10 Rekomendasi Pantai Terindah di Papua, Cocok untuk Menikmati Waktu Santai (2023)

10 Rekomendasi Pantai Terindah di Papua, Cocok untuk Menikmati Waktu Santai (2023)

Pantai merupakan salah satu tempat wisata. Destinasi wisata ini tidak hanya menjadi tujuan saat berlibur panjang saja. Jika Anda ingin melepas penat dari rutinitas hingga berlibur bersama keluarga di akhir pekan, maka pantai bisa menjadi pilihan. Kali ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi pantai terindah yang ada di Papua

Papua Menawarkan Pantai yang Indah

Pantai merupakan salah satu tempat wisata yang menyenangkan untuk dikunjungi. Salah satu daerah yang menawarkan pantai yang Indah adalah Papua.

Di pantai Papua Anda bisa merasakan deburan ombak, hamparan pasir, hembusan angin laut hingga pemandangan yang menawarkan sensasi tersendiri.

Anda tidak bisa langsung pergi ke pantai begitu saja. Agar Anda merasa aman dan nyaman saat ke pantai, maka Anda perlu mengetahui beberapa tips pergi ke pantai. Selain itu, BP-Guide juga akan memberikan beberapa rekomendasi pantai terindah di Papua.

Tips Berwisata ke Pantai

Mencari Tujuan dan Informasi Pantai dengan Rinci

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat akan ke pantai adalah menentukan pantai tujuan yang ingin Anda kunjungi. Setelah Anda mendapatkan tujuan pantai maka selanjutnya Anda mencari informasi seputar pantai tersebut secara rinci.

Anda bisa mencari beberapa hal seperti alamat pantai, bagaimana akses menuju pantai, ketersediaan penginapan di sekitar hotel, kemudahan mendapatkan makanan dan minuman dan informasi lainnya yang sekiranya bisa membuat perjalanan ke pantai tujuan Anda menjadi lancar dan aman.

Gunakan Pakaian Bahan Ringan

Saat Anda berwisata ke pantai, maka kemungkinan Anda akan basah-basahan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda gunakan pakaian berbahan ringan. Anda bisa menggunakan pakaian mudah kering dan hindari memakai pakaian tebal.

Hal ini dilakukan agar tidak memberatkan Anda saat berenang atau sekedar bermain di sekeliling pantai.

Membawa Pelindung Matahari

Anda perlu mempersiapkan segala keperluan pantai sesuai kebutuhan Anda. Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa pelindung diri dari sinar matahari.

Misalnya adalah kacamata hitam, topi atau payung, memakai sunblock dan lainnya yang bisa menghindarkan diri Anda dari sinar matahari secara langsung.

Perlu diingat, untuk menggunakan perlengkapan tersebut jika memang matahari dirasa semakin terik, karena sinar matahari yang terlalu terik bisa mengakibatkan kulit Anda terbakar.

Tetap Berhati-hati dan Waspada

Disaat Anda melakukan aktivitas di pantai sebaiknya Anda tetap berhati-hati dan waspada. Jika Anda berenang atau melakukan kegiatan pantai lainnya pastikan bahwa Anda berada di tempat yang aman.

Maksudnya adalah zona atau wilayah yang memang masih diperbolehkan untuk berenang atau melakukan kegiatan pantai. Hal ini disebabkan karena ada beberapa pantai yang memiliki garis aman untuk berenang dari pengelola pantai.

Jika Anda berjemur juga sebaiknya memilih waktu yang tepat. Memang tidak ada salahnya dengan berjemur karena bisa menyehatkan kulit, namun perhatikan juga waktu berjemur yang tepat karena jika waktunya tidak tepat dan Anda malah berjemur saat matahari terik bisa membakar kulit Anda.

Anda juga harus menggunakan sunblock secara berkala jika berada di pantai seharian. Agar terasa menyenangkan, Anda bisa pergi ke pantai bersama keluarga. Ini juga bisa membuat Anda lebih berhati-hati dan waspada agar ada orang yang selalu mengingatkan ketika melakukan aktivitas di pantai.

Apalagi bagi Anda yang tak biasa pergi sendiri atau bersikap ceroboh maka sebaiknya jangan pergi sendirian.

