Kualitas Foto Semakin Jernih dengan 10 Smartphone Terbaru yang Memiliki Fitur Dual Kamera

Kualitas Foto Semakin Jernih dengan 10 Smartphone Terbaru yang Memiliki Fitur Dual Kamera

Fungsi smartphone yang beragam sangat menunjang aktivitas sehari-hari. Smartphone dengan fitur dual kamera dapat membantu Anda yang memiliki ketertarikan di bidang fotografi. Tapi, smartphone apa saja sih yang memiliki fitur dual kamera? Makanya simak terus ulasan dari BP-Guide, ya!

Kamera Ganda pada Smartphone saat Ini Tengah Naik Daun, Sejumlah Smartphone Baru Tahun Ini Hadir dengan Dual Kamera

Sumber gambar www.malangtekno.net

Omong-omong tentang kamera ganda pada smartphone saat ini sedang naik daun, sebenarnya teknologi imaging smartphone dengan lensa jejer di bagian lensa belakangnya ini bukanlah hal yang baru. Teknologi ini telah disematkan pada LG Optimus 3D yang diluncurkan pada Februari 2011.

Saat itu tujuannya agar Anda bisa capture gambar dalam bentuk 3D yang saat itu sedang trend. Untuk smartphone kamera ganda yang sudah mirip fungsinya seperti saat ini, HTC One M8 yang diluncurkan pada April 2014 bisa dikatakan sebagai perintisnya.

Selanjutnya ada nama-nama smartphone kamera ganda top seperti LG9, Huawei P9, hingga iPhone P9. Dan list nama itu sepertinya akan semakin panjang, karena sepertinya smartphone dengan lensa ganda memang tengah naik daun.

Keunggulan Kamera Ganda pada Smartphone

Sensor Lebih Besar

Sumber gambar tribunnews.com

Smartphone kamera ganda memiliki sensor gambar yang lebih besar dari kamera smartphone reguler. Hal ini karena smartphone kamera ganda memiliki dua sensor gambar yang bekerja sama secara berbarengan untuk menghasilkan gambar akhir.

Satu sensor umumnya untuk menangkap keseluruhan gambar, sementara sensor satunya untuk menambahkan informasi-informasi gambar pendukungnya, sehingga menghasilkan hasil akhir yang lebih detil, bahkan dalam pencahayaan yang kurang.

Sensor yang lebih besar juga membuat memberi cakupan gambar yang ditangkap bisa lebih luas serta memungkinkan kamera memiliki sistem autofocus dan speed-nya meningkat dibandingkan kamera smartphone reguler.

Hasil Zoom Lebih Bagus

Sumber gambar www.vivo.com

Karena keterbatasan tempat, maka umumnya smartphone reguler menggunakan mode zoom digital. Oleh karena itu saat Anda me-zoom suatu objek, maka sistem algoritme-nya akan memperbesar gambar secara elektronik. Hasilnya adalah gambar zoom yang cenderung kabur dan tidak detil.

Sebenarnya, untuk zoom yang paling ideal adalah optical zoom. So, Anda bisa mendekatkan smartphone pada objek sedekat mungkin, atau bisa pula menggunakan smartphone kamera ganda.

Jenis kamera ini memungkinkan Anda menggunakan zoom optical namun masih tetap dengan smartphone. Hal ini karena fitur dua lensa yang ada padanya, seperti pada smartphone LG G5.

Dept of Field (DoF)

Sumber gambar www.rayapos.com

Dept of Field (DoF) merupakan satu unsur image yang sukar dicapai saat memotret dengan smartphone. Jika Anda merasa bahwa gambar yang Anda dapatkan terlihat flat dan tidak seimpresif potret-potret di National Geographic? Padahal objeknya sama.

Itu karena memang DoF pada potretan Anda yang kurang (atau bahkan tidak ada). Untuk memberi kesan meruang dan dramatis secara instant, smartphone kamera ganda bisa menjadi andalan. Salah satu dari kamera yang terpasang pada smartphone kamera ganda berfungsi untuk mengumpulkan informasi tambahan kemudian digabung dengan kamera utama untuk menghasilkan image akhir.

Informasi akhir ini termasuk info background, cahaya, dan faktor lainnya yang memiliki peran penting dalam urusan DoF. Hasilnya tentunya jauh lebih sedap dari hasil smarphone kamera reguler.

Jadi Fotografer Profesional dengan Smartphone

Sumber gambar telset.id

Jika beberapa tahun lalu menjadi fotografer profesional berarti harus memiliki seperangkat alat potret yang profesional, maka dengan adanya smartphone kamera ganda kemungkinan untuk menjadi fotografer profesional dengan bekal sebuah smartphone mulai mendekati kenyataan.

