Jangan Lewatkan 10+ Handphone Buatan Indonesia, Tak Kalah Canggih dan Keren Loh

Jangan Lewatkan 10+ Handphone Buatan Indonesia, Tak Kalah Canggih dan Keren Loh

Smartphone jadi salah satu kebutuhan yang penting terlebih di era digital saat ini. Nyaris semua orang memiliki ponsel pintar untuk memenuhi keperluan masing-masing mulai dari komunikasi hingga bisnis. Untuk itu, produsen gawai genggam satu ini terus berinovasi. Tidak hanya produsen luar negeri, berikut beberapa smartphone lokal buatan Indonesia yang juga tak kalah keren dan bisa kamu pilih.

Selain Buatan Luar Negeri, Ada juga Lho Merek-merek Smartphone Lokal Tanah Air yang Eksis di Pasaran

Sumber gambar stock.adobe.com

Di zaman sekarang, handphone seolah sudah menjadi kebutuhan utama setiap orang. Maka tak heran jika banyak bermunculan jenis handphone dengan berbagai kelebihan. Perusahaan-perusahaan handphone dari berbagai negara pun saling bersaing mengeluarkan produk terbaru dan tercanggih di pasaran.

Sejumlah perusahaan handphone terkenal seperti Samsung dari Korea Selatan, Xiaomi dari Tiongkok, dan Nokia dari Finlandia terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Selain perusahaan dari luar negeri, perusahaan handphone dari Indonesia pun sudah mulai berani bersaing di pasaran. Mereka seolah tidak kehilangan akal untuk bersaing dengan target pasar yang sedikit berbeda, misalnya target kalangan menengah ke atas mulai dari Smartfren, Evercoss, dan Mito. Kualitas yang dihasilkan pun sebenarnya tidak sembarangan.

Kelebihan Handphone Buatan Lokal

Sumber gambar chroniclejournal.com

Banyak orang yang memandang produk lokal sebelah mata. Padahal sebenarnya, jika dilihat lebih dekat, ada banyak sekali kelebihan handphone produk lokal yang tidak diketahui. Berikut adalah beberapa kelebihan handphone lokal.

Harga Murah

Sumber gambar c-bali.com

Kelebihan pertama adalah tentunya harga handphone lokal lebih murah daripada handphone dari luar negeri. Fiturnya pun tidak kalah baik dengan handphone dari luar negeri. Jadi, untuk apa membeli produk luar negeri tapi palsu? Lebih baik membeli produk lokal dengan harga terjangkau namun asli.

Tersedia Berbagai Macam Tipe

Sumber gambar kachwanya.com

Kelebihan kedua yaitu ada berbagai macam tipe yang tersedia, sehingga pilihan produk tidak terbatas pada barang yang itu-itu saja. Pilihan yang lebih beragam ini juga akan membuat persaingan produk lebih sehat sebab calon pembeli memiliki lebih banyak kesempatan untuk memilih produk yang akan dibelinya.

Tersedia di Berbagai Macam Toko

Sumber gambar ru.pngtree.com

Selain tipenya yang beragam, handphone produk lokal juga mudah didapatkan di konter handphone mana pun. Untuk mendapatkannya sama sekali tidak sulit.

Pilihan Handphone Buatan Indonesia yang Berkualitas

Evercoss U50A MAX

Sumber gambar blibli.com

Pada 20 September 2013, sebuah brand bernama CROSS Mobile Phone berganti nama menjadi EVERCOSS. Permintaan produk Evercoss meningkat tajam di tahun 2014, sehingga kemudian perusahaan tersebut membangun pabrik di Semarang, Jawa Tengah.

Tidak hanya untuk produktivitas, pabrik juga didirikan karena adanya rasa nasionalisme untuk mendukung pembangunan di Indonesia sekaligus membuka lapangan kerja yang baru.

Evercoss U50A Max adalah salah satu produk unggulan dari Evercoss. Ia memiliki kamera dengan empat lensa, dua pada kamera belakang (13 MP + 2 MP) dan dua lagi pada kamera depan (8 MP + 2 MP). Kamera dengan dua lensa ini memungkinkan Evercoss U50A Max menghasilkan foto dengan efek bokeh. Tidak hanya itu, kamera-kamera ini juga didukung dengan lampu flash LED.