Ini Dia Rekomendasi Pantai Terindah di Papua

Pantai Saleo

Pantai Saleo merupakan salah satu pantai yang menawarkan keindahan di Papua. Lokasinya ada di Belitung, Kota Bar di Jalan yan Maroba. Jadi, pantai ini masih masuk dalam Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Daya tarik dari Pantai Saleo ini adalah hamparan pasir putih yang memanjang. Pantai indah ini juga bersih dari sampai, karena belum begitu ramai dan tidak sepopuler pantai di kawasan Raja Ampat Lainnya.

Meski begitu, jika Anda ingin menikmati keindahan pantai yang asri dan bersih di Papua maka pantai ini bisa menjadi pilihan. Fenomena pasir timbul juga bisa Anda nikmati di Pantai Saleo yang biasanya terlihat saat air laut surut sekitar jam 6 pagi, 11 siang dan jam 3 sore.

Berbagai jenis terumbu karang dan ikan dengan corak serta warna yang cantik juga ada di sekitar perairan pantai ini.

Disini Anda bisa bersantai di tepi pantai, menyewa pondok untuk menikmati suasana pantai, berenang, menikmati wisata air seperti snorkeling dan diving, berfoto di pasir timbul hingga kulineran khas Papua.

Pantai Batu Pica

Pantai Batu Pica atau disebut juga Pantai Batu Gong ini sangat terkenal di Biak. Hal ini dikarenakan pantai ini mempunyai gugusan karang yang dipahat secara alami oleh hantaman ombak. Ini menciptakan tekstur karang yang cantik dan menarik.

Saat Anda mengunjungi pantai ini maka Anda bisa melihat bentuk karang yang indah, seperti potongan meja di pinggir laut yang dapat memecah ombak di bibir Samudera Pasifik. Hal ini menjadikan karakter dari pantai ini berbeda dengan pantai pada umumnya yang ada di Indonesia.

Karena pantai ini memiliki medan berupa batu karang serta hempasan ombak yang fantastis. Namun Anda harus hati-hati saat menginjakan kaki diatas karang ini, karena permukaan karang yang terhampar di sekelilingnya mempunyai sudut tajam.

Air di pantai ini sangat jernih dan terhubung langsung dengan Samudera Pasifik. Jika Anda ingin menyaksikan keindahan fenomena di Pantai Batu Pica ini maka bisa datang ke Desa Lalonggaluku, Kecamatan Sampara, Kabupaten Biak Numfor, Biak Utara, Papua.

Agar keindahan dapat dinikmati secara sempurna, maka Anda bisa datang di sore hari saat ombak sedang tinggi-tingginya.

Pantai Pasir Timbul

Di kawasan Raja Ampat Papua ada berbagai tempat yang menarik untuk dikunjungi karena keindahannya, salah satunya adalah pasir timbul. Pasir Timbul ini bisa dikatakan sebagai sebuah pantai atau pulau kecil yang memiliki pasir putih yang sangat lembut.

Meski tidak ada pepohonan dan rumput hijau, disini Anda bisa menikmati pemandangan alam yang sangat menawan. Hamparan pasir disini bisa Anda nikmati yang biasanya muncul saat air laut surut membentang sepanjang 150 meter dari jam 6 pagi, jam 11 siang dan jam 3 sore.

Pantai atau pulau kecil yang terbentuk karena surut air laut ini memiliki daya tarik karena unik apalagi dikombinasikan dengan birunya air laut yang indah. Jadi, Anda bisa mengabadikan momen langka saat berada di sini.

Anda juga akan menemukan beberapa spesies laut seperti kerang kecil dan ikan kecil yang berenang di lautan yang dangkal. Jika Anda tertarik datang ke Pantai Pasir Timbul maka bisa mengunjungi Pulau Kri dan Pulau Koh. Karena pantai ini masih bagian dalam kawasan Pulau Koh, Papua Barat.

Beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan adalah berfoto dengan latar lautan yang indah, bermain air, bermain pasir, berenang, snorkeling dan diving.

