Kualitas Makanan tetap Segar dengan 10 Rekomendasi Kulkas Kecil untuk Rumah Minimalis (2020)

Kualitas Makanan tetap Segar dengan 10 Rekomendasi Kulkas Kecil untuk Rumah Minimalis (2020)

Memiliki rumah atau tempat tinggal dengan ukuran terbatas memang permasalah tersendiri yang harus dipecahkan dengan bijak. Begitupun saat memilih berbagai peralatan dapur atau furnitur, diusahakan untuk memilih yang minimalis termasuk saat memilih kulkas atau lemari es. Nah. daripada bingung yuk langsung cek dulu rekomendasi kulkas kecil yang cocok untuk ruanganmu!

Kulkas dengan Ukuran Kecil Kini bisa menjadi Pilihan untuk Kalian yang Tinggal di Tempat yang Terbatas

Di masa sekarang, kulkas seolah menjadi perangkat elektronik wajib di dalam sebuah rumah tangga. Hal ini dikarenakan fungsinya yang begitu beragam dan bermanfaat untuk menyimpan bahan-bahan makanan, obat-obatan, hingga produk skincare. Namun, yang sering menjadi kendala adalah ukurannya yang terlalu besar.

Ukuran yang besar ini cukup merepotkan, terutama bagi mereka yang hanya memiliki ruang penyimpanan terbatas, seperti di dalam kamar kost, di kantor, atau bahkan di kamar tidur. Untuk menjawab permasalahan tersebut, muncullah kulkas berukuran kecil yang tidak memakan banyak tempat dan jauh lebih praktis.

Kelebihan Kulkas Kecil

Hemat Listrik

Kelebihan kulkas kecil yang pertama adalah hemat listrik. Hal ini disebabkan kompresornya berukuran lebih kecil daripada kulkas yang berukuran besar. Sehingga membutuhkan daya listrik yang lebih kecil pula. Kulkas kecil biasanya hanya memerlukan daya listrik sebesar 150-350 watt saja.

Meski sudah pasti daya listriknya lebih kecil daripada kulkas berukuran besar, perlu diingat bahwa besar daya listrik setiap kulkas kecil berbeda-beda. Jika kamu ingin menghemat biaya listrikmu atau kamu sedang mempertimbangkan kapasitas listrik ruangan yang terbatas, kamu perlu memilih kulkas kecil dengan daya listrik yang paling kecil pula.

Besar daya listrik bisa kamu lihat di spesifikasi setiap produk. Pastikan pertimbangkan soal daya listrik ini sebelum membeli produk.

Tidak Memakan Banyak Tempat

Kulkas kecil hadir untuk menjawab permasalahan tentang kebutuhan kulkas untuk diletakkan di ruang-ruang yang tidak terlalu luas. Sesuai dengan kebutuhan tersebut, tentu saja kulkas kecil memiliki keunggulan tidak memakan banyak tempat seperti kulkas pada umumnya.

Kamu bisa meletakkannya di bawah meja TV, di sudut ruang baca, di samping sofa, atau di sisi manapun yang bisa menjadi tempat penyimpanan. Ukurannya yang kecil membuatnya lebih fleksibel untuk diletakkan di mana saja.

Oleh karena itu, kulkas kecil ini sangat cocok diletakkan di kamar kos, kamar apartemen 1 ruang, di kantor, ruang tamu, ataupun ruangan-ruangan lain yang memerlukan kulkas untuk menyimpan makanan maupun minuman.

Kekurangan Kulkas Kecil

Tidak Bisa Menyimpan Barang Banyak

Jika kamu menggunakan kulkas kecil, jangan harap kamu bisa menyimpan stock makanan atau minuman dalam jumlah banyak seperti ketika kamu menyimpan dengan kulkas besar. Tentu saja hal ini tidak bisa dilakukan karena kulkas ini berukuran lebih kecil.

Kapasitas penyimpanannya pun kecil, tidak akan sama dengan kulkas besar pada umumnya. Jangan pernah memaksakan kapasitas kulkas hingga menyimpan terlalu banyak barang di dalamnya karena itu bisa membuat kulkas cepat rusak.

Oleh karena kapasitas penyimpanannya yang terbatas itu, kulkas kecil biasanya dipakai untuk menyimpan makanan-makanan dan minuman ringan seperti minuman kaleng, cokelat, dan lain-lain. Bukan untuk menyimpan bahan-bahan makanan seperti daging atau sayur-sayuran.

Memang bisa untuk menyimpan bahan-bahan makanan tersebut, namun tentu saja bahan makanan tersebut perlu segera dimasak untuk menghemat ruang di dalam kulkas.

Tidak Memiliki Freezer

Kekurangan lain dari kulkas kecil adalah tidak memiliki freezer. Kini beberapa brand kulkas kecil memang sudah menyediakan freezer di dalam kulkas kecil, namun lagi-lagi ukurannya pun juga kecil.

