10 Rekomendasi Produk Polytron Terbaik yang Mudah Didapatkan di Toko Online (2021)

10 Rekomendasi Produk Polytron Terbaik yang Mudah Didapatkan di Toko Online (2021)

Polytron adalah salah satu merek elektronik asal Indonesia yang dikenal dengan berbagai produk berkualitas. Tak hanya bisa dibeli melalui toko fisik, produk-produk Polytron juga bisa dibeli secara online. Berikut adalah 10 rekomendasi produk Polytron terbaik yang mudah Anda dapatkan secara online.

Polytron Merupakan Salah Satu Perusahaan Terbesar di Bidang Elektronik

Sumber gambar https://www.brilio.net

Polytron adalah salah satu merek elektronik asal Indonesia yang menghadirkan banyak produk unggulan. Perusahaan ini telah berdiri sejak 16 Mei 1975 dengan nama PT Indonesia Electronic & Engineering. Sempat berubah nama menjadi PT Hartono Istana Electronics pada tahun 1976, perusahaan ini akhirnya merger dan menjadi PT Hartono Istana Teknologi hingga saat ini.

Polytron memiliki 3 lokasi pabrik dengan basis di Jawa Tengah. Mempekerjakan lebih dari 10.000 karyawan, Polytron telah menjadi salah satu perusahaan terkemuka di bidang elektronik. Mampu bersaing dengan merek-merek global, Polytron memiliki keunggulan dalam hal kualitas teknologi dan desainnya.

Fakta yang Harus Diketahui Tentang Polytron

Awalnya Dianggap Brand dari Luar Negeri

Sumber gambar https://www.cermati.com

Asli berasal dari dalam negeri, Polytron kerap kali dianggap sebagai brand mancanegara. Bukan tanpa alasan, anggapan ini dikarenakan produk-produknya yang berkualitas hingga mampu bersaing dengan berbagai merek global. Polytron telah berdiri sejak tahun 1970-an dan telah menghadirkan berbagai produk berkualitas untuk konsumen.

Pertama kali didirikan di Kudus, Jawa Tengah, semua aktivitas produksi mulai dari pembuatan, perakitan, desain produk, hingga pengembangan dilakukan di pabrik tersebut. Hingga saat ini Polytron telah memiliki 3 pabrik yang berada di Jawa Tengah, tepatnya di Sidorekso, Sayung, dan Krapyak. Perusahaan ini telah mempekerjakan lebih dari 10.000 karyawan untuk mendukung operasionalnya.

Perusahaan Non Rokok Pertama yang Dimiliki oleh Hartono Bersaudara

Perlu diketahui bahwa Polytron adalah perusahaan yang didirikan Hartono bersaudara. Hartono bersaudara sendiri dikenal sebagai pemilik pabrik rokok terkemuka, PT Djarum Kudus. Pada tahun 1975, Hartono bersaudara melakukan ekspansi usaha ke industri elektronika denan mendirikan PT Indonesia Electronic dan Engineering.

Pendirian perusahaan non rokok pertama tersebut menggunakan penyertaan modal sebesar Rp 50 juta untuk memproduksi elektronik. Menariknya, perusahaan yang kini bernama PT Hartono Istana Teknologi tersebut sejak awal tidak mau melibatkan pihak maupun modal asing. Tidak memiliki prinsipal sejak berdiri, membuat Polytron tidak harus membayar royalti pada setiap produk yang dihasilkan.

Polytron Berasal dari 2 Kata, Poly (Banyak) dan (Elek)tron(ik)

Sumber gambar https://marketing.co.id

Kata Polytron sendiri berasal dari dua kata, yaitu "poly" yang berarti banyak dan "tron" yang merupakan singkatan dari elektronik. Secara bahasa, Polytron berarti kumpulan banyak barang elektronik. Kata ini tentu sangat menggambarkan Polytron sebagai perusahaan dengan banyak variasi produk elektronik.

Perusahaan yang dimiliki oleh Hartono bersaudara ini telah menghadirkan berbagai varian produk elektroik, termasuk televisi, kulkas, AC, audio system, dan masih banyak lagi. Selain teknologinya yang canggih, merek ini juga dikenal dengan desain produknya yang menarik.