Handphone dengan ruang penyimpanan internal 16 GB ini memiliki RAM 2 GB dan didukung prosesor Speadstrum octa-core 1,3 GHz. Ia juga memiliki slot SIM ganda yang mendukung jaringan 4G LTE. Fisiknya sangat modern dengan layar 5 inci dan resolusi 1280 x 720 piksel.

Ponsel ini juga dilindungi Kingkong Glass yang memungkinkan tahan dari benturan keras. Baterainya sendiri memiliki daya 2.600 mAh. Anda bisa mendapatkan ini di Bukalapak dengan harga Rp 1.175.000, Blibli Rp 1.189.000, atau Tokopedia dengan harga Rp 1.105.000.

Evercoss Elevate Y2 Power

Sumber gambar oketekno.com

Evercoss Elevate Y2 Power merupakan salah satu smartphone lokal yang mampu membuktikan kekuatan produk lokal. Ada beberapa kelebihan dari handphone ini.

Pertama adalah memiliki baterai 6200 mAh dengan teknologi Quick Charge. Smartphone ini merupakan smartphone lokal pertama yang memiliki daya baterai sebesar itu dan tahan hingga 4 hari. Bahkan, juga bisa difungsikan sebagai powerbank.

Belum lagi dengan teknologi Qucik Charge yang bisa digunakan untuk menelepon selama 2 jam hanya dengan di-charge selama 5 menit. Kedua keunggulan ini merupakan perpaduan sempurna untuk sebuah smartphone.

Keunggulan lainnya adalah layar 5,5 inci dengan resolusi 1280 x 720 piksel. Ia dilapisi kaca pelindung kuat Dragontrail Glass 3 yang diproduksi oleh Asahi Glass, mampu menahan beban hingga 60 kg dengan ketebalan kaca hanya 1 mm.

Perusahaan juga menyebutkan bahwa smartphone ini menghadirkan Oleophobic Coating pada layar yang membuat permukaan kaca tidak mudah tertempel minyak atau kotoran dari jari tangan.

Untuk kamera, tidak perlu diragukan lagi karena memiliki kamera Sony dengan resolusi besar (13 MP untuk kamera belakang dan 8 MP untuk kamera depan) yang mendukung berbagai fitur kamera lainnya.

Dapatkan smartphone canggih buatan lokal ini di Butikdukomsel dengan harga Rp 1.879.060, di Shopee dengan harga Rp 1.310.000, atau di Tokopedia dengan harga Rp 1.780.000.

Mito Fantasy Note A30

Sumber gambar tokopedia.com

Akhirnya Mito berusaha mengikuti tren smartphone berlayar lebar dengan mengeluarkan seri Mito Fantasy Note A30. Handphone ini memiliki layar 6 inci dengan berbagai spesifikasi canggih. Kesan elegan dihadirkan di bagian belakang smartphone karena cover-nya dibubuhi dengan corak kulit imitasi yang sekilas mirip Samsung Galaxy Note 3.

Tidak hanya lebar, layarnya juga menggunakan LCD jenis IPS berteknologi kapasitif, resolusi HD 720 piksel, dan kerapatan piksel sekitar 245 piksel per inci.

Namun sayang tidak dilengkapi dengan Gorilla Glass melainkan hanya flip case dan plastik anti gores yang harus dipasang sendiri. Layar sentuhnya mampu merespons hingga lima titik sentuh dan memiliki fitur autobrightness untuk membantu Anda mengoperasikan smartphone di luar ruangan.

Kelebihan smartphone juga ada di sektor kamera utama 13 MP dan LED Flash serta kamera depan 5 MP. Ia dilengkapi sistem operasi Android Kitkat 4.2.2 dengan sedikit modifikasi bentuk ikon dan widget yang dimiliki. Fantasy Note juga bisa dipacu hingga kecepatan 1,3 GHz dengan ram 1 Gb, memori internal 8 GB, dan kapasitas eksternal hingga 32 GB. Baterainya pun berkapasitas besar berjenis Lithium Ion 2400 mAh.

Dapatkan Mito Fantasy Note A30 di blanja.com dengan harga Rp 1.550.000, di Tokopedia dengan harga Rp 1.380.000, atau di Bukalapak dengan harga Rp 1.500.000.

