Tampil Kece dengan 10 Inspirasi Busana Retro yang Kekinian (2019)

Tampil Kece dengan 10 Inspirasi Busana Retro yang Kekinian (2019)

Busana retro seakan tak pernah kehilangan penggemarnya meski tren mode baru kian bermunculan. Gaya menawan dan khas yang dihadirkannya menjadi alasan utama banyak wanita memilih mengusung tema ini dalam gayanya. Nah, intip yuk inspirasi busana berikut supaya variasi busana retro-mu makin keren dan menarik.

Ungkapan "Old but Gold" Cocok Banget Menggambarkan Mode Retro yang Kekinian

Tak dapat dipungkiri bila tren mode mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Meski ide dan inovasi baru nan futuristik kian bermunculan, tak berarti kepopuleran fesyen zaman dulu makin tersingkir. Justru sebaliknya, kreativitas desainer masa kini banyak memadukan gaya lama dengan yang baru sehingga menghasilkan gaya menarik dan unik.

Tren yang mengutip fesyen kuno ini disebut mode retro. Gaya ini mengacu pada tren fesyen tahun 70-an hingga 90-an. Umumnya gaya ini mengusung warna mencolok, motif bernuansa cerah, dan desain ikonik yang mudah dikenali.

Mode ini menyasar rok maupun celana berpotongan lebar hingga dress bermotif polkadot serta setelan, gaun panjang, hingga aksesori yang begitu khas. Meski berbagai item tersebut terkesan kuno, gaya ini nyatanya banyak disukai perempuan terlebih karena mampu memancarkan ciri tersendiri pada penampilan mereka.

Banyak juga perempuan yang memandang mode retro sebagai daya tarik karena dapat menggabungkan kesan berkelas, cerah, dan feminin. Bagaimana? Apa kamu juga menyukainya?

Artis yang Tampil Keren dengan Tampilan Retro

Meghan Markle

Sumber gambar www.pinterest.com

Menjadi bagian dari anggota kerajaan membuat istri Pangeran Harry ini wajib memerhatikan penampilannya. Hal ini pun semakin dipertegas oleh standar kerajaan Inggris yang mengatur bagaimana cara anggotanya berbusana. Mereka harus berpenampilan sebaik dan sesopan mungkin sekaligus tetap mempertahankan gaya yang sempurna dan elegan. Cukup berat bukan?

Meski terbilang ketat, Meghan Markle yang telah resmi menyandang gelar Duchess of Sussex selalu berhasil muncul di publik dengan gaya yang menarik perhatian. Dengan mengenakan gaun berpotongan sederhana tanpa payet rumit ataupun aksesori berlebihan, Meghan berhasil terlihat elegan.

Tampilannya yang cukup menjadi perbincangan adalah saat ingin menghadiri pertemuan dengan perdana menteri Selandia Baru. Kala itu dirinya mengenakan trench coat kotak-kotak yang elegan dengan kombinasi gaun dan sepatu hitam. Meghan juga pernah terlihat menawan lewat gaya retro ketika memakai gaun beraksen strap hasil rancangan Gabriela Hearst.

Rihanna

Sumber gambar celebritygossipfix.com

Rihanna adalah salah satu selebriti yang mampu menarik perhatian lewat paduan busana yang dikenakannya. Pada beberapa kesempatan, pelantun "Umbrella" tersebut juga kedapatan mengangkat mode retro dalam penampilan memukau yang dipilihnya.

Saat menghadiri undangan ke Istana Elysee di Paris, wanita kelahiran 20 Februari 1988 itu terlihat memakai kemeja yang digabungkan dengan blazer kebesaran. Kesan retro yang minimalis dan cantik pun semakin dipertegas lewat tas vintage keluaran Dior yang disematkan di bahunya.

Lily Collins

Lily Collins juga merupakan salah satu selebriti yang sering tampil menawan lewat variasi gaya retronya. Pemeran serial "Les Misérables" tersebut pernah tertangkap kamera sedang mengenakan gaun pendek berpadu blazer monokrom beraksen kancing yang simpel dan berkelas.

Putri Phil Collins itu juga terlihat menawan saat memakai gaun merah lengkap dengan tatanan rambut berponi simpel. Sama halnya ketika ia menyerasikan gaya rambut bob dengan gaun kerah kuning keemasan yang semakin membuat rupanya begitu cantik.

Vanessa Hudgens

Sumber gambar www.pinterest.com

Penggemar serial "High School Musical" pasti sudah tidak asing lagi dengan Vanessa Hudgens. Penyanyi asal Amerika Serikat ini kerap mencuri perhatian dari pemilihan busana yang dipakainya. Pemeran karakter Gabriella Montez tersebut juga beberapa kali terlihat mengenakan pakaian ala retro yang membuatnya tampil memesona.

Tengok saja gayanya yang cantik dalam balutan gaun biru bermotif floral. Potongan V-neck, tali tipis, serta aksen ruffle-nya pun semakin menambah kesan cerah dan memikat.

Pada waktu lainnya, Vanessa secara pas menciptakan kombinasi busana stylish lewat celana berpotongan lebar dengan atasan tanpa lengan beserta rompi luaran berwarna hangat dengan aksen jumbai.

