Bosan Karena Tak Ada Aktivitas? Baca Saja 10+ Rekomendasi Novel Terjemahan dengan Berbagai Kisah Menarik (2019)

Bosan Karena Tak Ada Aktivitas? Baca Saja 10+ Rekomendasi Novel Terjemahan dengan Berbagai Kisah Menarik (2019)

Membaca novel bisa jadi aktivitas yang menghibur di kala suntuk. Kalau kehabisan referensi bahan bacaan yang menarik, kamu bisa coba ikuti kisah novel terjemahan yang BP-Guide rekomendasikan dalam artikel berikut.

Membaca, Hobi Seru yang Punya Manfaat

Sumber gambar www.marinlibrary.org

Membaca jadi hobi banyak orang saat ini dan sudah tidak identik lagi dengan kesan nerd alias kutu buku yang kurang pergaulan. Sebaliknya, lewat membaca yang bisa memperkaya wawasan dan informasi, hobi ini jadi terdengar berkelas dan bahkan menunjukkan kecerdasan seseorang.

Membaca sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi kelima adalah melihat serta memahami isi dari apa yang ditulis (dengan melisankan atau hanya dalam hati); mengeja atau melafalkan apa yang tertulis; mengucapkan; memperhitungkan, memahami.

Lebih jauh, kegiatan ini juga dapat dipahami sebagai bentuk aktivitas dalam usaha menganalisis atau membuat interpretasi tertentu terhadap sebuah tulisan atau cerita atau gambar sehingga pembaca bisa mendapat pesan dari penulis tersebut. Tentu saja, masing-masing pembaca bisa saja memiliki perbedaan interpretasi dan ini jadi salah satu hal yang membuat kegiatan membaca jadi lebih seru.

Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dari Hobi Membaca

Stimulasi Mental

Sumber gambar www.askingminds.com

Manfaat membaca sangat banyak. Selain dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan, membaca juga bisa mendorong stimulasi mental. Kegiatan satu ini bisa merangsang sel-sel otak untuk membantu kamu menjalani pengalaman. Sementara menurut salah satu periset asal Perancis, kegiatan membaca bisa merangsang korteks motorik di bagian otak. Membaca juga bisa melatih daya ingat sehingga baik dalam mencegah Alzheimer.

Mengurangi Stres

Sumber gambar id.pinterest.com

Saat senggang mungkin biasanya kamu manfaatkan untuk berjalan-jalan di luar guna melepas stres akibat rutinitas. Namun, tidak melulu harus jalan-jalan, kamu juga bisa melepas penat dengan membaca buku. Kegiatan satu ini diyakini bisa menurunkan stres dan membantu kamu merasa lebih rileks.

Kamu bisa memilih buku-buku atau artikel-artikel lucu atau sesuai dengan genre favorit. Membaca tulisan yang informatif, menghibur, atau bahkan memberi inspirasi dapat membantu menaikkan mood dan semangat kamu.

Meningkatkan Konsentrasi

Sumber gambar unsplash.com

Mungkin kamu sering menemukan orang yang sedang membaca dan tidak bisa diganggu. Hal ini karena saat membaca, konsentrasi cenderung meningkat karena si pembaca ingin memusatkan perhatian pada konten yang tengah dilihatnya. Buku atau artikel umumnya memuat sebuah informasi. Novel fiksi misalnya, memerlukan konsentrasi jika kamu ingin meresapi kata demi kata pada narasi, dialog atau deskripsi.

Saat mengupayakan pemahaman pada sebuah tulisan, secara tidak sadar kamu sedang memusatkan perhatian dan hal ini dapat mendorong peningkatan konsentrasi. Membaca juga bisa jadi alternatif saat kamu bosan di perjalanan. Lewat buku yang seru, waktu-waktu menjenuhkan jadi tak terasa, loh.

10 Rekomendasi Novel Terjemahan yang Seru untuk Dibaca

The Woman in the Window by A. J. Finn

Sumber gambar www.harpercollins.com

Saat ini, ada banyak buku dengan jenis fiksi yang menarik untuk dikulik. Tak hanya menghibur, banyak novel fiksi yang juga memuat informasi tentang perjalanan seseorang, sejarah masa lalu, kisah-kisah inspiratif, dan lain-lain. Salah satu novel rekomendasi dari BP-Guide adalah The Woman in the Window yang ditulis oleh A. J. Finn.

