10 Pilihan Jam Tangan Pria Tahan Air Yang Cocok Untuk Aktivitas Outdoormu

10 Pilihan Jam Tangan Pria Tahan Air Yang Cocok Untuk Aktivitas Outdoormu

Saat melakukan aktivitas outdoor--terutama yang berhubungan dengan air seperti menyelam, berenang, rafting dan lain sebagainya--Anda tentu memerlukan sebuah jam tangan yang anti air. Kali ini BP Guide akan beberkan beberapa jenis jam tahan air yang bisa Anda miliki.

Jam Tangan Tahan Air Cocok Untuk Anda Yang Sering Basah-basahan

Sumber gambar www.iphonefaq.org

Sejatinya teknologi yang semakin berkembang ini berdampak positif pada kehidupan manusia dan jam tangan sebagai salah satu pelengkap penampilan manusia yang terus mengalami perubahan. Perkembangan pada jam tangan yang paling kentara adalah jam tangan yang dikembangkan untuk bisa memiliki ketahanan terhadap tekanan air karena kebanyakan orang suka sekali dengan aktivitas outdoor seperti berenang dan menyelam. Tidak sedikit pula menjadikan kegiatan itu sebagai suatu pekerjaan. Umumnya, jam tangan tahan air memakai bahan dari baja untuk bodynya. Sementara karet digunakan untuk tali jamnya karena bahan tersebut punya ketahanan yang baik dan awet. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan akan jam tangan yang mampu menahan tekanan air yang kuat, jam model ini dirancang sedemikian rupa kaca jamnya dengan menggunakan pelindung kaca mineral dan safir untuk menahan jam dari goncangan sehingga jika terkena air jam ini tidak akan cepat rusak.

Saat ini banyak brand yang membuat jam tangan water resistant, bahkan ada yang mengkhususkan jam tangan untuk kondisi air dalam hingga kondisi lingkungan yang ekstrim. Misalkan Anda yang menyukai kegiatan air seperti menyelam, berenang, snorkeling dapat memilih jam tangan dari G-Shock Frogman. Bagi Anda petualang yang menyenangi kegiatan ekstrim bisa menggunakan jam tangan merek Victorinox I.N.O.X. Kalau berbicara, harga memang jam tangan ini biasanya dijual dengan harga yang bervariasi tergantung dari fitur-fitur yang ada pada jam, serta fungsinya dan untuk jam tangan water resistant ini harga paling murah berkisar Rp 200.000 hingga yang mahal mencapai Rp 7.000.000.

Tips Memilih Jam Tangan Pria Tahan Air

Sumber gambar www.govbergwatches.com

Ada banyak cara untuk memilih jam tangan dan beberapa diantaranya adalah dengan memperhatikan bahan, kualitas, kategori water resistant itu sendiri dan juga bentuk postur tubuh. Untuk lebih jelasnya, simak tips memilih jam tangan tahan air yang bermutu berikut ini!

Bahan Baku Jam Tangan

Sumber gambar www.wristwatchphoto.com

Bahan stainless steel sering kita jumpai di hampir semua brand jam tangan karena jam ini memiliki ketahanan yang kuat dan keawetannya yang tidak cepat rusak. Untuk menunjang penampilan pun terlihat elegan. Hanya saja bobotnya yang berat dan ukuran tali yang agak sulit untuk disesuaikan dengan tangan menjadi kendala tersendiri. Maka dari itu diharapkan Anda tidak memakai jam tangan ini pada saat melakukan aktivitas outdoor maupun berolahraga.

Jika Anda lebih banyak melakukan kegiatan outdoor lebih baik gunakan jam tangan yang berbahan karet karena bahannya yang lentur dan juga tidak menyerap keringat sehingga membuat Anda nyaman dalam beraktivitas. Namun meski begitu bahan ini tetap memiliki kekurangan yaitu ketika Anda berkeringat jam tangan ini bisa menimbulkan bau.

