Traveling ke Jerman? Ini Dia 10 Oleh-oleh Jerman yang Tak Boleh Ketinggalan Anda Bawa Pulang!

Traveling ke Jerman? Ini Dia 10 Oleh-oleh Jerman yang Tak Boleh Ketinggalan Anda Bawa Pulang!

Berkunjung ke negeri Jerman tentu tak lengkap kalau tak membawa pulang oleh-oleh khas negara yang satu ini. Mau tahu oleh-oleh apa saja yang bisa dibawa pulang untuk sanak keluarga dan teman di rumah? Yuk intip rekomendasi BP-Guide berikut ini!

Jerman, Salah Satu Negara Eropa yang Jadi Tujuan Wisata Orang Indonesia

Sumber gambar podroze.gazeta.pl

Traveler Indonesia beberapa tahun belakangan mulai melirik Eropa sebagai destinasi wisata dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Para pebisnis pun memilih Jerman sebagai destinasi pilihan di Eropa Barat.

Angka statistik menunjukkan hal itu. Pada 2016 saja setidaknya 110 ribu warga Indonesia yang berlibur ke Jerman. Angka ini jauh di atas jumlah warga Malaysia yang mencapai 72 ribu saja.

Pemandangan alam seperti pegunungan Alpen, atraksi wisata, olahraga, dan rekreasi dari kota-kota Berlin, Muenchen, Hamburg membuat Jerman semakin dilirik menjadi pilihan tujuan wisata di samping Belanda, Perancis dan Belgia.

Aneka Oleh-oleh Jerman yang Pastinya akan Disukai Banyak Orang

Sumber gambar theculturetrip.com

Walau belum terlalu dikenal, Jerman memiliki tujuan wisata belanja yang tidak kalah menarik dari Paris dan Swiss. Seperti gerai penjualan pabrik yang menjual barang-barang bermerek dengan harga miring.

Dan tentu saja toko souvenir untuk membeli oleh-oleh setelah tur keliling kota seperti di Berlin atau di Koln Cathedral. Ada beragam oleh-oleh yang bisa dibawa pulang dari lokasi-lokasi tersebut.

Jerman juga Jadi Tujuan Penggila Belanja

Sumber gambar blog.wego.com

Jerman tak kalah dari Paris atau Milan untuk berburu barang-barang branded. Di sejumlah kota besar di Jerman, kini Anda pun bisa mendapatkan banyak barang-barang fashion yang sudah menjadi tujuan para penggila belanja.

Bagi Anda yang gemar berbelanja, sempatkan berkunjung ke factory outlet di pinggir kota Duesseldorf untuk berburu barang-barang bermerek seperti Esprit, Benetton, S.Oliver dan beberapa merek lain dengan harga miring. Mampir juga ke Scheunenvertiel, deretan butik yang menawarkan produk-produk stylish.

3 Tempat Favorit untuk Mendapatkan Oleh-oleh dari Jerman

Rausch Schokoladenhaus

Sumber gambar www.lonelyplanet.com

Bangunan 2 lantai ini menawarkan pemandangan indah dari restoran fine dining-nya. Pun tersedia souvenir cokelat menarik yang berasal dari pabrik cokelat terkenal Rausch di Berlin. Miniatur bangunan, pesawat, kapal dengan rasa dan variasi cokelat biasa menjadi pilihan oleh-oleh. Semua buatan tangan dari para chocolatier, harganya pun tidak terlalu mahal.

Anda juga bisa memilih kue mini truffle, praline, makanan penutup dan yang menjadi favorit minuman coklat yang dapat kita mix sendiri sesuai selera. Harganya €4.7 atau sekitar Rp 44.720.

Viktualienmarkt

Berawal dari pasar petani, Viktualienmarkt berkembang menjadi pasar khusus gourmet atau pasar makanan sehari-hari yang berada di pusat kota Munich. Terdapat sekitar 140 kios dan toko yang menawarkan bunga, buah, keju, ikan, dan sebagainya.

Jam buka resmi pasar ini adalah Senin sampai Sabtu. Mulai pukul 8 pagi hingga 8 malam. Namun ada waktu-waktu khusus untuk toko bunga, roti dan restoran di luar jam resmi.

Viktualienmarkt dapat menjadi pilihan Anda untuk membeli souvenir foodie-centric seperti rempah-rempah atau wurst buatan sendiri. Jangan lupa selalu sedia payung, jaket, atau jas hujan ketika berkeliling karena pasar ini berada di ruang terbuka dengan risiko cuaca buruk.

Ingolstadt Village

Ingolstadt Village merupakan kawasan toko top brand yang menawarkan harga murah, khususnya saat summer sale. Pusat perbelanjaan yang tak jauh dari Munich ini memiliki 80 butik barang-barang milik desainer Internasional seperti Bally, Aigner, MCM, Wolford dan masih banyak lagi yang dijual murah.

Bahkan koleksi tahun sebelumnya dijual dengan potongan harga besar-besaran. Untuk kamu yang gemar memakai barang bermerek, pasti kamu tidak ingin beranjak dari tempat ini.

