10 Rekomendasi Dress Hamil Terbaik Agar Penampilan Anda Tetap Oke Sambil Menanti Buah Hati (2022)

10 Rekomendasi Dress Hamil Terbaik Agar Penampilan Anda Tetap Oke Sambil Menanti Buah Hati (2022)

Mengenakan dress yang tepat saat hamil akan menambah kenyamanan Anda. Tidak hanya itu, Anda juga bisa tampil lebih oke sambil menanti sang buat hati! Simak rekomendasi dress hamil terbaik dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Pemilihan Baju yang Tepat Sangat Penting Buat Ibu Hamil

Saat hamil, perubahan bentuk tubuh yang signifikan tentu membuat baju-baju lama Anda tidak bisa dipakai lagi. Untuk itu, Anda membutuhkan baju hamil yang pas dan nyaman agar aktivitas tetap berjalan lancar.

Baju hamil didesain secara khusus untuk mengakomodasi bentuk tubuh ibu hamil. Bahannya pun juga dipilih agar tidak membuat ibu hamil mudah gerah. Kini modelnya juga makin beragam, sehingga Anda tetap bisa tampil stylish saat mengandung sang buah hati.

Tips Berpakaian yang Nyaman Buat Ibu Hamil

Pilih Baju yang Longgar

Pada saat hamil, berat badan akan naik, dan Anda pun membutuhkan pakaian dengan ukuran yang lebih besar atau longgar dibandingkan saat sebelum hamil.

Selain membuat Anda susah bergerak, pakaian yang terlalu ketat dapat mengganggu sirkulasi darah tubuh, dan dapat menyebabkan mudah kram, kesemutan, kaki bengkak, gatal pada perut, dan lain sebagainya.

Utamakan Bahan Katun

Saat membeli pakaian, jangan lupa untuk memperhatikan bahannya. Carilah bahan kain yang ringan dan menyerap keringat, agar nyaman juga saat digunakan.

Maka dari itu, Anda bisa memilih bahan katun, karena sifatnya yang berpori dan bisa menyerap keringat. Terlebih wanita hamil akan lebih mudah berkeringat.

Hindari Pakaian Berbahan Berat

Pakaian yang terlalu berat, seperti celana jeans sebaiknya juga dihindari. Sebab, bahan yang terlalu berat dapat membatasi ruang gerak, dan ini bisa membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman.

Nah, bagaimana jika ibu hamil merasa kedinginan? Saat merasa kedinginan, ibu hamil boleh menggunakan sweater ataupun jaket, kok. Pakailah yang membuat Anda merasa nyaman.

Hindari Memakai Hak Tinggi

Saat hamil, hindarilah memakai sepatu high heels atau sepatu yang mempunyai hak tinggi. Sebab, sepatu dengan hak tinggi ini akan berisiko membuat ibu hamil menjadi cedera.

Daripada memakai high heels, lebih baik menggunakan flat shoes, sandal teplek, ataupun sepatu kets pada saat hamil agar lebih aman dan nyaman untuk Anda pakai berjalan.

Kenakan Dress atau Rok

Ibu hamil akan lebih sering berkemih. Maka dari itu, memilih pakaian seperti rok, dress, atau daster akan sangat memudahkan saat bolak-balik untuk buang air kecil ketimbang memakai celana.

Terlebih, pakaian seperti dress ataupun daster akan terasa longgar bagi ibu hamil, sehingga lebih nyaman dan praktis untuk digunakan ketimbang pakaian yang terdiri dari 2 potong kain.

Tips Memilih Baju Hamil Sesuai Usia Kehamilan

Trisemester Pertama

Pada usia 0-3 bulan atau trisemester pertama, perut Anda masih belum banyak berubah. Di fase ini Anda masih bisa mengenakan baju-baju lama Anda sebelum hamil.

