store, smartphone-mu bisa terhubung dengan Mi Robot Vacuum-Mop. Kamu dapat mengatur setting-an detail robot vacuum cleaner ini lewat smartphone, mulai dari schedule, menyapu, menyapu sekaligus mengepel, hingga mengatur virtual wall. Keunggulan lainnya, kamu dapat memberikan perintah pada robot vacuum ini dengan Google Assistant melalui aplikasi tersebut.

Spesifikasi Mi Robot Vacuum Cleaner-Mop Essential sendiri sudah tergolong cukup untuk budget menengah. Daya hisapnya sekitar 2200Pa dengan durasi pemakaian cukup lama, dan mampu membersihkan area mencakup 90 m2. Pengoperasian mudah dan otomatis dapat menjalan tugasnya dengan baik. Menggunakan daya listrik 25 watt dengan kapasitas baterai 2500 mAh. Kamu tidak perlu khawatir baterai habis saat robot vacuum cleaner ini bekerja. Dia dapat kembali ke "home" secara otomatis untuk pengisian baterai. Jika kapasitas sudah penuh, secara otomatis pula kembali melanjutkan kerjanya. Menarik, kan?! Robot Vacuum ini sudah ada di berbagai markeplace. Checkout sekarang ya!

Harga Rp. 2.700.000-3.300.000

Roborock S7

Rekomendasi robot vacuum cleaner satu ini sangat cocok untuk rumahmu yang berukuran luas, yakni Roborock S7. Dengan daya vacuum 2500 Pa, robot vacuum cleaner ini dapat menjangkau hingga 250 m2. Tergolong fantastis memang kinerjanya. Kapasitas baterai cukup besar dengan daya kerja sampai 180 menit. Meski harganya tergolong mahal, kualitas yang kamu dapat benar-benar sesuai harga. Produk baru dari Roborock ini sudah ditambah 2 fitur, VibraRise dan Sonic Mopping. VibraRise sendiri merupakan fitur tercanggih saat ini pada robot vacuum cleaner. Fitur ini memungkinan robot vacuum untuk mengangkat diri sendiri secara otomatis saat berada di area berkarpet, sehingga karpet kamu tidak basah saat mopping. Sementara, dengan fitur Sonic Mopping, memungkinkan robot vacuum bergetar hingga 3.000 kali per menit untuk menggosok lantai, membuat lantai lebih bersih dan bisa untuk noda sedikit bandel.

Roborock S7 cocok membersihkan segala jenis lantai, seperti ubin, marmer, kayu, bahkan medan lantai yang tidak rata. Meski merogoh kocek cukup dalam, kamu akan dimanjakan dengan fitur-fiturnya yang memang tangguh di kelasnya, terlebih jika rumahmu tidak memiliki ART. Dapatkan segera di markerplace favoritmu ya!

Harga Rp. 7.400.000-8.000.000

Dreame Bot D9 Robot Vacuum and Mop

Tak kalah dengan Mi Vacuum-Mop Essential, Dreame Bot D9 Robot Vacuum and Mop juga bisa diandalkan untuk membersihkan lantai. Fitur-fiturnya layak dan mumpuni untuk membersihkan rumah hingga seluas 250 m2. Dengan 6 mode pembersih cukup maksimal untuk rumah berukuran cukup besar. Dilengkapi fungsi pemetaan, dan penekanan saat melewati karpet, sehingga isapan debu pada karpet juga lebih maksimal. Robot vacuum cleaner ini memang tergolong canggih karena didesain dengan 13 sensor pintar yang sanggup beradaptasi dengan lingkungan rumit. Tak hanya itu, Robot Dreame juga dapat melewati rintangan setinggi 20 mm.

Kapasitas water tank sebesar 270 ml plus kain pel anti bakteri yang mengklaim dapat menghilangkan 99,9% bakteri di lantai. Tak hanya itu, kamu dapat membatasi area yang ingin kamu bersihkan dengan fitur virtual wall, secara otomatis robot vacuum ini akan menghindari area tersebut. Jangan lupa untuk langsung cek marketplace langgananmu untuk info harganya ya!

Harga Rp. 4.900.000-5.200.000

Ecovacs DEEBOT U2 PRO

Ecovacs DEEBOT U2 PRO sangat direkomendasikan untuk rumah dengan binatang peliharaan. Robot vacuum cleaner ini dilengkapi Pet Care Kit, memiliki fitur Tangle-Free yang memang dikhususkan untuk membersihkan rambut dan bulu-bulu pet yang rontok di lantai. Dengan tiga mode pembersihan, kamu dapat menyesuaikan dengan kondisi medan rumahmu dan tingkat kekuatan robot yang kamu inginkan, meliputi Mode Jalan Sistematik, Mode Hard Floor Mode, dan Mode Max. Tak kalah dengan robot vacuum cleaner lainnya, Ecovacs Deebot U2 Pro juga dapat dioperasikan melalui aplikasi smartphone.

Kamu bisa mengandalkan robot vacuum cleaner ini untuk menyapu sementara kamu tidur. Sensor Drop-Off sangat sensitif, sehingga dapat mendeteksi tangga dengan minimal ketinggian 10 cm. Saat mendeteksi tangga itu, robot ini akan otomatis berputar ke arah lain untuk melanjutkan proses pembersihan. Selain itu, terdapat dua level air pada fitur mopping-nya guna mengukur tingkat kebasahan, yakni Standard dan High. Cukup menarik dengan harga terjangkau di kelasnya ya.

