Bikin Ruangan Lebih Rapi dan Estetik dengan 10 Rekomendasi Rak Majalah Terbaik (2022)

Bikin Ruangan Lebih Rapi dan Estetik dengan 10 Rekomendasi Rak Majalah Terbaik (2022)

Memiliki banyak koleksi majalah seringkali membuat ruangan kita terlihat berantakan karena majalah berserakan di mana-mana. Memilih rak majalah yang tepat pun tidak mudah karena banyaknya pertimbangan, merk, model, pilihan bahan, hingga ukuran. Untuk memudahkan kamu, BP-Guide sudah menyediakan 10 rekomendasi rak majalah terbaik yang tak hanya membuat ruangan menjadi lebih rapi tapi juga estetik dan sedap dipandang mata.

Ruangan Makin Rapi dengan Rak Majalah

Rak menjadi salah satu perabot yang hampir pasti dapat ditemukan di setiap hunian. Fungsi dari rak tersebut adalah sebagai tempat untuk menata barang atau dekorasi agar tempat tinggal terlihat lebih rapi.

Tak hanya itu, keberadaan rak dapat memudahkan penghuni untuk mencari barang tertentu. Rak sendiri memiliki variasi bermacam-macam sesuai dengan fungsinya. Ada rak display yang digunakan untuk tempat memamerkan dekorasi atau barang yang menjadi hobi. Ada juga rak buku atau majalah yang seperti namanya, digunakan untuk menyimpan buku ataupun majalah.

Bagi para pecinta baca tentu buku, koran, maupun majalah adalah barang-barang yang pasti dimiliki. Tapi sayangnya tak banyak yang menyadari bahwa tumpukan barang tersebut terkadang berserakan dan tidak tertata dengan rapi. Tentu hal ini akan membuat pemandangan terasa tak menyenangkan, tidak nyaman, hingga terlihat kotor.

Terlebih untuk majalah yang memang tidak dapat berdiri sendiri dan membutuhkan wadah atau rak untuk menopangnya. Oleh sebab itulah rak majalah akan membuat majalah tersebut dapat tertata dengan rapi dan mudah ditemukan jika kamu ingin membacanya kembali.

Tips Memilih Rak Majalah agar Tidak Menyesal

Sesuaikan Dimensi Rak dengan Ukuran Ruangan

Untuk memilih furnitur jenis apapun, termasuk rak majalah, tentu hal pertama yang dilakukan adalah menyesuaikan ukuran perabot dengan space di mana ia ditempatkan. Hal ini ditujukan agar ruangan makin serasi dan anti sumpek.

Kamu bisa memilih rak dengan ukuran standar yang sudah umum. Terlebih untuk ruangan dengan konsep minimalis modern, tentu akan lebih cocok untuk memilih rak majalah yang lebih kecil.

Untuk ruang minimalis, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan rak majalah dengan tipe gantung yang tidak akan memakan banyak tempat di area lantai. Sedangkan untuk rak majalah anak tentu perlu tambahan pertimbangan yang disesuaikan dengan tinggi anak agar lebih mudah dijangkau.

Pilih Pilah Material

Ada banyak pilihan material yang digunakan sebagai bahan pembuatan rak majalah. Pertama adalah rak berbahan kayu yang akan memberikan nuansa lebih hangat di dalam interior rumah tinggal.

Bahan kedua adalah pengganti kayu yang bernama MDF. Bahan alternatif ini seringkali dibuat untuk rak bermodel minimalis karena finishing warna dan desain yang lebih bervariasi.

Bahan selanjutnya adalah papan fiber dan triplek yang juga tahan lama dan mudah dibersihkan sehingga cocok untuk anak-anak yang suka corat coret atau menempel stiker di setiap perabot. Perawatan atau pembersihan bahan tersebut cukup menggunakan lap basah.

Selain bernuansa kayu, ada juga rak majalah yang terbuat dari besi maupun aluminium dengan tampilan yang lebih modern dan minimalis. Meskipun lebih ringan, rak besi dinilai lebih kuat, tidak mudah keropos, dan memiliki umur pemakaian yang lebih tahan lama.

Jangkauan Aman dan Kemudahan Perawatan

Seyogyanya rak majalah haruslah mudah dijangkau oleh tangan meskipun jika memiliki ukuran yang besar atau tinggi. Akan lebih baik memilih rak majalah dengan tidak mengabaikan poin ergonomis.

Hal ini tentu tak hanya memudahkan ketika hendak membaca, tetapi juga perihal perawatan atau pembersihannya. Terlebih rak majalah memiliki desain yang terbuka tanpa pintu yang dapat membuat koleksi kamu lebih cepat kotor ataupun rusak.