Beberapa tahun ke depan mungkin Anda tidak perlu membawa sebuah DSLR atau mirrorless camera dan perangkat lensanya untuk menjadi seorang fotografer pro, cukup dengan sebuah kamera yang memiliki kamera ganda yang berkualitas.

10 Pilihan Smartphone Dual Kamera

Sharp R1S

Sumber gambar gsmarena.com

Walau mungkin kurang familiar dalam pasaran smartphone tanah air, Sharp juga pemain hebat dalam industri smartphone. Terakhir pabrikan Jepang ini mengeluarkan smartphone kamera ganda Sharp R1S. Smartphone ini membawa prosesor processor MTK MT6750 Octa Core, RAM 3GB, dengan memori simpan 32GB.

Kamera gandanya masing-masing 13 MP AF + 5 MP F2.0. Sementara itu kamera depannya 5 MP F2.4 FOV 74.5 Derajat. Smartphone ini memiliki layar 5.5 Inch HD high Quality IPS Wide Viewing Angle. Selain dilengkapi berbagai fitur standar (Proximity Sensor, G-Sensor, sensor Ambient Light Sensor, dan lainnya), smartphone ini dilengkapi baterai monster kapasitas 5000 mAh. Anda bisa mendapatkannya di Blibli dengan harga Rp 2.099.000.

Nokia 8

Sumber gambar drop.ndtv.com

Setelah sekian lama tertidur, raksasa Nokia mulai bangkit kembali dengan membawa beberapa seri smartphone keren. Salah satunya adalah smartphone kamera ganda Nokia 8. Nokia ini memiliki layar 5.3 inch LCD capacitive touchscreen IPS (resolusi 1440 x 2560 pixel), dengan prosesor chipset Qualcomm Snapdragon 835 Octa-core, pluis Adreno 540 pada posisi grafis.

RAM-nya telah 4GB (memori 64GB, atau 6GB (untuk pilihan memori 128GB). Baterainya 3090 mAh. Untuk kamera, bagian depan atau belakang masing-masing 13MP. Kamera ini bisa berfungsi dual dengan fitur dual image-fusion yang sangat unik. Anda bisa mendapatkannya di Blibli dengan harga Rp 6.599.000.

Infinix Zero 5

Sumber gambar www.themobileindian.com

Infinix Zero 5 merupakan pilihan selanjutnya dalam list smartphone kamera ganda ini. Zero 5 memiliki layar 5.98 Inch full HD, dengan prosesor Octa-core MediaTek Helio P25, 2.6GHz, RAM 6GB kapasitas memori 64GB, dan sistem operasi Android 7.0 Nougat (with XOS V3.0).

Baterainya berkapasitas 4350 mAh. Dual kamera yang dipasang masing-masing berkapasitas 12MP dan 13MP. Sementara itu, kamera depannya 16MP, sangat cukup untuk selfie Anda. Anda bisa mendapatkan smartphone ini di Bhinneka dengan harga Rp 3.575.000.

Luna G8

Sumber gambar www.begawei.com

Satu merek yang mulai dikenal di Indonesia adalah Luna. Kali ini Luna menghadirkan smartphone dual kamera yang manis, Luna G8. Smarphone dengan layar 6.0 inch IPS HD+ 1440x720 (18:9) Fullscreen ini ditenagai oleh Mediatek Helio P25, Octacore 64-bit 2.60 GHz, RAM 4GB, memori 64GB, dengan bagian grafis oleh GPU Mali-T880MP2 1000Mhz.

Baterainya 4010mAh dengan fast-charging capacity. Smartphone dengan bodi full metal ini memiliki kamera dual 20.0Mp + 8.0Mp with Flash (depan), serta 13.0Mp + 5.0Mp with Flash (belakang). Anda bisa mendapatkannya di Tokopedia dengan harga Rp 3.400.000.

Asus Zenfone Max Plus (M1)

Sumber gambar www.asus.com

Asus menghadirkan smarphone dual kamera Asus Zenfone Max Plus (M1). Hadir dengan bodi metal, smartphone ini membawa layar 5.7 inch (resolusi 1440x720), prosesor MediaTekMT6750T Octa Core 1.5 GHz, dengan berbagai pilihan RAM dan memori (16GB dengan 2 GB RAM, 32 GB dengan 3 GB, serta RAM 64GB dengan 4 GB RAM).

