8 Rekomendasi Walkie Talkie untuk Memperlancar Komunikasi saat Bekerja (2019)

8 Rekomendasi Walkie Talkie untuk Memperlancar Komunikasi saat Bekerja (2019)

Zaman sekarang sudah canggih dan begitu juga yang terjadi pada telepon tanpa sinyal, walkie talkie. Selain digunakan oleh aparat keamanan, walkie talkie juga digunakan untuk keperluan saat mengadakan suatu acara atau perhelatan. Ketahui walkie talkie yang sesuai dengan kebutuhan Anda lewat artikel ini.

Walkie Talkie Termasuk Dalam Salah Satu Gadget Talk yang Masih Digunakan Hingga Sekarang

Walkie talkie adalah alat komunikasi yang sangat populer hingga tahun 2000. Gadget yang memanfaatkan jaringan radio ini menjadi salah satu alat tercanggih pada zamannya. Walkie talkie memiliki fungsi yang sama dengan telepon, tetapi gadget ini memberikan pengalaman berkomunikasi yang lebih seru dan berbeda.

Walkie talkie juga dikenal dengan nama two way radio atau radio dua arah. Tanpa memerlukan pulsa, gadget ini dapat menghubungkan dua orang yang terpisah sejauh 2,5 km.

Poin Penting Dalam Memilih Walkie Talkie

Lokasi Penggunaan

Lokasi pemakaian mempengaruhi jarak jangkauan dari walkie talkie. Jika Anda berada di tanah lapang, jarak jangkauan dari gadget dapat mencapai jangkauan yang maksimal, tetapi jika Anda tinggal di daerah perkotaan yang memiliki banyak gedung atau daerah pedesaan yang memiliki banyak pohon, jangkauan dari gadget ini akan sangat menurun.

Tentukan Power

Sebelum membeli walkie talkie, perhatikanlah terlebih dahulu power-nya, karena power walkie talkie dapat mempengaruhi jarak jangkauan yang dihasilkan. Walkie talkie yang memiliki power yang besar, jarak jangkauannya sangat jauh begitu juga sebaliknya. Namun tetap saja, jangkauannya masih harus bergantung pada antena yang dipakai dan lokasi penggunaannya.

Tentukan Frekuensi

Walkie talkie atau juga biasa disebut handy talkie (HT) memiliki dua frekuensi, VHF dan UHF. Kita tidak bisa berkomunikasi dengan lawan bicara yang menggunakan frekuensi berbeda. Frekuensi VHF rata-rata memakai range 134 sampai 176 MHz, sedangkan frekuensi UHF memiliki bermacam range yaitu 330-400 MHz, 400-470 MHz, dan 450-520 MHz.

Fitur yang Disediakan

Semakin banyak fitur yang ditawarkan handy talkie, semakin baik pula untuk memudahkan Anda dalam berkomunikasi. Untuk itulah, sebelum membeli HT, lihatlah dulu berbagai fitur yang ditawarkannya. Jangan hanya memilih fitur yang terbaru saja, tetapi pilihlah HT yang memiliki fitur yang sangat membantu dan melancarkan Anda ketika berkomunikasi.

8 Rekomendasi Walkie Talkie Terbaik

HT BAOFENG POFUNG Dual Band Waterproof UHF VHF A58

Sumber gambar www.tokopedia.com

HT BAOFENG POFUNG Dual Band Waterproof UHF VHF A58 adalah handy talkie dari BaoFeng yang didesain pas dan nyaman di genggaman tangan Anda. Keunggulan dari HT ini adalah memiliki kualitas audio yang kencang dan utuh. Tidak hanya itu, HT yang memiliki power max 5 watt ini dibekali dengan fitur tahan air dengan rating IP 67.

HT ini memiliki dualband frekuensi, yaitu VHF dan UHF serta dilengkapi dengan radio FM. Built-in flashlight LED dari HT ini memungkinkan Anda menggunakannya di tempat yang gelap. Anda bisa mendapatkan HT ini di htmurah.com dengan harga Rp 675.000.

Motorola TLKR-T80

Sumber gambar www.tokopedia.com

Motorola TLKR-T80 adalah produk yang memiliki fitur radio PMR409 dan jangkauannya mencapai 10 km. Selain itu, HT dari Motorola ini juga memiliki 10 nada panggilan, 20 channel+121, dan LED torch. Produk ini juga tahan air dan dibekali baterai NiMH. Anda bisa mendapatkan produk dari Motorola ini di Tokopedia dengan harga Rp 1.450.000.

