10 Rekomendasi CCTV Terbaik yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Mudah Masa Kini! (2021)

10 Rekomendasi CCTV Terbaik yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Mudah Masa Kini! (2021)

Penggunaan CCTV yang terus meningkat tentu sejalan dengan banyaknya tindak kriminalitas yang terjadi baik di ruang publik maupun pribadi. Untuk mengurangi tindakan kriminalitas, penggunaan CCTV menjadi salah satu strategi yang efektif. Yuk, pilih yang pas buat kamu!

Pemakaian CCTV untuk tujuan keamanan saat ini sudah sering dilakukan

Anda pasti sudah tidak asing dengan CCTV, bukan? Kamera pengawas ini sudah banyak digunakan untuk tujuan keamanan. Tak hanya sektor komersial, kini sudah banyak orang yang memasangnya di rumah agar bisa memonitor keadaan rumah ketika ditinggal bepergian.

Bahkan, berdasarkan penelitian yang dimuat dalam International Journal of Law, penggunaan CCTV dapat menurunkan tingkat pencurian hingga 47,4%.

Beberapa fungsi cctv bagi kehidupan saat ini

Memantau tindak kejahatan di sekitar kita

Berbicara mengenai CCTV, sebenarnya alat ini memiliki fungsi yang beragam bagi kehidupan. Fungsi yang pertama tentu saja untuk memantau apa yang terjadi di sekitar kita. Penggunaan CCTV selalu dikaitkan dalam upaya pencegahan aksi kejahatan.

Salah satu tujuan pemasangan CCTV yang paling umum adalah merekam apabila terjadi tindak kejahatan dan menggunakannya sebagai barang bukti. Menariknya, para pelaku kriminal kerap kali mengurungkan niatnya ketika melihat CCTV terpasang dan siap merekam aksinya. Tentu ini menandakan bahwa CCTV juga berperan dalam mencegah terjadinya aksi kriminal.

Memantau kinerja karyawan

Tak melulu berkaitan dengan aksi kejahatan, CCTV juga bisa dipasang di tempat kerja untuk memantau kinerja karyawan. Anda bisa memantau segala aktivitas di kantor tanpa perlu datang ke lokasi. Tentu ini sangat membantu Anda dalam menilai kinerja karyawan.

Pemasangan CCTV di tempat kerja secara otomatis juga membuat para karyawan lebih hati-hati dalam bertindak. Adanya CCTV membuat kinerjanya tentu menjadi lebih baik karena menyadari bahwa apa yang ia lakukan selalu dalam pantauan. Keberadaan CCTV juga bisa membantu Anda dalam mengevaluasi kinerja karyawan sekaligus suasana tempat kerja untuk memperbaikinya di kemudian hari.

Memantau usaha kita dari pencurian

Dalam menjalankan aktivitas usaha, tentu ada berbagai aspek yang perlu diperhatikan. Selain perihal keuangan, keamanan di segala bidang juga patut mendapatkan perhatian. Hadirnya CCTV seolah menjadi angin segar bagi para pebisnis untuk meningkatkan keamanan usahanya.

Dengan memasang CCTV, tindak kriminalitas dapat dicegah. Kamera CCTV umumnya dipasang di bagian kasir maupun sudut-sudut toko untuk memantau aktivitas usaha setiap harinya. Apabila ada gerak-gerik mencurigakan dari pengunjung maupun karyawan, tentu semua akan terekam dan dapat segera melakukan tindak lanjut.

Bisa untuk memantau keluarga di rumah

Seiring berjalannya waktu, CCTV kini tidak hanya bisa diakses melalui ruang pengawasan. Anda bisa memonitor kondisi rumah secara real time menggunakan gadget. Perkembangan teknologi saat ini memastikan smartphone Anda dapat terhubung secara langsung dengan perangkat CCTV yang ada di rumah.