Produk Televisi Pertama Polytron Tidak Laku di Pasaran

Meski kini menjadi salah satu merek terkemuka di Indonesia, perjalanan Polytron dalam industri elektronik tidak langsung berjalan mulus. Bisnis yang berada di bawah bendera PT Hartono Istana Teknologi ini mengalami beberapa kendala, salah satunya adalah performa produk televisi pertamanya yang kurang diterima di pasaran.

Produk televisi pertama Polytron memiliki ukuran yang sangat besar dan membutuhkan kotak speaker. Tampilannya yang kurang praktis ini dinilai sebagai penyebab produk tersebut gagal di pasaran. Meski demikian, kegagalan tersebut telah menjadi pelajaran berharga bagi Polytron hingga kini mampu menghadirkan aneka produk elektronik yang diterima masyarakat dengan baik.

Rekomendasi Produk Polytron Terbaik yang Mudah Didapatkan di Toko Online

Speaker Bluetooth Polytron PMA 9310

Produk Polytron terbaik yang masuk dalam daftar adalah Speaker Bluetooth Polytron PMA 9310. Speaker Bluetooth ini berguna untuk memutar musik dari gadget secara nirkabel melalui Bluetooth V2.1 A2DP streaming. Produk yang juga dibekali remote control ini akan memberikan performa yang lebih baik dalam streaming kompresi audio.

Speaker portabel ini memiliki dimensi yang tidak terlalu besar, namun dapat mengeluarkan suara yang fantastis. Anda dapat meletakkannya di mana saja untuk disesuaikan dengan dekorasi ruangan. Produk ini dilengkapi dengan fitur Bazzoke yang sudah tertanam dalam chipset, sehingga menambah kekuatan dari nada rendah yang terdengar lebih kuat.

Harga Rp. 550.000-568.800

Set Top Box Polytron Digital DVB - T2 PDV 600T2

Set Top Box Polytron Digital DVB - T2 PDV 600T2 adalah produk berikutnya dari Polytron yang direkomendasikan. Set top box digital ini merupakan teknologi terbaru yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan siaran televisi dengan kualitas gambar yang jauh lebih baik. Produk ini bisa dipakai pada semua jenis dan merek TV tabung, LCD, LED, dan plasma.

Alat penerima TV digital generasi terbaru ini memiliki output HDMI Full HD dan RCA. Produk ini dilengkapi teknologi Early Warning System (EWS) atau peringatan bencana dini. Mampu memainkan berbagai jenis format file, Anda bisa menggunakannya sebagai media player film, musik, hingga foto.

Harga Rp. 399.999-510.000

Polytron TV LED 24" PLD-24T1850

Apakah Anda tengah mencari televisi dengan resolusi HD Ready? Polytron TV LED 24" PLD-24T1850 mungkin bisa menjadi pilihan. Produk keluaran Polytron ini merupakan LED TV dengan ukuran layar 24 inch yang hadir dengan resolusi HD Ready.

Polytron TV LED 24" PLD-24T1850 dilengkapi sepasang speaker tower, dengan sistem audio yang dilengkapi 2 way system. Produk ini juga disertai dengan 5 Band Equalizer yang dapat diatur sesuai selera penggunanya. Anda dapat menghemat konsumsi daya dan menjaga kualitas backlight panel, karena produk ini telah dibekali dengan Eco Mode.

Harga Rp. 1.899.900-1.949.000

Kulkas Polytron Belleza Kulkas Pintu 2 PRB 219

Bila berbicara mengenai kulkas, Anda tentu tidak asing dengan nama kulkas Belleza. Kulkas Polytron Belleza Kulkas Pintu 2 PRB 219 adalah salah satu produk keluaran Polytron yang banyak diminati karena desainnya yang menarik. Produk ini hadir dengan body kuat dan anti karat, yang dilengkapi dengan rak tempered glass.

Kulkas dua pintu ini memiliki kapasitas 210 liter. Memiliki jumbo freezer dan crystal rack, produk ini juga dilengkapi dengan rust proof. Berbagai fitur lain yang melengkapinya, antara lain ice tray, big vegetable box, serta twist & ice. Memiliki ketahanan yang kuat, produk ini mampu menjaga makanan tetap segar lebih lama.

