Bersinar dalam Kegelapan, 9 Jam Tangan Keren Ini Tetap Menawan Meskipun Tak Ada Cahaya

Bersinar dalam Kegelapan, 9 Jam Tangan Keren Ini Tetap Menawan Meskipun Tak Ada Cahaya

Memiliki jam tangan yang tidak biasa mungkin terlihat unik, apalagi jika jam tangan tersebut dapat bersinar di dalam kegelapan. Siapa yang menolak untuk memilikinya? Nah, kali ini BP-Guide punya rekomendasinya untukmu. Simak sampai selesai, yuk!

Jam Tangan Bisa Bersinar dalam Gelap karena Adanya Zat Luminova

Sumber gambar www.arlojinesia.com

Sebagai salah satu aksesori uniseks, jam tangan kerap dipilih untuk menunjang penampilan. Selain fungsional, desain dan fitur pada jam tangan jadi daya tarik bagi calon pembeli. Maka, tidak mengherankan jika kemudian jam tangan hadir dalam berbagai model dan kemasan unik. Salah satu yang populer adalah jam tangan yang dapat menyala dalam gelap.

Jam tangan dapat bersinar dalam gelap bukan tanpa sebab. Adanya zat luminova atau disebut juga dengan “photo-luminescent” bisa membuat tampilan jam tangan lebih terang dalam waktu lebih lama sehingga dipilih oleh banyak produsen. Zat yang bersifat non-toxic dan non-radioactive ini biasanya ditambahkan pada indeks serta jarum jam. Beberapa produsen juga melapisi dial jam dengan zat satu ini.

Efek yang dihasilkan oleh zat ini tidak hanya membuat tampilan jam tangan semakin keren tapi juga membantu pengguna untuk melihat waktu di malam hari. Jadi, apa kamu tertarik untuk memakai jam tangan yang bisa menyala dalam gelap ini?

Tentang Jam Tangan Glow in The Dark

Seiring perkembangan teknologi jam tangan, ada beberapa fakta menarik soal jam tangan yang bisa menyala dalam gelap alias glow in the dark. Apa saja, ya?

Marie dan Pierre Curie Menemukan Bahan Radium pada Tahun 1898

Teknologi lume yang jadi dasar pembuatan jam tangan menyala dalam gelap ini bermula di tangan perintis dalam bidang radiologi, Maria Sklodowska-Curie. Pemenang Hadiah Nobel Fisika di tahun 1903 dan Kimia di tahun 1911 ini mendirikan Curie Institute dan bersama suaminya, Pierre Curie, kemudian menemukan unsur radium.

Marie dan Pierre berhasil menemukan bahan radium yang dapat berpendar sendiri di tahun 1898. Tidak mudah untuk mengadaptasi bahan ini karena radium termasuk dalam material radioaktif yang bisa memancarkan radiasi. Namun, dalam tingkat rendah atau dosis kecil, radium bisa dimanfaatkan maksimal dan pemakai jam tangan tidak terpapar bahaya radioaktif dalam level berbahaya.

Jam Tangan Mulai Menggunakan Bahan Radium pada Awal 1910

Sumber gambar 3.bp.blogspot.com

Setelah penemuan bahan radium, industri jam tangan mulai menaruh minat untuk memanfaatkan material tersebut sebagai salah satu komponen jam tangan. Bahan ini kemudian digunakan untuk memberi warna pada jam tangan di bagian dial serta titik angka. Pekerjaan yang butuh ketelitian serta kejelian ini diserahkan pada gadis-gadis muda yang bekerja di pabrik jam tangan.

Salah satu keunikan awal pemakaian bahan ini adalah dengan cara disapukan menggunakan kuas yang dibuat basah lewat air liur dari lidah gadis pekerja. Hal ini bertujuan untuk membuat kuas kembali tajam sehingga bisa menghasilkan lukisan yang apik pada jam tangan.

Bahan radioaktif pada saat itu telah dikonfirmasi sebagai material yang dianggap tidak membahayakan kesehatan serta radium yang dipakai dalam industri jam tangan adalah bahan yang relatif aman. Sehingga, tidak heran jika apra pekerja tidak keberatan untuk bersentuhan langsung dengan bahan satu ini.

Muncul Teknologi Strontium Aluminate pada Tahun 1993

Sumber gambar indoglowdark.com

Teknologi terus berkembang dari tahun ke tahun, tidak terkecuali pada industri jam tangan. Setelah ditemukannya teknologi zinc sulfide serta strontium aluminate pada tahun 1993, industri jam tangan mulai menggunakan kecanggihan ini dalam menghadirkan produk yang bisa menyala selama 12 jam.