Freezer pada kulkas kecil biasanya hanya muat untuk satu baki es batu atau dua kaleng minuman soda ukuran normal. Kecil sekali, bukan? Oleh karena itu, kamu tidak bisa menyimpan bahan-bahan makanan segar di sana seperti daging atau ikan, apalagi dalam waktu lama karena ruangnya yang terlalu sempit.

Kebutuhan akan freezer ini kembali lagi ke dirimu sendiri. Ada beberapa orang yang memang perlu freezer, tapi ada juga yang hanya memerlukan lemari pendinginnya. Jika kamu adalah orang yang perlu freezer di dalam kulkas kecil, perlu diperhatikan juga bahwa ukuran freezer-nya tidak akan sebesar biasanya.

Sehingga kamu bisa mempertimbangkan apakah kehadiran freezer itu bermanfaat untukmu atau tidak.Jika tidak terlalu membutuhkan, kamu bisa memilih kulkas kecil jenis lain tanpa freezer. Itulah pentingnya memastikan kebutuhanmu terlebih dulu sebelum memilih produk yang sesuai.

Beberapa Rekomendasi Kulkas Kecil 1 Pintu yang Bisa menjadi Pilihan

LG GN201CK Kulkas 1 Pintu

Kulkas ini sudah dilengkapi dengan Low Voltage Stability (LVS), sehingga menjaga mesin kulkas tetap awet meski dalam kondisi tegangan rendah.

Untuk kamu yang gemar menyimpan sayur-sayuran di dalam kulkas, tidak perlu khawatir berantakan atau mengotori kulkas karena sudah tersedia Veggie Box di dalamnya. Keunggulan lainnya adalah kulkas berkapasitas 169 liter ini sudah dilengkapi dengan Bio Shield dan teknologi Moist Balance Crisper.

Bio Shield merupakan teknologi yang memungkinkan dinding kulkas bebas jamur dan bakteri, sehingga makanan di dalamnya lebih tahan lama.

Sedangkan Moist Balance Crisper dapat menguapkan sisa air dari makanan hingga membentuk embun, sehingga menjaga keseimbangan embun yang ada di dalam kotak makanan kamu.

Harga Rp. 1.118.889-2.659.000

Sharp SJ-X165MG-GB/GR

Tampilan luarnya saja sudah menunjukkan betapa elegan dan mewahnya produk kulkas yang satu ini. Padahal, harganya lumayan terjangkau jika dibandingkan dengan kulkas jenis lain.

Tampilan elegan ini didapatkan dari body-nya yang menggunakan tempered glass tray. Sehingga, kulkas dapat menahan beban hingga 100 kg, mudah dibersihkan, dan tahan lama.

Kulkas ini juga memiliki tegangan rendah yang bisa membuatmu hemat energi sekaligus hemat biaya. Keistimewaannya ada pada Proteksi 7 Shields-nya, yaitu perlindungan dari petir, gigitan tikus, voltase tidak stabil, ketidakseimbangan, bahaya api, getaran, dan sengatan listrik.

Harga Rp. 1.529.000-1.600.000

Kulkas Lemari Es Mini Portable Krisbow 1 Pintu

Jika kamu mencari kulkas dengan ukuran yang lebih kecil daripada kulkas 1 pintu, produk ini mungkin bisa menjadi jawaban kamu. Kulkas berkapasitas total 50 liter ini sudah dilengkapi freezer di dalamnya dengan kapasitas 4 liter.

Keistimewaannya lagi, ia didukung teknologi Direct Cooling System yang membuat bagian dalam kulkas lebih dingin secara merata. Untuk membuka dan menutup kulkasnya sendiri cukup mudah karena dilengkapi door handle-nya diletakkan di bagian atas body kulkas.

Harga Rp. 1.500.000-2.535.000

Midea HS65 Kulkas (1 Pintu)

Selain produk sebelumnya, ada juga produk ini yang merupakan kulkas mini keluaran Midea. Midea merupakan salah satu brand yang memproduksi barang-barang elektronik seperti kipas angin, mesin cuci, termasuk kulkas.

Body-nya terbuat dari stainlees dengan desain yang simpel sehingga cocok untuk mengisi desain interior apapun. Meski hanya berkapasitas bersih 45 liter, rak di dalamnya tersusun dengan apik sehingga kulkas ini dapat menyimpan botol berkapasitas 1500 ml. Kamu bisa meletakkan kulkas minimalis ini di kamar hingga mini bar kamu.

Harga Rp. 1.185.000-1.325.000

Panasonic NR-AK5AD

Tak mau kalah dengan merek lain, Panasonic yang merupakan salah satu merek terkenal di Indonesia juga mengeluarkan produk kulkas mini untuk menjawab kebutuhan kamu.

Dengan kapasitas bersih 50 liter, kulkas ini akan membantu kamu menjaga makanan tetap segar, namun tetap efisien karena ukurannya yang mini dan ekonomis karena daya listriknya yang rendah.

Bagaimana tidak, kulkas ini hanya memerlukan daya listrik sebesar 65 watt saja. Kamu juga bisa mengunci kulkas ini untuk kebutuhan keamanan bahan-bahan makanan yang kamu simpan di dalamnya.

