10 Rekomendasi Game Survival Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di PC dan Android (2018)

10 Rekomendasi Game Survival Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di PC dan Android (2018)

Buat kamu pencinta game, game survival mungkin sudah tak asing lagi. Nah, kalau kamu ingin tahu game survival terbaik yang bisa dimainkan di PC maupun Android, kamu bisa cek rekomendasinya berikut ini!

Game Survival yang Penuh Tantangan Memang Selalu Menguji Adrenalin

Kenapa survival game digilai? Mungkin jawabannya hanya satu: memompa adrenalin. Hidup yang datar memerlukan zombie atau kanibal untuk membuatnya lebih bergairah. Maka itu muncullah game-game survival. Oleh karena itu kemudian muncul game seperti Unreal World (buatan Sami Maaren untuk pengembang Enormous Elk).

Game ini merupakan contoh awal dari survival game yang muncul 1992 dan hingga kini tetap bisa membantu memacu adrenalinmu. Contoh awal lainnya adalah game SOS (dikembangkan oleh Human Entertainment) dari Nintendo pada 1993. Kini telah begitu banyak game survival keren yang menawarkan apa pun untuk mengejar-kejar dirimu secara keren: monster, alien, beast, hantu, dan lainnya.

Ciri Khas Game Survival

Peralatan Terbatas atau Minimal

Sumber gambar itunes.apple.com

Satu hal yang membuat game survival menjadi adiktif adalah peralatan untuk bertahan hidup yang terbatas atau minimal. Sementara itu tantangan untuk tetap hidup begitu tinggi, belum lagi adanya unsur zombie atau karakter-karakter lain yang menyebalkan dan tetap memburumu selama mode survival tersebut.

So, kelihaianmu untuk crafting dengan menggunakan sumber daya yang terbatas itulah yang membuat game ini selalu membuatmu ingin memainkannya.

Bertahan Sampai Game Selesai

Ciri kedua dari game survival adalah bahwa sebagai player, kamu harus bisa tetap bertahan hidup hingga game selesai. Oleh karena itu, mungkin game survival macam Battle Royale tetap akan mendapat fans yang bejibun. Ada tantangan di setiap saat permainan.

Adrenalin selalu terpompa, karena gamer selalu dalam keadaan waspada. Karena setiap tikungan adalah bahaya, dan untuk menang player harus bisa bertahan hingga game usai. Sensasi-sensasi itulah yang membuat gamer tidak bisa lepas dari survival game. it’s just too addictive.

Punya Tantangan Tersendiri

Sumber gambar sea.ign.com

Oke, Tetris atau Mario Kart memang menantang. Namun apakah keduanya bisa memberi rasa deg-degan campur penasaran? Ada tantangannya sih, namun levelnya jelas berbeda. Tingkat deg-degannya juga berbeda. Bermain game survival bisa saja dikatakan berlatih untuk menghadapi kondisi-kondisi lingkungan yang bisa sangat tidak bersahabat.

Kamu dituntut untuk belajar secara cepat menyikapi situasi yang berkembang setiap saat. Kamu juga dituntut pintar melakukan tindakan membela diri atau melarikan diri dari tantangan yang tak bisa dilawan untuk sementara waktu. Pokoknya survival game memberi tantangan berlebih, karena itu memang cirinya.

10 Rekomendasi Game Survival Terbaik yang Bisa Dimainkan di PC dan Android

PC

The Forest

Sumber gambar www.tokopedia.com

Game survival The Forest merupakan garapan dari SKKS Games. Untuk pengalaman gaming yang semakin mendalam, game ini basis teknologi VR Oculus Rift. Kebayang kerennya? Belum lagi, plot dan setting ceritanya dibuat sangat realistis. Setiap detail game ini, seperti cuaca, pergantian hari, tanaman, sangat diperhatikan.

Karena itu semua sangat meningkatkan level tantanganmu dalam gaming. Hutan tidak memberimu supermarket, sehingga kamu harus bercocok tanam (yang mati jika tidak kamu rawat). Kamu juga harus membuat shelter atau membakar kayu untuk mengusir dinginnya malam.

Lebih dari itu, kamu juga harus pintar membuat jebakan, karena jika malam tiba bukan hanya hewan buas saja yang mengincarmu, namun juga para mutan.

Miscreated

Sumber gambar www.youtube.com

Keadaan dunia begitu genting. Manusia hampir punah karena perang besar. Segelintir manusia yang bertahan hidup, termasuk dirimu, mencari partner untuk diajak bekerja sama membangun dunia kembali. Sementara lainnya akan menjadi musuh dalam menguasai sumber daya yang masih ada.

Namun untuk mengawali semua itu, kamu hanya memiliki sebuah senter. So, apa yang mesti kamu lakukan terlebih dahulu? Setidaknya begitulah skenario game survival Miscreated untukmu. Game ini dikembangkan oleh Entrada Interactive LLC. Detail grafis dan ceritanya sangat menawan. Entrada juga memberimu bonus fitur yang memungkinkanmu membuat shelter atau bangunan sesuai keinginanmu sendiri.

Ark Survival Evolved

Sumber gambar www.youtube.com

Game Ark Survival Evolved dikembangkan oleh Studio Wildcard bersama Instinct Games, Efecto Studios, serta Virtual Basement. Game yang dirilis pada 2017 ini akan membawa kamu terdampar di sebuah pulau misterius bernama Ark.

Tanpa bekal apa pun, dengan badan telanjang, kamu harus survive di pulau Ark yang penuh dengan dinosaurus plus berbagai binatang prasejarah lainnya. Itu pun belum cukup. Kamu juga akan berhadapan dengan berbagai bahaya dari lingkungan sekitar atau dari sesama player yang iseng.

