Jelang Lebaran 2019, Ini 7 Pilihan Baju Trendi yang Bisa Jadi Pilihan Jitu

Jelang Lebaran 2019, Ini 7 Pilihan Baju Trendi yang Bisa Jadi Pilihan Jitu

Ramadhan dan Lebaran sudah siap menanti Anda sebentar lagi. Nah, jangan lupakan pakaian yang khusus untuk menyambut hari besar tersebut. Tentunya, busana yang dipilih musti trendi dong. Berikut BP-Guide memberikan beberapa rekomendasi pakaian trendi 2019 untuk Lebaran.

Pilihan Model Baju Muslim Remaja Sangat Beragam untuk Lebaran Tahun Ini

Tidak terasa, bulan Ramadhan akan kita jelang dalam waktu dekat. Mempersiapkan diri secara lahir batin mungkin sudah kamu lakukan agar bisa menyambut bulan suci ini dengan maksimal.

Agar lebih semangat, tidak ada salahnya jika kamu mulai melirik fashion busana muslim yang tentunya semakin berkembang dari tahun ke tahun ini. Buat kamu yang masih remaja muslimah, momentum ini juga tepat untuk belajar menutup aurat dengan lebih baik.

Perkembangan tren di dunia mode busana muslimah sama progresif dengan tren kebanyakan. Jika pada tahun-tahun sebelumnya baju muslim remaja diwarnai dengan pesona ceria nan semarak, diperkirakan tahun ini akan lebih mengacu pad desain sederhana dan elegan.

Tips Memilih Model Baju Remaja untuk Busana Lebaran

Sudah tak asing lagi bahwa tradisi menyiapkan baju lebaran dimulai sejak jauh-jauh hari bahkan sebelum bulan Ramadhan dimulai. Hal ini dikarenakan menjelang Idul Fitri orang-orang akan lebih sibuk mempersiapkan kegiatan mudik atau menyambut sanak saudara yang datang sehingga kegiatan belanja dilakukan jauh hari sebelumnya.

Nah, jika kamu kebetulan mencari busana lebaran yang oke untuk remaja, ada beberapa tips yang bisa dicoba.

Jangan Sampai Menutup Tangan

Bagi wanita muslim, menutup aurat adalah salah satu kewajiban. Hal ini tidak dimaksudkan mengekang atau membatasi gerak aktivitas melainkan untuk melindungi dan mengangkat derajat perempuan.

Untuk kamu yang baru mulai belajar menggunakan hijab, padukanlah kerudung dengan baju berlengan panjang yang bisa menutup pergelangan tangan dengan baik. Telapak tangan tidak termasuk aurat seperti wajah dan masih boleh diperlihatkan jadi kamu tetap bisa leluasa beraktivitas.

Hindari yang Berbahan Satin

Salah satu yang harus diperhatikan saat memakai busana muslim adalah memilih material yang tepat. Banyak yang masih ragu berbusana tertutup karena menganggap hanya membuat gerah. Padahal dengan bahan yang tepat, kamu juga bisa tetap beraktivitas dengan nyaman.

Hindari mengenakan gaun muslim atau atasan berbahan satin. Memang, material ini memberi kesan elegan tapi jika tidak dilapisi dengan furing katun atau rayon yang punya karakteristik sejuk di kulit, bahan ini cenderung panas.

Selain itu, kain satin dengan permukaan mengkilap ini memunculkan kesan dewasa yang cenderung kurang cocok bagi remaja. Kamu bisa memilih bahan lain seperti jersey atau katun jepang yang ceria.

Hindari Pakaian dengan Detail Payet yang Mencolok

Remaja memang suka coba-coba, termasuk menjajal aneka jenis gaya pada pakaian. Tak terkecuali dengan muslimah di usia remaja dan kamu mungkin salah satunya. Selain menghindari pakaian dengan bahan satin, ada hal lain yang perlu diperhatikan.

Kamu sebaiknya tidak mengenakan busana muslim dengan hiasan payet mencolok dan memberi kilau pada tampilan pakaian. Busana dengan aksesori payet atau bordir ini akan lebih cocok dipakai oleh kakak atau ibu kamu yang lebih dewasa.

Sebaliknya, pilih busana dengan desain simpel dan warna-warna terang untuk menonjolkan sisi ceria dan kalem yang sesuai dengan usia kamu.