HiMax Pure S

Sumber gambar androidsuites.com

Himax Pure S memiliki prosesor Octa Core dengan sistem operasi Android Kitkat v. 4.2 dan RAM 2 GB. Smartphone ini diklaim sebagai smartphone paling tipis dengan ukuran 145.1 x 70.2 mm dan ketebalan 5,5 mm. Berat ponsel hanya 133 gram, ringan ketika digenggam dan body magnesium untuk memperkuat kesan elegan dan stylish di setiap sisinya.

Layar 5 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel semakin menyempurnakan tampilan smartphone ini. di sektor kamera, terdapat kamera utama 13 MP yang dilengkapi fitur autofocus, touch focus, dan face tracking. Sedangkan kamera depan memiliki lensa 5 MP.

Kapasitas penyimpanan Himax Pure S hingga 16 GB. Daya baterainya mencapai 2300 mAh. Namun sayangnya, baterai tidak bisa dilepas dai perangkat. Dapatkan smartphone ini di Tokopedia dengan harga Rp 1.199.000.

Advan G1

Sumber gambar elevenia.co.id

Advan Indonesia baru saja mengeluarkan smartphone terbaru yang menjadi unggulannya yaitu Advan G1. Advan G1 dilengkapi dengan berbagai keunggulan seperti pemindai sidik jari, RAM 3 GB, ROM 16 GB, prosesor quad-core 1 GHz, kamera utama 13 MP, dan kamera depan 8 MP. Sistem operasinya pun sudah cukup terbaru yaitu berbasis Android Marshmallow.

Ia mengusung konsep unibodi sehingga cover belakang tidak dapat dilepas. Di tepi kanan smartphone ini terdapat tombol volume dan tombol power dan di sisi kiri ada tray kartu untuk 2 kartu SIM dan kartu micro SD.

Selain kamera utama dan LED Flash, di bagian belakang juga ada pemindai sidik jari, grill pengeras suara, dan dua strip mendatar di tas dan bawah. Dapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 1.640.000 atau di Lazada dengan harga Rp 1.699.000.

Advan i5

Sumber gambar oketekno.com

Advan i5A menawarkan smartphone dengan bodi yang stylish, bergaya, premium, dan elegan. Hal ini menjadikan smartphone ini unik karena mayoritas perusahaan ponsel memang mengabaikan sisi penampilan handphone.

Advan i5A menawarkan keunggulan GOLD: Glassy mirror and silk smooth coating, Optimal performances, Large storage capacity, dan Dynamic autofocus. Layar 5 inci membuatnya terasa pas di tangan juga dilengkapi dengan teknologi MiraVision untuk efek visual yang lebih baik. Sistem operasi yang digunakan adalah Android Lollipop 5.1.

Selain tampilan luar, spesifikasi smartphone satu ini juga tak kalah canggih yaitu dengan prosesor Quad core berkecepatan 1 GHz dan RM 2 GB yang bisa digunakan untuk bermain game tanpa lag. Dari segi kamera, memang diatur mudah tanpa settingan yang ribet dengan beberapa mode utama pemotretan yaitu Mode Wajah Sempurna, Mode Pelacak Gerak, Mode Foto Langsung, serta HDR.

Tombol volume pun bisa digunakan sebagai shutter kamera sehingga cukup efektif dalam aksi selfie. Kamera utama 13 MP memiliki autofokus dinamis yang otomatis mencari fokus objek saat pengguna menggerakkan kamera untuk objek yang berbeda sehingga hasil foto selalu mendapat fokus terbaik.

Dibekali dua slot SIM untuk 4G LTE dengan kapasitas baterai 2200 mAh. Dalam sekali charge, baterai bisa bertahan lebih dari setengah hari. Dapatkan smartphone ini di Butik Dukomsel dengan harga Rp 1.249.260, Blibli dengan harga Rp 1.329.000, atau di Tokopedia dengan harga Rp 1.099.000.

Polytron P520

Sumber gambar bhinneka.com

Perusahaan elektronik ternama dalam negeri, Polytron, kembali menghadirkan smartphone Android terbarunya dengan segmen menengah ke atas.

Sesuai dengan target pasarnya, smartphone yang dinamai Polytron Prime 7S P520 ini tentu saja mengutamakan kenyamanan pengguna. Sehingga tak heran jika dibekali dengan berbagai teknologi dan spesifikasi tercanggih saat ini.