Bahan jam tangan dari kulit hewan ini biasanya tebal, empuk, dan juga sifatnya elastis. Jika Anda pergi ke acara formal atau semi formal pakailah jam tangan kulit karena selain ringan, biasanya tersedia warna-warna jam yang bervariatif yang memberikan banyak pilihan model, lalu bahan ini tidak merusak casebacknya, tampilan yang terkesan sederhana yang nyaman digunakan. Diharapkan Anda yang memakai jam tangan kulit hindari untuk sering terkena air atau dibawa ke dalam air seperti berenang atau diving karena akan cepat sekali menimbulkan bau. Jika jam tangan Anda ingin terus awet, perawatan khusus harus dilakukan.

Water Resistant

Sumber gambar www.thewatchco.co.za

Jam tangan tahan air atau water-resistant memang menjadi idola saat ini, dan hampir semua merek menggunakan fungsi water resistant pada jam. Meski demikian, Anda harus tahu apa yang dimaksudkan dengan tahan air ini pada jam tangan Anda. Jika mengartikan dari konsepnya, water-resistant ini merupakan istilah yang memberikan informasi mengenai seberapa kuat jam tangan mampu bertahan terhadap tekanan air dan ingat bukan tahan di kedalaman air. Banyak dari masyarakat yang salah mengartikan istilah water-resistant tersebut. Selain itu water-resistant bukan berarti tahan juga terhadap semua kondisi tapi dibatasi dengan tingkat satuan parameter yang berbeda-beda dan satuan tersebut biasa disebut Bar, ATM (Atmosphere), Feet, atau Meter. Contohnya kaca depan yang terkena semprotan air setara dengan tekanan air di kedalaman 50 meter. Sebagai tanda ketahanan air pada jam tangan dipakai satuan tekanan ATM, bar, dan meter. Aturan satuan tersebut adalah 1 ATM = 1 bar = 10 m. Berikut akan sedikit dijelaskan mengena informasi water-resistant pada jam tangan supaya Anda lebih paham.

  • Jika Anda membeli jam tangan water resistant, dan di bagian body belakang jam tidak terdapat informasi 5/10 Bar/Atm/m berarti jam tangan tersebut hanya sebatas tahan terhadap tetesan air hujan atau keringat dan tidak dapat dipakai untuk berenang, apalagi digunakan di kondisi yang ekstrim.
  • Jika terdapat informasi Splash Resistant pada jam tangan Anda entah itu 3 Bar/3 Atm / 30 m berarti jam tersebut tahan terhadap air, namun yang sifatnya rada minor seperti terkena cipratan air ketika mencuci. Sangat tidak dianjurkan untuk dipakai berenang.
  • Kemudian jika terdapat keterangan water resistant 5 Bar/5 Atm/50 m menandakan bahwa jam tersebut bisa untuk dibawa aktivitas berenang yang hanya sebatas dilakukan di kolam renang. Tapi bukan, untuk aktivitas bawah laut seperti diving ataupun kegiatan snorkeling yang memiliki tekanan air yang tinggi ya!
  • Lalu jika keterangannya water resistant 10 Bar/10 ATM /100 m berarti bahwa jam tangan tersebut bisa untuk kegiatan outdoor Anda yang sifatnya liburan saja seperti snorkeling, dan berenang. Jangan sekali-kali Anda memakai jam tangan ini untuk kegiatan jet ski jika tidak ingin jam tangan Anda rusak. .
  • Jika Anda memang memiliki profesi kegiatan laut secara profesional, jam tangan dengan Water Resistant 20 Bar/ 20 ATM/ 200 m ini aman untuk Anda pakai saat berkativitas karena memang jam tangan ini dibuat khusus untuk tahan terhadap tekanan air yang tinggi .

Bentuk Dan Postur Tubuh

Sumber gambar www.active.com

Ketika Anda akan membeli jam tangan sebaiknya Anda harus tahu terlebih dahulu besaran tangan Anda, jangan sampai memilih jam tangan agar tidak terlihat tidak matching atau konyol antara jam tangan dengan tangan Anda.