Aneka Oleh-oleh Jerman yang Pastinya akan Disukai Banyak Orang

Cokelat

Jerman termasuk negara penghasil cokelat terbaik di dunia. Beberapa merek terkenal antara lain Ritter Sport, Alpia, Kinder Schokolade, Milka, dan Sarroti. Rasanya enak, harganya pun relatif murah. Ada banyak promo-promo terutama saat Natal dan Tahun Baru bisa Anda dapatkan di supermarket seperti Hofer (Aldi), Billa, EuroSpar, dan Bipa

Ingin harga lebih murah? Datang langsung ke pabrik cokelat Lindt & Spruengli di Grafenbach, Austria. Harga cokelat yang sudah didiskon di supermarket berkisar EUR 2 atau Rp 30.000. Sementara di pabrik ini sekitar dijual sekitar EUR 0,50 sampai dengan EUR 10 atau Rp 7.500 - Rp 150.000 untuk ukuran dus besar.

Tidak perlu keluar biaya banyak namun dijamin keluarga atau teman-teman pasti senang dengan oleh-oleh Anda.

Parfum

Sumber gambar www.fragrantica.com

Bagi penggemar parfum, kota Cologne atau Koln menjadi tujuan utama berburu parfum untuk oleh-oleh.

Sesuai dengan jenis parfum Eau de Cologne, toko Cologne Haus 4711 yang asli di tengah kota menawarkan paket oleh-oleh berisi parfum 4711 mini berisi 10 botol kecil dengan harga EUR 12 atau sekitar Rp 180.000 per dus nya.

Ada pula produk 4711 Original Eau de Cologne berukuran pocket size dengan harga sekitar EUR 6-7 atau sekitar Rp 90.000 - Rp 120.000 berisi 2 botol kecil. Keseluruhan harga yang ditawarkan berkisar EUR 1-100 atau Rp 15.000 sampai dengan Rp 1.500.000.

Toko parfum lain yang juga terkenal adalah Haus Farina. Namun harga parfum Farina memang lebih mahal bila dibandingkan dengan 4711. Kemasan yang paling murah ukuran 6 ml dibanderol EUR 8 atau hampir Rp 120.000. Sedangkan yang paling mahal adalah kemasan patung perunggu berisi 125 ml seharga EUR 490 atau sekitar Rp 7 juta.

Kemasan patung perunggu adalah simbol kemewahan yang banyak dipakai oleh bangsawan zaman dahulu. Inilah mengapa harga parfum ini menjadi sangat mahal.

Barang-barang Branded

Sumber gambar www.schwitzke.com

Kota kecil Rattingen dekat bandara Duesseldorf adalah tempat factory outlet yang menjual barang-barang cuci gudang Esprit. Baju branded orisinal seharga jutaan rupiah, dijual hanya seharga Rp 100-300 ribu. Memang sih, baju-baju yang dijual adalah baju-baju yang off season atau tidak laku di outlet outlet Esprit seluruh dunia, namun kualitasnya masih ori lho.

Satu lagi yang wajib dikunjungi adalah Factory Outlet City Metzingen. Kota ini berjarak sekitar 50 menit dari Stuttgart, Baden-Württemberg. Berbagai macam merek busana ternama dapat kita temukan. Sebut saja Adidas, Hugo Boss, Burberry, Escada, Crocs, Esprit, Levi’s, Joop, Miss Sixty, Armani, Oakley, Fossil, Saint Oliver, Tommy Hilfiger, dan lainnya.

Ayo segera search tempatnya di Google dan berburu merek terkenal dengan harga murah.

Miniatur VW

Sumber gambar id.pinterest.com

Para pencinta otomotif Indonesia tentu tidak asing dengan Volkswagen atau VW buatan Jerman. Khusus untuk kolektor miniatur VW atau die cast, dapatkan miniatur VW Beetle, VW Golf atau VW Combi di KaDeWe atau Kaufhaus des Westens, salah satu departement store terbesar di Berlin yang menjual miniatur VW die cast.

Miniatur yang dibuat dengan detail mirip mobil aslinya yang dibanderol dengan harga EUR 25 sekitar Rp 400 ribu. Anda bisa mendapatkan oleh-oleh yang tahan lama dan bakal jadi barang yang disukai kerabat dan sahabat di tanah air.

Pakaian Hangat

Sumber gambar globalnews.ca

Untuk Anda yang berencana berlibur saat musim dingin, tentu memerlukan perlengkapan jaket dan pakaian hangat. Jaket musim dingin biasanya dibuat dengan material khusus dan berkualitas sehingga harganya cukup mahal.

Namun saat memasuki musim semi, toko-toko di Jerman memberi diskon untuk menghabiskan stok musim dingin. Inilah saat yang tepat untuk membeli jaket musim dingin dengan harga murah dan kualitas bagus.