Novel ini berkisah tentang Anna Fox, perempuan yang mengidap agoraphobia, yakni sebuah gangguan psikologis yang membuat seseorang merasa takut jika berada di tempat atau kondisi yang membuat mereka merasa tak nyaman. Pengidap biasanya cenderung menghindar dari tempat-tempat yang sekiranya bisa membuat mereka merasa panik, tak berdaya, takut, atau malu.

Anna yang menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam apartemen, melihat dunia luar dari lensa kamera hingga akhirnya kebiasaan ini mempertemukannya dengan sebuah kasus. Jane, si tetangga, tampak sekarat dengan pisau tertancap di bagian dada dan meminta pertolongan.

Kondisi itu membuat Anna keluar dari rumah. Tetapi sayang, Anna terkena serangan panik dan justru pingsan. Pada saat sadar, Anna mendapati dirinya tengah berhadapan dengan seorang perempuan yang mengaku sebagai Jane dan memberitahu kalau tak ada kasus pembunuhan seperti yang dilihat Anna. Apakah Anna mengalami delusi atau perempuan yang mengaku sebagai Jane sedang berbohong?

Cerita seru karya A. J. Finn terbitan Noura Book Publishing ini bisa kamu baca sebelum menonton filmnya. Dapatkan melalui Mizan Store atau Shopee seharga Rp 98.000.

The Life We Bury by Allen Eskens

Sumber gambar www.tokopedia.com

Judulnya menarik, bukan? Buku ini bercerita tentang seorang pemandu sorak yang dibunuh dengan sadis di sebuah gudang. Tetangga korban, Carl Iverson si veteran Perang Vietnam, ditetapkan sebagai tersangka, dijatuhi hukuman puluhan tahun penjara.

Tiga puluh tahun kemudian, seorang mahasiswa bernama Joe Talbert muncul dan berencana mencari narasumber dari panti jompo untuk tugas biografi. Tak disangka, pemuda ini justru bertemu dengan si pembunuh yang sedang menghadapi kanker pankreas.

Joe yang tertarik dengan cerita Carl, menemukan pernyataan bahwa pria tersebut mengaku tak melakukan kejahatan tersebut. Namun, apakah ada pembunuh yang bersedia mengaku? Atau, memang ada misteri lain di balik pembunuhan tersebut?

Novel debut karya Allen Eskens ini cocok bagi kamu, pencinta novel misteri yang merasa tertantang untuk memecahkan hipotesa. Kamu akan diajak untuk mengulik lembar demi lembar penuturan serta dugaan kasus yang ada di dalam cerita bersama Joe.

Buku ini dengan tebal 408 halaman terbitan Noura Books ini bisa kamu pesan melalui Shopee dan Tokopedia seharga Rp 68.000 atau melalui Bukalapak dengan harga Rp 67.000.

Dark Matter by Blake Crouch

Sumber gambar www.tokopedia.com

Masih dari penerbit Noura Books, kali ini kamu akan dibawa dalam cerita yang ditulis oleh Blake Crouch, Dark Matter. Berkisah tentang Jason Dessen, ahli fisika yang menghadapi karier yang redup pasca menikah. Kehidupannya mendadak berada dalam misteri ketika tiba-tiba dia diculik ketika selesai berbelanja.

Jason bangun dan mendapati dirinya dalam keadaan berbeda. Bukan pria berkeluarga tapi pria sukses, dan jenius yang bisa melakukan hal-hal istimewa. Lalu, bagaimana dengan kehidupan Jason sebelumnya? Dan, sebenarnya apa yang ada di balik peristiwa tersebut?

Simak kelanjutannya dalam buku yang meraih label best seller internasional ini dengan tebal 476 halaman dan dibanderol seharga Rp 72.200 di Tokopedia, Rp 75.000 di Shopee untuk kondisi baru, serta dengan harga Rp 50.000 di Bukalapak untuk kondisi bekas.

Crazy Rich Asians (Kaya Tujuh Turuna)

Sumber gambar www.gramedia.com

Jadi salah satu novel yang laris diperbincangkan, Kaya Tujuh Turunan alias Crazy Rich Asians karya Kevin Kwan ini bercerita soal Rachel Chu, dosen ekonomi keturunan Tiongkok yang sepakat untuk bepergian bersama sang kekasih, Nick, ke Singapura.

Mulanya, perempuan tersebut mengira akan melewati acara jalan-jalan biasa. Mana sangka, ternyata Nick punya rumah bak istana, pesawat pribadi bahkan membuatnya dimusuhi wanita-wanita yang iri.