  • Anda yang memiliki pergelangan tangan yang kecil pilihlah jam tangan dengan tali yang kecil pula supaya jam tersebut terlihat pas dan enak untuk dipandang. .
  • Bagi Anda yang pergelangan tangannya besar atau gemuk pastikan Anda memilih jam tangan yang talinya berukuran lebar dan tidak terlalu tipis.
  • Ini untuk Anda yang mungkin senang nge-gym sehingga pergelangan tangannya berotort, disarankan memakai jam tangan dengan desain yang sporty dan maskulin karena pria berotot dianggap gagah terutama oleh wanita.
  • Bagi pria yang tubuhnya proposional dan ukuran pergelangan tangannya sedang memiliki keuntungan lebih karena segala bentuk atau model jam tangan dapat masuk atau pas pada pria ini. .

Detail Jam Tangan

Sumber gambar www.alibaba.com

Jam tangan sejatinya harus menjadi perhiasan yang berharga bagi Anda karena jam tangan yang punya nilai estetika yang mampu memberikan kesan lebih pada penampilan dan kepribadian Anda, serta dapat juga untuk investasi. Anda yang ingin terlihat oke dengan jam tangan, sebaiknya perhatikan juga detail dari jam tangan tersebut.

Sebagai pria Anda harus pintar memilah jam tangan yang membuat penampilan Anda jadi oke, pilihlah jam tangan yang simpel tidak terlalu banyak fitur di dalamnya namun mendukung Anda dalam berpenampilan dan tentunya sesuai keperluan Anda. Pemilihan jam tangan yang terlalu ramai dengan Anda yang punya aktivitas padat dan berat tentunya dapat merusak jam tersebut. Jadi perhatikan secara betul jam tangan yang semestinya bagi Anda.

Kesalahan Yang Biasa Terjadi Dalam Memilih Jam Tangan

Sumber gambar www.bestfixwatch.biz

Saat memilih jam tangan pria tahan air kadang terjadi beberapa kesalahan sehingga bukannya awet, jam tangan tersebut justru cepat rusak dan tak dapat digunakan untuk aktivitas outdoor Anda yang berhubungan dengan air. Jika Anda tidak mau menyesal sebaiknya kenali kesalahan yang biasa dilakukan ketika memilih jam tangan berikut ini!

Tidak Memperhatikan Bahan

Sumber gambar www.geekbuying.com

Kebanyakan para pria terlalu buru-buru dalam memilih jam tangan dan yang sering dilupakan adalah bahan dari jam tangan tersebut. Jika Anda sehari-hari bekerja di kantoran dan suka sekali hangout, pilihlah bahan jam tangan dengan stainless steel dan kulit. Namun untuk pemilihan bahan kulit harus Anda perhatikan juga siapa tau bahan kulit yang tidak bagus dapat membuat kulit Anda iritasi. Cermati bahan kulit tersebut dan sebaiknya jika dipakai tidak terasa panas di kulit tangan yang membuat tangan Anda jadi berkeringat.

Daftar Jam Tangan Pria Tahan Air Yang Bisa Anda Pilih

Meskipun ada banyak brand dan jenis jam tangan tahan air di pasaran, kadang Anda merasa bingung untuk menentukan jam tangan yang harus Anda pilih bukan? Nah, berikut BP-Guide memberikan beberapa rekomendasi jam tangan tahan air berkualitas yang bisa jadi pilihan. Simak ulasannya berikut ini!

Digitec

Sumber gambar digitec.my.id

Saat ini banyak sekali merek-merek terkenal dunia yang meramaikan pasar aksesoris jam tangan dengan menawarkan kualitas terbaik mereka. Meski begitu Anda tidak perlu bingung karena semua merek mempunyai informasi yang jelas mengenai produk mereka, salah satunya merek terkenal yang berasal Jepang yakni Digitec. Jam tangan ini memang terkenal karena memberikan harga yang bersahabat namun dengan kualitas jempolan, ditawarkan mulai harga Rp 200.000 sudah terdapat water-resistant di dalam fiturnya sehingga Anda tidak perlu takut disebut membeli jam abal-abal dari Digitec ini.

