Yuk, Cek 10 Rekomendasi Sepeda Anak Tipe BMX untuk Anak Aktif (2022)

Yuk, Cek 10 Rekomendasi Sepeda Anak Tipe BMX untuk Anak Aktif (2022)

Beragam macam jenis sepeda anak yang bisa diberikan. Namun, ada satu tipe yang sangat cocok untuk anak aktif, yakni sepeda BMX. Sepeda BMX merupakan sepeda yang dikhususkan untuk sepeda balap ataupun sepeda akrobatik.

Sepeda BMX untuk Anak Aktif

Apakah Anda memiliki anak yang aktif? Jika iya, maka memberikan sepeda anak kepada anak yang aktif merupakan strategi yang baik sebagai penyalur energi aktif yang dimiliki sang buah hati.

Perkembangan anak adalah suatu penantian orang tua, dan anak yang aktif merupakan sebuah anugerah. Orang tua seperti kamu yang memiliki anak aktif perlu memberikan fasilitas untuk menyalurkan daya aktifnya. Salah satunya adalah dengan memberikan sepeda anak pada anak aktif.

Walaupun sepeda BMX merupakan sepeda yang dipakai minimal umur 8 sampai 10 tahun, kepopuleran sepeda ini sangat tinggi. Alhasil, tidak hanya terdapat ukuran besar, sepeda anak BMX pun terdapat ukuran kecil yang diperuntukkan untuk anak 5 tahun ke bawah.

Hal yang Perlu Diperhatikan pada Sepeda Anak

Ukuran yang Sesuai

Standar ukuran sepeda anak biasanya mengacu kepada besar-kecilnya roda pada sepeda. Karena, semakin besar ukuran roda, maka semakin besar pula ukuran sepeda. Ukuran sepeda biasanya berkisar antara 12 inci, 14 inci, 16 inci sampai dengan 24 inci.

Untuk menentukan ukuran mana yang sesuai pada anak adalah dengan berdasarkan tinggi badan. Tidak hanya itu, jarak pangkal paha anak ke permukaan tanah juga perlu menjadi pertimbangan.

Anda bisa memberikan sepeda yang berukuran 12 inci jika tinggi anak kurang dari 100 sentimeter. Kemudian 14 inci untuk tinggi 95-110 sentimeter, 16 inci untuk tinggi 110-120 sentimeter, 20 inci untuk tinggi 120-135 sentimeter, dan 24 inci untuk tinggi 135-150 sentimeter.

Tips tambahan, memberikan sepeda pada anak dengan berpatokan pada umur tidak begitu akurat, sebab pertumbuhan anak berbeda-beda meskipun memiliki umur yang sama. Hasilnya, anak akan nyaman bersepeda tanpa perlu bersusah payah menggunakannya karena ketinggian, atau bahkan kependekan.

Cengkraman Rem yang Baik

Rem merupakan salah satu komponen pada sepeda yang sangat penting. Ada tidaknya rem pada sepeda anak menjadi sebuah tolok ukur keamanan sepeda untuk dikendarai oleh anak.

Ketersedian rem pada sepeda anak berfungsi untuk mengurangi kecepatan dari sepeda atau menahan sepeda roda sepeda berputar, sehingga anak tidak kehilangan kendali saat mengendarai sepeda.

Dalam pengecekan rem, Anda bisa memeriksa apakah rem pada roda dapat mencengkram dengan baik sehingga bisa memperlambat dan menahan putaran roda sepeda. Selain itu, Anda perhatikan pula kelenturan dari tuas remnya.

Tuas rem yang keras saat ditekan tentu akan membuat jari tangan anak sakit, sebab kekuatan jari anak tidak begitu kuat. Meskipun begitu, tuas rem yang terlalu lunak pun tidak bagus, karena memberikan indikasi kalau rem tidak mencengkram dengan baik.

Kondisi Ban dan Tekanan yang Sesuai

Ban yang baik adalah ban yang berputar dengan sempurna dan tidak membuat kenyamanan pengemudinya berkurang. Ban yang berisi angin perlu memiliki kesesuaian dengan berat badan penggunanya.