Baofeng Bf888s

Sumber gambar shopee.co.id

Baofeng Bf888s adalah hand talkie dari Baofeng yang berukuran 55 x 33 x 115 mm dan dilengkapi dengan steker AS, impedansi antena 50 Ohm, dan memiliki jenis baterai Li-ion. Tidak hanya itu, HT dari Baofeng ini juga memiliki aerial length mencapai 110 mm. Anda bisa mendapatkan produk ini dengan melakukan pembelian di Shopee dengan harga Rp 163.000.

Firstcom FC-07

Sumber gambar www.bukalapak.com

Firstcom FC-07 adalah HT yang dilengkapi dengan radio FM. Keunggulan dari HT ini adalah memiliki kapasitas output power 5 watt dengan display yang besar. HT dari Firstcom ini hadir didesain dengan elegan, dengan tampilan tulisan berbentuk dot matrix berwarna putih dan memiliki latar hitam. Anda bisa memiliki HT yang memiliki frekuensi VHF: 136 - 174 MHz ini dengan melakukan pembelian di Bukalapak dengan harga Rp 550.000.

Icom IC-V88

Sumber gambar www.bukalapak.com

Icom IC-V88 adalah HT yang memiliki bentuk yang ramping dan berukuran 111.8x52.2x22.3mm dengan berat 230 gram. HT dari Icom yang memiliki frekuensi VHF 136-174 MHz dengan channel 128 ini memiliki fitur waterproof. Kelebihan ini membuatnya mampu tetap tahan air meskipun berada di kedalaman 1 meter selama 30 menit. HT ini mengandalkan baterai Li-ion untuk sumber dayanya. Anda bisa memiliki HT dari Icom ini dengan melakukan pembelian di tokogunungintan.com dengan harga Rp 1.950.000.

Uniden GMR 3500

Sumber gambar www.tokopedia.com

Uniden GMR 3500 adalah HT produk Jepang asli dengan kemampuan menjangkau hingga 35 km. HT yang memiliki 7 FRS (Family Radio Service), 15 GMRS Channel, dan 99 Privacy Codes (CTCSS Tone and DCS Code) ini memiliki 5 nada dering yang dapat dipakai dan dibekali dengan backlit LCD display.

Tidak hanya itu, HT ini juga dibekali dengan Optional Headset Accessories, Handsfree headset jack, dan DC IN 9V jack. Untuk dayanya, HT ini mengandalkan baterai alkaline 4 AAAA. Pembelian dari HT Uniden ini dapat Anda lakukan di Bukalapak dengan harga Rp 875.000.

HT WEIERWEI VEV-700 WP IP67

Sumber gambar www.bukalapak.com

HT WEIERWEI VEV-700 WP IP67 adalah HT yang memiliki dualband, yaitu VHF dan UHF. Produk ini memiliki power 5 watt dan waterproof, sehingga cocok digunakan diluar ruangan, meskipun hari sedang hujan.

Tidak hanya itu, HT ini juga dilengkapi dengan firscom FC-27 Li-ion Battery 7.4V, SMA Antenna Mhz, dan belt chip. Anda bisa mendapatkan HT dari Weirwei ini di Bukalapak dengan harga Rp 650.000.

SPC SH-10

Sumber gambar www.bukalapak.com

SPC SH-10 adalah HT dari SPC yang memiliki dimensi 97x57x29 mm dan berat hanya 160 G. Tidak hanya itu, HT ini juga memiliki body ramping sehingga nyaman di genggaman. HT yang memiliki frekuensi 400.00 ini didesain dengan elegan, sehingga memiliki tampilan yang menarik. Anda bisa memiliki produk dari SPC ini dengan melakukan pembelian di Bukalapak dengan harga Rp 550.000.

From our editorial team

Walkie Talkie Terbaik dengan Kualitas Mumpuni dan Tahan Lama

Masih bingung mencari walkie talkie terbaik? Produk-produk yang direkomendasikan BP-Guide di atas adalah produk yang bisa Anda pertimbangkan untuk mendapatkan walkie talkie terbaik dengan harga yang terjangkau.

Tag