Produk yang bisa jadi pilihan dari Digitec ini adalah Digitec DG-2093T Black Gold. Jam tangan pria ini punya kelebihan tahan terhadap tekanan air mencapai 100 m, tahan getaran dan goncangan, punya bobot yang ringan, serta tahan lama dengan desain yang oke punya. Anda bisa mendapatkan jam tangan ini seharga Rp 150.000 hingga Rp 360.000 di Lazada. Murah dan berkualitas.

Q&Q

Sumber gambar jamtangansby.com

Anda pernah mendengar brand jam tangan Q&Q? Jika belum, Anda sebaiknya perlu tahu bahwa produsen dari Cirizen Co. Ltd. Asal jepang ini menawarkan jam tangan khusus untuk pria petualang. Q&Q sendiri adalah Quest&Quality yang berarti pencarian jam tangan Anda berujung pada kualitas yang ada di jam tangan ini.

Jam tangan Q&Q digital seri M127 ini merupakan jam tangan pria dewasa maupun remaja yang sangat sporty dan trendy dengan fitur pelengkap tahan air hingga kedalaman 100 meter. Selain itu pada kebanyakan jam tangan Q&Q menggunakan mesin MIYOTA Cal. 2035 yang pastinya kokoh, tahan terhadap guncangan, serta memiliki tingkat akurasi yang tinggi didukung dengan ketahan baterai yang baik. Jam tangan ini bisa Anda dapatkan dengan murah yaitu sekitar Rp 185.000.

Casio G-Shock

Sumber gambar www.gshock.com

Jika menyebut jam tangan pria paling laris jawabannya ada jam tangan merek G-shock. Ya, selain banyak pria yang memakai jam tangan ini ada juga dari beberapa pria yang dengan sengaja menjadi kolektor jam tangan G-shock karena memang jam ini dikenal dengan fiturnya shock resistant, dimana jam tangan ini tahan terhadap guncangan sehingga bisa dikatakan untuk yang memiliki aktivitas berat pun bisa memakai jam tangan ini.

Rekomendasi yang paling pas dari G-shock ini adalah seri G-9300, sangat matching untuk Anda yang punya hobi berenang atau kegiatan air lainnya. Selain itu kecanggihan yang ditawarkan adalah mampu mengisi baterai secara otomatis jika jam tersebut terkena paparan sinar matahari. Lalu menghadirkan fitur kompas yang memberikan kemudahan dalam menentukan arah, fitur suhu ruangan atau thermometer. Cocok banget ini untuk Anda yang hobi memancing di laut dengan kapal speedboat karena terdapat fitur moon yang mampu memantau keadaan atau fase pasang surut suatu air laut dengan dukungan mineral glass pada kacanya, serta ketahanan tekanan air yang cukup dalam mencapai 200 meter. Soal harga cukup terjangkau hanya Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000 untuk jam tangan G-Shock G-9300.

Eiger

Sumber gambar www.tokopedia.com

Anda yang ingin mencari jam tangan produk lokal jangan khawatir, jam tangan Eiger bisa jadi pilihannya. PT Eigerindo sendiri selain menjual peralatan outdoor juga menjual jam tangan yang tidak kalah oke dengan merek luar.

Jam tangan seri N830 yang dikeluarkan oleh Eiger ini dibuat khusus untuk pria adventure dan penyuka olahraga outdoor. Fitur yang ditawarkan salah satunya adalah water resistant (5ATM/50M - 10ATM/100M) yang membuat Anda tidak perlu khawatir jam akan rusak terendam air. Anda yang hobi mendaki bisa menggunakan jam tangan Eiger ini. Jadi tunggu apa lagi, masukkan dalam daftar list jam tangan pilihan Anda karena harganya murah lho hanya Rp 500.000 untuk jam tangan keren dan sporty ini. Yuk segera kunjungi Lazada.

Citizen

Sumber gambar www.amazon.com

Citizen memang salah brand yang memproduksi segala kebutuhan fashion untuk pria termasuk jam tangan dan sudah menjadi produsen jam tangan terbesar dunia dengan kualitasnya terbaik dengan mengedepankan teknologi eco-drive yang membuat jam ini mampu beroperasi secara otomatis untuk menunjukkan waktu sehingga tidak lagi memerlukan baterai sebagai sumber utamanya.