Pantai Harlem

Pantai Harlem berlokasi di Kampung Tablanusu yang terletak di Jayapura, Papua. Ini merupakan salah satu pantai di Papua yang bisa membuat Anda kagum dengan keindahannya. Anda bisa menikmati panorama yang menawan misalnya saat Sunset di sore hari yang terlihat dengan sempurna disini.

Selain itu, karena pantai ini belum begitu banyak pengunjung, maka Anda bisa mendapatkan nuansa ketenangan disini. Di dekat pantai juga terdapat kolam air tawar yang bisa Anda kunjungi.

Anda bisa mengunjunginya untuk membilas badan setelah melakukan aktivitas pantai, karena kolam air tawar ini terkenal dengan airnya yang jernih alami sehingga Anda bisa merasa segar kembali. Ada berbagai aktivitas lain yang bisa Anda lakukan disini.

Misalnya piknik bersama rekan, berjemur di tepi pantai, hunting foto berkualitas, bermain air, berenang, snorkeling, diving hingga memancing. Meski fasilitas belum terlalu lengkap, namun kebutuhan umum ditunjang di pantai ini dengan adanya area parkir, toilet serta tempat duduk.

Pantai Anggopi

Pantai Anggopi berada di Distrik Oridek, Kabupaten Biak Numfor. Ini cocok menjadi destinasi untuk Anda yang ingin melepas penat dari berbagai aktivitas yang melelahkan. Tidak jauh dari bibir pantai, terdapat pondok-pondok yang bisa Anda sewa untuk menikmati keindahan sekitar pantai.

Pondok yang dibangun ini juga mampu meningkatkan keindahan objek wisata. Daya tarik dari Pantai Anggopi salah satunya adalah pasir pantainya yang tampak putih bersih. Ini memikat para pengunjung untuk betah berlama-lama disini.

Hamparan pasir putih yang cukup luas berpadu dengan air laut biru menjadi kombinasi keindahan yang menawan. Di bagian tepi pantai terdapat banyak pepohonan rindang. Ini menciptakan suasana pantai menjadi lebih asri dan sejuk saat Anda menginjakan kaki di Pantai Anggopi.

Jadi tidak hanya keindahannya saja, pantai ini juga bisa menjadi pilihan untuk Anda yang butuh menjernihkan pikiran.

Pantai Bakaro

Pantai Bakaro merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang terletak di Manokwari, Papua Barat dan terkenal karena keindahan pantainya. Dengan tidak banyak orang yang mengunjungi pantai ini, menjadikan Pantai Bakaro sangat alami dan asri.

Apalagi dipadukan dengan jernihan air laut serta pemandangan sekitar menciptakan keindahan yang menawan. Karakteristik Pantai Bakaro juga cukup unik karena memiliki beberapa batuan alami di sekitaran pantai.

Perairan yang jernih dan bening juga membuat Anda bisa melihat tambahan keindahan dari pantai ini yaitu melihat dasar laut dengan segala keragaman biota laut seperti penampakan ikan-ikan laut di Bakaro dengan variasi warna dari atas.

Di pantai ini juga memiliki tradisi unik yang dikenal dengan tradisi pemanggilan ikan yang biasanya dilakukan pada sore hari oleh segerombolan orang. Selain menikmati keindahan pantai yang disajikan, ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan di Pantai Bakaro.

Misalnya seperti berenang dengan mengikuti olahan pengelola pantai. Hal ini dikarenakan di beberapa waktu ombak di Pantai Bakaro bisa cukup besar dan tinggi. Bagi Anda yang hobi memancing ikan, maka disini terdapat jasa penyewaan alat pancing. Selain itu, wisata kuliner khas Papua juga bisa dilakukan di pantai ini.

Pantai Yen Beba

Pantai Yen Beba berada di kawasan Kabupaten Manokwari, Papua Barat. Pantai ini juga memiliki pemandangan berupa air laut yang jernih, tebing terjal dan pantai berpasir putih. Dengan jernihnya air laut, tersebut Anda bisa melihat dengan jelas terumbu karang yang begitu menakjubkan.

Hal ini membuat kombinasi keindahan yang menawan dari Pantai Yen Beba. Jika Anda berada di pantai ini, Anda bisa melihat kondisi pantai dengan bebatuan di sepanjang pantainya. Ada beberapa flora yang terdapat dan berbagai macam hewan di pulau ini yang bisa Anda jumpai.