Tak berhenti di situ, Rachel harus menghadapi keluarga Nick. Mulai dari Astrid si It Girl Singapura, Eddie dan keluarganya yang jadi “wajah” majalah sosialita dan tentu saja, Eleanor, ibu Nick yang memberi batasan tegas soal siapa yang boleh dan tak boleh berhubungan dengan putranya. Lewat latar glamor mulai dari griya tawang mewah sampai pulau pribadi, novel ini akan membuat kamu “jalan-jalan” menelusuri tempat-tempat yang asyik.

Penasaran akan kelanjutannya? Kamu bisa membacanya di buku terbitan Gramedia Pustaka Utama setebal 480 halaman ini. Pesan melalui situs Gramedia seharga Rp 105.000 atau melalui Shopee dengan harga Rp 147.000 dan Tokopedia seharga Rp 150.000.

China Rich Girlfriend (Kekasih Kaya Raya)

Sumber gambar www.tokopedia.com

Sebuah buku yang seru biasanya tak mudah dilepas oleh para pembacanya. Tak jarang, para pembaca meminta cerita lanjutan dan bagi kamu penggemar Crazy Rich Asians, bisa berlega hati karena Kevin Kwan kembali menorah karya yang berjudul Kekasih Kaya Raya (China Rich Girlfriend). Cerita ini berlanjut ke kehidupan Nick dan Rachel, yakni pernikahan.

Menjelang hari bahagia, Rachel justru muram karena tidak ada sosok ayah yang akan menemaninya menuju perjanjian pernikahan bersama calon suami. Kegundahan itu kemudian terjawab lewat munculnya identitas si pria yang ternyata menyeret Rachel dalam dunia gemerlap Shanghai.

Tak diduga, kehidupan tersebut juga mengungkap orang-orang yang bukan sekadar kaya tujuh turunan. Apa yang akan ditemui Rachel kali ini? Bisakah dia berdamai dengan sang ayah?

Baca kelanjutan ceritanya dalam buku setebal 456 halaman terbitan Gramedia Pustaka Utama ini. Kamu bisa memesannya di Bukalapak seharga Rp 112.000 atau di Tokopedia dengan harga Rp 131.000.

Harry Potter and the Cursed Child (Harry Potter dan Si Anak Terkutuk)

Sumber gambar www.grobmart.com

Harry Potter jadi salah satu novel fiksi bergenre fantasi paling fenomenal. Bahkan setelah lewat dua puluh tahun, kesuksesan buku karya J. K. Rowling ini masih terus berlanjut. Seolah memenuhi antusiasme para penggemar, Rowling pun menghadirkan buku-buku pendamping Harry Potter termasuk menyuguhkan serial lain seperti Harry Potter and the Cursed Child (Harry Potter dan Si Anak Terkutuk).

Novel ini berkisah tentang anak dari Harry Potter, Albus Severus Potter yang hidup dengan beban warisan sejarah sang ayah. Harry sendiri masih menghadapi masa lalunya sementara si anak harus berjuang menantang masalah dari masa lalu dan masa saat ini.

Kisah ini diramu oleh Rowling bersama John Tiffany serta Jack Thorne yang kemudian naskah aslinya dirilis sebagai edisi latihan khusus untuk pementasan perdana di West End, London, di musim panas 2016.

Bagi kamu pencinta Harry Potter yang masih ingin merasakan keseruan kisahnya, bisa membaca buku setebal 384 halaman terbitan Gramedia Pustaka Utama ini. Pesan lewat Shopee seharga Rp 108.000 atau melalui Tokopedia dengan harga Rp 160.000.

Fantastic Beasts and Where to Find Them (Original Screenplay)

Sumber gambar bukubukularis.com

Buku pendamping serial Harry Potter satu ini termasuk ringan tapi tak mengalahkan keseruan buku-buku pendamping lainnya, loh. Fantastic Beasts and Where to Find Them (Hewan-Hewan Fantastis dan di mana Mereka Bisa Ditemukan) memberi panduan bagi kamu yang ingin mengenal lebih dekat mahluk-mahluk fantasi dalam dunia Harry Potter.

Buku ini dikisahkan ditulis oleh Newt Scamander, pria yang tertarik pada makhluk sihir dan rela menjelajah dunia untuk menemukan dan mempelajari mereka. Di saat kebanyakan orang takut dengan berbagai makhluk sihir, Newt justru mencari cara untuk memahami dan melindungi hewan-hewan sihir ini. Perjalanan itu tak mudah karena Newt harus berhadapan dengan orang-orang yang ingin memusnahkan hewan-hewan tersebut.

Meski sudah difilmkan dan kamu mungkin saja pernah menontonnya, kamu bisa menemukan keseruan dalam buku versi original screenplay-nya, loh. Buku setebal 320 halaman terbitan Gramedia Pustaka Utama ini bisa kamu pesan seharga Rp 184.500 di Bukalapak atau dengan harga Rp 157.000 di Shopee.