Selain pada Window PC, game ini bisa dimainkan di PC/laptop berbasis Linux atau OS X. Kamu juga bisa memainkannya pada konsol Playstation 4, Xbox One, serta pada gadget berbasis Android dan iOS.

The Long Dark

Sumber gambar www.g2a.com

Jika kamu bosan berkejaran dengan zombie, monster, mutan atau lainnya, cobalah The Long Dark. Kali ini kamu akan berperan sebagai seorang pilot bernama William Mackenzie yang sedang sial. Pesawat yang dijalankannya harus mendarat darurat di hutan liar Kanada yang tidak terlalu bersahabat bagi hidupnya.

Musuhmu bukan monster, namun ganasnya alam Kanada menjelang musim dingin yang panjang. Hanya keberanian dan keterampilan survive yang akan membuatmu bertahan dalam game yang benar-benar bersifat survivalis ini. The Long Dark dikembangkan oleh Hinterland pada 2013.

Subnautica

Beberapa game survival sebelumnya selalu ber-setting di daratan. Kali ini kamu akan dibawa Subnautica untuk bermain di bawah permukaan air. Game ini memberimu kesempatan untuk merencanakan kapal selammu sendiri (plus perlengkapannya).

Bisa dikatakan game survival ini merupakan gabungan antara berbagai genre game, seperti exploration, sandbox, dan RPG. Tantangan bawah laut dihadirkan dengan realistis dan mencekam. Game ini merupakan hasil besutan Unknown World Entertainment yang dirilis (setelah 4 tahun dalam program Early Access) pada 2018.

Android

Crashlands

Sumber gambar www.youtube.com

Selain membuat game aksi keren Quadropus Rampage (pernah mencoba?), pengembang indie Butterscotch Shenanigans juga mengembangkan satu game survival yang perlu kamu coba, Crashland.

Di dalam game ini kamu akan menjadi Flux Dabes, seorang kurir antar galaksi, yang diserang alien jahat dan terdampar di planet asing. Paket bawaannya pun direbut. Dengan dibantu oleh robot canggih, Juicebox, dia berusaha untuk merebut kembali paketnya. Tentu saja plotnya lebih menantang, karena penuh dengan mode survival bagi Flux dan kamu sebagai player yang memainkannya tentunya.

Day R Survival

Sumber gambar gamers.media

Day R Survival ber-setting di Rusia pasca bencana besar 1985. Di antara lingkungan rusak, sumber daya hancur, dan radioaktif sisa nuklir masih mengawang di atmosfer, kamu harus bertahan hidup. Kamu juga harus menggunakan segala keterampilan survival dan keberanian untuk menghadapi binatang liar atau pun para bandit.

Grafisnya biasa saja, namun game ini menawarkan realisme yang menawan. Untuk bertahan, kamu bisa berburu binatang, mencari kendaraan, membuat senjata atau shelter untuk berlindung. Game hardcore ini merupakan pengembangan dari tltGames.

Don't Starve: Pocket Edition

Sumber gambar www.apkisland.net

Di dalam game Don't Starve: Pocket Edition, kamu akan menjadi Wilson, seorang inventor, yang bekerja sama dengan Maxwell. Pada akhirnya Wilson dilemparkan ke dunia asing oleh Maxwell, yang ternyata adalah sosok iblis.

Petualangan survival pun dimulai. Wilson harus bisa bertahan hidup, tanpa harus kelaparan, atau pun menjadi gila. Wilson harus mendapatkan 5 item rahasia untuk bisa lolos dari dunia tersebut. Game buatan Klei Entertainment ini telah mendapat banyak review positif dari para gamer.

Five Nights at Freddy’s Games

Sumber gambar www.roblox.com

Penyuka game survival horror tentu tak akan melupakan Five Nights at Freddy’s games. Game ini belakangan sangat top, bahkan hingga membuat banyak Youtuber beken ikut memainkannya. Plot dari game ini simpel. Kamu akan menjadi Hubbers yang menjadi pengawas resto pizza Freddy Fazbear’s Pizza.

Hubbers harus mengawasi setiap ruangan resto melalui CCTV. Level ketegangan dan horror akan muncul saat, selain mengawasi resto, Hubbers juga harus bertahan dari dari serangan animatronik horror yang menjadi maskot restoran tersebut. Dan Hubber tidak boleh melarikan diri dan bertahan hingga selesai kerja. Game ini dikembangkan oleh developer indie Scott Cawthon.

Last Day on Earth: Survival

Sumber gambar www.hobbyconsolas.com

Game Last Day on Earth: Survival memberi kamu satu pengalaman yang ikonik dari game survival, yaitu dikejar-kejar zombie. Namun bukan hanya itu saja tantanganmu. Kamu juga harus belajar bertahan hidup setelah bumi hancur terkena wabah zombie. Kamu juga harus belajar untuk berbagai peralatan pendukung hidup, mencari sumber daya, serta belajar mempertahankannya.

Karena kamu juga akan tahu bahwa sumber daya alam untuk hidup sangat terbatas dan diperebutkan oleh para manusia yang masih terbebas dari virus zombie.

Game yang dikembangkan oleh Kefir ini sangat top di Google Playstore. Tercatat sudah lebih dari 10 juta gamer yang telah mengunduhnya.

From our editorial team

Nikmati Keseruan Game Survival Asal Jangan Lupa Waktu, Ya!

Memainkan game survival memang seru tapi kalau kamu bermain game ini ada baiknya kalau hanya di waktu luang dan tak mengganggu aktivitas seperti bekerja atau belajar. Pastikan juga PC atau smartphone cukup mumpuni untuk memainkan game ini jika ingin menikmatinya. Tunggu apalagi, kalau kamu pecinta game survival, kamu bisa segera men-download daftar game di atas. Selamat berjuang!