Untuk itu teliti lagi sebelum membeli rak majalah dan mengecek apakah rak majalah tersebut memiliki celah-celah yang dapat menumpuk debu. Selain itu pastikan agar rak majalah memiliki material yang mudah dibersihkan dengan alat pembersih seperti kemoceng, lap kering maupun basah, hingga penyedot debu.

10 Merk Rak Majalah Terbaik nan Estetik Rekomendasi BP-Guide

The Olive House Rak Serbaguna Ladder 3 Susun

Untuk para pecinta perabot dengan gaya simpel dan natural, The Olive House Rak Serbaguna Ladder 3 Susun dapat menjadi pilihan terbaik. Rak majalah terbaik ini terbuat dari material kayu pinus yang sedang menjadi primadona saat ini.

Selain itu, rak modern minimalis ini menggunakan finishing yang mengandung pelapis waterproof untuk memudahkan perawatan dan pembersihan. Memiliki ukuran 60x35,5x91 cm membuatnya sangat cocok untuk menyimpan majalah maupun barang lain agar ruangan tampak lebih rapi.

Tak hanya memiliki model yang kokoh, rak kayu pinus ini juga diamplas di bagian sudutnya sehingga memberikan keamanan bagi pengguna. Untuk yang tidak memiliki ruangan besar, rak ini akan sangat pas digunakan karena tidak memakan banyak ruang.

Harga Rp. 484.200-792.000

IKEA Flisat Book Display

Pilihan rak majalah terbaik berikutnya adalah IKEA Flisat Book Display. Tak hanya digunakan sebagai rak majalah, rak ini juga dapat difungsikan sebagai rak buku anak.

Memiliki desain yang compact dengan ukuran 49x28x41 cm, rak ini dapat dengan mudah dipindahkan ke mana saja. Rak besutan IKEA ini berbahan dasar kayu pinus solid, lacquer akrilik transparan berwarna, dengan panel bawah terbuat dari papan fiber yang di cat akrilik.

Perawatannya pun bisa dibilang mudah karena hanya perlu dibersihkan dengan lap yang telah dibasahi oleh deterjen lembut. Langkah berikutnya adalah mengelap rak dengan kain bersih hingga kering.

Harga Rp. 329.000-510.000

BUKO Modular Shelving Storage

Memiliki predikat sebagai rak modular, BUKO Modular Shelving Storage tak hanya cocok digunakan di rumah tinggal saja tetapi juga kantor dan tempat umum lain. Tak hanya untuk menyimpan majalah, rak ini juga dapat digunakan menyimpan dokumen kantor hingga perlengkapan rumah ataupun dapur.

Berbahan dasar rangkaian kawat dengan finishing cat anti karat berwarna hitam membuat rak minimalis nan elegan ini lebih awet dan tahan lama. Kemudahannya untuk dibongkar pasang membuat rak BUKO cocok untuk kamu yang hidup nomaden.

Rak ini memiliki ukuran 17x35x104 cm. Untuk setiap paket pembelian akan ada bagian-bagian berupa 4 panel besi berukuran 35x26cm, 5 panel besi berukuran 17x35cm, 8 Panel besi berukuran 17x26cm, dan 50 kabel ties.

Harga Rp. 159.000-330.330

Aonez Rak Serbaguna

Tak hanya rak BUKO yang dilapisi oleh waterproof finishing, rak serbaguna Aonez yang terbuat dari besi ini juga memakai lapisan kain non-woven yang membuatnya lebih tahan air dan mudah dibersihkan. Tak hanya itu, pada bagian belakan rak juga terdapat kain untuk mencegah jatuhnya barang. Proses perangkaiannya pun sangat mudah karena tidak memerlukan alat bantuan apapun.

Aonez Rak Serbaguna terdiri dari 5 susunan rak yang secara keseluruhan berukuran 40x28x122 cm. Tersedia dalam warna abu-abu, rak ini tak hanya cocok digunakan untuk majalah tapi juga dokumen kantor, buku pelajaran, hingga peralatan rumah lain.

Seperti halnya BUKO, Aonez dengan kemudahan bongkar pasangnya akan pas untuk pengguna yang sering berpindah tempat.

Harga Rp. 61.000-75.000

Topas Rak Majalah 18HC AD 050

Rekomendasi rak majalah terbaik berikutnya adalah Topas Rak Majalah 18HC AD 050. Rak yang hadir dengan warna grey lighter ini juga dilengkapi tempat penyimpanan pada bagian bawah.