Beberapa aktivitas pantai yang bisa Anda lakukan di Pantai Yen Beba yaitu berenang dan snorkeling.

Pantai Amai

Sumber gambar papuatribunnews.com

Pantai Amai terletak di Distrik Depapre, sekitar 5 km dari Depapre, Kota Jayapura. Saat Anda berada di pantai ini maka bisa merasakan pancaran sinar matahari yang hangat berpadu dengan aroma laut yang berasal dari Samudera Pasifik.

Tak hanya itu, Pantai Amai juga memiliki air laut yang jernih dan berpasir putih yang terhampar sangat indah. Anda juga bisa melakukan beberapa kegiatan olahraga di Pantai Amai seperti snorkeling, diving, surfing dan beberapa olahraga air lainnya. Keunikan dari pantai ini adalah adanya muara sungai.

Ini merupakan sebuah perbatasan laut dan sungai, yaitu tempat dimana air asin dan air tawar bertemu. Lokasi muara ini berada di ujung Pantai Amai, yang bisa Anda manfaatkan air tawar tersebut untuk membilas tubuh setelah berenang di air asin.

Pantai Hamadi

Pantai Hamadi berlokasi di Tobati, Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua. Ini merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di Indonesia. Akses menuju ke lokasinya juga cukup mudah dengan jalan beraspal halus sehingga Anda bisa mengendarai mobil atau motor untuk bisa parkir di pinggir pantai.

Pantai Hamadi ini juga termasuk pantai indah di Papua. Hal ini dikarenakan pemandangan pantai eksotis dengan pasir berwarna putih serta air yang tampak biru dari kejauhan. Didukung dengan gradasi air berwarna gelap, tosca dan abu-abu yang tampak dari tengah laut hingga tepi pantai.

Selain itu, pulau-pulau yang tampak kehijauan dari kejauhan juga menambah keindahan pantai ini. Dengan ombak yang tenang maka di pantai ini Anda bisa bermain air. Anda juga bisa berjalan menyusuri tepi pantai hingga berenang.

Terdapat gazebo dan pohon kelapa dan cemara dibagian pinggir pantai yang bisa dijadikan tempat untuk menikmati keindahan Pantai Hamadi.

Pantai Teluk Triton

Salah satu pantai Papua yang menawarkan keindahan adalah Pantai Teluk Triton. Lokasinya berada di Saria, Kecamatan Kaimana, Kabupaten Kaimana, Papua Barat. Bahkan pantai ini digadang-gadang sebagai "Raja Ampat Kedua" di Papua.

Di Pantai Teluk Triton Anda bisa melihat banyak gugusan pulau-pulau karang. Pada bagian atasnya juga Anda bisa melihat hutan tumbuh subur dengan daun yang merebak bebas.

Dengan pemandangan hijau yang ditawarkan, maka saat menginjakan pantai ini Anda akan merasakan sensasi adem dari alamnya yang asri. Namun, karena fasilitasnya belum memadai pantai ini kurang cocok untuk liburan keluarga.

Meski begitu, pantai ini memiliki air yang jernih dan dangkal, sehingga cocok untuk berenang. Tanpa harus pergi terlalu jauh ke tengah lautan pun Anda bisa melihat terumbu karang dengan berbagai macam bentuk dan warna yang indah.

From our editorial team

Basuh Tubuh setelah Melakukan Aktivitas di Pantai

Demikian beberapa rekomendasi pantai terindah di Papua dari BP-Guide. Perlu Anda ingat, setelah melakukan aktivitas pantai seperti bermain air, berenang dan kegiatan lainnya maka sebaiknya segera bilas dengan air bersih di kamar mandi. Hal ini dilakukan karena air laut bisa menyebabkan alergi jika tidak terbiasa. Jangan berlama-lama juga mengenakan pakaian basah karena kandungan garamnya bisa membuat kulit Anda lebih kering. Jadi, Anda bisa segera membasuh tubuh atau mandi di kamar mandi agar kandungan garam pada air laut tidak menempel pada tubuh.