Selena Gomez

Sumber gambar www.pinterest.com

Selena Gomez termasuk dalam daftar artis yang seringkali tampil dengan mode busana manis dan menggemaskan. Maka tak heran bila dirinya kerap menjadi incaran paparazzi. Penyanyi dengan nama lengkap Selena Marie Gomez ini tak jarang menggunakan aksesori berupa kacamata bergaya tahun 70-an.

Tidak sampai di aksesorinya saja, Selena dikenal gemar mengenakan gaun santai bermotif dan berwarna cerah. Penampilannya pun semakin apik lewat paduan sepatu kets, yang mana membuatnya berkesan sporty dan feminin di saat bersamaan.

Wanita yang memulai karirnya di dunia akting tersebut juga tak segan menggabungkan kaus lengan panjang dengan rok lipit hitam. Bahkan dirinya tetap tampak glamor dalam gaun merah beraksen ruffle rancangan Giambattista Valli.

10 Inspirasi Item Fesyen Bertema Retro

Midi Dress

Sumber gambar www.zalora.co.id

Mode retro memberi kesan lebih berani pada wanita lewat penempatan warna cerah serta motif yang sedap dipandang. Gaya satu ini cocok bagi mereka yang gemar tampil manis dan lucu serta ingin memberi kesan ceria pada penampilannya. Kamu bisa mendapatkan busana tipe ini lewat gaun santai bergaya retro dalam produk B.L.F Donna Sabrina Dress.

Gaun midi berpotongan selutut ini terlihat menawan lewat tambahan tali tipis yang dapat disesuaikan. Busana berpadu motif kotak-kotak dengan aksen bunga ini terbuat dari katun yang ditunjang restleting pada bagian belakang serta tali bahu yang dapat diatur. Kamu bisa memesannya melalui Zalora dengan harga Rp 244.500.

Lace Up Dress

Sumber gambar www.zalora.co.id

Ingin tampil memukau ala retro tanpa banyak perhiasan ataupun gaun berumbai? Kamu bisa coba gaun beraksen lace. Pola jahitan benang tipis dengan lubang-lubang kecil pada jenis gaun ini dapat menjadikan penampilanmu terlihat anggun dan feminin tanpa kesan berlebihan. Jika tertarik dengan busana ini, kamu bisa lirik Lace Mini Dress dari Simplicity.

Gaun selutut ini hadir dalam warna merah cerah dengan motif bunga. Detail pita di bagian pinggang dan kerak kotaknya dapat memberi kesan feminin dan cocok dikenakan pada acara formal. Gaun dengan paduan material poliester dan spandeks yang nyaman ini dibanderol dengan harga Rp 399.000 di Zalora.

Hoop Earrings

Sumber gambar www.zalora.co.id

Tampil dengan nuansa retro bisa disiasati dengan pemakaian aksesori bertema senada seperti anting. Tipe aksesori ini bisa kamu temukan dalam produk Twist Hoop Earrings dari River Island.

Anting yang terbuat dari bahan dasar metal ini memiliki bentuk pilinan bulat besar. Cocok dikenakan bagi kamu yang berwajah tirus. Aksesori dengan pengunci latch hoop ini bisa diperoleh di Zalora dengan harga Rp 239.000.

Overall

Sumber gambar www.zalora.co.id

Sebagai salah satu artis yang dikenal memiliki selera fesyen asyik, Selena Gomez juga bisa tampil sporty dengan pemilihan pakaian overall yang berciri menutupi tubuh bagian atas hingga bawah.

Pada beberapa kesempatan, pelantun "It Ain’t Me" ini tertangkap kamera mengenakan overall dipadu crop top atau atasan Brandy Melville.

Gaya ini pun dapat kamu adaptasi dengan mengenakan Cotton On High Wide Overall. Terbuat dari kombinasi bahan katun, kain viscose, dan poliester, overall denim ini memiliki potongan lebar di bagian bawah dan ditunjang pengunci kancing. Selain itu, empat saku pada busana relaxed fit ini akan membuat aktivitasmu semakin praktis. Coba pesan sekarang lewat Zalora dengan harga Rp 699.900.

Kemeja Flanel

Sumber gambar www.zalora.co.id

Gaun, atasan, serta kemeja motif kotak-kotak juga turut mewarnai gaya busana pada masa silam. Bahkan hingga sekarang pun motif ini masih sering diaplikasikan di berbagai jenis pakaian.

Salah satu item yang kerap mengusung motif ini adalah kemeja flanel. Bagi kamu yang tertarik, item fesyen satu ini bisa kamu dapatkan lewat Kemeja Flanel Dublin Blue Black Uni dari Screenplay.

Kemeja lengan panjang ini terbuat dari katun dengan motif kotak-kotak lebar berwarna biru-hitam. Atasan ini sangat sesuai dikenakan kala musim sejuk. Kamu bisa memesan kemeja yang dilengkapi kancing depan dan dua kantung depan ini di Zalora seharga Rp 229.000.