Produk yang jadi rekomendasi dari Citizen adalah Seri AT8020-03L Blue Angels World A-T. Kenapa produk ini? Karena jam tangan Citizen yang satu ini merupakan jam tangan yang eksklusif dengan seri edisi terbatas alias limited edition dan Citizen sendiri hanya memproduksi jam ini sebanyak 2500 di seluruh dunia, jadi sangat direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan jam tangan dengan tampilan ekslusif ini. Dan dengan edisi yang terbatas harga yang ditawarkan pun cukup mahal yang dibanderol Rp 16.000.000 di Lazada. Namun dengan harga tersebut berbanding lurus dengan kualitas dan fitur yang ditawarkan, diantaranya adalah adanya fitur Atomic Timekeeping yang terhubung dengan sinyal radio kontrol yang dapat mencocokkan waktu secara otomatis dan Anda tidak perlu khawatir karena waktu yang ditunjukkan sangat akurat.

Masih ada alternatif lain dari Citizen jika dirasa jam tangan seri limited edition tadi terlalu mahal bagi Anda. Ini adalah jam Citizen dengan water resistant seri AT0786. Nah, jam tangan ini punya desain yang kasual dan juga sporty, serta cocok untuk kondisi olahraga air seperti berenang, ataupun snorkeling. Untuk harganya sendiri dibanderol murah sekitar Rp 3.770.000.

Timex

Sumber gambar global.timex.com

Timex ini sudah eksis selama beberapa dekade dengan memproduksi jam tangan yang berkualitas sangat baik. Pria yang hobi kegiatan adventure direkomendasikan menggunakan seri Expedition dari Timex ini dan salah satunya seri Expedition Scout Chrono. Jam ini mampu bertahan dalam kondisi paling sulit jadi pas banget menemani petualangan Anda dan juga bisa digunakan untuk sehari-hari. Model jam tangan ini di desain klasik namun tetap berkelas dengan daya tahan yang oke membuat jam tangan ini cocok untuk kegiatan baik itu untuk mendaki gunung atau pantai sekalipun tapi tidak untuk kegiatan diving. Dilengkapi pula dengan water resistant 10 bar dan dengan kualitas yang ditawarkan Timex seri ini harganya terbilang terjangkau berkisar Rp 1 sampai Rp 2 jutaan di Lazada.

Luminox

Sumber gambar www.sothatscool.com

Rekomendasi jam tangan yang satu ini sangat cocok jadi pilihan Anda yang mempunyai selera berkelas. Kali ini jam tangan dari merek Luminox jadi pilihannya. Untuk Anda yang belum pernah mendengar nama Luminox, brand ini didirikan pada tahun 1989 oleh Barry Cohen dan Richard Timbo. Berkat jasa mereka berdua merek Luminox mampu melahirkan jam tangan yang terkenal dengan pencahayaan self powered paling baik dan karena kualitas itulah pasukan Navy SEAL serta tim elit angkatan udara Amerika Serikat memakai jam tangan ini yang kemudian dikenal banyak orang. Tidak hanya pasukan Amerika saja yang memakai jam tangan ini, diketahui bahwa pasukan satuan khusus elit dari Indonesia juga memakai jam khusus dari Luminox.

Luminox terkenal dengan teknologi inhouse mereka yang dinamakan LLT (Luminox Light Technology) yang mampu menyala dalam kondisi minim cahaya atau gelap sehingga Anda tidak harus mengeluarkan senter untuk melihat waktu dan teknologi ini mampu memberikan cahaya yang diketahui dapat bertahan sampai 25 tahun di kondisi yang gelap total.

Anda bisa memilih jam tangan seri Navy SEAL Colormark Chrono 3080. Jam ini menjadi yang tersukses dari seri Navy SEAL dengan tampilannya yang modern dengan varian warna yang dilengkapi tanda bezel untuk dicocokkan dengan tangan. Jam tangan ini tahan terhadap benturan sehingga tidak mudah tergores dan memiliki water resistant mencapai 200 meter. Untuk Anda yang menginginkan jam tangan berkualitas ini, Anda harus mengeluarkan kocek sebesar Rp 6.000.000.