Biasanya, tekanan angin ban sepeda dewasa sebesar 45 psi untuk berat badan 74-82 kilogram, 40 psi untuk berat 64-73 kilogram, dan 35 psi untuk berat 64 kilogram ke bawah.

Pemeriksaan ban sepeda pada sepeda anak perlu dilakukan penyesuaian tertentu, sebab berat badan anak berbeda dengan berat badan orang dewasa. Tekanan ban sepeda anak mesti disesuaikan dengan ukuran roda serta berat badan anak.

Anda bisa menyesuaikan dengan tekanan ban yang tidak terlalu keras, namun juga tidak terlalu lunak. Hal ini dilakukan agar anak tidak limbung saat menggunakannya.

Selain itu pula, kondisi permukaan ban perlu diperhatikan. Pastikan tidak ada permukaan ban yang koyak dan permukaan ban yang menipis yang bisa mengindikasikan terjadinya kebocoran.

Setang Kemudi yang Lurus dan Aman

Setang adalah salah satu komponen sepeda yang berfungsi dalam mengemudikan dan mengarahkan sepeda saat berjalan. Setang kemudi yang aman tentu menjadi suatu hal yang sangat penting.

Keamanan setang kemudi ini bisa Anda pastikan dengan kelurusan setang sepeda anak. Tidak miring ke kanan ataupun ke kiri dan mesti sinkron dengan arah ban.

Bisa kita bayangkan bagaimana sulit dan bingungnya si anak nanti dalam mengendalikan sepedanya apabila ban posisi lurus tetapi setang kemudinya ke arah yang lain. Tidak hanya bingung, namun juga bisa membuat peluang kecelakaan saat mengendarainya semakin besar.

Maka, perlu perhatian ekstra pada setang kemudi ini agar anak aman dan lancar saat mengemudikan sepeda kesayangannya.

Keempukan Sadel Sepeda

Sadel sepeda merupakan tempat duduk para pengendara sepeda, sehingga perlu keempukan yang bisa membuat bokong tidak sakit dan terasa nyaman. Busa, bentuk sadel, dan bahan covernya menjadi hal-hal yang mesti dipertimbangkan saat memilih sadel yang tepat.

Tidak hanya pada sepeda dewasa, sepeda anak juga perlu memperhatikan sadel yang dipakai. Karena tidak mungkin kita ingin anak-anak merasa sakit dan tidak nyaman saat mengendarai sepeda kesayangannya, kan?

Meskipun sadel sudah tersemat kian pada saat membeli sepeda anak, namun pemilihan sadel yang tepat juga perlu dilakukan. Hal ini bisa dimulai dengan memilih bentuk sadel yang sesuai dengan bentuk bokong anak.

Kemudian, pilih bahan cover yang tahan lama dan terasa nyaman saat diduduki. Salah satu bahan yang bagus adalah cover berbahan kulit sintetis yang tahan lama dengan jahitan yang sangat rapi dengan keempukan pad yang berbahan busa tahan terhadap tekanan bobot tubuh.

Tersedia Lonceng Sepeda

Lonceng pada sepeda layaknya seperti klakson pada kendaraan bermotor, maka fungsinya sudah cukup jelas. Lonceng pada sepeda anak menjadi sebuah penanda bahwa ada sepeda yang sedang jalan atau melintas.

Selain itu, lonceng tersebut juga dapat sebagai sapaan pada orang yang sedang ia lintasi atau temui, dan menjadi sebuah pemberitahuan kalau pengendara sepeda sedang meminta jalan untuk mendahului.

Beragam macam suara lonceng pada sepeda anak. Namun pada umumnya suara lonceng sepeda berbunyi "kring-kring" yang sudah menjadi sebuah suara identik lonceng sepeda.

Roda Tambahan Samping

Tidak semua anak bisa langsung mengendarai sepeda dengan sempurna, sebab melatih keseimbangan dan menjalankan kendaraan dua roda tentu memiliki tantangan tersendiri.

Oleh karena itu, terdapat alat bantu untuk melatih anak agar bisa belajar mengendarai sepeda anak sampai ia mahir dalam mengendalikannya, yakni roda tambahan.