Hindari yang Terlalu Banyak Ornamen

Menghindari bahan satin dan payet bisa jadi panduan jitu untuk menghindari kesan tua dari penampilan kamu dengan hijab. Apakah ada lagi yang lain? Ternyata, ada satu lagi yang bisa bantu kamu berpenampilan modis dengan busana muslim.

Upayakan untuk tidak memilih busana muslim yang terlalu banyak ornamen dan berkesan ramai. Selain terlalu “semarak”, ornamen yang menempel di seluruh permukaan pakaian juga bisa bikin kamu terlihat norak.

Sebagai alternatif, pilihlah baju muslim dengan ornamen minimalis pada sisi-sisi tertentu saja. Misalnya, bentuk ornamen yang melingkar di bagian bawah baju atau pada pergelangan tangan bisa jadi pemanis yang pas dan tak berlebihan.

Rekomendasi Baju Muslim untuk Pria yang Bakal Nge-Tren di Lebaran 2019

Tren mode kaum pria mungkin tidak segesit tren mode wanita yang mengalami banyak perkembangan dan modifikasi. Namun, bukan berarti kamu para pemuda tidak bisa tampil keren. Berikut rekomendasi baju muslim pria yang ngehits di tahun 2019.

Baju Koko Batik

Sumber gambar batikunik.com

Bahan batik adalah salah satu material favorit banyak orang. Tak cuma orang Indonesia asli, para warga negara asing pun gemar mengenakan busana bermotif batik yang etnik ini. Salah satu yang bisa kamu adaptasi sebagai baju muslim di Idul Fitri nanti adalah baju koko batik.

Tak cuma bisa dikenakan saat lebaran, baju ini juga bakal pas untuk berbagai acara formal lainnya. Sebagai pilihan pertama, kamu bisa menjajal CBUKO175 Koko Batik Katun Motif Parang Pancing yang terbuat dari bahan katun nyaman dan dibanderol dengan harga Rp 55.000 ini.

Alternatif lain yang tak kalah oke adalah CBUKO133 Kemeja Batik Koko Motif Kawung Picis seharga Rp 49.000 yang motifnya berasal dari daerah Solo. Terdapat kombinasi katun polos putih yang cocok dipakai segala usia. Kedua baju ini bisa didapat di situs batikunik.com.

Baju Koko Polos

Sumber gambar www.rumahgamis.id

Jadikan saat beribadah kamu lebih rileks dan khusuk dengan mengenakan busana yang pas dan tak mencolok. Agar tidak pula mengganggu konsentrasi ibadah orang-orang di sekitar, kamu bisa memilih baju koko polos yang berbahan sejuk dan nyaman dikenakan seharian.

Kamu bisa memilih Baju Koko Polos G5251 yang dijual di situs rumahgamis.id seharga Rp 115.000 ini. Berbahan katun rayon, baju koko ini cocok menemani kamu sholat Id di tempat terbuka.

Baju Kurta

Sumber gambar kurtaindonesia.com

Tak cuma wanita yang ingin tampil modis dengan mengadaptasi gaya busana mancanegara. Bagi kaum pria yang ingin lebih trendi dalam busana muslim, bisa mencoba gaya pakaian asal Timur Tengah yang santun dan tetap modis.

Kurta, baju panjang yang lebih pendek dari gamis pria ini bisa jadi gaya busana yang kamu pilih di tahun 2019. Tak cuma bisa dipakai hangout, tentunya kurta yang pas juga bisa dipakai beribadah tanpa perlu ganti baju lagi.

Sebagai pilihan, kamu bisa mengenakan baju kurta keren berwarna abu-abu tua dari situs kurtaindonesia.com ini. Tersedia dalam ukuran M, L, dan XL yang bisa disesuaikan dengan tinggi dan ukuran tubuh, baju keren ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 199.000 di kurtaindonesia.com.

Baju Koko Bordir

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bakal ada acara kumpul-kumpul keluarga besar di hari lebaran? Tentunya kamu ingin tampil maksimal, kan? Selepas sholat Id, kamu bisa mengganti baju koko polos dengan baju koko bordir yang etnik dan keren ini.