Nixon

Sumber gambar www.nixon.com

Jam tangan yang satu mereknya sudah terkenal di dunia dan sangat berkelas, brand asal Amerika yang bernama Nixon ini merupakan salah produsen jam tangan yang banyak dilirik oleh peselancar dan cocok untuk gaya anak muda. Tidak heran jam tangan yang dilapisi dengan baja berkualitas serta di desain untuk segala kondisi cuaca dan lingkungan yang ekstrim ini paling di cari banyak orang.

Rekomendasi jam tangan dari Nixon ini adalah 51-30 Chrono, yang merupakan jam tangan analog yang memiliki ketahanan terhadap tekanan air hingga 30 ATM pas untuk kegiatan keseharian Anda, kegiatan di air, di gunung, hingga kegiatan scuba diving. Sungguh mengagumkan memang jam tangan dari Nixon ini dengan diameter jamnya berukuran 51 mm ini pas dipakai oleh pria dengan ukuran tangan besar sehingga terlihat gagah dan keren.Untuk harganya sangat sesuai dengan kualitasnya yang terbaik yakni sebesar Rp 9.000.000 di Lazada.

Rip Curl

Sumber gambar www.walmart.com

Merek ternama Rip curl tidak hanya memproduksi kebutuhan fashion pria saja tapi Rip curl juga mengeluarkan produk jam tangan yang di desain khusus untuk olahraga air seperti surfing dan lainnya. Berdiri tahun 1969 oleh Doug “Claw” Warbrick serta Brian “Sing Ding” Singer di Torquay, Victoria. Perusahaan ini terus berkembang menciptakan sesuatu yang berkualitas dan menunjang kebutuhan manusia termasuk jam tangannya yang di beberapa produknya dilengkapi dengan GPS.

Produk keren dari Rip curl salah satunya adalah jam tangan analog pria Rip Curl Cortez 2 XL Midnight Watch A2467-MLM yang cocok untuk menemani beragam kegiatan outdoor Anda dilengkapi dengan water resistant 100 meter. Dengan dana sekitar Rp 3.300.000, Anda sudah bisa bawa pulang jam tangan yang keren ini.

Victorinox

Sumber gambar www.amazon.com

Siapa yang tidak mengenal brand Victorinox Swiss Army. Semua pasti sudah melekat dengan nama brand yang satu ini, merek yang awalnya memproduksi pisau merambah ke produksi jam tangan.
Semua pemakai jam tangan Swiss Army pasti sudah tahu bahwa keunggulan dari jam tangan ini adalah ketahanannya di berbagai macam kondisi ekstrim sehingga sangat cocok bagi Anda pria yang punya banyak kegiatan outdoor dengan kondisi yang tidak menentu bahkan dalam kondisi berdebu dan berangin pun jam ini masih kokoh.

Anda bisa memilih salah satu produk Swiss Army seri I.N.O.X Professional Diver, dimana jam ini punya 16 desain variasi gaya yang disesuaikan dengan selera Anda. Dari nama serinya sendiri sudah bisa ditebak bahwa jam ini tahan dengan medan air yang berat dengan fitur water-resistant mencapai 200 meter. Bagi Anda pecinta diving jam tangan ini aman dipakai di tangan Anda. Harganya memang mahal sekitar Rp 6.000.000 sampai Rp 7.000.000, tapi berbanding lurus dengan kualitasnya yang sangat baik.

From our editorial team

Jam Tangan Tahan Air Untuk Anda Yang Suka Basah-basahan

Anda yang gemar melakukan aktivitas diluar ruangan dan senang menggunakan jam tangan tentunya tidak hanya harus memiliki jam tangan yang tahan banting tetapi juga tahan air. Jam tangan tahan air akan lebih awet digunakan ketika musim hujan, berenang, menyelam atau saat Anda melakukan aktivitas water sport lainnya. Jadi, jangan ragu untuk memilih jam sesuai selera, budget dan kebutuhan Anda, ya!