Yuk Coba, Guide Lengkap Buat Kue Ulang Tahun Ibu Makin Mantap (2017)

Yuk Coba, Guide Lengkap Buat Kue Ulang Tahun Ibu Makin Mantap (2017)

Dalam mengungkapkan perasaan cinta dan perhatian untuk Ibu, jangan pernah melupakan untuk memberikan hadiah spesial untuk Ibunda. Selain dengan mengadakan kejutan, hadiah kecil berupa kue dan kado juga sangat cocok untuk diberikan untuk Ibu tercinta.

Inilah Bentuk Hadiah Terbaik Untuk Ibu di Hari Spesialnya

Ulang tahun menjadi momen yang spesial bagi setiap orang, termasuk juga untuk Ibu. Ibu adalah sosok yang mengandung kita, melahirkan kita, menyusui kita, hingga merawat kita dengan baik. Tentu saja jasa-jasa tak akan bisa terlupakan. Meskipun kita tak pernah melupakan jasa-jasa ibu, namun terkadang kita tak sadar dan seringkali melewatkan ulang tahunnya begitu saja.

Padahal momen-momen spesial untuk Ibu seperti hari ulang tahun adalah momen yang tepat untuk Kita memberikan perhatian. Perhatian juga dapat diartikan sebagai wujud ungkapan terima kasih atas jasa-jasa yang telah Ibu korbankan untuk kita.

Oleh karena itu, kita seharusnya tidak melewatkan lagi ulang tahun Ibu dan menunjukkan bahwa kita adalah anak yang berbakti dan penuh perhatian untuk Ibu. Di hari ulang tahunnya kamu bisa memberikan kado spesial sebagai tanda kasih sayang kamu untuk sosok seorang Ibu yang amat berjasa.

Ungkapan Cinta Terindah Untuk Ibunda

Ibu adalah orang yang sangat penting di kehidupan kita. Dari kecil hingga besar kita hidup dalam bimbingan Ibu yang penuh dengan kasih sayang. Sebagai anak yang sudah tumbuh dewasa tentu kita harus selalu mengingat jasa-jasa Ibu.

Jika beliau saat ini masih ada di dunia ini maka janganlah sekali-kali kita mengecewakannya. Buatlah ia senang dan hujani Ibu dengan kasih sayang sebagai bukti ungkapan cinta terindah untuk Ibunda. Sebagai wujud perhatian, maka kamu bisa memberi Ibu hadiah berkesan atau kado di hari ulang tahunnya. Namun jika Ibu telah tiada maka tetaplah ingat pengorbanannya terhadap diri kita dan selalu doakan Ibu yang sudah ada di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa.

Rayakan Ulang Tahun Ibu Dengan Kue Ulang Tahun

Di hari spesial Ibu kamu tak perlu pusing untuk menyiapkan kado terbaik untuknya. Semua hal yang diberikan oleh anak kepada ibunya akan terasa spesial. Agar di hari ulang tahun Ibu tersebut ia merasa semakin dicintai, maka kamu bisa membuat pesta ulang tahun kecil-kecilan dan mengumpulkan seluruh anggota keluargamu.

Jangan lupa untuk menyediakan kue ulang tahun spesial khusus dibuat untuk Ibumu yang sedang berulang tahun. Jika kamu memiliki keahlian baking maka akan lebih spesial jika membuat kue ulang tahunnya sendiri. Namun jika kamu tak jago membuat kue maka akan lebih aman untuk memesannya di toko kue langganan kamu. Setelah itu jangan lupa untuk memberikan kartu ucapan juga yang didalamnya berisi doa-doamu spesial untuk ibunda.

Cara Memilih Kue Ulang Tahun yang Tepat Untuk Ibunda

Sebelum membeli kue yang paling tepat untuk Ibunda tercinta, kamu juga sebaiknya memilih jenis kue yang paling tepat untuk Ibunda. Apabila kamu masih bingung, jangan khawatir karena berikut ini telah tersedia beberapa cara untuk memilih kue ulang tahun yang paling tepat untuk Ibunda.