Sebagai pilihan pertama, kamu bisa memilih Baju Koko Full Bordir Premium Style Diponegoro. Detail bordir pada permukaan bajunya memberi kesan maskulin dengan warna dasar gelap yang cocok untuk para pria. Tersedia di Bukalapak dengan harga Rp 145.000.

Atau, kamu juga bisa memilih Busana Muslim Bordir pria Kode TN 51 berwarna cokelat tua yang kalem dan memberi kesan lembut pada kepribadian kamu. Bordirnya lebih minimalis tapi tetap terlihat etnik. Bisa dipesan melalui Tokopedia dengan harga Rp 135.000.

Rekomendasi Busana Muslim untuk Wanita yang Bakal Nge-Tren di Lebaran 2019

Selepas beribadah di hari kemenangan, tentunya bakal ada acara silaturrahim dengan keluarga atau tetangga dekat. Jika kebetulan remaja muslimah seperti kamu bingung soal busana yang cocok, bisa simak rekomendasi berikut ini.

Lace Maxi Gamis

Sumber gambar www.tokopedia.com

Gaun muslimah atau gamis saat ini memang banyak digemari. Tak cuma oleh perempuan dewasa, para remaja pun mulai suka untuk mengoleksi berbagai jenis gamis yang tetap membuat leluasa bergerak dan beraktivitas.

Untuk acara yang formal dan kamu ingin menampilkan kesan elegan, bisa memilih Black Lace Maxi Long Dress Pesta Gamis Tangan Panjang yang tersedia di Tokopedia dengan harga Rp 285.000 ini.

Berbahan lace kombinasi sifon, gamis ini memberi kesan mewah secara instan dan bisa kamu padukan dengan hijab satin berwarna terang untuk tampilan lebih seimbang. Jika masih menerawang, kamu bisa gunakan inner berbahan katun atau rayon berwarna senada, ya.

Maxi Brocade Robe

Sumber gambar aliexpress.com

Ingin busana muslim yang simpel tapi tetap terlihat trendi dan santun? Kamu bisa memilih abaya hitam dengan material melayang seperti sifon atau sutra. Abaya menjadi salah satu busana favorit di kalangan para muslimah karena tidak ribet ketika dipakai dan mudah dipadukan dengan berbagai jenis hijab.

Untuk hari istimewa, kamu bisa memilih Elegant Maxi Dress Abaya Silk Brocade Diamonds Muslim Long Robe Gowns Loose Style Middle East Moroccan Islamic Clothing Hijab di situs aliexpress.com seharga Rp 580.000.

Abaya ini memberi kesan elegan yang minimalis dengan bahan silk dan bergaya kasual. Kamu bisa memadukannya dengan sepatu kesayangan polos dan berwarna senada.

Jumpsuit Combined With Cardigan

Sumber gambar tokopedia.com

Mengenalkan baju yang menutup aurat pada remaja bisa jadi tantangan berat. Banyak remaja yang masih ogah mengenakan hijab dan gamis karena beranggapan akan membatasi diri mereka dari tren mode. Untuk menyiasati hal tersebut, bisa dilakukan dengan membujuk perlahan dan mencoba memperkenalkan baju-baju muslim yang digemari anak muda. Salah satunya adalah jumpsuit.

Tentu saja, bagi remaja berhijab, pemilihan jumpsuit perlu diperhatikan. Misalnya, pilihlah jumpsuit yang longgar dan tidak mencetak lekuk tubuh. Selain itu, bisa menambahkan outerwear agar lebih tertutup dan santun. Sebagai pilihan, kamu bisa membeli Set Lebaran 5 (JUMPSUIT, CARDIGAN).

Bermaterial jersey super dengan warna pastel yang kalem, baju setelan dengan kardigan ini dibanderol seharga Rp 180.000 di Tokopedia. Jangan lupa memakai kaos kaki sebagai padanan sepatu kesayangan, ya.

From our editorial team

Jadikan Lebaran Semakin Berkesan dengan Busana Tren 2019

Lebaran nanti tentunya bukan hari biasa. Beberapa pilihan rekomendasi pakaian pria dan wanita yang BP-Guide rekomendasikan di atas bisa Anda pertimbangkan untuk menemani Anda menjalani ibadah dan merayakan hari raya nantinya. Tetap cantik, anggun, ganteng dan maskulin, namun syari tentunya menjadikan Anda dapat menjadi pusat perhatian nantinya.