Teknologi tersebut membuat Anda tetap dapat memantau keadaan keluarga di rumah meski Anda tengah bepergian. Setiap kejadian yang terjadi di rumah juga terekam, sehingga Anda bisa memonitor apa saja yang terjadi di rumah. Ketika terjadi bahaya pun Anda juga bisa turut bertindak meski dari jauh. Apalagi kini sudah banyak CCTV yang dilengkapi dengan audio dua arah.

Bisa untuk menjadi bukti dari sebuah tindakan kriminal

Kembali ke fungsi dasar CCTV sebagai kamera perekam, keberadaan kamera pengawas ini membuat segala peristiwa terdokumentasikan. Ketika terjadi peristiwa-peristiwa penting seperti tindakan kriminal, Anda bisa menggunakan rekaman kamera CCTV sebagai barang bukti untuk memprosesnya ke ranah hukum. Video rekaman ini merupakan barang bukti yang kuat ketika digunakan pada persidangan.

Tips memilih cctv terbaik agar fungsinya bisa sesuai dengan keinginan kita

Sesuaikan dengan budget dan kebutuhan

Tertarik membeli CCTV untuk keamanan rumah? Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti sebelum membelinya. Pertama, sesuaikan CCTV yang hendak dibeli dengan anggaran. Anda yang memiliki budget rendah tentu lebih baik memilih CCTV dengan resolusi yang lebih rendah. Sementara bagi Anda yang memiliki budget berlebih, CCTV dengan resolusi tinggi akan lebih baik.

Sesuaikan pula CCTV yang hendak dibeli dengan kebutuhan. Pemasangan di dalm maupun di luar ruangan tentu membutuhkan jenis kamera yang berbeda. Pertimbangkan pula luas bidang yang hendak dipantau, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan kemampuan cakupan visual kamera yang hendak dibeli.

Pastikan penggunaan cctv apakah untuk indoor atau outdoor

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pemasangan di dalam atau di luar ruangan pastinya memerlukan CCTV yang berbeda. Hal ini terkait dengan ketangguhan, cakupan visual, serta jarak pandang kamera untuk performa yang terbaik. Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu lokasi pemasangan CCTV sebelum membelinya.

Kamera CCTV untuk pemasangan outdoor umumnya dirancang lebih tangguh dari pada kamera indoor. Selain memiliki kemampuan untuk mereduksi cahaya matahari, CCTV outdoor juga memiliki jumlah LED infrared yang lebih banyak untuk mendukung kinerjanya di malam hari. CCTV outdoor biasanya juga dilengkapi teknologi weatherproof yang membuatnya tahan dalam segala cuaca.

Pilih cctv dengan resolusi tinggi

Kualitas rekaman CCTV tentu dipengaruhi oleh kamera yang melengkapinya. Untuk mendapatkan visualisasi yang jelas dan tajam, CCTV dengan kamera beresolusi tinggi tentu lebih disarankan. Berbicara mengenai resolusi kamera, kamera dengan resolusi di atas 8MP sudah dikatakan memiliki resolusi tinggi.

Kamera dengan resolusi tinggi akan mencegah distorsi gambar. Tentu Anda juga perlu menyesuaikannya dengan budget dan luas area yang hendak dipantau. Kamera kelas menengah dengan resolusi 5-8MP bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki budget terbatas.

Memilih CCTV berkabel atau nirkabel?

Berdasarkan instalasinya, ada dua sistem CCTV yang kini digunakan, yaitu dengan kabel dan nirkabel. Perangkat CCTV dengan kabel umumnya memiliki biaya instalasi yang lebih mahal dan sulit untuk diganti. Namun, perangkat ini memiliki kualitas sinyal yang lebih stabil dan tidak akan bentrok dengan perangkat nirkabel lainnya.

Anda yang menyukai perangkat praktis dan terjangkau, CCTV nirkabel atau wireless bisa menjadi pilihan. Selain mudah dan murah diinstal, CCTV ini juga bisa dipindahkan sesuai kebutuhan. Kelemahan dari perangkat ini adalah kemungkinan bentrok dengan perangkat wireless lain yang mengganggu sinyal serta kualitas gambar yang direkam.