Oversized Sweater

Sumber gambar www.zalora.co.id

Musim hujan atau dingin adalah alasan tepat untuk mengeluarkan dan mengenakan koleksi sweater kamu. Oversized Cropped Knit Sweater dari Something Borrowed pun bisa jadi alternatif kamu yang kehabisan pilihan. Lewat nuansa cerah dalam balutan warna yang menarik, sweater berleher tinggi ini dapat kamu jadikan luaran untuk penampilan retro.

Atasan berbahan poliester ini dilengkapi detail kelim pada bagian bawah sweater dan ujung lengan. Tekstur jahitan dari sweater ini sangat sesuai untuk tampilan retro terlebih jika dipadukan rok panjang dan sepatu kets untuk gaya sporty yang seru. Produk ini bisa didapatkan di Zalora dengan harga Rp 308.900.

Kacamata Jadul

Sumber gambar www.zalora.co.id

Kacamata merupakan salah satu aksesori yang paling mudah meningkatkan penampilan pemakainya. Item fesyen favorit selebriti ini dapat memberi kesan modis terutama kala dipadukan busana bergaya retro. Salah satu produk yang tepat untuk tema tersebut adalah Retro Sunglasses dari Mango.

Kacamata ini terbuat dari perpaduan polikarbonat dan tembaga yang tersemat dalam bingkai hingga tangkai ramping cokelatnya. Dengan desain lensa bermodel cat eye, kacamata ini pun sangat cocok untuk menguatkan penampilan anggunmu.

Lensa kacamata ini juga ditunjang kaca berwarna ringan beserta lapisan perlindungan UV dan moulded nose pads untuk kenyamanan lebih saat dikenakan. Kamu bisa memperoleh produk ini di Zalora dengan harga Rp 289.000.

Jaket Training

Sumber gambar shop.adidas.co.id

Jaket jadi salah satu item luaran yang difavoritkan pria maupun wanita. Selain menghalau rasa dingin, jaket juga bisa jadi penunjang penampilan. Kamu pun tak hanya dapat mengenakannya ketika berolahraga tapi juga saat akan mengusung gaya retro. Padukan bersama kaus dan sepatu kets untuk gaya jalanan yang seru.

Salah satu jaket keren yang bisa kamu pilih adalah Adidas Track Jaket. Terinspirasi dari gaya 90-an yang unik, jaket ini didesain dengan kerah tinggi dan terbuat dari sulaman benang poliester. Pada permukaan jaketnya, terdapat aksen asimetris yang apik dari paduan warna hitam, putih, serta abu-abu. Produk yang dilengkapi restleting dan saku depan ini bisa kamu temukan di situs resmi Adidas Indonesia dengan harga Rp 1.400.000.

High Waist Jeans

Sumber gambar www.zalora.co.id

Celana jeans memang tidak pernah luput dilekang zaman. Hal ini terbukti dari tahun ke tahun di mana celana jeans masih belum kehilangan penggemarnya. Salah satu tipe jeans yang dari dulu masih digemari kalangan wanita adalah high waist atau jeans celana perut.

Model ini umumnya disukai mereka yang menginginkan tampilan jenjang pada kaki. Kamu pun bisa menciptakan mode busana ala retro yang khas lewat produk High Waist Slim Emb Denim Light Blue dari Minimal.

Celana ini terbuat dari material katun dengan warna biru jeans yang ikonik. Pada bagian bawah celana, terdapat bordir bebungaan vintage yang akan meningkatkan kesan feminin pada pemakainya. Skinny jeans seharga Rp 499.900 ini bisa kamu peroleh di laman Zalora.

Rok Motif Kotak-kotak

Sumber gambar www.zalora.co.id

Bosan dengan rok polos? Coba kenakan rok bermotif kotak-kotak yang sempat ngetren di zamannya. Rok ini cukup populer terutama bagi mereka yang ingin tampil sedikit feminin tanpa motif bebungaan. Rok kotak-kotak yang sangat serasi dengan kode busana retro bisa kamu temukan dalam produk Mora Plaid Round Skirt Red dari Berrybenka Label.

Rok ini terbuat dari bahan flanel dengan warna dasar merah yang memberi kesan berani. Item bawahan ini pun makin menarik lewat tambahan aksen belt senada pada bagian pinggangnya.

Kamu pun bisa menggabungkan rok ini bersama atasan lengan panjang dan sneakers untuk tampilan keren yang sporty serta feminin. Produk ini tersedia di Zalora dengan harga Rp 249.000.

From our editorial team

Munculkan Tampilan Modis dengan Pilihan Busana Retro

Daya tarik busana jadul seakan tak pernah lekang oleh zaman. Kesannya yang elok dan elegan membuat banyak wanita tak ingin melewatkan kesempatan mencoba tema mode yang satu ini. Kamu juga bisa memaksimalkan penampilan ala retro dengan merujuk pada pakar fesyen hingga cara berpakaian selebritai yang gemar mengusung gaya ini. Beberapa inspirasi pakaian serta aksesori di atas pun dapat menjadi alternatif yang tepat untuk ditambahkan dalam ragam koleksi fesyenmu. Pastinya kamu gak bakal mati gaya, deh!