Percy Jackson and The Olympians

Percy Jackson and The Olympians karya Rick Riordan bercerita tentang Percy Jackson, remaja berusia 12 tahun penderita ADHD dan disleksia yang diserang oleh gurunya sendiri. Ternyata, guru tersebut adalah jelmaan dari Erinyes yang sedang menyamar. Percy dituduh mencuri petir miliki Dewa Zeus.

Petualangan berlanjut saat Percy dan ibunya dibawa ke perkemahan setengah dewa. Namun, di tengah perjalanan Sally Jackson diculik oleh Minotaurus ke Dunia Bawah. Percy kemudian bersama Annabeth dan Grover—teman-teman yang ditemuinya di perkemahan—bertekad mengembalikan petir Zeus dan menyelamatkan Sally sekaligus membuktikan kalau dirinya bukanlah pencuri seperti yang dituduhkan.

Keseruan buku ini berlanjut sampai lima buku yakni The Lightning Thief, The Sea Of Monsters, The Titan’s Curse, The Battle Of The Labyrinth, dan The Last Olympian. Kamu bisa mendapatkan satu paket di Shopee seharga Rp 427.000 atau melalui Bukalapak dengan harga Rp 435.000.

Lorien Legacies

Sumber gambar www.bukalapak.com

Masih mengulik genre fantasi, kali ini hadir dari Pittacus Lore (James Frey dan Jobie Hughes) berjudul Lorien Legacies. Salah satu serinya mungkin sudah pernah kamu tonton dalam film berjudul I Am Number Four yang mengisahkan seorang pemuda berkekuatan hebat dan harus berhadapan dengan alien. Si Number Four alias John Smith yang jadi sasaran si alien—Mogadorians—harus melatih kekuatannya bersama si pengawal, Henri.

Alien tersebut telah membunuh tiga anak di tempat berbeda, Nomor Satu di Malaysia, Nomor Dua di Inggris, dan Nomor Tiga di Kenya. Urutan tersebut membuat si alien tidak bisa langsung menghabisi musuh-musuhnya dan Number Four alias si Nomor Empat harus menemukan rekan-rekan lainnya. Berhasilkan dia?

Simak kelanjutan kisahnya dalam seri lengkap I Am Number Four, The Power of Six, The Rise of Nine, The Fall of Five, The Revenge of Seven, The Fate of Ten, United As One, The Lost Files: Nine’s Legacy & The Fallen Legacies, dan The Lost Files: Secret Histories di Shopee seharga Rp 918.750 atau di Bukalapak seharga Rp 900.000.

The Heroes Of Olympus

Karya dari Rick Riordan sepertinya memang mampu menyedot perhatian para fantasy enthusiast. Kali ini, lewat buku seri berjudul The Heroes Of Olympus. Bercerita tentang Annabeth yang cemas ketika mendarat di Perkemahan Jupiter bersama Jason, Leo dan Piper juga bertemu kembali dengan kekasih hatinya, Percy.

Annabeth menerima ancaman dari para demigod Roma dan meski Annabeth bersama teman-temannya datang tanpa bermaksud membuat keributan, tampaknya perang tak bisa terhindarkan. Annabeth cemas karena Percy sepertinya mulai betah dan terbiasa dengan cara hidup bangsa Roma juga ingin terus dekat dengan penghuni perkemahan Jupiter.

Sekuel dari seri Percy Jackson ini masih memiliki keterkaitan dengan buku-buku sebelumnya. Jadi, sebelum membaca seri ini, ada baiknya kamu menikmati seri terdahulu supaya tidak bingung.

Kamu bisa mendapatkan buku ini dalam set The Heroes of Olympus Boxed Set: The Lost Hero/The Son of Neptune/The Mark of Athena di situs Book Depository seharga Rp 387.766 atau di Shopee dengan harga Rp 85.200 per buku.

From our editorial team

Perluas Wawasan dan Isi Waktu Luang dengan Banyak Membaca

Jika kamu punya banyak waktu luang dan tak k emana-mana, ada baiknya jika kamu menghabiskan waktu untuk membaca buku. Kamu bisa pilih berbagai macam buku bacaan dengan genre yang kamu sukai. Pastikan kamu membaca buku di saat yang tepat dan tidak mengganggu aktivitas lainnya. Ajak juga teman atau keluargamu untuk membaca buku yang kamu sukai, siapa tahu mereka jadi suka membaca juga.