Roda tambahan ini berada di samping kanan dan kiri roda belakang. Fungsinya adalah agar sepeda tetap berdiri tegak meskipun tidak melaju ataupun ditopang dengan kaki, sehingga anak tidak akan terjatuh.

Anda bisa memasang kedua roda ini sampai anak mampu mengendarai sepeda dengan mengayuh pedal dan mengerem dengan baik. Alhasil, saat kedua roda tambahan ini dilepas anak bisa mengendarai sepeda dengan sempurna.

Pelindung Diri Anak

Mahir dalam mengendarai sepeda tidak serta merta bisa dinyatakan aman dari kecelakaan, seperti jatuh, menabrak/ditabrak, dan sebagainya. Oleh karena itu, saat anak mengendarai sepeda kamu bisa memasangkan alat pengaman diri dalam berkendara.

Beberapa alat pengaman diri yang bisa diberikan seperti helm, pelindung siku dan lutut, serta sarung tangan. Alat-alat ini mampu menjamin keselamatan anak dan mengurangi potensi cedera serius saat kecelakaan dalam mengendarai sepeda anak.

Helm sangat berguna dalam melindungi anak dari benturan dan hal-hal fatal lainnya. Kemudian pelindung siku dan lutut yang bisa melindungi cedera serius pada persendian anak.

Pemberian pelindung diri pada anak akan membuat anak merasa aman dalam mengendarai sepeda kesayangannya, dan kamu pun akan merasa tenang karena anak bisa bermain sepuasnya tanpa khawatir yang berlebihan.

10 Rekomendasi Sepeda Anak Tipe BMX

Element BMX Avenger Series

Kalau anak Anda menyukai superhero besutan Marvel, maka sepeda yang satu ini sangat cocok untuknya. Element BMX Avenger Series ini memiliki skin body edisi spesial Avengers.

Sepeda ini memiliki varian roda 12 inci, 16 inci, dan 18 inci yang bisa dipilih sesuai dengan tinggi badan anak kamu. Bahan steel atau baja yang terdapat pada frame dan fork membuat sepeda anak ini kuat dalam tekanan saat dikendarai oleh anak.

Harga Rp. 1.050.000-1.250.000

Evergreen BMX 20

Sepeda dengan roda berdiameter 20 inci ini merupakan sepeda BMX keluaran Evergreen yang cocok untuk anak yang memiliki tinggi sekitar 120 sentimeter sampai dengan 135 sentimeter, atau berumur sekitar 8 tahun.

Evergreen BMX 20 ini memiliki rangka badan berbagan Hi-Ten Steel yang memiliki kekuatan tinggi dalam menahan tekanan tinggi serta tidak mudah patah.

Tidak hanya itu, garpu roda ban depan dan handlebar pun terbuat dari bahan yang sama, sehingga seluruh body terjamin kuat.

Harga Rp. 750.000-1.200.000

Morison BMX 12 Ban Eva

Sepeda BMX kecil dengan diameter roda 12 inci ini sangat cocok untuk anak yang memiliki tinggi kurang dari 100 sentimeter. Biasanya yang berusia kurang dari 3 tahun.

Dengan warna yang cerah dan trendy menjadikan anak Anda semakin semangat untuk belajar mengendarai sepeda yang satu ini. Apalagi ditambah pengaman dengan bantuan roda tambahan di samping roda belakang, sehingga anak Anda tidak akan terjatuh saat sedang belajar mengendarai sepeda.

Harga Rp. 375.000-650.000

Pacific Hotshot Batman 3.0

Jika anak Anda menggemari superhero Batman, maka sepeda ini akan sangat cocok untuknya. Warna abu-abu pada sepeda menjadi salah satu ciri khas dari Batman.

Sepeda yang memiliki pilihan roda 12 inci, 16 inci, dan 18 inci ini memiliki 2 varian, yakni tipe 3.0 dan 8.0. Perbedaan di antara keduanya adalah pada setang atau handlebar. Varian 3.0 memiliki panjang setang 520 milimeter, sedangkan varian 8.0 memiliki panjang setang 530 milimeter.