Namun sayangnya, ia hanya ada dalam satu varian warna yaitu silver grey. Pilihan warna yang cukup netral untuk dipadukan dengan interior apapun.

Harga Rp. 1.850.000-2.356.000

Changhong CBC 100 Kulkas Mini Portable

Kulkas yang satu ini cukup unik karena ukurannya yang, bisa dibilang, tanggung. Dibandingkan dengan kulkas mini, kulkas ini berkapasitas jauh lebih besar.

Namun tidak sebesar kapasitas kulkas 1 pintu pada umumnya. Berapa sih kapasitasnya? Hanya 92 liter! Meski demikian, kamu sudah bisa menyimpan botol berkapasitas hingga 2 liter ke dalamnya, lho.

Dari segi body, pintunya terbuat dari stainlees steel yang anti licin dan mudah dibersihkan. Untuk merawatnya, kamu hanya perlu membersihkannya sebanyak 1 kali setiap 1-2 minggu. Di bagian bawahnya memiliki kaki-kaki yang ketinggiannya bisa diatur sesuai selera atau kebutuhan kamu.

Kulkas ini hanya tersedia dalam 1 pilihan warna, yaitu biru safir yang cantik. Warna birunya akan nampak elegan dan mencolok di tengah-tengah ruangan kamu.

Harga Rp. 610.000-1.828.500

Polytron Kulkas PRO-15AGR

Kembali ke rekomendasi produk kulkas 1 pintu untuk kapasitas penyimpanan yang lebih besar, mungkin kamu perlu mempertimbangkan produk kulkas yang satu ini.

Desainnya sangat simple dengan warna merah yang mencolok. Kompresornya pun bekerja dengan baik sehingga dapat mempertahankan suhu di dalam kulkas agar tetap stabil.

Ada beberapa fitur di dalam kulkas berkapasitas bersih 150 liter ini, antara lain ice twist tray, egg pocket, tempered glass rack, tempered glass door, jumbo freezer compartment, 4D quick freezing, adjustable rack, dan perfect door sealed.

Harga Rp. 1.549.000-2.457.500

Aqua Sanyo 1 Pintu AQR D179

Masih dengan kulkas kecil berkapasitas besar, cobalah produk yang satu ini. Ia memiliki kapasitas 140 liter dengan rak yang besar sehingga kamu bisa menyimpan bahan makanan lebih besar.

Di dalamnya terdapat freezer untuk menyimpan daging maupun bahan makanan segar lainnya. Karena kulkas ini dilengkapi top table, kamu dapat meletakkan vas bunga, gelas, atau apapun di atasnya.

Tersedia dua pilihan warna netral untukmu, yaitu warna abu-abu dengan nama flower silver dan warna putih dengan nama flower white.

Harga Rp. 1.680.000-2.700.000

Sanken SK-G186AH-BK

Kita beranjak ke sebuah kulkas dari Sanken dengan kapasitas penyimpanan 180 liter. Kulkas ini didesain dengan sangat rapi, bahkan hingga ke pemilihan karet pintunya yang terbuat dari bahan karet berkualitas.

Bagian dinding HD dengan ciri-ciri tebal dan padat, sehingga lebih kokoh dan lebih mampu menjaga suhu di dalamnya lebih stabil. Kulkas ini berhasil mencapai running ratio sebesar 36% yang artinya, kulkas ini lebih hemat energi, lebih cepat dingin, kerja kompresor lebih singkat, serta suhu dan kesegaran makanan di dalamnya lebih stabil.

Tidak hanya spesifikasinya yang sangat mumpuni, tampilan kulkas inipun dipikirkan dengan sangat matang. Warna hitamnya sangat elegan dengan beberapa jenis gambar di atasnya.

Kamu bisa memilih pola desain pintu bergambar burung, kupu-kupu, atau bunga. Ketiganya sama-sama menambah kesan classy dan elegan di atas warna hitam glossy-nya.

Harga Rp. 1.940.000-2.752.000

Samsung Kulkas 1 Pintu RR18R1000SA/SE

Jika kamu ingin menyimpan bahan makanan dalam jumlah banyak sehingga tidak perlu bolak-balik belanja, mungkin kulkas ini bisa menjadi salah satu pertimbangan kamu.

Kapasitasnya cukup besar, yaitu 185 liter, dengan rak buah dan sayur yang cukup besar pula. Dilengkapi dengan rak yang kuat di bagian dalam dan body kulkas yang dilapisi tempered glass. Sehingga, kulkas ini mampu menahan beban hingga 150 kg.

Harga Rp. 2.249.000-2.498.000
From our editorial team

Yuk, Langsung Pilih Kulkas Kecil Sesuai Ukuran Tempat Tinggalmu

Kulkas kecil akan sangat membantu untuk menyimpan makanan atau minuman. Terlebih jika ruangan atau tempat tinggalmu berukuran kecil sehingga membutuhkan kulkas dengan ukuran yang minimalis. Pilihlah bahan makanan yang pokok dan harus dalam kondisi segar saja, ya. Karena kapasitas dari kulkas ini pun sangat terbatas.