Harga Rp. 3.000.000-3.700.000

Samsung VR9300 POWERbot

Terbilang beda dari kebanyakan robot vacuum cleaner di pasaran, VR9300 POWERbot Vacuum with Cyclone Force keluaran Samsung ini tergolong canggih dengan harga cukup mahal. Namun, tentu saja sangat sebanding dengan spesifikasi yang didapat. Robot vacuum cleaner ini sudah dilengkapi kamera room tracking--kamera ini berfungsi merekam denah ruangan saat membersihkan dan tersimpan dalam history. Kapasitas Samsung VR9300 POWERbot tergolong besar dengan teknologi Cyclone Force untuk daya hisap ekstrem sehingga lantai bisa bersih maksimal. Meski kekuatan hisapnya ekstra, mesin pada robot vacuum ini memiliki tingkat kebisingan yang rendah, yakni 78 dBA.

Beberapa review menyebutkan bahwa robot vacuum cleaner ini dapat membersihkan karpet dengan baik. Semua jenis lantai dapat dibersihkan maksimal, bahkan untuk lantai yang bergelombang sekali pun, dengan sistem pengoperasian 3 mode, yaitu Auto, Spot, dan Manual Cleaning. Kamu juga bisa menentukan tingkat kebisingan mulai dari rendah, normal, sampai maksimal. Coba aja cek dulu di marketplace favoritmu ya!


Harga Rp. 11.000.000-17.000.000

Kurumi KV 03 Laser+

Kurumi KV 03 Laser+ merupakan robot vacuum cleaner yang paling diminati tahun lalu. Versi ini merupakan versi upgrade dari Kurumi KV 03 Robot Vacuum Cleaner yang dilengkapi UV laser sehingga dapat membersihkan tanpa sisa. Di kelasnya, robot ini terbilang cukup terjangkau harganya. Dengan kapasitas baterai Li-on 3200 mAh, robot vacuum cleaner ini dapat menyapu dan mengepel hingga 200 m2 dengan kapasitas debu 600 ml.

Tak kalah dengan lainnya, dilengkapi fitur Breakpoint Continue Cleaning yang berfungsi otomatis sebagai alarm saat baterai lemah untuk kembali ke "home" sekaligus melanjutkan proses pembersihan saat tenaga listrik sudah terisi. Benar-benar menyapu sambil tidur ya. Tidurmu bisa semakin tak terganggu dengan fitur Restricted Area sehingga robot vacuum cleaner ini tidak memasuki kamarmu dan membuatmu terbangun. Apakah kamu tertarik? Cek langsung yuk di marketplace!

Harga Rp. 3.000.000-3.900.000

Seebest Vacuum Cleaner Robotic E630

Rekomendasi selanjutnya bisa dibilang low budget robot vacuum cleaner. Didukung kapasitas baterai sebesar 2.200 mAh yang mampu bekerja 2 jam untuk membersihkan lantai seluas 120 m2, Seebest Vacuum Cleaner Robotic E630 memang tergolong murah. Bahkan, robot ini juga sudah dilengkapi fitur mopping, cukup worth to buy jika kamu tergolong orang sibuk tapi tidak mau mengeluarkan banyak budget untuk produk semacam ini.

Sedikit berbeda dari robot vacuum cleaner lainnya, Seebest memiliki 5 mode pembersihan, yakni Auto, Spot, Edge, Zig Zag, dan Spiral. Cukup bisa diandalkan untuk menjangkau kolong-kolong furniture ya. Kamu bisa langsung cek di marketplace langgananmu ya!

Harga Rp. 2.000.000-2.900.000

Wellcomm Home BL809 with Gyro App

Merek satu ini merupakan salah satu pioner aksesoris komputer dan gadget yang berdiri sejak 1998 di Surabaya. Merambah industri home appliance, perusahaan ini merilis Wellcomm Home BL809 with Gyro App sebagai robot vacuum cleaner yang patut diandalkan. Fitur pembersihannya terdapat 5 fungsi sekaligus, menyapu, menyikat, menghisap, mengepel dan mengeringkan. Wow, di kelas harganya, produk satu ini sangat worth to buy. Tidak hanya di fungsi, desain produk ini memang sangat ringkas dan menarik, LED display-nya sudah menggunakan teknologi touchscreen sehingga bersifat user-friendly bagi konsumen. Dari segi keamanan, Wellcomm Home BL809 dilengkapi fitur Anti-falling System, Anti-collision System, dan Obstacle Avoid, kesemuanya berfungsi melindungi robot vacuum ini dari jatuh dan merintangi hambatan. Selain itu, kamu juga bisa mengatur fitur Inteligent Scheduling melakui aplikasi Gyro. Dalam aplikasi tersebut, kamu juga bisa mengecek kapasitas baterai dan pengaturan kinerja robot. Cukup mutakhir untuk teknologi saat ini. Kalian bisa langsung cek marketplace ya untuk detail harganya!

Harga Rp. 2.600.000-3.500.000
From our editorial team

Tak lagi repot menyapu sekaligus mengepel rumah sekali jalan!

Keberadaan robot vacuum jelas akan memberikan lebih banyak waktu luang untukmu. Kini, kamu tinggal menyalakan robot vacuum dan lantai akan bersih saat kamu kembali!

Tag