Tempat penyimpanan tersebut dilengkapi dengan kunci dan juga terdapat brankas di bagian atas laci. Rak Topas memiliki ukuran 95x38x185 cm dengan berat sebesar 50 kg.

Harga Rp. 3.910.000-3.971.000

Kamiko 612

Selain dapat digunakan sebagai tempat majalah, Kamiko 612 juga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan koran karena dilengkapi dengan lima klip penjepit koran berbahan aluminium. Untuk penyimpanan majalahnya sendiri ada satu baris di bagian depan yang berfungsi ganda sebagai display dan juga rak di bagian bawah.

Rak Kamiko 612 terbuat dari besi hollow dengan cat powder coating berwarna hitam. Dilengkapi dengan empat roda di bagian kaki, rak ini dapat dengan mudah digeser atau dipindahkan. Rak yang dapat dibongkar pasang ini memiliki ukuran 70x50x91 cm.

Harga Rp. 820.000-1.450.000

Adeola Rak Majalah Kayu Gantung

Rak majalah terbaik selanjutnya rekomendasi dari BP-Guide adalah Adeola Rak Majalah Kayu Gantung yang kekinian. Rak estetik dengan desain nordic ini akan cocok ditempatkan di ruangan kamu yang bergaya scandinavian ataupun japandi.

Adeola terbuat dari perpaduan kayu sungkai solid wood dan anyaman rotan. Untuk finishingnya adalah kombinasi cat medium brown dan clear atau natural. Rak gantung yang hemat tempat ini memiliki ukuran 63x45x7 cm.

Harga Rp. 230.000-494.000

Hanafia Rak Buku Gantung

Selain Adeola, ada juga rekomendasi rak gantung dengan merk Hanafia. Hanafia Rak Buku Gantung merupakan rak gantung serbaguna yang tak hanya dapat digunakan sebagai tempat majalah tetapi buku dan juga koran. Rak majalah Hanafia terbuat dari perpaduan nilon dan poliester atau triplek.

Berukuran 95x35 cm, rak yang memiliki desain minimalis dan elegan ini sudah pasti tidak memakan banyak tempat. Bahkan rak gantung ini juga dapat dilipat.

Harga Rp. 36.000-73.000

TA TA Newspaper & Magazine Stand NS-300

TA TA Newspaper and Magazine Stand NS-300 tidak hanya dapat digunakan untuk hunian tapi juga ruang publik seperti ruang tunggu bank, kantor, hotel, hingga rumah sakit.

Memiliki desain sederhana namun elegan, TA TA Stand terbuat dari material besi dengan kualitas tinggi, tidak mudah berkarat, dan tahan lama. Rak yang berukuran 94x70x39 cm ini memiliki kapasitas untuk menampung 6 majalah dan 5 koran.

Harga Rp. 2.160.000-5.794.000

IKEA Kvissle Rak Dinding

Rak majalah yang hemat tempat selanjutnya adalah IKEA Kvissle Rak Dinding. Rak keluaran IKEA ini terbuat dari bahan baja dengan lapisan fosfat yang anti karat serta lapisan serbuk poliester dan epoksi.
Memiliki ukuran 46x34x9 cm membuat rak Kvissle tak hanya cantik untuk dipasang di dinding, tapi juga dapat menjadi kompartemen di dalam laci. Memiliki desain yang mulus dan sederhana membuat rak majalah ini tak hanya cantik dipajang di rumah tapi juga bermanfaat ditempatkan di kantor.

Akan lebih baik jika rak Kvissle digunakan sendiri dan tidak menggabungkannya satu sama lain karena akan membuat beban tampung semakin berat. Tentu saja karena ditempel di dinding, maka akan ada perlakuan khusus pada pemasangan untuk menyesuaikan dengan material dinding.

Rak yang didesain oleh Eva Lilja Löwenhielm tersebut memiliki perawatan yang mudah yakni hanya dilap bersih menggunakan kain yang telah dilembabkan dengan air.

Harga Rp. 266.900-492.000
From our editorial team

Hitung Lagi Jumlah Koleksi Majalah

Jangan lupa untuk menghitung kembali jumlah koleksi majalah agar muat ditempatkan di rak majalah yang baru nantinya. Jika kamu memiliki banyak koleksi majalah, pilih rak dengan ukuran yang lebih besar agar dapat menampung semua koleksimu. Pastikan juga rak majalah sesuai dengan ukuran majalah yang sudah kamu miliki. Nggak lucu kan kalau majalah kesayanganmu tidak muat di rak majalah barumu.

Tag