Harga Rp. 1.200.000-2.000.000

Pacific Hotshot XT 3.0

Sepeda anak besutan Pacific lagi dengan model Hotshot XT 3.0 ini sangat cocok untuk anak yang memiliki kesenangan dalam bersepeda ala-ala ekstrem. Pemakaian sistem rotor pada handlebar menjadikan setang sepeda ini terasa ringan dengan panjang 720 milimeter.

Body dan rangka tempat duduk berbahan Hi-Ten Steel membuat pemakaian oleh anak tidak perlu dikhawatirkan ketahanan dari sepeda ini.

Harga Rp. 1.300.000-1.750.000

Polygon Rudge 3

Polygon sebagai sepeda yang sangat terkenal dengan produksi sepeda gunung atau mountain bike yang sangat berkualitas. Tak ayal banyak yang menggunakan merk ini sebagai salah satu sepeda yang dipakai pada kejuaraan sepeda gunung.

Polygon Rudge 3 ini merupakan sepeda BMX yang sangat ringan dan sangat cocok dalam bersepeda ekstrem BMX. Oleh karena itu, sepeda BMX beroda diameter 20 inci ini diperuntukkan kepada anak yang memiliki usia yang cukup seperti 12 tahun.

Harga Rp. 2.400.000-2.550.000

United Aero Lite

Sepeda United sangat terkenal karena kualitas dan modelnya, sehingga sering dibanding-bandingkan dengan sepeda merk Polygon. Apalagi karena harga yang lebih terjangkau dibandingkan Polygon.

Sepeda anak United Aero Lite ini merupakan sepeda anak bertipe BMX yang berangka magnesium alloy. Bahan tersebut membuat bobot sepeda lebih ringan daripada sepeda yang berbahan Hi-Ten Steel seperti sepeda-sepeda lainnya.

Meskipun begitu, sepeda ini memiliki ketahanan yang tidak kalah kuat daripada sepeda lain.

Harga Rp. 1.325.000-2.350.000

Genio GX02

Sepeda BMX dengan tampilan agresif sangat cocok disematkan pada sepeda ini. Genio GX 02 dengan diameter roda 20 inci menjadikan sepeda anak ini sangat cocok untuk anak dengan tinggi badan 120 sampai 135 sentimeter.

Visual agresif dan aktif ini bisa menyeimbangkan daya aktif anak, sehingga kepercayaan diri dalam mengendarai sepeda ini semakin nyata. Ketahanan body frame tidak perlu diragukan lagi, karena menggunakan bahan Hi-Ten Steel yang dipercaya sangat kuat tetapi ringan.

Harga Rp. 750.000-1.350.000

Genio Valanor 12

Genio Valanor 12 merupakan sepeda anak yang diperuntukkan kepada anak yang memiliki tinggi kurang dari 100 sentimeter, atau berusia sekitar 2 sampai dengan 4 tahun. Karena roda yang diusung pada sepeda BMX mungil ini adalah roda berdiameter 12 inci.

Visual dari stiker frame yang dihadirkan memiliki nuansa cerah dan keren, sehingga sepeda anak ini sangat cocok untuk anak laki-laki. Alhasil, daya aktif dan kreativitas anak terpicu untuk semakin berkembang.

Harga Rp. 790.000-1.200.000

Wimcycle Dragster

Wimcycle sebagai satu dari sekian banyak merk sepeda bagus yang terkenal di pasaran merilis sebuah sepeda anak tipe BM dengan model Dragster.

Wimcycle Dragster dengan diameter roda 18 inci ini cocok untuk anak yang memiliki tinggi yang sama dengan roda 16 inci, yakni 110 sampai 120 sentimeter atau sekitar umur 4 sampai 6 tahun.

Oleh karena itu, sepeda ini masih diusung dengan roda tambahan sebagai alat bantu anak yang masih tahap belajar dalam mengendarai sepeda.

Harga Rp. 1.250.000-1.650.000
From our editorial team

Keamanan Bersepeda Adalah Poin Utama pada Sepeda Anak

Memilih sepeda anak perlu lebih dari sekadar melihat bentuk dan keindahannya saja. Fitur keamanan dan build yang kokoh adalah nilai lebih untuk memastikan keselamatan anak saat bersepeda. Selamat memilih rekomendasi kami ya!

Tag