Harga Rp. 2.600.000-2.700.000

Polytron Tiarapot Smart Multi Cooker 2L PRC 1901

Bagi Anda yang gemar memasak, perangkat masak multifungsi tentu patut dimiliki untuk menunjang hobi. Salah satu perangkat masak yang patut Anda lirik adalah Polytron Tiarapot Smart Multi Cooker 2L PRC 1901. Produk keluaran Polytron ini memiliki 8 fungsi berbeda untuk memasak aneka makanan, yaitu fungsi cook, cake, steam, special rice, porridge, soup, brown rice, dan baby porridge.

Polytron Tiarapot Smart Multi Cooker 2L PRC 1901 ini hadir dengan 5 lapisan ceramic coating yang memperkuat panci. Lapisan ini juga membuat proses memasak menjadi lebih cepat dan matang merata. Tiarapot ini juga dibekali dengan fitur Intelligent Temperature Control yang memastikan makanan tetap nikmat dan tidak cepat basi.

Harga Rp. 549.000-1.012.000

Polytron Smart Androidtv 32" PLD 32AG9953

Smart TV kini telah menjadi salah satu perangkat elektronik yang digemari keluarga milenial. Polytron juga memiliki produk Smart TV andalan, salah satunya adalah Polytron Smart Androidtv 32" PLD 32AG9953. Televisi Android ini hadir dengan teknologi DIPE yang mampu menampilkan detail warna dan gambar superior.

Produk keluaran Polytron ini mendukung aplikasi Youtube, Netflix, Disney+ Hotstar dan lainnya. Televisi pintar ini telah dibekali dengan Mola TV eksklusif yang menyediakan berbagai tayangan hiburan. Produk dengan desain frameless ini juga mendukung Google Assistant dengan Bluetooth remote.

Harga Rp. 3.199.000-3.650.000

Polytron Hydra Bottom Loading Gallon Dispenser PWC 776

Produk keluaran Polytron berikutnya yang masuk daftar rekomendasi adalah Polytron Hydra Bottom Loading Gallon Dispenser PWC 776. Dispenser ini hadir dengan tipe galon bawah yang memudahkan proses pengisian ulang galon. Anda tidak perlu repot mengangkat galon untuk isi ulang.

Polytron Hydra Bottom Loading Gallon Dispenser PWC 776 memiliki tampilan yang elegan, sehingga mampu menyatu secara dinamis dengan interior rumah. Dispenser ini memiliki perawatan dan proses pembersihan yang mudah, sehingga Anda tidak perlu repot dalam merawatnya. Tersedia tiga mode air yang bisa dipilih, yaitu air dingin, normal, dan panas.

Harga Rp. 2.149.000-3.032.400

Polytron Wonderwash Automatic Front Loading 7Kg PFL 7101

Bukan rahasia lagi bahwa mesin cuci adalah salah satu alat elektronik rumah tangga yang diperlukan. Bagi Anda yang mencari mesin cuci front loading hemat energi, Polytron Wonderwash Automatic Front Loading 7Kg PFL 7101 adalah solusinya. Mesin cuci bukaan depan ini hadir dengan fitur direct drive yang mampu menghemat penggunaan listrik.

Fitur unggulan Steam Wash yang melengkapinya mampu memberikan performa yang lebih baik untuk menghilangkan noda dan kotoran membandel pada pakaian. Berbagai fitur lain yang melengkapinya, antara lain Turbo Dry, Quick Wash 15', Child Lock, Time Delay Feature, dan Tub Clean.

Harga Rp. 3.955.000-4.199.000

Polytron Neuva Ice AC 1/2 PK PAC 05VZ

Polytron juga memiliki pendingin ruangan andalan dalam daftar produknya, yaitu Polytron Neuva Ice AC 1/2 PK PAC 05VZ. Air conditioner (AC) ini mampu memberikan kesejukan pada ruangan dengan hemat energi dan ramah lingkungan. Produk ini memiliki fitur Fastest Cooling yang mampu mendinginkan ruangan lebih cepat.

AC seri Neuva Ice ini memiliki kekuatan 1/2 PK yang cocok diletakkan pada seluruh ruangan. Pendinginannya yang cepat membuatnya cocok menjadi solusi ketika cuaca panas sedang ekstrem. Produk ini dibekali dengan berbagai fitur pendukung, seperti Leakage DetectorSoft Start, Carbon + HEPA Filter, Auto Cleaning, Auto Start dan EER 4 stars.