10 Rekomendasi CCTV Terbaik yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Mudah Masa Kini

CCTV IP Camera Yoosee Wireless IP Camera HD 1080P 3 Antena

Rekomendasi CCTV terbaik yang pertama adalah CCTV IP Camera Yoosee Wireless IP Camera HD 1080P 3 Antena. CCTV ini merupakan produk wireless yang praktis dan dapat dipasang serta dipindah dengan mudah. Produk ini beroperasi menggunakan aplikasi Yoosee atau YYP2P untuk melakukan pengaturan serta melihat rekaman.

Meski tengah bepergian, Anda bisa dengan mudah memantau kondisi rumah karena monitor, kontrol, dan juga playback dapat dilakukan melalui smartphone Android maupun iOS. Menariknya, produk ini dibekali dengan komunikasi audio dua arah dan dapat diatur menjadi network mode agar dapat dimonitor banyak orang.

Harga Rp. 189.000-205.000

CCTV IP Camera Spycam Outdoor Ezviz C3W Husky Air 1080p Color Night Wireless

Bingung mencari CCTV outdoor yang tangguh dan tahan lama? Tak perlu khawatir, Anda bisa melirik produk CCTV IP Camera Spycam Outdoor Ezviz C3W Husky Air 1080p Color Night Wireless. Produk ini telah dilengkapi dengan fitur proteksi IP66 yang membuatnya tahan dalam segala cuaca.

CCTV outdoor ini memiliki dua antea yang membuat koneksinya lebih stabil. Dilengkapi color night vision membuatnya dapat melihat di kegelapan dengan jelas dan secara otomatis meningkatkan ketajamannya kualitasnya. Produk ini juga memiliki dual way audio yang mendukung komunikasi dua arah.

Harga Rp. 869.000-1.856.800

Xiaomi CCTV Yi Dome 1080p Full HD

Bila berbicara tentang CCTV, tentu Anda tak boleh melewatkan produk-produk keluaran Xiaomi. Salah satu produk terbaiknya adalah Xiaomi CCTV Yi Dome 1080p Full HD. Produk ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, seperti audio dua arah, motion detection, mobile tracking, serta detection crying baby.

Kameranya memiliki kelebaran lensa sampai 108 derajat dan dapat diputar sampai 360 derajat untuk mencakup seluruh ruangan. Dilengkapi dengan fasilitas recording, Anda juga dapat melihat hasil rekaman yang tersimpan pada microSD. Memiliki resolusi full HD 1080P serta night vision membuat hasil rekaman CCTV ini lebih jelas dan tajam.

Harga Rp. 548.000-908.600

VStarcam C17S 1080P

Rekomendasi CCTV terbaik berikutnya adalah VStarcam C17S 1080P. Produk ini hadir dengan kamera 1080 P 2.0 megapixel HD yang memberikan visualisasi tajam. Dilengkapi dengan teknologi IP66 membuatnya tahan air, debu, dan tangguh untuk segala cuaca.

Produk ini bisa digunakan dengan koneksi kabel LAN maupun nirkabel menggunakan Wi-Fi. Pengoperasiannya kompatibel dengan Android, Windows, ataupun iOS. CCTV keluaran Vstarcam ini dilengkapi dengan beragam fitur pendukung, seperti alamrm pendeteksi gerak, mode inframerah otomatis di malam hari, hingga perlindungan empat sistem penjaga untuk mencegah kebocoran informasi.

Harga Rp. 690.000-2.593.700

Panasonic CV-CFN103L

Panasonic CV-CFN103L adalah salah satu produk terbaik yang bisa dipilih bagi yang membutuhkan rekomendasi CCTV indoor. Produk ini memiliki dimensi 85 x 69 m yang praktis. Anda bisa menginstalnya di dinding maupun di langit-langit sesuai dengan kebutuhan.

Memiliki case yang terbuat dari plastik membuat CCTV ini lebih ringan dan mudah dipasang. Produk keluaran Panasonic ini hadir dengan lensa M12 yang dilengkapi dengan day and night auto serta white balance auto. CCTV ini juga dibekali dengan digital noise reduction 2D.