Tentukan Jenis Kue

Setiap hari ulang tahun tiba pasti kue ulang tahun adalah hal wajib yang harus ada. Kue ulang tahun pun bermacam-macam bentuk dan rasanya. Untuk memilih rasa, kamu bisa menyesuaikan rasa yang disukai oleh ibumu sehingga terasa enak di lidah ibumu. Salah satu rasa yang paling banyak disukai adalah cokelat. Cokelat ini disukai karena rasanya manis dan familiar di lidah kita. Untuk rasa lain yang bisa kamu coba adalah red velvet.

Rasa ini bisa kamu pilih karena tampilannya yang menarik. Warna merah menyala dari rasa red velvet ini bisa menggoda siapa saja yang melihatnya. Varian rasa lain yang sangat recommended adalah black forest. Sebenarnya rasanya terlihat sama dengan rasa coklat namun black forest ini diberi taburan atau potongan-potongan coklat diatasnya sehingga tampak menutupi kue. Jika ingin mencoba kue dengan rasa yang lebih ringan di lidah maka bisa mencoba rasa tiramisu. Rasa ini menambahkan bubuk kopi sehingga aromanya sangat khas.

Namun jika Ibu kamu tidak suka yang manis-manis maka pilihan tepat bisa jatuh di cheese cake. Kue yang memiliki bahan dasar keju ini rasanya akan sangat gurih. Tak hanya itu saja varian yang ditawarkan, kamu bisa memilih rainbow cake yang saat ini sedang populer. Sesuai dengan namanya yang berarti pelangi, kue ini memang memiliki warna seperti pelangi. Namun tenang saja meskipun berwarna warna warni, namun tetap aman dan lezat untuk dikonsumsi.

Beli di Toko Kue Terbaik

Jika kamu tidak memiliki cukup banyak waktu untuk membuat kue spesial untuk ulang tahun ibumu maka tak ada salahnya untuk membeli. Terkadang kamu akan bingung memutuskan untuk membeli kue ulang tahun dimana karena terlalu banyak pilihan kue ulang tahun yang tersedia di toko-toko cakery. Agar kamu tidak kebingungan maka beberapa toko kue ini bisa menjadi tujuan untukmu membeli kue ulang tahun spesial buat ibumu.


    The Harvest Cake

  • Toko kue yang satu ini asalnya dari Eropa namun sudah ada di Indonesia sejak tahun 2004 lalu. Menjual berbagai macam kue dengan varian rasa yang banyak serta dengan rasa yang tak perlu diragukan lagi kelezatannyan. Toko kue ini bahkan buka dari jam 07.00-22.00. Jadi untuk kamu yang ingin memberikan sureprise kue ulang tahun untuk Ibu tersayang di pagi hari maka kamu bisa langsung datang ke toko kue. Namun jika tidak ingin repot maka bisa pula untuk order melalui websitenya yang beralamat di www.theharvestcakes.com.

  • Holland Bakery

  • Toko kue ini pasti sudah tidak asing lagi di telingamu. Meskipun bukan asli dari Indonesia namun Holland Bakery ini sudah memiliki lebih dari 200 gerai di Indonesia. Apalagi desain bangunan tokonya yang selalu sama di setiap tempat yaitu menara tinggi dengan kincir angin yang khas menjadi ikon toko roti ini. Di Holland Bakery ini kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang cukup banyak karena harganya lebih terjangkau yaitu mulai dari 100 ribu rupiah. Selain itu kamu juga bisa meminta untuk custom nama sehingga di kue tersebut tertulis nama orang yang berulang tahun.

  • Breadtalk

  • Nama Breadtalk juga pasti sudah tak asing lagi. Ketika kita mengunjungi mall pasti di depan outlet breadtalk ini langsung tercium aroma roti yang khas. Perusahaan roti asal Singapura ini selain harganya terjangkau juga memiliki fasilitas online delivery. Jadi jika kamu tak ingin repot maka ada breadtalk solusinya. Soal rasa pasti kamu sudah tidak ragu dengan kue hasil buatan breadtalk yang selalu menggoda.