Perusahaan asal Jepang, Nemoto&Co. adalah pengembang teknologi ini dan meluncurkan merek dagang dengan nama Luminoba dan Super Luminova di tahun 1993. Strontium aluminate sendiri memiliki kemampuan 10 kali lebih baik dari zinc sulfide setelah dipapar oleh sinar ultraviolet dalam jangka waktu tertentu dan zat ini populer digunakan serta dianggap aman.

9 Rekomendasi Jam Tangan Glow in The Dark

Sumber gambar 4.bp.blogspot.com

Bagaimana? Setelah mengintip fakta-fakta menariknya, tidak ada salahnya kalau kamu menilik rekomendasi jam tangan glow in the dark yang sudah BP-Guide rangkum berikut ini.

Seiko 5 Sports Automatic SRP689K1

Sumber gambar www.creationwatches.sg

Brand Seiko telah dikenal dalam industri jam. Seiko menghadirkan banyak variasi jam tangan bagi pria dan wanita lewat desain-desain menawan dan disukai oleh para penggemarnya. Salah satu produk yang terbaru dari Seiko adalah Seiko 5 Sports Automatic SRP689K1.

Desain yang maskulin dari bodi rigid dan rantai terbuat dari stainless steel membuat jam tangan ini pantas masuk dalam koleksi kamu. Bermodel analog sebagai penunjuk waktu dengan tampilan indeks berwarna kuning, jam tangan ini menggunakan Movement Automatic 24 J dan hardlex crystal glass yang diperkuat dengan teknologi tahan air sampai kedalaman 100 meter.

Jam tangan ini juga bisa menyala dalam gelap sehingga kamu tidak kesulitan untuk melihat waktu di malam hari ketika berkendara atau jika berada di dalam ruangan gelap sekalipun. Jam keren ini bisa diperoleh seharga Rp 2.969.900 di Blibli.

Jam Tangan SKMEI 9112 Original

Sumber gambar blibli.com

Jam tangan satu ini cocok digunakan dalam berbagai acara, mulai dari kasual hingga semi formal. SKMEI sendiri adalah salah satu brand yang terkenal dan termasuk yang paling laris di situs e-commerce dunia seperti Ebay, Aliexpress dan lainnya. Meski harga jam tangan SKMEI tergolong murah tapi kualitasnya bisa kamu andalkan.

Salah satu produknya yang bisa kamu pilih adalah Jam tangan SKMEI 9112 Original. Desain simpel dan elegannya berasal dari kaca yang waterproof dan tampak jernih serta strap yang terbuat dari bahan kanvas dalam ragam warna menarik seperti cokelat, biru, hitam dan hijau.

Selain desainnya yang menawan, jam tangan SKMEI ini juga tahan air hingga tekanan sekitar 30 meter. Kap penutup terbuat dari bahan stainless steel didukung teknologi menyala dalam gelap. Bisa kamu dapatkan melalui SKMEI-id dengan harga Rp 117.000.

Jam Tangan Kayu Pria Wanita Glow In The Dark Black BOBO BIRD

Sumber gambar tokopedia.com

Jika kamu menyukai jam tangan dengan nuansa vintage yang elegan, kamu bisa memilih jam dengan rantai terbuat dari material kayu seperti Jam Tangan Kayu Pria Wanita Glow In The Dark Black BOBO BIRD ini. Warna naturalnya memberi kesan klasik dan cocok kamu padankan bersama berbagai gaya busana.

Bahannya terbuat dari kayu impor dengan tampilan yang dapat menyala dalam gelap. Jam tangan ini juga ramah lingkungan karena terbuat dari bahan alami. Jika tertarik untuk membelinya, kamu bisa memesan di Bukalapak dengan harga Rp 945.000.

SWATCH Special Unit [YWB402C]

Sumber gambar watchshop.com

Jam tangan bisa jadi salah satu opsi hadiah yang mudah karena tidak perlu pusing memperkirakan ukuran. Kalau kamu tidak terlalu tahu selera si penerima hadiah, kamu bisa memberi jam dengan warna trap netral seperti cokelat. Untuk wanita, pilihlah jam tangan dengan rantai kecil yang bisa memberi efek anggun pada lengan si pemakai. Salah satu produk yang bisa kamu pilih adalah SWATCH Special Unit seri YWB402C.

Jam bertipe analog ini didesain simpel dengan strap terbuat dari kulit dalam warna cokelat yang elegan. Selain tahan air, jam tangan ini juga dilengkapi dengan indikator tanggal aktif serta bisa menyala dalam gelap. Pesan melalui Bhinneka seharga Rp 1.849.000.

Lee Watch White [LEF-M09DSDS-1S]

Sumber gambar zalora.co.id

Untuk tampilan profesional, kamu membutuhkan jam tangan yang tepat. Pilihlah jam tangan dengan desain rantai klasik dan warna silver yang bisa membuat busana terlihat semakin stunning. Kamu bisa memilih Lee Watch White seri LEF-M09DSDS-1S ini agar tampil lebih percaya diri.