Harga Rp. 530.000-970.200

Infinity BLS-35

Dalam memilih CCTV outdoor tentu ketangguhan produk perlu diperhatikan agar dapat beroperasi dengan baik dan tidak mudah rusak. Salah satu produk yang bisa dipilih adalah Infinity BLS-35. CCTV ini telah dirancang khusus sehingga cocok diandalkan sebagai perangkat luar ruangan.

Infinity BLS-35 menggunakan 3.6 fixed lens dengan resolusi HD 720p. Dilengkapi dengan teknologi day and night membuatnya mampu memberikan visualisasi yang lebih jelas baik saat siang maupun malam hari. Produk black series ini juga dibekali dengan teknologi smart IR Leds hingga 30 meter yang membuatnya semakin menarik.

Harga Rp. 275.000-420.000

Wistino Xmeye CCTV 720 P Wifi Kamera Modus Malam 1MP Ip Nirkabel

Kamera pengawas nirkabel memang lebih banyak dipilih mengingat kepraktisan dalam instalasinya. Bagi Anda yang tengah mencari CCTV nirkabel, Wistino Xmeye CCTV 720 P Wifi Kamera Modus Malam 1MP Ip Nirkabel bisa menjadi pilihan. Produk wireless ini kompatibel dengan iPhone maupun Android, sehingga lebih mudah diakses.

Dilengkapi dengan Wi-Fi kamera yang didukung remote viewing pada perangkat mobile membuat Anda dapat memantau kondisi rumah setiap saat. Produk ini juga dibekali dengan audio dua arah yang memastikan Anda dapat berbicara atau mendengarkan apa yang terjadi di rumah. CCTV ini juga berukuran mini dan portable sehingga praktis dipasang dan dipindahkan.

Harga Rp. 431.000-438.834

Samsung SmartCam SNH-P6410BN

Samsung juga memiliki produk CCTV terbaik yang patut dilirik. Salah satunya adalah Samsung SmartCam SNH-P6410BN. Produk ini cocok dipilih bagi Anda yang tengah mencari CCTV untuk pemasangan outdoor. Telah dilengkapi dengan IP66 weather-resistant membuatnya kuat dalam segala cuaca.

Produk ini menggunakan aplikasi SMARTCAM yang bisa didownload di Play Store. Menggunakan ultra-wide angle lens membuat cakupan pantauannya menjadi lebih luas. Hasil visualisasinya juga baik karena menggunakan kamera beresolusi 1080p Full HD.

Harga Rp. 2.200.000-5.751.000

D-Link DCS-2530L

D-Link DCS-2530L adalah CCTV terbaik berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi. Produk ini menggunakan kamera dengan resolusi maksimal hingga 1080HD yang memberikan kualitas gambar terbaik. Dibekali dengan lensa Ultra-Wide 180° membuatnya mampu memaksimalkan kualitas video dengan sedikit distorsi.

Didukung dengan IR-LED night vision membuatnya mampu memantau rumah Anda dengan jelas baik siang maupun malam. Produk ini juga didukung dengan mydlink cloud yang memastikan pemantauan kapanpun melalui aplikasi mobile mydlink Lite untuk Android and iOS.

Harga Rp. 899.000-3.373.350

Cleverdog Smart Camera 120 degree

Produk CCTV terbaik terakhir yang masuk dalam daftar adalah Cleverdog Smart Camera 120 degree. CCTV ini merupakan perangkat nirkabel yang menggunakan sistem konektivitas Wi-Fi. Mendukung komunikasi dua arah, produk ini dibekali dengan build in microphone dan speaker.

Dimensinya yang ringkas membuat CCTV ini lebih mudah dipasang. Produk ini juga telah dilengkapi dengan P2P Technology yang mendukung keamanan dari hacker. Fitur-fitur lain yang menyertainya, antara lain infrared night vision, motion detection, dan pengiriman notifikasi instan apabila ada gerakan yang mencurigakan.

Harga Rp. 749.000-1.048.600
Tag