Dari ketiga pilihan toko kue tersebut yang paling juara adalah Harvest Bakery. Namun terkadang beberapa orang merasa bahwa harganya terlalu mahal. Nah, untuk kamu yang budget sedang terbatas maka bisa mencoba membeli kue di Dapur Cokelat. Kue buatan merasa juga tak kalah dengan kue buatan Harvest Bakery yang terkenal lezat.

Jangan Terlalu Memikirkan Harga

Di hari spesial Ibumu kamu sudah memikirkan berbagai macam kado untuk ibumu? Pasti barang-barang pilihan seperti tas, sepatu atau makeup menjadi kado di hari spesial ibumu. Namun sebenarnya kado tak hanya sebatas dalam bentuk barang saja.

Satu hal yang penting yang harus kamu berikan kepada Ibu ketika hari ulang tahunnya tiba, yaitu kehadiranmu. Tanpa kehadiranmu maka hari yang seharusnya spesial bisa jadi tidak spesial lagi. Sehingga jika kamu memiliki kesibukan yang padat usahakan untuk meluangkan waktu pada hari spesial ibumu tersebut untuk merayakan ulang tahun bersama. Dengan kata lain, harga sebuah hadiah tak terlalu penting untuk menjadi fokus kamu saat ini.

Ingin yang Lebih Spesial? Coba Buat Kue Sendiri Untuk Ibunda

Bagi kamu yang menginginkan kejutan yang lebih spesial untuk Ibunda, maka kamu dapat mempersiapkan beberapa hadiah kejutan handmade. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Akan menjadi semakin seru bila kamu meminta bantuan kepada anggota keluarga lain untuk turut membuat kejutan untuk Ibunda.

Jenis Kue yang Cocok Untuk Dibuat Sendiri

Jika kamu ingin membuat sendiri kue dirumah, maka 3 jenis kue ini bisa menjadi kue ulang tahun yang tepat dan spesial. Selain mudah untuk dibuat dirumah juga bahan-bahannya mudah didapatkan. Selain itu, rasanya yang lezat juga membuat kue ini semakin disukai oleh banyak orang.

    Butter cake

  • Butter cake ini gampang sekali untuk dibuat dirumah. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnyapun sangat mudah dan murah untuk diperoleh. Bahan etersebut adalah terigu, tepung kue dan margarin. Contoh kue yang termasuk dalam butter cake ini seperti brownies atau fruit cake. Tentu kue-kue tersebut sudah tidak asing di lidahmu bukan?

  • Sponge cake

  • Kue jenis ini memiliki tekstur yang lembut. Untuk membuatnya pun mudah sekali dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Untuk membuat sponge cake ini dibutuhkan telur yang lebih banyak sehingga bisa mengembang sempurna juga halus untuk dikonsumsi. Beberapa kue yang termasuk sponge cake ini adalah bolu gulung dan black forest.

  • Chifon Cake

  • Untuk kue yang satu ini proses membuatnya harus memisahkan adonan putih telur dengan adonan kuning telur. Setelah dipisahkan baru dicampurkan menjadi satu. Untuk membuat kue maka sebaiknya kamu memilih terigu yang tepat. Jika kue yang dibuat adalah jenis bolu maka gunakanlah terigu dengan kadar protein rendah atau sedang sehingga teksturnya lebih lembut.

Bahan yang DIbutuhkan Untuk Membuat Kue

Apakah di hari ulang tahun kamu memiliki niat untuk membuat kue sendiri? Jika iya maka kamu bisa mencoba resep kue simpel yang gampang untuk dipraktekkan. Sebelum membuatnya persiapkan bahan-bahan yang kamu perlukan. Bahan-bahan tersebut adalah sebagai berikut :

Sponge Cake :

  • Telur Ayam 7 buah
  • Garam secukupnya
  • Gula Pasir 180 gram
  • Vanili 1 bungkus
  • Tepung Terigu 150 gram
  • Tepung Maizena 70 gram
  • Baking Soda 1/4 sendok teh
  • Mentega Cair 60 gram
  • Essence Coklat
  • Whipped cream dan strawberry untuk hiasan