Didesain simpel tapi tak menghilangkan kesan mewah, jam ini dibalut dalam warna perak dengan tipe analog. Terbuat dari bahan stainless steel, jam tangan ini tahan air hingga 50 meter. Dapatkan jam tangan yang juga bisa menyala dalam gelap ini seharga Rp 910.000 di Shopee.

Jam Tangan Alexandre Christie AC2439 Night Vision

Sumber gambar blibli.com

Brand ini populer dengan desain jam tangan yang memiliki kesan mewah. Telah terjun dalam industri jam tangan sekitar lebih dari setengah abad membuat Alexandre Christie memahami kebutuhan pencinta jam tangan sehingga terus mengembangkan fitur serta modelnya. Salah satu produk yang bisa memikat kamu adalah Jam Tangan Alexandre Christie AC2439 Night Vision.

Desain anggun jam tangan ini terlihat dari warna hitam yang mendominasi case serta strap. Jam tangan ini bertipe analog dan terbuat dari bahan stainless steel dengan 3 chrono eyes pada center dial serta memakai Quartz Movement. Tahan air hingga 50 meter dan bisa menyala dalam gelap, jam tangan ini dibanderol seharga Rp 2.970.000 di Blibli.

Orient Automatic Jam Tangan Pria [FEM5L00QR9]

Sumber gambar blibli.com

Brand Orient Watch adalah produsen jam tangan mekanik terbesar di Jepang yang didirikan di Hino, Tokyo, Jepang pada tahun 1950. Pada tahun 2001, brand ini kemudian menjadi anak perusahaan Seiko Epson yang masih tergabung dalam Seiko Group. Meski dikenal sebagai produsen jam tangan penggerak otomatis serta manual, Orient Watch juga menghadirkan jam tanga berteknologi baterai, radio-controlled serta solar alias cahaya.

Salah satu produk dari Orient Watch yang bisa kamu pilih adalah Orient Automatic Jam Tangan Pria seri FEM5L00QR9 ini. Desainnya elegan dan cocok disandingkan bersama gaya busana formal. Tahan air hingga 50 meter dan terbuat dari bahan stainless steel dengan display analog. Jam tangan ini bisa diperoleh melalui Blibli dengan harga Rp 1.710.000.

Jam Tangan Pria Seiko Chronograph SNDA20 Strap Leather Black

Sumber gambar zalora.co.id

Saat membeli jam tangan, kamu bisa mengenali ketahanannya terhadap air dengan membaca deskripsi yang meliputi “ATM”, “M” dan “Bar”. Satuan-satuan ini jangan dipandang sepele karena berfungsi sebagai indikator terhadap ketahanan jam tangan.

ATM sendiri memiliki pengertian sebagai “atmosfer”, sementara “M” mengacu pada satuan meter. Umumnya, jam tangan tahan air yang bisa digunakan sehari-hari memiliki ketahanan sekitar 10 meter tapi tidak bisa dibawa berenang atau menyelam. Untuk melakukan kegiatan tersebut sembari tetap mengenakan jam tangan, kamu harus memilih jam tangan dengan ketahanan setidaknya 200 meter.

Nah, untuk jam tangan yang bisa kamu gunakan sehari-hari, tersedia Jam Tangan Pria Seiko Chronograph SNDA20 Strap Leather Black dan bisa diperoleh melalui Zalora seharga Rp 2.501.000. Bagian tali terbuat dari kulit dengan warna hitam dan dilengkapi pin buckle. Memiliki ketahanan air hingga 100 meter, jam tangan ini juga menggunakan movement Quartz serta bisa menyala dalam gelap.

Alexandre Christie Jam Tangan Wanita - Silver Black - Stainless Steel - 9215 NMDBTBBA

Sumber gambar www.jamtangan.com

Kado peringatan pernikahan tidak melulu identik dengan perhiasan. Kamu juga bisa menghadiahkan jam tangan menawan pada istri sebagai kejutan manis. Salah satu jam tangan cantik yang bisa kamu pilih adalah Alexandre Christie Jam Tangan Wanita-Silver Black-Stainless Steel-9215 NMDBTBBA ini.

Jam tangan ini bermodel analog dan dibalut dalam warna perak dengan display berlatar warna hitam yang kontras. Tahan air hingga 5 bar dengan material stainless steel pada bagian case serta strap, jam tangan ini juga dilengkapi dengan indikator tanggal aktif serta bisa menyala dalam gelap. Pesan sekarang melalui JD dengan harga Rp 1.625.000.

From our editorial team

Gunakan Jam Tangan Unik

Memiliki jam tangan yang dapat menyala di kegelapan adalah keuntungan tersendiri karena akan sangat membantu saat butuh penerangan. Selain itu, kehadiran inovasi jam tangan ini membuat tampilan yang kamu kenakan semakin menarik.