Meskipun demikian, tetap pilih baju model dress yang nyaman dan longgar agar Anda tetap bisa bebas bergerak. Baju berbentuk dress atau rok memberikan ruang lebih banyak untuk pinggang dan payudara yang ukurannya akan membesar seiring bertambahnya usia kehamilan Anda.

Trisemester Kedua

Pada masa ini, bagian perut Anda sudah mulai membesar, sehingga pakaian yang biasa dipakai sehari-hari pun sudah mulai terasa sempit. Saatnya Anda mencari pakaian yang lebih longgar yang dapat dipakai oleh ibu hamil.

Sebelum membeli dress, periksalah terlebih dahulu ukuran payudara, pinggang, pinggul, dan lingkar lengan Anda. Anda juga perlu memperhatikan panjang dress tersebut. Saat perut makin membesar, dress pun ikut terangkat naik

Anda akan lebih tenang apabila memakai dress dengan model terusan panjang di bawah lutut. Dress berbahan stretch juga akan mampu menutupi perut Anda dengan baik.

Trisemester Ketiga

Pada masa-masa akhir kehamilan, perut juga semakin besar dan terasa berat. Pergerakan bayi dalam perut pun kian aktif. Tak jarang Anda merasa kram perut dan tekanan dari kantong kemih sering terjadi. Akibatnya, Anda jadi lebih sering buang air kecil.

Oleh karena itu, pilihlah dress longgar untuk mengurangi tekanan di daerah perut, dan agar Anda dapat bergerak dengan mudah. Di samping itu, pilihlah dress yang mudah dipakai dan dilepas.

Rekomendasi Baju Hamil Terbaik yang Nyaman

MOOIMOM Lace Nursing Dress

Anda ingin tampil manis dan feminim selama masa kehamilan? Baju hamil dari MOOIMOM ini sangat pas untuk Anda. Baju ini memiliki desain lace bermotif bunga yang memenuhi keseluruhan dress.

Berkat aksen ruffle pada ujung dress, bentuk tubuh Anda juga terlihat menawan dan proporsional. Dress hamil ini cocok dipakai untuk acara santai dan semiformal.

Harga Rp. 400.000-600.000

Mama’s Choice Maternity Casual Button Dress

Mama’s Choice juga menyediakan dress yang modis untuk ibu hamil. Dress ini sangat cocok untuk dipakai pergi acara kumpul-kumpul, atau sekadar pergi belanja ke pasar.

Dress ini menggunakan bahan katun yang mudah menyerap keringat dan bersifat breathable sehingga Anda tidak mudah merasa gerah saat memakainya. Dengan kancing baju di depannya, Anda pun jadi lebih mudah mengenakannya.

Harga Rp. 180.000-300.000

Hellomommy Millie Maternity Dress

Dress ibu hamil yang satu ini dibuat dari bahan knit yang cukup melar dan bisa menyesuaikan perut Anda. Bahan tersebut akan mengikuti tubuh Anda, dan membentuk tubuh dengan cantik. Panjangnya juga di bawah lutut.

Dress ini memiliki kancing full di bagian depan, sehingga memudahkan Anda saat memakai ataupun melepasnya. Tersedia dalam 4 warna, yaitu cinnamon, french rose, tangerine, dan moss green. Juga terdapat variasi ukuran yaitu S, M, L, dan XL.

Harga Rp. 250.000-400.000

Eve Maternity Baju Hamil Denim Soft Jeans

Jika Anda penggemar denim, dress denim dari Eve Maternity ini mestinya tak luput dari perhatian Anda. Dress ini memiliki potongan mini dan loose fit yang membuatnya ideal dipakai pada masa awal kehamilan.

Setelah melahirkan, Anda pun tetap dapat tampil keren dengan dress ini. Padukan saja dengan sneakers atau wedges favorit Anda saat pergi jalan atau acara kumpul keluarga.

