Sedang Mencari Mobil Baru? 10 Rekomendasi Mobil Impor yang Layak Anda Pilih (2020)

Sedang Mencari Mobil Baru? 10 Rekomendasi Mobil Impor yang Layak Anda Pilih (2020)

Kebutuhan transportasi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari. Jika Anda sedang mencari mobil baru, maka Anda sudah tepat untuk menyimak beberapa rekomendasi dari BP-Guide kali ini. Yuk, langsung cek aja!

Mobil Kini Menjadi Salah Satu Kebutuhan Sehari-hari Banyak Masyarakat

Sadarkah Anda bahwa kini mobil telah menjadi kebutuhan sekunder di masyarakat? Alih-alih dianggap sebagai kebutuhan mewah, nyatanya banyak yang membutuhkan mobil untuk memenuhi berbagai tuntutan sehari-hari, seperti keamanan, kenyamanan, dan juga mobilitas tinggi. Meski banyak dibutuhkan, mendapatkan mobil yang cocok memang tidak mudah. Salah satu alasannya adalah harga yang masih dibanderol cukup tinggi.

Tips Memilih Mobil yang Tepat

Teliti dalam Memilih

Termasuk dalam pengeluaran berjumlah besar, tentu Anda harus selektif dalam memilih mobil. Hal ini agar Anda dapat mendapatkan mobil yang sesuai dengan keinginan dan juga kemampuan. Daripada tergiur dengan harga yang murah, sebaiknya Anda memahami pula spesifikasinya, baik mesin hingga model. Jika Anda tak benar-benar memahami spesifikasi mobil, ajaklah saudara atau teman yang paham tentang mobil ketika hendak membelinya di showroom.

Konsumsi Bahan Bakar

Untuk mendapatkan mobil yang cocok digunakan sehari-hari, perhatikan pula faktor konsumsi bahan bakar mobil. Mobil dengan konsumsi bahan bakar yang irit tentu akan menghemat pengeluaran harian Anda untuk membeli bahan bakar.

Sebaiknya, gunakan mobil dengan low cost green car (LCGC) atau teknologi serupa yang menjanjikan konsumsi bahan bakar minimal. Pada umumnya, mobil membutuhkan seliter bahan bakar untuk menempuh jarak 9-11 km, namun mobil dengan teknologi konsumsi bahan bakar minimal bisa menempuh jarak 30 km dengan jumlah bahan bakar yang sama.

Mudah Mencari Sparepart

Perawatan rutin dibutuhkan pada mobil untuk mendapatkan performa yang maksimal. Untuk mempermudah perawatan ataupun perbaikan mobil jika mengalami kerusakan, sebaiknya pilihlah mobil yang mudah didapatkan sparepartnya. Memilih mobil dari brand yang memiliki dealer maupun bengkel resmi yang tersebar di berbagai tempat adalah salah satu cara memastikan bahwa sparepart mobil yang Anda pilih mudah ditemukan.

Spesifikasi dan Kelengkapan

Memahami spesifikasi adalah hal utama sebelum membeli mobil. Kenali model dan juga berbagai spesifikasi mobil yang hendak dipilih agar Anda bisa mendapatkan mobil sesuai dengan keinginan. Selain itu, ketahui pula berbagai kelengkapan yang bisa didapatkan kala membeli mobil.

Ini akan memudahkan Anda dalam memikirkan kemungkinan penambahan kelengkapan tambahan. Agar lebih hemat, Anda juga bisa melakukan negosiasi dengan dealer untuk memberikan diskon atau bonus perlengkapan mobil.

Lakukan Uji Kendaraan

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, sebaiknya lakukan test drive atau uji kendaraan untuk mengetahui kenyamanan dan kecocokan Anda dengan mobil yang dipilih. Dengan begini, Anda juga bisa membuktikan berbagai fitur mobil yang ada dalam spesifikasi. Anda juga bisa mengajak anggota keluarga dalam melakukan test drive untuk mendapatkan sudut pandang lain sebagai pertimbangan.