Harga Rp. 2.658.000-2.990.000

Polytron Air Purifier PAP 160

Air purifier adalah salah satu perangkat elektronik rumah tangga yang banyak digunakan oleh keluarga di lingkungan perkotaan. Polytron juga memiliki produk air purifier yang mampu membersihkan udara dalam ruangan. Salah satu produknya adalah Polytron Air Purifier PAP 160.

Produk keluaran Polytron ini dilengkapi filter yang mampu menyaring debu kasar, menangkap partikel debu, virus, kuman, dan bakteri, serta menghilangkan bau tidak sedap. Produk ini juga dilengkapi dengan UV Sterilizer yang mampu membunuh langsung kuman yang terhisap dalam air purifier. Ion generator yang melengkapinya juga mampu memaksimalkan pembersihan udara dalam ruangan.

Harga Rp. 3.449.000-3.700.000

Tips Merawat Barang Elektronik Agar Selalu Awet

Meletakkan di Tempat yang Tepat

Berbicara mengenai barang elektronik, tentu Anda perlu merawatnya agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. Pasalnya, barang elektronik dibanderol dengan harga yang tak murah, sehingga memerlukan biaya yang cukup besar untuk memperbaikinya atau bahkan membeli produk baru. Salah satu tips penting dalam merawat barang elektronik adalah meletakkannya di tempat yang tepat.

Letakkan barang elektronik di tempat yang tidak terkena sinar matahari, sebab paparan matahari akan membuat komponen produk cepat usang. Pastikan sirkulasi udara di sekitar alat elektronik berjalan dengan baik, sebab elektronik menghasilkan panas saat bekerja. Tempatkan elektronik di tempat yang kering untuk menghindari terjadinya korosi dan juga pertumbuhan jamur.

Membersihkan Secara Rutin

Kebersihan perangkat elektronik juga berpengaruh pada keawetannya. Sebaiknya, bersihkan barang elektronik secara rutin. Bersihkan bagian-bagian sensitif yang berpengaruh terhadap kinerjanya secara hati-hati, sehingga alat elektronik dapat bekerja dengan optimal.

Beberapa alat elektronik telah dibekali dengan kemampuan membersihkan secara otomatis, misalnya saja mesin cuci. Sehingga, Anda perlu memahami cara pengoperasiannya. Bersihkan pula alat elektronik menggunakan kain lembut dan cairan pembersih khusus untuk menghilangkan debu, kotoran, dan jamur.

Pastikan Arus Listrik di Rumah Stabil

Kerusakan alat elektronik sering kali disebabkan karena aliran listik yang kurang stabil. Sebelum membeli alat elektronik, pastikan bahwa arus listrik di rumah Anda dalam kondisi stabil. Sesuaikan pula tingkat konsumsi daya alat elektronik dengan daya listrik yang tersedia di rumah Anda.

Arus listrik yang tidak stabil dapat membuat komponen yang ada di dalam elektronik menjadi cepat rusak. Untuk meminimalisir kerusakan alat elektronik karena arus listrik yang kurang stabil, sebaiknya lepas colokan elektronik dari aliran listrik apabila tidak digunakan. Pastikan pula colokan rapat pada stop kontak saat alat elektronik digunakan agar aliran listrik yang masuk lebih stabil.

Berikan Waktu Istirahat

Beberapa alat elektronik kerap digunakan secara nonstop untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Namun, perlu dipahami bahwa alat elektronik juga perlu berhenti sejenak. Komponen alat elektronik perlu diistirahatkan agar bisa kembali beroperasi secara optimal.

Memaksakan alat elektronik untuk terus beroperasi dapat membuatnya mengalami overheating. Hal ini akan memicu terjadinya kerusakan komponen dalam elektronik. Usahakan untuk memberi waktu jeda pemakaian, sehinga komponen alat elektronik mampu bekerja sebagaimana mestinya.

From our editorial team

Pastikan Garansi Produk Sebelum Membeli Produk Elektronik

Dari daftar rekomendasi produk di atas, kira-kira mana yang tertarik Anda beli? Sebelum membelinya secara online, ada beberapa hal yang perlu Anda pastikan kepada penjual, termasuk garansi produk. Utamakan membeli produk bergaransi, agar Anda tidak kebingungan apabila barang yang diterima mengalami kerusakan. Meski umumnya garansi telah tercantum pada deskripsi produk, Anda perlu memastikannya kembali pada penjual agar lebih yakin sebelum membelinya.