Harga Rp. 150.000-450.000

Cosmo Lady Setelan Pajamas 2 in 1

Saat hamil, Anda pun masih bisa menggunakan piyama. Pilihlah piyama hamil Cosmo Lady ini. Piyama hamil ini dibuat dari material katun 100% yang bersifat ringan dan adem sehingga nyaman digunakan.

Dengan menggunakan bahan berkualitas tinggi, baju tidur ini akan nyaman digunakan sepanjang hari, dan dapat menjadikan waktu istirahat Anda menjadi nyaman.

Harga Rp. 300.000-350.000

Honey Boo Dress Ibu Hamil Warna Polos Bahan Katun

Baju hamil yang satu ini dibuat dari bahan katun yang terasa adem, halus saat bersentuhan dengan kulit, dapat menyerap keringat dengan baik, sehingga nyaman digunakan.

Dengan style kerah di bagian leher dan 2 buah kancing di bawahnya, Anda dapat menggunakan baju hamil ini untuk acara santai dan hangout bareng yang lain. Baju ini tersedia dalam 2 warna, yaitu kuning mustard dan hijau.

Harga Rp. 50.000-100.000

Hellomommy Maia Nursing Dress

Midi Dress dengan kerah V neck ini sangat cantik untuk dikenakan oleh ibu hamil. Terdapat juga 1 kancing tersembunyi di bagian depan yang juga bisa Anda pakai saat menyusui.

Bahan ini dibuat dari katun rayon yang bersifat breathable sehingga nyaman digunakan. Anda disarankan untuk membeli 1 ukuran di atas karena terdapat penyusutan pada bahan ini. Baju ini tersedia dalam warna hitam, rose pink, terracotta, dan kuning.

Harga Rp. 200.000-350.000

Eve Baju Hamil Pesta Dress Plisket FDD030

Dress ibu hamil ini didesain dengan gaya plisket polos simpel, dengan model panjang overall. Bahannya pun tidak menerawang. Dress ini pun cocok dipadupadankan dengan outer agar membuat Anda makin tampil gaya.

Dress ini tersedia dalam beberapa pilihan warna, yaitu hijau, maroon, pink, dan coklat. Baju ini pun memiliki ukuran all size dengan detail ukuran panjang 138 cm, lingkar dada 104 cm, lingkar pinggang 150 cm, lebar bahu 43 cm, serta lingkar lengan 44 cm.

Harga Rp. 100.000-350.000

Honey Boo Dress Hamil Wanita Kotak-kotak

Baju hamil kotak-kotak berwarna hitam-putih ini dibuat dari bahan katun stretch. Bahan ini bersifat dingin, halus saat bergesekan dengan kulit, serta menyerap keringat dengan baik.

Baju ini memiliki ukuran all size yang bisa dipakai oleh Anda dengan ukuran XXL (BB 50-95 kg). Anda dapat mengenakannya saat santai maupun hangout bersama teman.

Harga Rp. 65.000-150.000

CUIT FAMILY Bamboo Cotton Nao Dress

Nao Dress dari Cuit ini menggunakan bahan bamboo cotton yang nyaman, lembut, adem, dan anti bakteri. Bahan bamboo cotton ini juga memiliki sifat termo adaptive control. Artinya, ketika Anda berada di suhu ruangan yang panas, dress akan terasa lebih adem, dan sebaliknya. Canggih ya?

Dress ini didesain dengan model yang simpel, yang juga dilengkapi dengan akses untuk menyusui sehingga Anda pun masih bisa menggunakan dress ini setelah melahirkan.

Harga Rp. 200.000-400.000
From our editorial team

Jadi, Sudah Update Koleksi Baju Hamil Belum Nih?

Menanti buah hati adalah saat-saat yang istimewa dan tidak terlupakan. Namun Anda calon ibu jangan sampai tidak memperhatikan penampilan, ya! Lengkapi koleksi fashion Anda dengan rekomendasi dress hamil terbaik dari BP-Guide di atas!