Butter Cake


    Butter cake ini mudah sekali dibuat dengan bahan yang gampang diperoleh di toko-toko sekitar kita. Berikut bahan-bahan yang harus kamu persiapkan :

  • Margarin
  • Gula pasir
  • Telur
  • Tepung terigu protein sedang
  • Baking powder

Chiffon Cake


    Chiffon cake ini banyak disukai karena teksturnya yang lembut. Berikut beberapa bahan yang harus kamu siapkan :

    Bahan I
  • Putih telur
  • Gula

  • Bahan II
  • Kuning telur
  • Gula

  • Bahan III
  • Susu atau air (sesuai selera)
  • Tepung
  • Vanili
  • Minyak sayur

Cara Membuat Kue yang Simpel dan Mudah

SPONGE CAKE

  • Alasi Loyang dengan kertas roti
  • Olesi permukaan Loyang dengan mentega dan taburi sedikit tepung terigu
  • Ambil telur dan pisahkan antara bagian kuning dan putih telurnya
  • Untuk membuat adonan maka putih telur yang sudah terpisah kemudian ditambahkan garam dan siap dimixer
  • Campur kuning telur tadi dengan gula dan vanili untuk membuat adonan kue
  • Pada adonan putih telur kamu bisa menambahkan tepung terigu, maizena dan baking soda agar bisa mengembang
  • Adonan tersebut kemudian diayak dan dimasukkan ke adonan kuning telur
  • Aduk hingga merata dan tambahkan mentega cair
  • Setelah itu tuang ke Loyang dan panggang selama 45 menit dengan suhu 180 derajat celcius
  • Setelah adonannya siap maka kamu bisa menghiasnya dengan whipped cream yang dicampur dengan strawberry

BUTTER CAKE

Untuk membuat butter cake kuncinya adalah kamu harus membuat adonan margarin terlebih dahulu. Namun tak usah takut gagal karena langkah membuat butter cake sangat simpel. Berikut langkah-langkahnya :
  • Pertama margarin dan gula dicampur dalam satu wadah dan dimixer sampai halus
  • Mixer sampai adonan mengembang
  • Tambahkan telur dan tepung terigu sedikit demi sedikit
  • Tambahkan baking powder agar semakin mengembang
  • Olesi Loyang dengan margarin dan beri taburan terigu diatasnya
  • Tuang adonan ke atas Loyang
  • Panggang dalam suhu 190 derajat celcius dalam waktu 15 menit
  • Setelah itu turunkan suhunya menjadi 180 derajat celcius dan tunggu sampai 25 menit kemudian

CHIFFON CAKE

  • Buat adonan dasar yang terbuat dari kuning telur, minyak, susu, tepung terigu dan baking powder
  • Kemudian lanjut untuk membuat adonan kedua yang terbuat dari putih telur yang dikocok hingga kaku dengan ditambahkan gula serta cream
  • Setelah itu campurkan susu, vanili dan minyak sayur kedalam adonan kedua dan aduk hingga merata
  • Setelah tercampur rata kemudian tambahkan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk dalam kecepatan rendah
  • Langkah selanjutnya adalah mencampur seluruh adonan perlahan-lahan
  • Setelah selesai kemudian tuang kedalam Loyang dan panggang selama 35 menit
  • Kemudian jika sudah matang kamu bisa menghiasnya sesuai dengan selera

Tips Percantik Kue Ulang Tahun Untuk Ibu

Di hari yang spesial tentu akan lebih spesial jika kue ulang tahun yang kamu berikan kepada ibumu dihias dengan cantik. Namun menghias kue juga diperlukan keahlian sehingga hasilnya bisa memuaskan. Agar kue ulang tahun lebih menarik kamu bisa membuatnya dengan hiasan warna-warni sehingga nampak menggiurkan.