Tidak Semua Mobil yang Dijual di Indonesia Diproduksi Dalam Negeri

Tahukan Anda bahwa tidak semua mobil yang dijual di Indonesia diprduksi dalam negeri? Hal ini juga berpengaruh pada ketersediaan spare part di pasaran. Beberapa produsen mobil, seperti Toyota, Suzuki, Mitsubishi, dan Honda mengimpor poduk mobil andalannya ke Tanah Air. Apalagi untuk mobil dengan performa tinggi dan dianggap mewah yang hadir dalam jumlah terbatas.

Beberapa Jenis Mobil yang Diimpor ke Indonesia

Mitsubishi Triton

Produk mobil impor yang pertama adalah Mitsubishi Triton yang menjadi pemimpin kelas double-cabin 4x4 di pasaran. Memiliki tampilan yang menarik, mobil produksi Mitsubishi ini hadir dengan tampang depan dynamic shield yang identik dengan Pajero Sport. Mobil ini memiliki mesin degan performa teruji yang dilengkapi dengan fitur baru yang menunjang keamanan dan kenyamanan kala mengendarainya.

Tersedia dalam warna silver metallic, white solid, sterling silver metallic, graphite gray metallic, jet black mica dan redsolid. Mobil ini dapat dibeli di Oto dengan kisaran harga Rp 253.500.000 – Rp 483.500.000.

Toyota Hilux

Sumber gambar https://kliknasmoco.com

Bagi Anda yang membutuhkan mobil pickup untuk kebutuhan pengangkutan, mobil Toyota Hilux dapat menjadi pilihan. Versi baru mobil ini hadir dalam dua tipe, yaitu bermesin diesel dan bensin. Toyota Hilux versi diesel 2.5 L dilengkapi degan mesin DOHC 4-silinder segaris dengan kubikasi 2.494 cc, serta berjalan pada system transmisi 6-speed manual.

Sedangkan, Toyota Hilux versi bensin 2.0 L dilengkapi dengan mesin DOHC Dual VVT-I yang hadir dengan kubikasi 1.998 cc, serta system transmisi 5-speed manual. Mobil ini dapat dibebeli di Toyota Astra seharga Rp 435.200.000 – Rp Rp 484.200.000.

Suzuki Ignis

Suzuki Ignis adalah mobil impor selanjutnya yang hadir dengan desain anti mainstream. Menjadi pionir SUV mungil Indonesia, Suzuki Ignis hadir dengan kombinasi retro dan modern yang unik. Dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti dual airbags, rem ABS+EBD, serta standar ISOFIX untuk pemasangan kursi balita, mobil ini aman dan nyaman dikendarai. Hadir dengan dimensi 3.700 mm, mobil ini menyediakan leg room yang luas dan ruang kepala yang lapang, dapatkan mobil ini di Oto seharga Rp 166.000.000 – Rp 195.000.000.

Toyota Voxy

Kembali dengan brand Toyota, mobil impor selanjutnya yang layak dipilih adalah Toyota Voxy. Mobil dengan tampilan keren dan elegan ini hadir sebagai MPV mewah yang kerap disebut Alphard versi murah. Mobil dengan kapasitas 1.987 cc ini memiliki kapasitas tangki 55 liter dan dilengkapi lampu LED DRL yang membuat visibilitas saat malam menjadi lebih baik.

Memiliki banyak fitur, seperti sunshade, hill start assist, vehicle stability control, double moonroof, rear camera, dan masih banyak lainnya, mobil ini dibanderol dengan harga Rp 492.350.000 yang bisa dibeli di situs resmi Toyota.

Honda Civic

Sumber gambar https://www.autoblog.com

Jika berbicara tentang mobil sedan, Honda Civic tentu menjadi salah satu produk mobil yang terpikirkan. Menggunakan mesin 1.5 L, mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 173 PS dengan perputaran mesin mencapai 5.500 rpm. Honda Civic Turbo menggunakan system transmisi CVT 5.