Baterainya Li-Ion 4130 mAh. Untuk urusan kamera, kamera utamanya berukuran 16MP+8MP yang keren. Sementara itu kamera depannya bersensor 16MP. Anda bisa mendapatkannya di Blibli dengan harga Rp 2.849.050.

Motorola Moto G5S Plus

Sumber gambar www.motorola.com

Motorola hadir menghadirkan dual kamera dalam Motorola Moto G5S Plus. Smartphone dengan jantung Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 ini memiliki RAM 4GB dengan storage 32GB.

Layarnya sendiri berukuran 5,5 inci Full HD 1080p (1920 x 1080) dengan Corning Gorilla Glass 3. Baterainya 3000 mAh. Bagian kamera depan 8MP, sementara kamera belakangnya berupa tandem kamera masing-masing 13MP dengan kemampuan editing DoF. Anda bisa mendapatkan smartphone ini di JD dengan harga Rp 2.999.000.

Xiaomi Mi A1

Sumber gambar geekbuying.com

Tak ketinggalan, Xiaomi menghadirkan smartphone kamera ganda Xiaomi Mi A1. Smartphone ini didesain tipis (hanya 7.3mm) dengan layar yang lega, 5.5 inci full HD (1920 x 1080 pixel). Jantungnya dipasang prosesor Snapdragon 625 Octa-core 2.0GHz maks, dengan chip grafis Andreno 506, 650MHz, Ram 4GB, dengan storage 64GB.

Baterainya 3080 mAh. Pada sisi depan terdapat kamera 5MP, sementara kamera belakangnya ganda, masing-masing 12MP dengan dual LED flash dan 2x optical zoom. Anda bisa mendapatkannya di JD dengan harga Rp 2.399.000.

LG G5 SE

Sumber gambar www.kickmobiles.com

LG menghadirkan smartphone kamera ganda berdesain elegan dan mewah LG G5 SE. Smartphone ini memiliki layar IPS LCD 5.3 inch (resolusi 1440 x 2560) Quad-HD, dengan prosesor Qualcomm Snapdragon MSM8976, RAM 3GB, chip grafis GPU Adreno 510, dan storage 32GB.

Sementara itu baterainya 2800mAh yang walau relatif kkecil dibanding dengan kapasitas baterai smarphone lain dalam list ini, ternyata sanggup untuk beraktifitas seharian. Kamera depannya 8MP dan kamera belakang dual 16MP yang bisa mengambil gambar wide angle hingga 135 derajat. Anda bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 3.900.000.

Samsung Galaxy J7+

Sumber gambar drop.ndtv.com

Samsung hadir kembali membawa smartphone dual camera dengan Samsung Galaxy J7+. Smarphone manis ini hadir dengan layar AMOLED 5.5 inch reesolusi 1080x1920 (Full HD), prosesor Octacore 2.4GHz, RAM 4GB, serta storage 32GB. Kamera depan 16MP, dan kamera belakangnya berupa tandem kamera 13MP + 5MP Flash yang memiliki fitur life focus. Fitur ini memungkinkan Anda, salah satunya, mendapatkan foto yang efek bokeh-nya mantap. Anda bisa mendapatkan smartphone ini di JD dengan harga Rp 3.950.000.

ASUS Zenfone Zoom S

Sumber gambar www.asus.com

Asus hadir kembali dalam list smarphone dual kamera kali ini dengan seri ASUS Zenfone Zoom S. Smartphone ini hadir dengan layar AMOLED 5.5 inch full HD. Prosesor yang menyertainya Qualcomm Snapdragon 625 Octa-Core 2.0, chip grafis Adreno 506, dan RAM RAM 3 / 4 GB. Baterainya sangat mantap, 5000 mAh. Smarphone ini membawa kamera yang mumpuni.

Pada bagian depan adalah kamera 13MP dengan sensor gambar Sony IMX214 plus tenologi Pixel Master 3.0. Sementara itu kamera belakangnya berupa tandem kamera masing-masing dengan kapasitas 12MP yang memiliki fitur superpixel serta Asus Exclusive TriTech Plus. Anda bisa mendapatkan smartphone ini di JD dengan harga Rp 3.600.000.

From our editorial team

Sesuaikan dengan Bujet

Membeli perangkat elektronik seperti smartphone memang harus selalu disesuaikan dengan bujet yang dimiliki. Kemudian, menentukan tujuan dari membeli smartphone tersebut. Jangan sampai menguras tabungan dan menyesal karena sudah terlalu banyak mengeluarkan uang untuk membeli smartphone dengan fitur canggih namun Anda tidak begitu membutuhkannya.