Penggunaan pewarna makanan aman untuk dikonsumsi sehingga tidak perlu khawatir. Alternatif lain, kamu bisa memberikan perasa yang disukai oleh ibumu misalnya seperti rasa coklat, vanilla, maupun kopi yang menggoda. Karena membuat hiasan kue ulang tahun tidaklah mudah maka kamu sebaiknya memperhatikan tips di bawah ini agar berhasil:

  • Hindari menghias kue yang baru keluar dari oven
  • Cari tempat yang luas ketika menghias kue
  • Agar lebih praktis kamu bisa menggunakan fondant
  • Setelah mengoleskan buttercream maka kamu harus menyimpan kue di lemari es
  • Beri toping seperti potongan cokelat, taburan keju, atau irisan strawberry agar lebih menarik
  • Jika membuat cream sendiri maka pastikan gula dihaluskan dengan benar sehingga teksturnya bisa hancur

Bahan Terbaik Untuk menghias Kue Ulang Tahun Ibu

Jangan sebatas membuat kue saja, namun kamu juga harus mempertimbangkan untuk menambahkan beberapa hiasan terbaik untuk menyempurnakan kue ulang tahun Ibu. Berikut ini tersedia beberapa referensi supaya kamu dapat menghias kue ulang tahun ibu dengan baik, indah, namun juga tetap lezat untuk dinikmati.

Buttercream

Butter cream merupakan bahan yang digunakan untuk membuat base ketika akan menghias kue. Bahan yang digunakan untuk membuat butter cream adalah dengan menggunakan susu kental manis dan mentega putih. Warna alami buttercream ini adalah putih.

Agar lebih menarik, maka kamu bisa menggunakan pewarna makanan agar memperoleh warna lain agar lebih cantik. Selain menambahkan warna, kamu juga bisa menambahkan rasa dengan mencampurkan perasa makanan. Biasanya perasa yang paling umum ditambahkan adalah rasa vanilla karena akrab dilidah.

Cara membuat Butter cream sangat mudah yaitu dengan mencampurkan mentega, gula dan susu serta dikocok sampai lembut. Teknik untuk membuat buttercream cream ini ada dua cara yaitu dengan cara dimasak dan tanpa dimasak.

Untuk cara dimasak maka gula yang digunakan untuk membuat adonan harus diolah terlebih dahulu. sedangkan untuk cara yang tanpa dimasak gula yang digunakan bisa langsung dimasukkan dalam bentuk gula halus.

Berikut tips bagaimana cara menghias bolu atau kue ulang tahun yang bagus menggunakan butter cream

  • Diamkan bolu hingga dingin dan pilih tempat yang luas untuk menghias kue
  • Potong bagian bawah kue agar rapi dan cantik
  • Taruh adonan buttercream di bagian tengah kue
  • Ratakan ke seluruh permukaan kue dengan spatula
  • Simpan dalam lemari es setelah selesai mengoles dengan butter cream
  • Tambahkan toping sesuai selera

Fresh Cream

Fresh cream dikenal dengan nama whipped cream. Fresh cream biasanya tersedia dalam bentuk instan yang bisa dibeli di pasar swalayan. Whipped cream sendiri memiliki dua jenis yaitu dairy dan non dairy. Untuk produk whipped cream dairy terbuat dari susu dengan karakteristik berbentuk cair dan rasanya labih gurih. Sedangkan untuk whipped cream non dairy tidak menggunakan susu dan memiliki karakteristik berbentuk bubuk maupun cair.

Mengenai soal rasa, non dairy memiliki rasaa yang lebih manis daripada jenis dairy. Whipped cream non dairy ini lebih cocok untuk mendekor karena lebih tahan lama bila dibiarkan pada suhu ruang. Sedangkan untuk jenis dairy memiliki rasa yang lebih enak.

Banyak yang beranggapan bahwa whipped cream maupun butter cream adalah cream yang sama. Padahal kedua cream tersebut berbeda dan memiliki karakteristik tersendiri. Butter cream lebih tahan lama dan tidak mudah meleleh jika dibiarkan dalam suhu panas. Namun whipped cream memiliki rasa yang lebih enak. Selain itu whipped cream juga memiliki harga yang lebih mahal daripada butter cream.