Dari segi prosesor sendiri, Polytron Prime 7S P520 mengandalkan chipset Media Tek Helio P10 dan prosesor Octa Core 64 bit yang sanggup mengantarkan kecepatan hingga 2 GHz (tersusun atas Quad Core 1.8 GHz dan Quad Core kecepatan 1 GHz). RAM kapasitas 3 GB dan pengolah grafis Mali-T860 MP2 juga turut melengkapi kelebihan smartphone.

Seperti produk keluaran Polytron lainnya, ponsel ini juga mengandalkan Fira OS sebagai desain antar muka. Sistem operasi Android Marshmellow 6.0 akan membantu Anda selama mengoperasikan smartphone tersebut. Daya simpannya tergolong besar yaitu memori internal 64 GB dan eksternal hingga 128 GB untuk menyimpan data-data Anda.

Sedangkan dari segi kamera, ia memiliki lensa utama berdaya bidik 16 MP serta menghadirkan sensor Samsung ISOCELL, Aperture f/2.0, dan lampu dual LED Flash. Untuk kamera depan 8 MP dengan fitur fixed focus dan lampu LED flash. Baterai sebesar 2300 mAh dan charger terintegrasi dengan fitur Turbo Charging supaya lebih cepat saat mengisi daya. Jaringan data lengkap, mulai dari 2G GSM, 3G HSPA, dan 4G LTE.

Dapatkan produk ini di Blibli seharga Rp 3.299.000 atau di Bhinneka dengan harga yang sama dengan harga di Blibli.

Polytron PRIME 7 PRO P552

Sumber gambar priceprice.com

Polytron baru saja merilis handphone kelas menengah yaitu Polytron Prime 7 Pro yang memiliki kapasitas baterai 5000 mAh. Dengan kapasitas sebesar itu, Polytron Prime 7 Pro diklaim mampu bertahan hingga 10 hari.

Smartphone ini mengusung layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi full HD, body metal dengan ketebalan 8,9 mm dan sentuhan kaca 2,5 D dan dilindungi Gorilla Glass. Prosesor octa-core dengan dukungan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB juga menjadi andalan dari smartphone ini.

Produk ini telah berjalan menggunakan sistem operasi Android Nougat. Kameranya pun cukup canggih yaitu kamera belakang dan kamera depan dengan resolusi 13 MP. Produk ini dijual di Bukalapak dengan harga Rp 2.250.000, di Blibli dengan harga Rp 2.399.000, dan di OLX dengan harga Rp 2.000.000.

Zyrex ZA 987

Sumber gambar priceprice.com

Zyrex OneSribe ZA987 merupakan smartphone lokal unggulan dengan prosesor dual core Cortex A9 berkecepatan 1 GHz menggunakan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich.

Pada display, Zyrex OneScribe ZA987 Dualcore menggunakan layar sentuh kapasitif LCD ukuran 5 inci dan resolusi layar 480 x 800 piksel. Memori internal sebesar 4 GB dan slot eksternal hingga 32 GB. Dapatkan produk ini di Tokopedia Rp 491.999, di Bukalapak Rp 485.000, dan di Blibli dengan harga Rp 479.000.

Digicoop by ITB

Sumber gambar arenalte.com

Digicoop adalah singkatan dari Digital Cooperation karya dalam negeri yang telah resmi memulai proses produksi. Sebagai permulaan, Digicoop dibekali hardware standar, yaitu kapasitas RAM 1 GB, ruang penyimpanan 8 GB, kamera utama 5 MP, kamera depan 2 MP, dan baterai berdaya 1800 mAh.

Spesifikasi menarik dari Digicoop sendiri adalah adanya segmen middle low, layar sebesar 4,7 inci. Kelebihan lain yaitu ia mampu menjangkau jaringan 4G LTE dengan harga jual Rp 1.200.000.

From our editorial team

Ketahui Informasi Tambahan Soal Smartphone yang Dibeli

Ponsel pintar buatan lokal menawarkan spesifikasi yang cukup mumpuni dan menggiurkan dengan harga murah. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah dan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Selain keunggulan tersebut, ada baiknya Anda juga memerhatikan tentang pusat pelayanan pelanggan dan tempat service centre agar bisa menggunakan ponsel dengan nyaman dan aman. Hal ini penting jika terjadi kendala seperti kerusakan ponsel di kemudian hari, Anda bisa membawanya ke service centre resmi terdekat.