Di kota Cologne, ada sebuah shopping street Neumarkt, sebuah jalan kecil yang dipenuhi toko, kafe, dan restoran dengan harga terjangkau. Department store Primark asal Irlandia adalah salah satu toko di sini yang menjual jaket hanya seharga EUR 5 atau sekitar Rp 83 ribu saja.

Designer Outlet Center di kota Neumünster, tidak jauh dari Hamburg, juga salah satu kompleks pertokoan yang menjual barang-barang berbagai mode dan aksesoris merek terkenal dengan harga miring.

Kaos Jerman

Sumber gambar www.zazzle.com

Oleh-oleh murah lain yang kerap diburu adalah kaos yang bertuliskan nama kota atau negara dan gambar ciri khas kota tersebut.

Kaos seperti ini bisa Anda dapatkan di shooping street di kota Cologne yang menjual kaos bertema kota Cologne seharga EUR 3 atau sekitar Rp 50 ribu. Berlin Apparel dekat Friedrichstr juga menawarkan kaos seharga €15 atau seharga Rp 250 ribu untuk tiga kaos. Jika beruntung saat festival Afrika di Alexanderplatz,

Anda dapat menawar harga kaos dengan tulisan "I ♥ Berlin" sampai seharga EUR 10 atau sekitar Rp 167 ribu. Ini bukan harga akhir karena masih bisa digoyang jika Anda pandai menawar.

Elisenlebkuchen

Sumber gambar www.rezeptwelt.de

Lebkuchen adalah roti jahe khas jerman yang diolah secara tradisional menggunakan tangan dan dibuat dari campuran tepung dan rempah-rempah jahe, kayu manis dan kapulaga. Resepnya diwariskan secara turun temurun sehingga tetap terjaga ciri khas dan kualitasnya.

Roti jahe dengan ragam variasinya ini bisa Anda dapatkan di toko Lebkuchen-Schmidt yang terletak di Hauptmarkt, Nürnberg. Lebkuchen khas Nürnberg bernama Eisenlebkuchen dijual per 200 gr-500 gr nya dengan harga antara EUR 4-10 atau sekitar Rp 66 ribu-Rp 167 ribu.

Untuk satu bungkus Lebkuchen lapis cokelat (isi 5) dibandrol EUR 2 atau setara dengan Rp 33 ribu. Sementara Lebkuchen putih campur almond 150 gr dijual seharga EUR 2,50 sekitar Rp 41 ribu.

Gummibaerchen

Sumber gambar www.ja.be

Penganan kecil dengan rasa manis juga kerap menjadi pilihan untuk dijadikan oleh-oleh. Rekomendasinya adalah Gummibaerchen. Kerap disebut dengan Gummibar, penganan jeli dengan bentuk beruang ini dibuat dari gelatin dengan rasa buah. Ada pilihan rasa seperti stoberi, nanas, lemon, raspberi, dan jeruk.

Penganan ini sangat mudah ditemukan di beberapa supermarket di Jerman. Harganya mulai dari EUR 4 atau sekitar Rp 68.000 saja per bungkus.

Magnet Kulkas

Sumber gambar www.aliexpress.com

Magnet kulkas merupakan benda yang sudah lumrah dijadikan oleh-oleh selain gantungan kunci. Magnet kulkas juga punya desain yang beragam. Dan yang paling banyak dicari adalah serpihan tembok Berlin yang terkenal. Umumnya dijual dengan harga EUR 3-4 saja atau sekitar Rp 51.000 sampai Rp 68.000.

Karena sudah umum, Anda bisa mudah menemukan magnet kulkas ini di seluruh toko souvenir yang ada di Jerman. Tinggal pilih model atau desain yang ada, bayar, dan bawa pulang.

Piring Keramik Pajangan

Piring keramik dengan desain gambar landmark yang ada di Jerman juga paling banyak diburu sebagai oleh-oleh. Biasanya gambar yang ada dalam piring keramik ini adalah Tembok Berlin, Dorm Zu Korn Katedral, Wetzler, dan lain sebagainya.

Dengan harga berkisar EUR 3-10 saja (Rp 38 ribu sampai Rp 127 ribu) membuat piring keramik tak akan membuat kantong bolong. Selain itu, Anda juga bisa mudah menemukannya di seluruh toko souvenir di Jerman. Jika ingin menemukan piring keramik dengan variasi gambar yang banyak bisa mengunjungi Viktualienmarkt.

From our editorial team

Jangan Lewatkan Kesempatan Berburu Oleh-oleh di Jerman

Siapa yang tak kenal dengan negara Eropa satu ini? Ya, Jerman yang dikenal sebagai negara maju juga kerap jadi tujuan wisata favorit warga Indonesia. Kalau Anda berkesempatan datang ke negara ini, jangan sampai ketinggalan berburu oleh-oleh di daerah setempat. Anda bisa membeli oleh-oleh khas negara Jerman atau barang-barang yang tidak bisa ditemukan di tanah air. Anda juga bisa berburu barang branded dengan harga miring, so jangan sampai terlewat, ya!