Dilengkapi dengan LED fog lights dan full LED headlight, mobil ini juga semakin manis dengan rear chrome lower garnish. Honda Civic Turbo dapat dibeli di situs resmi Honda seharga Rp 533.000.000.

Toyota Alphard

Siapa yang tak jatuh hati pada Toyota Alphard? Mobil yang diidamkan banyak orang ini memiliki tampilan yang mewah dan elegan serta memiliki mesin yang mumpuni. Menggunakan mesin bertipe 2AR-FE, In-Line 4 Cylinders, 16-valve, DOHC, Dual VVT-i bersilinder 2.494 cc, mobil ini memiliki tenaga maksimum 180 Ps pada 6.000 rpm.

Dengan kapasitas tangki mencapai 75 liter, mobil ini semakin menarik karena menggunakan sistem pemasukan bahan bakar EFI. Dapatkan produk ini di situs resmi Toyota denga kisaran harga Rp 997.850.000 - Rp 1.893.150.000

Suzuki New Baleno

Sumber gambar https://www.suzuki.co.id

Beralih ke Suzuki, brand satu ini juga memiliki mobil impor andalan, yaitu Suzuki New Baleno. Mobil dengan kesan sporty ini menggunakan mesin tipe K14B yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 92,4 Ps pada 6.000 rpm. Memiliki dua pilihan transimisi, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan, mobil ini dilengkapi fitur hiburan yang modern, seperti layar sentuh, head unit, dan konektivitas Bluetooth ke smartphone Anda.

Aman dan nyaman digunakan, mobil ini dilengkapi dual SRS airbag, system rem ABS dan EBD, serta platform HEARTECT yang rigid. Dapatkan produk ini seharga 227.000.000 - Rp 239.500.000 di situs resmi Suzuki.

Toyota Hi Ace

Jumlah keluarga yang banyak kadang menyulitkan Anda kala bepergian? Tak perlu khawatir karena telah hadir Toyota Hi Ace yang merupakan minibus andalan Toyota. Dibekali mesin 4 silinder 16 katup dengan tipe DHC berteknologi D-4D, minibus ini memiliki kapasitas kubikasi hingga 2.494 cc. Hadir dengan rem berteknologi ABS dan BA, mobil ini juga dilengkapi Dual SRS Airbag yang memastikan keamanan kala berkendara.

Tak hanya aman, minibus ini semakin nyaman dengan berbagai fitur hiburan, seperti iPod Ready, DVD/CD, dan radio AM/FM yang ditampilkan pada layar sentuh berteknologi AVX. Dapatkan produk ini di Toyota seharga Rp 529.900.000.

Suzuki SX Cross

Sumber gambar https://www.suzuki.co.id

Yang terakhir adalah Suzuki SX Cross dengan berbagai vitur baru yang menarik. Menggunakan mesin M15A, mobil ini memiliki kekuatan 107 daya kuda pada 6.000 rpm. Tersedia dalam transmisi 5 percepatan manual dan 6 percepatan otomatis, mobil ini semakin aman dengan roda kemudi multifungsi, control pelayaran, arbag, control stabilitas, bantuan rem darurat, dan masih banyak lagi.

Dibeli layar infotainment 7 inci, mobil ini juga memiliki audio switch control dengan koneksi buetooth. Mobil keluaran Suzuki ini dapat dibeli seharga Rp 291.000.000 – Rp 304.000.000.

From our editorial team

Pilih Mobil yang Paling Sesuai Bujet Anda

Mobil memang kebutuhan sekunder, namun bagi Anda yang memiliki bujet lebih tampaknya pemilihan mobil sebagai alat transportasi bisa kamu lirik. Selain melihat merek mobilnya, penting untuk menentukan berapa bujet yang Anda miliki. Jangan sampai Anda terlalu memaksakan dan harus merogok kocek lebih dalam lagi, ya.