Jika kamu ingin menghias kue menggunakan whipped cream maka perhatikan tips di bawah ini :

  • Susu yang digunakan dalam campuran whipped cream harus didinginkan terlebih dahulu
  • Wadah yang digunakan pun juga harus dalam keadaan dingin
  • Agar whipped cream lebih kaku maka bisa menggunakan marshmallow saat mengkocok
  • Ketika mengkocok whipped cream maka kamu harus menuangkannya sedikit demi sedikit
  • Gunakan blender dengan kecepaka sedang ketika mengkocok
  • Whipped cream yang bagus bisa dilihat dari teksturnya yang kaku
  • Untuk menentukan teksturnya sudah kaku atau belum maka bisa menggunakan sendok dengan cara mencolek sedikit whipped cream.

Fondant

Fondant merupakan bahan penghias kue yang memiliki karakteristik elastis sehingga bisa digunakan untuk membuat beragam bentuk. Hiasan-hiasan seperti bunga, pita, dan hiasan lain pada kue dibuat menggunakan fondant.

Bahan-bahan yang digunakan adalah air, gula, gelatin, gliserin. Sehingga meskipun sebagai hiasan juga aman untuk dimakan. Untuk membuatnya sendiri ternyata cukup rumit sehingga kamu bisa membelinya langsung di toko-toko perlengkapan ke. Merk yang terkenal dipasaran ada FonDX dan Bakels. Jika kamu membeli fondant maka sebaiknya tidak boleh disimpan dalam kulkas. Kamu cukup menyimpannya di ruangan dengan suhu dingin. Begitu pula kue yang sudah dihias dengan fondant juga tak boleh dimasukkan ke dalam freezer.

Lapisan Coklat

Coklat ini pastinya sudah akrab di lidah semua orang. Olahan biji kakao ini memang disukai semua orang. Jika kamu pecinta coklat maka bisa gunakan coklat sebagai bahan menghias kue. Selalu gunakan coklat dengan kualitas bagus agar rasanya pun enak.

Namun ternyata menggunakan coklat sebagai bahan untuk menghias kue juga ada tekniknya. Berikut cara membuat adonan coklat agar hasilnya memuaskan dan tidak menggumpal:

  • Potong atau serut cokat ke dalam wadah khusus
  • Siapkan dua panci, panci pertama untuk tempat air panas dan panci kedua tempat coklat yang akan dilelehkan
  • Panaskan air di dalam panci
  • Setelah panas masukkan panci kedua kedalam panci pertama
  • Aduk coklat yang dipanaskan terus menerus
  • Tunggu hingga coklat benar-benar meleleh
  • Setelah meleleh tunggu coklat cair tersebut hingga dingin dan bisa digunakan untuk menghias

Ungkapan Cinta dan Doa, Masih Jadi yang Terindah

Di hari ulang tahunnya pastikan bahwa kamu tidak lupa mengucapkan selamat kepada Ibu. Ungkapan kata sayang juga bisa membuat ibu bahagia. Kata-kata seperti “selamat ulang tahun my best mom ever” dan kata-kata sejenis lainnya akan membuat hari spesial Ibumu semakin spesial.

Agar lebih bermakna kamu bisa memberikan kartu ucapan yang berisi doa-doa untuk ibumu tersayang. Dengan begitu Ibumu tak akan melupakan kenangan indah itu seumur hidupnya.

From our editorial team

Jangan Lupa Berikan Kado Ulang Tahun Untuk Ibu

Di hari spesial untuk Ibunda, kamu jangan sampai lupa untuk memberikan bentuk ungkapan cinta untuk Ibu. Bila ada kesempatan, silahkan buat sendiri hadiahnya. Namun bila kamu cukup sibuk, maka tak ada salahnya untuk tetap membelikan hadiah spesial untuk Ibu. Sebagai seorang yang paling berjasa untuk hidupmu, tentu apapun pemberianmu akan diterima oleh Ibu. Jangan lupa untuk menyimak beberapa tips untuk ulang tahun Ibu supaya kejutanmu semakin sempurna!